Nov 24, 2015

Materi PKn Kelas VIII Bab II-D

MATERI PKN KELAS VIII
BAB II KONSTITUSI DI INDONESIA




D. Sikap Positif Terhadap UUD 1945 Hasil Amandemen

1. Pentingnya Amandemen UUD 1945 bagi Bangsa Indonesia

Perubahan terhadap UUD 1945 memiliki arti yang sangat penting bagi kehidupan bangsa Indonesia, antara lain :
  1. Menghilangkan pandangan adanya keyakinan bahwa UUD 1945 merupakan hal yang sakral, tidak bisa diubah, diganti dan dikaji secara mendalam tentang kebenarannya, seperti doktrin yang diterapkan pada masa Orde Baru.
  2. Perubahan UUD 1945 memberikan peluang kepada bangsa Indonesia untuk membangun dirinya, yakni melaksanakan pembangunan yang sesuai dengan kondisi dan aspirasi masyarakat.
  3. Perubahan UUD 1945 mendidik jiwa demokrasi dan menghilangkan kesan jiwa UUD 1945 yang sentralistik dan otoriter, sebab dengan adanya amandemen UUD 1945 masa jabatan dan kekuasaan Presiden dibatasi serta sistem pemerintahan desentralisasi dan pemberian otonomi kepada daerah.
  4. Perubahan UUD 1945 menghidupkan perkembangan politik ke atas keterbukaan.
  5. Perubahan UUD 1945 mendorong para cendikiawan dan berbagai tokoh masyarakat untuk lebih proaktif dan kreatif mengkritisi pemerintah (demi kebaikan), sehingga mendorong kehidupan bangsa yang dinamis (berkembang) dalam segala bidang, guna mewujudkan kehidupan yang maju dan sejahtera sejajar dengan bangsa-bangsa lain yang telah maju.

2. Makna Kesetiaan pada Konstitusi

Warga negara yang baik wajib memiliki kesetiaan terhadap bangsa dan negara. Kesetiaan itu apabila diperinci mencakup 4 hal, yaitu :
  1. Kesetiaan terhadap ideologi negara.
  2. Kesetiaan terhadap konstitusi negara.
  3. Kesetiaan terhadap peraturan perundang-undangan negara.
  4. Kesetiaan terhadap kebijakan pemerintah.
Dengan demikian salah satu indicator seorang warga negara yang baik adalah memiliki kesetiaan terhadap konstitusi negara. Seorang warga negara Indonesia yang baik wajib memiliki kesetiaan terhadap konstitusi negara RI, yakni UUD 1945. Kesetiaan ini senantiasa melahirkan sikap perilaku yang positif terhadap UUD 1945.
Setia terhadap konstitusi atau UUD 1945 memiliki makna menunjukkan perilaku peduli/memperhatikan, mempelajari isinya, mengkaji maknanya, melaksanakan nilai-nilai dan aturan yang ada di dalamnya, mengamankan dan mempertahankan pelaksanaannya, serta berani membela/menegakkan jika konstitusi itu dilanggar.

3. Pengaruh Amandemen UUD 1945 terhadap Sistem Pemerintahan Demokrasi

Perubahan terhadap UUD 1945 telah memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap sistem pemerintahan demokrasi di Indonesia. Hal dikarenakan adanya perubahan-perubahan penting, seperti penyempurnaan kelembagaan negara, penyelenggaraan pemerintahan yang lebih demokratis, dan peningkatan pelaksanaan kedaulatan rakyat. Hal ini dapat dilihat pada hasil-hasil perubahan yang telah kita pelajari sebelumnya.

4. Pengaruh Amandemen UUD 1945 terhadap Jaminan Perlindungan HAM

Perubahan terhadap UUD 1945 juga telah memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap jaminan HAM. Hal ini Nampak jelas dengan dicantumkannya pasal-pasal khusus yang secara rinci menunjukkan jaminan HAM secara konstitusional. Begitu pula sejalan dengan pelaksanaan UUD 1945 tersebut telah lahir beberapa instrumen (peraturan dan kelembagaan) yang ditujukan untuk menjamin perlindungan dan penegakkan HAM.

5. Sikap Positif terhadap UUD 1945 Hasil Amandemen

Sebagai wujud kesetiaan terhadap konstitusi, setiap warga negara Indonesia hendaknya mampu menampilkan sikap positif terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil amandemen. Sikap positif tersebut antara lain :
  1. Menghargai upaya yang dilakukan oleh para mahasiswa dan para politisi yang dengan gigih memperjuangkan reformasi tatanan kehidupan bernegara yang diatur dalam UUD 1945 sebelum perubahan.
  2. Menghargai upaya yang dilakukan oleh lembaga-lembaga negara, khususnya MPR yang telah melakukan perubahan terhadap UUD 1945.
  3. Menyadari manfaat hasil perubahan UUD 1945.
  4. Mengkritisi penyelenggaraan negara yang tidak sesuai dengan UUD 1945 hasil perubahan.
  5. Mematuhi aturan dasar hasil perubahan UUD 1945.
  6. Berpartisipasi secara aktif dan bertanggung jawab dalam melaksanakan aturan hasil perubahan UUD 1945.
  7. Menghormati dan melaksnakan aturan-aturan lain di bawah UUD 1945 termasuk tata tertib sekolah.
Tanpa sikap positif warga negara terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil amandemen, maka hasil perubahan UUD 1945 itu tidak akan banyak berarti bagi kebaikan hidup bernegara. Tanpa kesadaran untuk mematuhi UUD 1945 hasil amandemen, maka penyelenggaraan negara dan kehidupan bernegara tidak akan jauh berbeda dengan sebelumnya. Itulah beberapa sikap dan perilaku yang hendaknya ditunjukkan oleh warga negara yang baik.
Petunjuk : Bubuhkan tanda cek (V) dan berikan alasan sesuai dengan sikap kalian terhadap pernyataan di bawah ini.

No
Pernyataan
S
TS
Alasan
1
Perubahan UUD 1945 berpengaruh terhadap kehidupan yang lebih demokratis.



2
Perubahan UUD 1945 belum mampu mening-katkan penegakan hukum.



3
Perubahan UUD 1945 dapat menciptakan ke-hidupan masyarakat yang lebih aman, tertib dan damai.



4
Perubahan UUD 1945, terutama tentang kebi-jakan otonomi daerah, telah membawa kema-juan bagi daerah.



5
Pemilihan umum masa Orde Baru lebih demokratis daripada masa sekarang.



6
Setelah perubahan UUD 1945, rakyat kurang terlibat dalam pemilihan kepala daerah.



7
Pada masa sekarang sering terjadi pelang-garan HAM, karena UUD 1945 hasil perubahan tidak mengatur jaminan HAM.



8
Perubahan UUD 1945 tidak berkaitan dengan kepentingan rakyat, karena perubahan terse-but hanya mengatur kepentingan lembaga negara.



9
UUD 1945 tidak perlu memuat jaminan HAM yang sedemikian luas, karena HAM merupa-kan paham Barat (Liberalisme).



10
Perubahan UUD 1945 sangat perlu dilakukan untuk menjawab tantangan zaman.



11
Negara dijamin akan lebih baik dengan dilaku-kannya amandemen UUD 1945.



12
Amandemen UUD 1945 dapat menghambat pelaksanaan reformasi.



13
Amandemen UUD 1945 akan menimbulkan perubahan terhadap sistem pemerintahan.



14
Setiap warga negara wajib menerapkan isi UUD 1945 hasil amandemen.



15
Sebagai siswa yang baik saya akan mempelajari UUD 1945 hasil amandemen dan mengamalkan-nya dalam kehidupan sehari-hari sesuai kedudukan dan kemampuan.



16
Pihak-pihak yang melakukan pelanggaran ter-hadap UUD 1945 harus ditindak tegas sesuai hukum yang berlaku.





6. Usaha Mengembangkan Sikap Positif Terhadap UUD 1945 Hasil Amandemen

Sikap positif setiap warga negara terhadap pelaksanaan UUD 1945 hasil amandemen harus dibina dan dikembangkan, sehingga akan mampu membentuk dan meningkatkan kesadaran setiap warga negara di dalam pelaksanaan UUD 1945 hasil amandemen. Dalam hal ini ada beberapa usaha yang dapat dilakukan, antara lain :
  1. Mensosialisasikan isi atau materi UUD 1945 hasil amandemen kepada segenap lapisan masyarakat melalui berbagai cara dan metode, seperti penataran, kursus, pendidikan formal, dan sebagainya.
  2. Menyadakan penerangan dan penyuluhan akan arti penting hidup berbangsa dan bernegara.
  3. Pembentukan peraturan perundang-undangan harus sesuai dengan ketentuan UUD 1945 hasil amandemen.
  4. Mensosialisasikan produk hukum atau peraturan yang dibentuk berdasarkan ketentuan UUD 1945 hasil amandemen.
  5. Para penyelenggara negara harus mampu menunjukkan pelaksanaan tugas dan fungsinya sesuai ketentuan UUD 1945 hasil amandemen.
  6. Mengadakan pengawasan secara ketat terhadap para penyelenggara negara, agar penyelenggaraan pemerintahan sesuai dengan ketentuan UUD 1945 hasil amandemen.
  7. Memberikan sanksi yang tegas dan adil kepada pihak-pihak yang melanggar ketentuan UUD 1945 hasil amandemen.
  8. Memberikan jaminan terhadap pelaksanaan hak-hak warga negara dan hak asasi manusia sesuai dengan ketentuan UUD 1945 hasil amandemen.


Materi PKn Kelas VIII Bab II-C

MATERI PKN KELAS VIII
BAB II KONSTITUSI DI INDONESIA




C. Hasil-Hasil Amandemen UUD 1945

1. Cara Perubahan Konstitusi

Konstitusi merupakan peraturan yang mengatur kehidupan warga negara, maka harus sesuai dengan perkembangan kehidupan warga negara. Oleh karena itu suatu konstitusi pada masa tertentu memerlukan adanya perubahan atau amandemen.
Dalam Hukum Tata Negara dikenal adanya dua cara perubahan UUD sebagai konstitusi tertulis, yaitu :
  1. Verfassung Anderung, yakni perubahan secara konstitusional, artinya perubahan dilakukan menurut prosedur yang diatur sendiri oleh UUD yang bersangkutan.
  2. Verfassung Wandlung, yakni perubahan secara revolusioner, artinya perubahan yang dilakukan tidak berdasarkan ketentuan yang diatur dalam UUD yang bersangkutan.

2. Teknik Perubahan Konstitusi

Teknik perubahan UUD dikenal dengan adanya dua tradisi, yaitu tradisi Eropa Kontinental dan tradisi Amerika Serikat.
  1. Eropa Kontinental. Dalam tradisi ini perubahan dilakukan langsung dalam teks UUD. Jika perubahan itu menyangkut materi tertentu, tentulah naskah UUD yang asli tidak banyak mengalami perubahan. Tetapi jika materi yang diubah banyak, apalagi kalau perubahannya mendasar, maka biasanya naskah UUD itu disebut dengan nama baru sama sekali. Jadi dalam hal ini bukan perubahan, tetapi penggantian.
  2. Amerika Serikat. Dalam tradisi ini perubahan dilakukan terhadap materi tertentu dengan menetapkan naskah amandemen yang terpisah dari naskah asli UUD.

3. Dasar Pemikiran Perubahan UUD 1945

Perubahan UUD atau sering pula digunakan istilah amandemen UUD adalah salah satu agenda reformasi. Perubahan itu dapat berupa pencabutan, penambahan dan perbaikan.
Mengenai amandemen UUD 1945 sendiri dilandasi oleh beberapa dasar pemikiran sebagai berikut :
  1. UUD 1945 memberikan kekuasaan yang sangat besar kepada Presiden yang meliputi kekuasaan eksekutif dan legislatif, khususnya dalam membentuk undang-undang.
  2. UUD 1945 mengandung pasal-pasal yang terlalu luwes (fleksibel), sehingga dapat menimbulkan lebih dari satu tafsir (multitafsir).
  3. Kedudukan Penjelasan UUD 1945 seringkali diperlakukan dan mempunyai kekuatan hukum seperti pasal-pasal (batang tubuh) UUD 1945.

4. Dasar Politis dan Yuridis Perubahan UUD 1945

Pelaksanaan amandemen UUD 1945 memiliki dasar politis dan yuridis. Yang menjadi dasar politis, yaitu mempelajari, menelaah dan mempertimbangkan dengan seksama dan sungguh-sungguh hal-hal yang bersifat mendasar yang dihadapi oleh rakyat, bangsa dan negara.
Sedangkan yang menjadi dasar hukum (yuridis) amandemen UUD 1945 adalah UUD 1945 itu sendiri yaitu pasal 37 sebagai berikut :
  1. Ayat 1 : “Untuk mengubah UUD sekurang-kurangnya 2/3 daripada jumlah anggota MPR harus hadir”.
  2. Ayat 2 : “Putusan diambil dengan persetujuan sekurang-kurangnya 2/3 daripada jumlah anggota yang hadir”.

5. Prosedur Perubahan UUD 1945

Prosedur perubahan UUD 1945 secara eksplisit telah ditentukan oleh pasal 37 ayat (1) dan (2) UUD 1945, yakni :
  1. Perubahan dilakukan melalui Sidang MPR.
  2. Dalam siding tersebut sekurang-kurangnya 2/3 daripada jumlah anggota MPR harus hadir.
  3. Putusan diambil dengan persetujuan sekurang-kurangnya 2/3 daripada jumlah anggota yang hadir.

6. Latar Belakang dan Tujuan Perubahan UUD 1945

Ada dua hal yang menjadi latar belakang perubahan UUD 1945, yaitu :
  1. Tuntutan demokrasi. UUD 1945 disusun pada masa persiapan kemerdekaan Indonesia dengan situasi yang serba mendesak. Oleh karena itu terdapat pasal-pasal yang diarahkan untuk kepentingan pemimpin terdahulu, serta tidak adanya pasal-pasal yang secara rinci dan tegas menjamin hak asasi manusia. Oleh karena itu, perubahan UUD 1945 dilakukan dalam rangka memenuhi tuntutan kehidupan yang lebih demokratis.
  2. Perkembangan zaman. Dalam hal ini UUD 1945 (sebelum amandemen) mengandung beberapa pasal yang dipandang sudah tidak sesuai lagi dengan situasi dan permasalahan kenegaraan dewasa ini. Oleh karena itu diperlukan perubahan agar dapat lebih sesuai dengan perkembangan zaman.
Amandemen UUD 1945 memiliki beberapa tujuan, antara lain :
  1. Menyempurnakan aturan dasar mengenai tatanan negara dalam mencapai tujuan nasional dan memperkukuh NKRI.
  2. Menyempurnakan aturan dasar mengenai jaminan dan pelaksanaan kedaulatan rakyat serta memperluas partisipasi rakyat agar sesuai dengan perkembangan paham demokrasi.
  3. Menyempurnakan aturan dasar mengenai jaminan dan perlindungan HAM agar sesuai dengan perkembangan paham HAM dan peradaban umat manusia yang merupakan syarat bagi suatu negara hukum yang tercantum dalam UUD 1945.
  4. Menyempurnakan aturan dasar penyelenggaraan negara secara demokratis dan modern.
  5. Melengkapi aturan dasar yang sangat penting dalam penyelenggaraan negara bagi eksistensi negara dan perjuangan negara mewujudkan demokrasi, seperti pengaturan wilayah negara dan pemilihan umum.
  6. Menyempurnakan aturan dasar mengenai kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan bangsa dan negara.
Dalam melakukan perubahan UUD 1945 terdapat beberapa kesepakatan dasar, yaitu :
  1. Tidak mengubah Pembukaan UUD 1945.
  2. Tetap mempertahankan NKRI.
  3. Mempertegas sistem pemerintahan presidensial.
  4. Penjelasan UUD 1945 yang memuat hal-hal normatif akan dimasukkan ke dalam pasal-pasal (batang tubuh).

7. Proses dan Hasil Perubahan UUD 1945

Prubahan terhadap UUD 1945 dilakukan secara bertahap karena mendahulukan pasal-pasal yang disepakati oleh semua fraksi di MPR, kemudian dilanjutkan dengan perubahan terhadap pasal-pasal yang lebih sulit memperoleh kesepakatan. Perubahan terhadap UUD 1945 dilakukan sebanyak empat kali melalui mekanisme siding MPR, yaitu :
  1. Sidang Umum MPR 1999 tanggal 14 – 21 Oktober 1999.
  2. Sidang Tahunan MPR 2000 tanggal 7 – 18 Agustus 2000.
  3. Sidang Tahunan MPR 2001 tanggal 1 – 9 November 2001.
  4. Sidang Tahunan MPR 2002 tanggal 1 – 11 Agustus 2002.
Perubahan UUD 1945 dimaksudkan untuk menyempurnakan UUD itu sendiri, bukan untuk mengganti. Secara umum hasil perubahan yang dilakukan secara bertahap adalah sebagai berikut :

a. Perubahan Pertama

Perubahan pertama terhadap UUD 1945 ditetapkan pada tanggal 19 Oktober 1999 dapat dikatakan sebagai tonggak sejarah yang berhasil mematahkan semangat yang cenderung mensakralkan atau menjadikan UUD 1945 sebagai sesuatu yang suci yang tidak boleh disentuh oleh ide perubahan. Perubahan pertama terhadap UUD 1945 meliputi 9 pasal, 16 ayat, yaitu :

No
Pasal yang Diubah
Isi Perubahan
1
Pasal 5 ayat 1
Hak Presiden untuk mengajukan RUU kepada DPR
2
Pasal 7
Pembatasan masa jabatan Presiden dan Wapres
3
Pasal 9 ayat 1 dan 2
Sumpah Presiden dan Wapres
4
Pasal 13 ayat 2 dan 3
Pengangkatan dan penempatan Duta
5
Pasal 14 ayat 1
Pemberian grasi dan rehabilitasi
6
Pasal 14 ayat 2
Pemberian amnesti dan abolisi
7
Pasal 15
Pemberian gelar, tanda jasa dan kehormatan lain
8
Pasal 17 ayat 2 dan 3
Pengangkatan Menteri
9
Pasal 20 ayat 1 - 4
Fungsi dan hak DPR
10
Pasal 21
Hak DPR mengajukan usul RUU


b. Perubahan Kedua

Perubahan kedua ditetapkan pada tanggal 18 Agustus 2000 yang meliputi 27 pasal yang tersebat dalam 7 bab, yaitu :

No
Bab yang Diubah
Isi Perubahan
1
Bab VI
Pemerintahan daerah
2
Bab VII
DPR
3
Bab IX.A
Wilayah negara
4
Bab X
Warga negara dan penduduk
5
Bab X.A
Hak asasi manusia (HAM)
6
Bab XII
Pertahanan dan keamanan
7
Bab XV
Bendera, bahasa, lambing negara dan lagu kebangsaan

c. Perubahan Ketiga

Perubahan ketiga ditetapkan pada tanggal 10 November 2001, meliputi 23 pasal yang tersebar dalam 7 bab, yaitu :

No
Bab yang Diubah
Isi Perubahan
1
Bab I
Bentuk dan kedaulatan
2
Bab II
MPR
3
Bab III
Kekuasaan pemerintahan negara
4
Bab V
Kementerian negara
5
Bab VII.A
DPR
6
Bab VII.B
Pemilu
7
Bab VIII.A
BPK

d. Perubahan Keempat

Perubahan keempat ditetapkan pada tanggal 10 Agustus 2002, meliputi 16 pasal yang terdiri atas 31 butir ketentuan serta 1 butir yang dihapuskan. Dalam naskah perubahan keempat ini ditetapkan bahwa :
1) UUD 1945 sebagaimana telah diubah dengan perubahan pertama, kedua, ketiga dan keempat adalah UUD 1945 yang ditetapkan pada tanggal 18 Agustus 1945 dan diberlakukan kembali dengan Dekrit Presiden 5 Juli 1959.
2) Perubahan tersebut diputuskan dalam Rapat Paripurna MPR-RI ke-9 tanggal 18 Agustus 2000 Sidang Tahuhan MPR-RI dan mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.
3) Bab IV tentang DPA dihapuskan dan pengubahan substansi pasal 16 serta penempatan-nya ke dalam bab III tentang Kekuasaan Pemerintahan Negara.
Hasil perubahan keempat terhadap UUD 1945 secara terperinci adalah sebagai berikut :


No
Pasal yang Diubah
Isi Perubahan
1
Pasal 2 ayat 1
MPR
2
Pasal 6.A ayat 4
Presiden dan Wakil Presiden
3
Pasal 8 ayat 3
Presiden dan Wakil Presiden
4
Pasal 16
Dewan Pertimbangan Presiden
5
Pasal 23.B
Macam dan harga mata uang
6
Pasal 23.D
Bank sentral
7
Pasal 24 ayat 3
Kekuasaan kehakiman
8
Pasal 31 ayat 1 - 5
Pendidikan
9
Pasal 32 ayat 1 dan 2
Kebudayaan
10
Pasal 33 ayat 4 dan 5
Perekonomian nasional
11
Pasal 34 ayat 1 - 4
Kesejahteraan sosial
12
Pasal 37 ayat 1 - 5
Perubahan UUD
13
Pasal 1 Aturan Peralihan
Peraturan perundang-undangan
14
Pasal II Aturan Peralihan
Lembaga negara
15
Pasal III Aturan Peralihan
Mahkamah Konstitusi
16
Pasal 1 Aturan Tambahan
MPR
17
Pasal II Aturan Tambahan
 Struktur UUD 1945

Secara umum dilihat dari jumlah bab, pasal dan ayatnya, hasil perubahan UUD 1945 adalah sebagai berikut :

No
Sebelum Perubahan
Setelah Perubahan
1
16 bab
21 bab
2
37 pasal
73 pasal
3
49 ayat
170 ayat
4
4 pasal Aturan Peralihan
3 pasal Aturan Peralihan
5
2 ayat Aturan Tambahan
2 ayat Aturan Tambahan
6
Dilengkapi Penjelasan
Tanpa Penjelasan

Pada dasarnya mengubah atau mengamandemen suatu peraturan dimaksudkan untuk menyempurnakan, melengkapi atau mengganti peraturan yang sudah ada sebelumnya. Tentu saja hasil perubahan itu diharapkan lebih baik dan berguna bagi rakyat. Demikian pula halnya perubahan terhadap UUD 1945.
Perubahan UUD 1945 bukan hanya menyangkut perubahan jumlah bab, pasal dan ayat, tetapi juga ada perubahan sistem ketatanegaraan RI. Hasil-hasil perubahan tersebut menunjukkan adanya penyempurnaan kelembagaan negara, jaminan dan perlindungan HAM, dan penyelenggaraan pemerintahan yang lebih demokratis. Hasil-hasil perubahan tersebut telah melahirkan peningkatan pelaksanaan kedaulatan rakyat, utamanya dalam pemilihan presiden dan kepala daerah yang secara langsung oleh rakyat. Perubahan itu secara global adalah sebagai berikut :
  1. MPR yang semula sebagai lembaga tertinggi negara dan berada di atas lembaga negara lain, berubah menjadi lembaga negara yang sejajar dengan lembaga negara lainnya, seperti DPR, Presiden, BPK, MA, MK, DPD, dan KY.
  2. Pemegang kekuasaan membentuk undang-undang yang semula dipegang oleh Presiden beralih ke tangan DPR.
  3. Presiden dan Wakil Presiden yang semula dipilih oleh MPR berubah menjadi dipilih oleh rakyat secara langsung dalam satu paket (pasangan).
  4. Periode masa jabatan Presiden dan Wakil Presiden yang semula tidak dibatasi, berubah menjadi maksimal dua kali masa jabatan.
  5. Adanya lembaga negara yang berwenang menguji undang-undang terhadap UUD 1945 yaitu Mahkamah Konstitusi (MK).
  6. Presiden dalam hal mengangkat dan menerima duta dari negara lain harus memperhatikan pertimbangan DPR.
  7. Presiden harus memperhatikan pertimbangan DPR dalam hal member amnesti dan rehabilitasi.


Materi PKn Kelas VIII Bab II-D