RPP PKN-CTL Hasil Workshop SMPN 3 Cipatat Tahun 2012
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No. 1.3-3)
|
|||
Nama Sekolah
|
:
|
SMP
Negeri 3 Cipatat
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/I
|
|
Standar Kompetensi
|
:
|
1.
|
Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.3.
|
Menampilkan peran serta dalam usaha pembelaan negara.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40 menit (1 x pertemuan)
|
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses
pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat memberikan contoh peran serta warga negara
dalam pembelaan negara di berbagai lingkungan (secara cermat dan
dilandasi sikap kritis, kreatif, objektif,
peduli sosial, demokratis dan semangat
kebangsaan).
B. Materi Pembelajaran
Partisipasi dalam
usaha pembelaan negara di lingkungan masing-masing.
C. Strategi Pembelajaran
1. Pendekatan : Contextual Teaching and Learning (CTL)
2. Model : Cooperative Learning (CL)
3. Metode : Ceramah, tanya-jawab, diskusi kelompok, penugasan.
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Pendahuluan (10
menit)
a. Apersepsi
:
1) Berdo’a
bersama memulai pelajaran (religius).
2) Mengecek
kondisi kelas untuk menanamkan (peduli
lingkungan).
3) mengecek
kehadiran siswa (tertib/disiplin).
4) Siswa
mengkondisikan diri untuk belajar dengan arahan guru (secara mandiri dan disiplin).
5) Siswa
menjawab pertanyaan guru tentang sikap perilaku bela negara (dengan santun, percaya diri,
objektif dan berfikir
kritis) (pre-test).
b. Motivasi
:
1)
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang kompetensi dasar yang ingin dicapai (secara cermat
dan rasa ingin tahu).
2)
Siswa dan guru bertanya jawab tentang
manfaat dari materi pembelajaran ini (dilandasi rasa
ingin tahu dan berfikir kritis).
2.
Kegiatan Inti (60 menit)
a.
Eksplorasi
:
1)
Siswa
memperhatikan skema materi dan menyimak penjelasan guru (secara cermat dan rasa
ingin tahu) tentang skema materi pelajaran.
2)
Peserta didik membentuk beberapa
kelompok menurut pembagian tema diskusi (secara bersahabat,
demokratis dan disiplin).
3)
Setiap kelompok memperhatikan
informasi tentang proses diskusi dan cara pengisian LKS (dilandasi sikap santun dan bertanggung
jawab).
b.
Elaborasi
:
1)
Setiap kelompok berdiskusi (secara demokratis dan mengembangkan berfikir logis, kritis,
peduli sosial serta sikap santun dan bertanggung
jawab) tentang contoh
peran serta warga negara dalam pembelaan negara di berbagai lingkungan.
2)
Setiap kelompok
membuat hasil laporan dari diskusi kelompok (secara kerjasama
dan bertanggung jawab).
c.
Konfirmasi
:
1)
Setiap kelompok
mempresentasikan hasil diskusi di depan kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan (dengan dilandasi rasa percaya diri, cermat,
kritis, dan bertanggung
jawab).
2) Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil presentasi (secara kerjasama, kritis,
dan terbuka).
3) Guru
memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta
didik (untuk menanamkan sikap menghargai prestasi).
3. Penutup
(10 menit)
a.
Siswa
menyimpulkan materi yang telah dibahas bersama guru (dilandasai rasa percaya
diri).
b.
Siswa dan guru melakukan refleksi
(secara terbuka dan jujur).
c.
Siswa menjawab pertanyaan guru yang
dilontarkan secara lisan dan acak dengan rasa percaya
diri, cermat, dan santun (post-test).
d.
Siswa memperhatikan dan mencatat
tugas individual individual yang diberikan guru untuk membuat kliping tentang
pembelaan negara (untuk menanamkan kreativitas, rasa
ingin tahu, mandiri dan disiplin).
E. Sumber Pembelajaran
1. Buku
Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX.
2. UUD 1945
yang telah diamandemen
3.
UU No. 3 Tahun
2002 tentang Pertahanan Negara
4. Artikel
surat kabar
5.
Materi
powerpoint.
6.
Media laptop,
infocus dan internet.
F. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Menunjukkan partisipasi dalam usaha pembelaan
negara di lingkungannya
|
Penilaian
diri
|
Kuesioner
|
Format penilaian skala sikap
(Instrumen terlampir )
|
Mengetahui:
Cipatat, 4 Juli
2012
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Benny Setiawan, S.Pd., M.Pd. Jajang Sulaeman, S.Pd.
NIP.
19611208 198403 1006 NIP.
19700316 200801 1005
Lampiran RPP 1.3-3 :
A. Lembar Kerja Siswa
PERAN
SERTA WARGA NEGARA DALAM PEMBELAAN NEGARA
DI
BERBAGAI LINGKUNGAN
No.
|
Lingkungan
|
No.
|
Sikap Perilaku Demokratis
|
Nilai
Demokratis
|
1.
|
Keluarga
|
a.
b.
c.
d.
e.
|
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
|
.............................
.............................
.............................
.............................
.............................
|
2.
|
Sekolah
|
a.
b.
c.
d.
e.
|
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
|
.............................
.............................
.............................
.............................
.............................
|
3.
|
Masyarakat
|
a.
b.
c.
d.
e.
|
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
|
.............................
.............................
.............................
.............................
.............................
|
4.
|
Bangsa/
Negara
|
a.
b.
c.
d.
e.
|
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
|
.............................
.............................
.............................
.............................
.............................
|
Identitas Kelompok :
Nama
Kelompok
|
:
|
...................................................................
|
Ketua
|
:
|
1.
|
Sekretaris
|
:
|
2.
|
Penyaji
|
:
|
3.
|
Anggota
|
:
|
4.
|
5.
|
||
6.
|
||
7.
|
||
8.
|
B. Lembar Pengamatan
Diskusi Kelompok
Kelompok :
...........................................................
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Total Nilai
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan Berpendapat
|
Kerja sama
|
|||
Jumlah Skor
|
Keterangan:
Sangat Baik
|
:
|
Skor 4
|
Baik
|
:
|
Skor 3
|
Cukup
|
:
|
Skor 2
|
Kurang
|
:
|
Skor 1
|
Sangat Kurang
|
:
|
Skor 0
|
Skor Maksimal
|
:
|
20
|
Nilai Akhir :
Skor yang diperoleh
NA : x 100
Skor Maksimal
C. Instrumen Skala Sikap
Skala
Sikap
PELAKSANAAN DEMOKRASI DI BERBAGAI LINGKUNGAN
No.
|
Pernyataan
|
Skala Sikap
|
Alasan
|
||||
SS
|
S
|
N
|
TS
|
STS
|
|||
1.
|
Apabila ada kegiatan seorang yang
dicurigai sebagai teroris saya harus lapor kepada yang berwajib.
|
||||||
2.
|
Kebudayaan asing yang tidak sesuai
dengan kepribadian bangsa dan dapat merusak mental generasi muda dilarang masuk
ke Indonesia.
|
||||||
3.
|
Bangsa Indonesia perlu melakukan
kerjasama dengan negara lain tetapi harus mempunyai sikap waspada sebab ada
suatu bangsa yang ingin menhancurkan bangsa lain.
|
||||||
4.
|
Para teroris yang tertangkap sebaiknya
diberi hukuman yang berat karena telah menghancurkan kehidupan bangsa
Indonesia.
|
||||||
5.
|
Sebagai siswa saya memiliki kewajiban
membina dan melestarikan alam sekitar, barang milik negara dan situs
peninggalan sejarah.
|
||||||
6.
|
Demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia
setiap warga negara harus mengutamakan kepentingan negara dan bangsa di atas
kepentingan pribadi atau golongan.
|
||||||
7.
|
Sebagai siswa, saya harus mematuhi
hukum yang berlaku antara lain tata tertib sekolah.
|
||||||
8.
|
Para pemakai dan pengedar narkoba
sebaiknya diberi hukuman yang berat, agar orang lain tidak mengikutinya.
|
||||||
Jumlah
Skor
|
Keterangan:
Sangat Setuju (SS)
|
:
|
Skor 4
|
Setuju (S)
|
:
|
Skor 3
|
Netral (N)
|
:
|
Skor 2
|
Tidak Setuju (TS)
|
:
|
Skor 1
|
Sangat Tidak Setuju
(STS)
|
:
|
Skor 0
|
Alasan
|
:
|
Skor 1-3
|
Skor Maksimal
|
:
|
56
|
Nilai Akhir :
Skor yang diperoleh
NA : x 100
Skor Maksimal