Aug 13, 2012

RPP PKN-CTL Hasil Workshop SMPN 3 Cipatat Tahun 2012

RPP PKN-CTL Hasil Workshop SMPN 3 Cipatat Tahun 2012



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No. 1.3-3)

Nama Sekolah
:
SMP Negeri 3 Cipatat
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester
:
IX/I
Standar Kompetensi
:
1.
Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara.
Kompetensi Dasar
:
1.3.
Menampilkan peran serta dalam usaha pembelaan negara.
Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit (1 x pertemuan)


A.  Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat memberikan contoh peran serta warga negara dalam pembelaan negara di berbagai lingkungan (secara cermat dan dilandasi sikap kritis, kreatif, objektif, peduli sosial, demokratis dan semangat kebangsaan).

B.   Materi Pembelajaran
Partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungan masing-masing.

C.  Strategi Pembelajaran

1.    Pendekatan : Contextual Teaching and Learning (CTL)
2.    Model : Cooperative Learning (CL)
3.    Metode : Ceramah, tanya-jawab, diskusi kelompok, penugasan.

D.  Langkah-Langkah Pembelajaran


1.    Pendahuluan (10 menit)
a.    Apersepsi :
1)   Berdo’a bersama memulai pelajaran (religius).
2)   Mengecek kondisi kelas untuk menanamkan (peduli lingkungan).
3)   mengecek kehadiran siswa (tertib/disiplin).
4)   Siswa mengkondisikan diri untuk belajar dengan arahan guru (secara mandiri dan disiplin).
5)   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang sikap perilaku bela negara (dengan santun,  percaya diri, objektif dan berfikir kritis) (pre-test).

b.    Motivasi :
1)   Siswa menyimak penjelasan guru tentang kompetensi dasar yang ingin dicapai (secara cermat dan rasa ingin tahu).
2)   Siswa dan guru bertanya jawab tentang manfaat dari materi pembelajaran ini (dilandasi rasa ingin tahu dan berfikir kritis).

2.    Kegiatan Inti (60 menit)
a.    Eksplorasi :
1)   Siswa memperhatikan skema materi dan menyimak penjelasan guru (secara cermat dan rasa ingin tahu) tentang skema materi pelajaran.
2)   Peserta didik membentuk beberapa kelompok menurut pembagian tema diskusi (secara bersahabat, demokratis dan disiplin).
3)   Setiap kelompok memperhatikan informasi tentang proses diskusi dan cara pengisian LKS (dilandasi sikap santun dan bertanggung jawab).
b.    Elaborasi :
1)   Setiap kelompok berdiskusi (secara demokratis dan mengembangkan berfikir logis, kritis, peduli sosial serta sikap santun dan bertanggung jawab) tentang contoh peran serta warga negara dalam pembelaan negara di berbagai lingkungan.
2)   Setiap kelompok membuat hasil laporan dari diskusi kelompok (secara kerjasama dan bertanggung jawab).
c.    Konfirmasi :
1)   Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan (dengan dilandasi rasa percaya diri, cermat, kritis, dan bertanggung jawab).
2)   Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil presentasi (secara kerjasama, kritis, dan terbuka).
3)   Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik  (untuk menanamkan sikap menghargai prestasi).

3.    Penutup (10 menit)
a.    Siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas bersama guru (dilandasai rasa percaya diri).
b.    Siswa dan guru melakukan refleksi (secara terbuka dan jujur).
c.    Siswa menjawab pertanyaan guru yang dilontarkan secara lisan dan acak dengan rasa percaya diri, cermat, dan santun (post-test).
d.    Siswa memperhatikan dan mencatat tugas individual individual yang diberikan guru untuk membuat kliping tentang pembelaan negara (untuk menanamkan kreativitas, rasa ingin tahu, mandiri dan disiplin).

E.   Sumber Pembelajaran

1.    Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX.
2.    UUD 1945 yang telah diamandemen
3.    UU No. 3 Tahun 2002 tentang Pertahanan Negara
4.    Artikel surat kabar
5.    Materi powerpoint.
6.    Media laptop, infocus dan internet.

F.   Penilaian


Indikator
Pencapaian
Teknik
Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
Menunjukkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara di lingkungannya
Penilaian diri
Kuesioner


Format penilaian skala sikap
(Instrumen terlampir )


Mengetahui:                                                                 Cipatat,   4 Juli 2012
Kepala Sekolah                                                            Guru Mata Pelajaran


Benny Setiawan, S.Pd., M.Pd.                                                Jajang Sulaeman, S.Pd.
NIP. 19611208 198403 1006                                      NIP. 19700316 200801 1005
Lampiran RPP 1.3-3 :

A.  Lembar Kerja Siswa

PERAN SERTA WARGA NEGARA DALAM PEMBELAAN NEGARA
DI BERBAGAI LINGKUNGAN

No.
Lingkungan
No.
Sikap Perilaku Demokratis
Nilai
Demokratis
1.
Keluarga
a.
b.
c.
d.
e.
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
.............................
.............................
.............................
.............................
.............................
2.
Sekolah
a.
b.
c.
d.
e.
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
.............................
.............................
.............................
.............................
.............................
3.
Masyarakat
a.
b.
c.
d.
e.
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
.............................
.............................
.............................
.............................
.............................
4.
Bangsa/
Negara
a.
b.
c.
d.
e.
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
.............................
.............................
.............................
.............................
.............................

Identitas Kelompok :

Nama Kelompok
:
...................................................................
Ketua
:
1.
Sekretaris
:
2.
Penyaji
:
3.
Anggota
:
4.


5.


6.


7.


8.




B.   Lembar Pengamatan Diskusi Kelompok

Kelompok : ...........................................................

No
Nama
Aspek Penilaian
Total Nilai
Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan Berpendapat
Kerja sama








































































Jumlah Skor


Keterangan:
Sangat Baik
:
Skor 4
Baik
:
Skor 3
Cukup
:
Skor 2
Kurang
:
Skor 1
Sangat Kurang
:
Skor 0
Skor Maksimal
:
20

Nilai Akhir :

 

                    Skor yang diperoleh

NA       :                                              x 100

                        Skor Maksimal

 

















C.  Instrumen Skala Sikap

 

Skala Sikap
PELAKSANAAN DEMOKRASI DI BERBAGAI LINGKUNGAN

No.
Pernyataan
Skala Sikap
Alasan
SS
S
N
TS
STS
1.
Apabila ada kegiatan seorang yang dicurigai sebagai teroris saya harus lapor kepada yang berwajib.






2.

Kebudayaan asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa dan dapat merusak mental generasi muda dilarang masuk ke Indonesia.






3.
Bangsa Indonesia perlu melakukan kerjasama dengan negara lain tetapi harus mempunyai sikap waspada sebab ada suatu bangsa yang ingin menhancurkan bangsa lain.






4.
Para teroris yang tertangkap sebaiknya diberi hukuman yang berat karena telah menghancurkan kehidupan bangsa Indonesia.






5.
Sebagai siswa saya memiliki kewajiban membina dan melestarikan alam sekitar, barang milik negara dan situs peninggalan sejarah.






6.
Demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia setiap warga negara harus mengutamakan kepentingan negara dan bangsa di atas kepentingan pribadi atau golongan.






7.
Sebagai siswa, saya harus mematuhi hukum yang berlaku antara lain tata tertib sekolah.






8.
Para pemakai dan pengedar narkoba sebaiknya diberi hukuman yang berat, agar orang lain tidak mengikutinya.






Jumlah Skor







Keterangan:
Sangat Setuju (SS)
:
Skor 4
Setuju (S)
:
Skor 3
Netral (N)
:
Skor 2
Tidak Setuju (TS)
:
Skor 1
Sangat Tidak Setuju (STS)
:
Skor 0
Alasan
:
Skor 1-3
Skor Maksimal
:
56

Nilai Akhir :

 

                    Skor yang diperoleh

NA       :                                              x 100

                        Skor Maksimal