MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK DI SMA/MA
Model Pembelajaran Saintifik SMA
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Selanjutnya dalam rangka mencapai tujuan tersebut disusun standar nasional pendidikan, terdiri atas: standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar sarana prasarana, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan.
Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Oleh karena itu setiap satuan pendidikan perlu melakukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran serta penilaian proses pembelajaran dengan strategi yang benar untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan.
Strategi pembelajaran sangat diperlukan dalam menunjang terwujudnya seluruh kompetensi yang dimuat dalam Kurikulum 2013. Kurikulum memuat apa yang seharusnya diajarkan kepada peserta didik, sedangkan pembelajaran merupakan cara bagaimana apa yang diajarkan bisa dikuasai oleh peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran didahului dengan penyiapan RPP yang dikembangkan oleh guru baik secara individual maupun kelompok yang mengacu pada Silabus.
Strategi penilaian disiapkan untuk memfasilitasi guru dalam mengembangkan teknik, bentuk, dan instrumen serta pedoman penilaian hasil belajar dengan pendekatan autentik. Penilaian memungkinkan pendidik mampu menerapkan program remedial bagi peserta didik yang tergolong pebelajar lambat dan program pengayaan bagi peserta didik yang termasuk kategori pebelajar cepat.
Pembelajaran Agama dan Budi Pekerti tidak hanya mengantarkan peserta didik dapat menguasai berbagai kajian keislaman, tetapi pembelajaran tersebut lebih menekankan bagaimana peserta didik dapat menimplementasikan pengetahuan keislamannya dalam kehidupan sehari-hari.
Pemerintah melalui surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 156928/MPK.A/KR/2013 tanggal 8 November 2013 menyatakan bahwa mulai tahun pelajaran 2014/2015 seluruh SMA sejumlah 12.637 wajib melaksanakan Kurikulum 2013 di kelas X dan kelas XI. Untuk menyiapkan kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran saintifik, serta melakukan penilaiain autentik, Pemerintah telah melatih guru inti dan guru sasaran, serta menyediakan silabus, buku guru, dan buku teks untuk peserta didik.
Selain itu Direktorat Pembinaan SMA menyiapkan kemampuan guru melalui workshop dan bimbingan teknis terutama dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran saintifik serta merancang dan melakukan penilaian autentik, mengembangkan materi pembelajaran, mengembangkan langkah pembelajaran serta merancang dan melaksanakan penilaian autentik berdasarkan silabus dan buku. Selanjutnya untuk memfasiltasi guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti secara individual dan kelompok dalam mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran dalam berbagai modus, strategi, dan model untuk muatan dan/atau mata pelajaran yang diampunya Direktorat PSMA menyusun naskah model pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan menggunakan model-model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran.
Berikut saya share model pembelajaran saintifik di SMA :
01. Model Pembelajaran Saintifik PAI-BP.
Download
02. Model Pembelajaran Saintifik PPKn.
Download
03. Model Pembelajaran Saintifik Bahasa Indonesia.
Download
04. Model Pembelajaran Saintifik Matematika.
Download
05. Model Pembelajaran Saintifik Sejarah.
Download
06. Model Pembelajaran Saintifik Bahasa Inggris.
Download
07. Model Pembelajaran Saintifik Seni Budaya.
Download
08. Model Pembelajaran Saintifik Penjasorkes.
Download
09. Model Pembelajaran Saintifik PKWU. Download
10. Model Pembelajaran Saintifik Biologi.
Download
11. Model Pembelajaran Saintifik Fisika.
Download
12. Model Pembelajaran Saintifik Kimia.
Download
13. Model Pembelajaran Saintifik Geografi.
Download
14. Model Pembelajaran Saintifik Sosiologi. Download
15. Model Pembelajaran Saintifik Ekonomi.
Download
16. Model Pembelajaran Saintifik Antropologi. Download
17. Model Pembelajaran Saintifik Bahasa Mandarin. Download
18. Model Pembelajaran Saintifik Bahasa Jepang. Download
19. Model Pembelajaran Saintifik Bahasa Jerman. Download
Berikut saya share model pembelajaran saintifik di SMA dalam format word :
01. Model Pembelajaran Saintifik PAI-BP.
Download
02. Model Pembelajaran Saintifik PPKn.
Download
03. Model Pembelajaran Saintifik Bahasa Indonesia.
Download
04. Model Pembelajaran Saintifik Matematika.
Download
05. Model Pembelajaran Saintifik Sejarah.
Download
06. Model Pembelajaran Saintifik Bahasa Inggris.
Download
07. Model Pembelajaran Saintifik Seni Budaya.
Download
08. Model Pembelajaran Saintifik Penjasorkes.
Download
09. Model Pembelajaran Saintifik PKWU.
Download
10. Model Pembelajaran Saintifik Biologi.
Download
11. Model Pembelajaran Saintifik Fisika.
Download
12. Model Pembelajaran Saintifik Kimia.
Download
13. Model Pembelajaran Saintifik Geografi.
Download
14. Model Pembelajaran Saintifik Ekonomi.
Download
15. Model Pembelajaran Saintifik Sosiologi.
Download
16. Model Pembelajaran Saintifik Bahasa Mandarin.
Download
17. Model Pembelajaran Saintifik Bahasa Jepang.
Download
18. Model Pembelajaran Saintifik Bahasa Jerman.
Download
19. Model Pembelajaran Saintifik Antropologi.
Download