Jun 22, 2014

Perangkat Pembelajaran Seni Budaya SMP/MTs Kurikulum 2013

PERANGKAT PEMBELAJARAN
  SENI BUDAYA SMP/MTs KURIKULUM 2013



Perangkat Pembelajaran Seni Budaya SMP/MTs Kurikulum 2013
Buku Guru Seni Budaya Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kelas 7 K13 Revisi 2017
Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kelas 8 K13 Revisi 2017
Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kelas 9 K13 Revisi 2017
Buku Seni Budaya SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

KI-KD Seni Budaya SMP/MTs Kurikulum 2013 (Permendikbud 24/2016)
KI-KD Seni Budaya SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016. Download
KI dan KD Seni Budaya SMP/MTs

Silabus Seni Budaya SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016. Download
Silabus Seni Budaya (Seni Rupa) SMP/MTs
Silabus Seni Budaya (Seni Musik) SMP/MTs
Silabus Seni Budaya (Seni Tari) SMP/MTs
Silabus Seni Budaya (Seni Teater) SMP/MTs

Buku Guru Seni Budaya Kelas VII Edisi Revisi 2016
Buku Siswa Seni Budaya Kelas VII Edisi Revisi 2016
Buku Pedoman Guru dan Siswa Seni Budaya SMP/MTs Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kelas 7 Kurikulum 2013
Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013
Perangkat Pembelajaran Seni Budaya Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013

Contoh RPP Seni Budaya SMP/MTs Kurikulum 2013
1. RPP Menggambar Flora, Fauna, dan Alam Benda
2. RPP Bernyanyi Secara Unisono
3. RPP Gerak Tari
4. RPP Teknik Akting Teater

Materi Pokok Seni Budaya Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 (Edisi Revisi 2014)
Seni Rupa
1.  Pembelajaran Menggambar Flora, Fauna dan Benda Alam
2.  Pembelajaran Menggambar Ragam Hias
3.  Pembelajaran Penerapan Ragam Hias pada Bahan Tekstil
4.  Pembelajaran Penerapan Ragam Hias pada Bahan Kayu

Seni Musik
5.  Pembelajaran Bernyanyi dengan Teknik Vokal
6.  Pembelajaran Bermain Musik Ansambel
7.  Pembelajaran Vokal Group
8.  Pembelajaran Bermain Musik Ansambel Campuran

Seni Tari
9.  Pembelajaran Elemen Gerak Tari
10.  Pembelajaran Level Gerak Tari
11.  Pembelajaran Pola Lantai
12.  Pembelajaran Meragakan Tari

Seni Teater
13.  Pembelajaran Teknik Bermain Akting Teater
14.  Pembelajaran Merencanakan Pementasan Teater
15.  Pembelajaran Teknik Menulis Naskah Drama
16.  Pembelajaran Mementaskan Teater .

Materi Pokok Seni Budaya Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013
Seni Rupa
1. Gambar model pada berbagai bahan dan beragam teknik
2. Gambar illustrasi dengan teknik manual atau digital
3. Teknik ragam hias flora, fauna dan geometrik pada kriya dari bahan keras
4. Teknik menghias flora, fauna dan geometrik pada kriya tekstil

Seni Musik
5. Lagu tradisi dan lagu daerah
6. Lagu tradisi dan lagu daerah
7. Musik Ansambel
8. Musik Ansambel
Seni Tari
9. Keunikan gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai
10. Keunikan gerak tari tradisonal berdasarkan pola lantai sesuai iringan
11. Gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai
12. Gerak tari kreasi gaya tradisional berdasarkan pola lantai sesuai iringan
Seni Teater
13. Teknik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa yang mengacu pada sumber budaya tradisional
14. Naskah drama secara sederhana dari sumber budaya tradisional
15. Rancangan pertunjukkan teater tradisional
16. Rancangan pertunjukkan teater tradisional

Materi Pokok Seni Budaya Kelas IX SMP/MTs Kurikulum 2013
Seni Rupa
1. Seni lukis dengan beragam media dan teknik
2. Seni patung dengan beragam media dan teknik
3. Seni grafis dengan beragam media dan teknik
4. Merancang dan menyelenggarakan pameran

Seni Musik
5. Lagu tradisi dan lagu modern
6. Lagu tradisi dan lagu modern
7. Musik Ansambel
8. Musik Ansambel
Seni Tari
9. Penyusunan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi
10. Penyusunan gerak tari gaya modern berdasarkan komposisi sesuai iringan
11. Penyusunan gerak tari gaya kontemporer berdasarkan komposisi
12. Peragaan tari gaya kontemporer sesuai dengan iringan
Seni Teater
13. Tehnik olah tubuh, olah suara, dan olah rasa teater Modern Indonesia
14. Rancang dan mempersiapkan pementasan teater Modern
15. Rancang konsep produksi manajemen pertunjukan teater
16. Pertunjukan teater modern


Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris SMP/MTs Kurikulum 2013

PERANGKAT PEMBELAJARAN
  BAHASA INGGRIS SMP/MTs KURIKULUM 2013


Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris SMP/MTs Kurikulum 2013
Buku Guru Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku Bahasa Inggris SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

KI dan KD Bahasa Inggris SMP/MTs
Silabus Bahasa Inggris Kelas VII SMP/MTs
Silabus Bahasa Inggris Kelas VIII SMP/MTs
Silabus Bahasa Inggris Kelas IX SMP/MTs
Buku Guru dan Siswa Bahasa Inggris SMP/MTs Kurikulum 2013
Buku Guru & Siswa Kelas 9 B. Inggris SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi 2015

KI-KD Bahasa Inggris SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016. Download
Silabus Bahasa Inggris SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016. Download

Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VII Edisi Revisi 2016
Buku Siswa Bahasa Inggris Kelas VII Edisi Revisi 2016
KI-KD Bahasa Inggris SMP/MTs Kurikulum 2013 (Permendikbud 24/2016)
Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas VII Kurikulum 2013 Revisi 2016

Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 7 Kurikulum 2013
Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 1 Kurikulum 2013
Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 8 Semester 1 Kurikulum 2013

Contoh RPP Bahasa Inggris SMP/MTs Kurikulum 2013
1. RPP Greeting, introducing oneself, taking leave, thanking, and apologizing
2. RPP Teks Lisan dan Tulis untuk Menanyakan dan Menyatakan Sifat Orang, Binatang, dan Benda




 

Jun 21, 2014

Model Pembelajaran Saintifik SMA

MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK DI SMA/MA


Model Pembelajaran Saintifik SMA
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Selanjutnya dalam rangka mencapai tujuan tersebut disusun standar nasional pendidikan, terdiri atas: standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar sarana prasarana, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian pendidikan.

Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Oleh karena itu setiap satuan pendidikan perlu melakukan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran serta penilaian proses pembelajaran dengan strategi yang benar untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas ketercapaian kompetensi lulusan.

Strategi pembelajaran sangat diperlukan dalam menunjang terwujudnya seluruh kompetensi yang dimuat dalam Kurikulum 2013. Kurikulum memuat apa yang seharusnya diajarkan kepada peserta didik, sedangkan pembelajaran merupakan cara bagaimana apa yang diajarkan bisa dikuasai oleh peserta didik. Pelaksanaan pembelajaran didahului dengan penyiapan RPP yang dikembangkan oleh guru baik secara individual maupun kelompok yang mengacu pada Silabus.
Strategi penilaian disiapkan untuk memfasilitasi guru dalam mengembangkan teknik, bentuk, dan instrumen serta pedoman penilaian hasil belajar dengan pendekatan autentik. Penilaian memungkinkan pendidik mampu menerapkan program remedial bagi peserta didik yang tergolong pebelajar lambat dan program pengayaan bagi peserta didik yang termasuk kategori pebelajar cepat.

Pembelajaran Agama dan Budi Pekerti tidak hanya mengantarkan peserta didik dapat menguasai berbagai kajian keislaman, tetapi pembelajaran tersebut lebih menekankan bagaimana peserta didik dapat menimplementasikan pengetahuan keislamannya dalam kehidupan sehari-hari.
Pemerintah melalui surat edaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 156928/MPK.A/KR/2013 tanggal 8 November 2013 menyatakan bahwa mulai tahun pelajaran 2014/2015 seluruh SMA sejumlah 12.637 wajib melaksanakan Kurikulum 2013 di kelas X dan kelas XI. Untuk menyiapkan kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran saintifik, serta melakukan penilaiain autentik, Pemerintah telah melatih guru inti dan guru sasaran, serta menyediakan silabus, buku guru, dan buku teks untuk peserta didik.

Selain itu Direktorat Pembinaan SMA menyiapkan kemampuan guru melalui workshop dan bimbingan teknis terutama dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran saintifik serta merancang dan melakukan penilaian autentik, mengembangkan materi pembelajaran, mengembangkan langkah pembelajaran serta merancang dan melaksanakan penilaian autentik berdasarkan silabus dan buku. Selanjutnya untuk memfasiltasi guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti secara individual dan kelompok dalam mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran dalam berbagai modus, strategi, dan model untuk muatan dan/atau mata pelajaran yang diampunya Direktorat PSMA menyusun naskah model pembelajaran dengan pendekatan saintifik dan menggunakan model-model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran.

Berikut saya share model pembelajaran saintifik di SMA :
01. Model Pembelajaran Saintifik PAI-BP. Download
02. Model Pembelajaran Saintifik PPKn. Download
03. Model Pembelajaran Saintifik Bahasa Indonesia. Download
04. Model Pembelajaran Saintifik Matematika. Download
05. Model Pembelajaran Saintifik Sejarah. Download
06. Model Pembelajaran Saintifik Bahasa Inggris. Download
07. Model Pembelajaran Saintifik Seni Budaya. Download
08. Model Pembelajaran Saintifik Penjasorkes. Download
09. Model Pembelajaran Saintifik PKWU. Download
10. Model Pembelajaran Saintifik Biologi. Download
11. Model Pembelajaran Saintifik Fisika. Download
12. Model Pembelajaran Saintifik Kimia. Download
13. Model Pembelajaran Saintifik Geografi. Download
14. Model Pembelajaran Saintifik Sosiologi. Download
15. Model Pembelajaran Saintifik Ekonomi. Download
16. Model Pembelajaran Saintifik Antropologi. Download
17. Model Pembelajaran Saintifik Bahasa Mandarin. Download
18. Model Pembelajaran Saintifik Bahasa Jepang. Download
19. Model Pembelajaran Saintifik Bahasa Jerman. Download

Berikut saya share model pembelajaran saintifik di SMA dalam format word :
01. Model Pembelajaran Saintifik PAI-BP. Download
02. Model Pembelajaran Saintifik PPKn. Download
03. Model Pembelajaran Saintifik Bahasa Indonesia. Download
04. Model Pembelajaran Saintifik Matematika. Download
05. Model Pembelajaran Saintifik Sejarah. Download
06. Model Pembelajaran Saintifik Bahasa Inggris. Download
07. Model Pembelajaran Saintifik Seni Budaya. Download
08. Model Pembelajaran Saintifik Penjasorkes. Download
09. Model Pembelajaran Saintifik PKWU. Download
10. Model Pembelajaran Saintifik Biologi. Download
11. Model Pembelajaran Saintifik Fisika. Download
12. Model Pembelajaran Saintifik Kimia. Download
13. Model Pembelajaran Saintifik Geografi. Download
14. Model Pembelajaran Saintifik Ekonomi. Download
15. Model Pembelajaran Saintifik Sosiologi. Download
16. Model Pembelajaran Saintifik Bahasa Mandarin. Download
17. Model Pembelajaran Saintifik Bahasa Jepang. Download
18. Model Pembelajaran Saintifik Bahasa Jerman. Download
19. Model Pembelajaran Saintifik Antropologi. Download