Jun 14, 2017

Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Buddha (PAB-BP) Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Buddha 
(PAB-BP) Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017



Buku Guru dan Siswa PAB-BP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku teks mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti (PAB-BP) ditulis agar para siswa memiliki kompetensi utuh dan berakhlak mulia. Dengan Buku Siswa diharapkan siswa memiliki kompetensi dalam mendengar, membaca, menulis, menyajikan secara lisan, dan memiliki pengetahuan yang memadai tentang nilai-nilai ajaran Buddha. Pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki siswa diharapkan dapat memperkuat keyakinannya terhadap Triratna dan menumbuhkan akhlak mulia. Sehubungan dengan tujuan-tujuan tersebut, pembelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti dikembangkan berdasarkan pembelajaran aktif yang berbasis pada aktivitas siswa.

Buku Guru ini hadir sebagai panduan penting untuk melaksanakan pembelajaran PAB-BP agar mencapai tujuan yang diharapkan. Buku Guru berisi petunjuk umum dan petunjuk khusus membelajarkan PAB-BP dengan media Buku Siswa. Petunjuk umum berisi penjelasan karakteristik pembelajaran, karakteristik organisasi kompetensi dasar, dan karakteristik penilaian autentik dalam pembelajaran PAB-BP. Petunjuk khusus pada tiap pelajaran berisi panduan pelaksanaan pembelajaran PAB-BP dengan media Buku Siswa. Pada setiap pelajaran terdapat contoh indikator, contoh materi, contoh tema yang bisa digunakan sebagai bahan pengembangan materi, contoh pengalokasian waktu pada setiap pelajaran, contoh langkah pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan contoh rubrik penilaian autentik. Karena bersifat contoh, Ibu/Bapak Guru diharapkan dapat memvariasikan dan menyesuaikan isi Buku Guru dengan konteks daerah, konteks waktu, konteks budaya lokal, dan konteks karakteristik sekolah.

Buku Guru ini penting dibaca oleh guru yang akan membelajarkan PAB-BP, terutama Kelas 5. Buku Guru ini berfungsi memandu guru dalam menggunakan Buku Siswa untuk mencapai hasil yang maksimal. Pemahaman Buku Guru dan Buku Siswa secara terintegrasi merupakan sebuah keharusan untuk mencapai hasil secara maksimal. Materi dalam Buku Siswa dan perencanaan pembelajaran dalam Buku Guru hanyalah contoh dan sangat terbuka untuk divariasikan dan dikembangkan sesuai konteks.

Buku Guru Kelas 5 PAB-BP SD K13 Revisi 2017. Download
Buku Siswa Kelas 5 PAB-BP SD K13 Revisi 2017. Download




Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Buddha (PAB-BP) Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Buddha 
(PAB-BP) Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017



Buku Guru dan Siswa PAB-BP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku teks mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti (PAB-BP) ditulis agar para siswa memiliki kompetensi utuh dan berakhlak mulia. Dengan Buku Siswa diharapkan siswa memiliki kompetensi dalam mendengar, membaca, menulis, menyajikan secara lisan, dan memiliki pengetahuan yang memadai tentang nilai-nilai ajaran Buddha. Pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki siswa diharapkan dapat memperkuat keyakinannya terhadap Triratna dan menumbuhkan akhlak mulia. Sehubungan dengan tujuan-tujuan tersebut, pembelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti dikembangkan berdasarkan pembelajaran aktif yang berbasis pada aktivitas siswa.

Buku Guru ini hadir sebagai panduan penting untuk melaksanakan pembelajaran PAB-BP agar mencapai tujuan yang diharapkan. Buku Guru berisi petunjuk umum dan petunjuk khusus membelajarkan PAB-BP dengan media Buku Siswa. Petunjuk umum berisi penjelasan karakteristik pembelajaran, karakteristik organisasi kompetensi dasar, dan karakteristik penilaian autentik dalam pembelajaran PAB-BP. Petunjuk khusus pada tiap pelajaran berisi panduan pelaksanaan pembelajaran PAB-BP dengan media Buku Siswa. Pada setiap pelajaran terdapat contoh indikator, contoh materi, contoh tema yang bisa digunakan sebagai bahan pengembangan materi, contoh pengalokasian waktu pada setiap pelajaran, contoh langkah pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan contoh rubrik penilaian autentik. Karena bersifat contoh, Ibu/Bapak Guru diharapkan dapat memvariasikan dan menyesuaikan isi Buku Guru dengan konteks daerah, konteks waktu, konteks budaya lokal, dan konteks karakteristik sekolah.

Buku Guru ini penting dibaca oleh guru yang akan membelajarkan PAB-BP, terutama kelas II. Buku Guru ini berfungsi memandu guru dalam menggunakan Buku Siswa untuk mencapai hasil yang maksimal. Pemahaman Buku Guru dan Buku Siswa secara terintegrasi merupakan sebuah keharusan untuk mencapai hasil secara maksimal. Materi dalam Buku Siswa dan perencanaan pembelajaran dalam Buku Guru hanyalah contoh dan sangat terbuka untuk divariasikan dan dikembangkan sesuai konteks.

Buku Guru Kelas 2 PAB-BP SD K13 Revisi 2017. Download
Buku Siswa Kelas 2 PAB-BP SD K13 Revisi 2017. Download




Buku Guru dan Siswa PAI-BP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Guru dan Siswa PAI-BP
Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017



Buku Guru dan Siswa PAI-BP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Semata-mata (innama) misi pengutusan Nabi Muhammad saw. adalah untuk menyempurnakan keluhuran akhlak. Sejalan dengan itu, dijelaskan dalam al-Qur'an bahwa beliau diutus hanyalah untuk menebarkan kasih sayang kepada semesta alam. Dengan demikian, di dalam ayat al-Qur'an ini digunakan struktur gramatika yang menunjukkan sifat eksklusif misi pengutusan Nabi.

Dalam struktur ajaran Islam, pendidikan akhlak adalah yang terpenting. Penguatan akidah adalah dasar. Sementara, ibadah adalah sarana, sedangkan tujuan akhirnya adalah pengembangan akhlak mulia. Sehubungan dengan itu, Nabi Muhammad saw., bersabda, “Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya”1 dan “Orang yang paling baik Islamnya adalah yang paling baik akhlaknya.”2 Dengan kata lain, hanya akhlak mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah yang bisa menjadi bukti kekuatan akidah dan kebaikan ibadah. Sejalan dengan itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diorientasikan pada pembentukan akhlak yang mulia, penuh kasih sayang, kepada segenap unsur alam semesta.

Hal tersebut selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Selain itu, peserta didik tidak hanya diharapkan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tetapi juga meningkat kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia karakter dan kepribadiannya atau yang berbudi pekerti luhur.

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat tersebut. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam upaya memahami pengetahuan agamanya, mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata, dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkaya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.

Memasuki Tahun Pelajaran 2017/2018 khususnya untuk sekolah sasaran implementasi Kurikulum 2013 telah terbit Buku Guru PAI-BP Kelas 5 Edisi Revisi 2017, sebagai berikut :

Buku Guru PAI-BP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017. Download
Buku Siswa PAI-BP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017. Download