Jul 3, 2017

Buku Guru Tematik Kelas IV Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016

Buku Guru Tematik Kelas IV Semester 1 SD/MI
Kurikulum 2013 Revisi 2016



Buku Guru Tematik Kelas IV Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016
Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu. Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong peserta didik untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing. Buku ini adalah merupakan penyempurnaan dari edisi terdahulu.

Buku ini bersifat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang. Untuk itu, para pembaca dapat memberikan sumbang saran, kritikan, dan masukan yang membangun untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Semoga kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi Indonesia yang lebih

berkualitas.

Berikut saya share Buku Guru Tematik Kelas IV Semester 1 Edisi Revisi 2016:

Buku Guru Kelas IV Tema 1. Indahnya Kebersamaan. Download
Subtema 1. Keberagaman Budaya Bangsaku
Subtema 2. Kebersamaan dalam Keberagaman
Subtema 3. Bersyukur atas Keberagaman

Buku Guru Kelas IV Tema 2. Selalu Berhemat Energi. Download
Subtema 1. Sumber Energi
Subtema 2. Manfaat Energi
Subtema 3. Energi Alternatif

Buku Guru Kelas IV Tema 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Download
Subtema 1. Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Subtema 2. Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Subtema 3. Ayo, Cintai Lingkungan

Buku Guru Kelas IV Tema 4. Berbagai Pekerjaan. Download
Subtema 1. Jenis-Jenis Pekerjaan
Subtema 2. Pekerjaan di Sekitarku
Subtema 3. Pekerjaan Orang Tuaku

Buku Guru Kelas IV Tema 5. Pahlawanku. Download
Subtema 1. Perjuangan Para Pahlawan
Subtema 2. Pahlawanku Kebanggaanku
Subtema 3. Sikap Kepahlawanan



Buku Guru Tematik Kelas I Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016

Buku Guru Tematik Kelas I Semester 1 SD/MI
Kurikulum 2013 Revisi 2016



Buku Guru Tematik Kelas I Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016
Buku guru disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di lapangan. Sebagaimana diketahui bahwa buku teks siswa yang berbasis aktivitas disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, yang sangat mengedepankan pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan. Karena hanya sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, guru tidak diharapkan menggunakan buku ini sebagai satu-satunya buku panduan yang menjadi acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Isi dari Buku Guru hanyalah contoh aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan di kelas. Guru memiliki keleluasaan untuk membangun kegiatan pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Guru juga tetap harus membuka dan mempelajari Peraturan Pemerintah khususnya berkaitan dengan konsep penilaian dan pelaporan yang tidak dapat diurai secara detil dalam buku ini.

Guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik, dibutuhkan kehadiran buku-buku penunjang. Jika perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah, mengingat buku-buku tersebut didesain sebagai buku teks yang sarat materi. Guru maupun peserta didik juga dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lain yang relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Buku ini dibuat dengan berlandaskan pada Kompetensi Dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Demikian pula, buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan baik oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud.

Berbeda dengan Buku Guru sebelumnya, atas arahan dari Kemendikbud, kali ini Buku Guru tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk PPKn. Namun demikian, dalam kesehariannya guru tetap melakukan proses pengamatan perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik.

Berikut saya share Buku Guru Tematik Kelas I Semester 1 Edisi Revisi 2016.

Buku Guru Tematik Kelas I Semester 1 Edisi Revisi 2016 :
1. Buku Guru Kelas I Tema 1. Diriku. Download
2. Buku Guru Kelas I Tema 2. Kegemaranku. Download
3. Buku Guru Kelas I Tema 3. Kegiatanku. Download
4. Buku Guru Kelas I Tema 4. Keluargaku. Download




Jul 2, 2017

Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017

Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017



Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus
Profesional : Pengembangan Bahasa Anak Tunarungu
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Pembelajaran pada Anak Tunarungu
Profesional : Teknik Pengembangan Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Pengembangan Kurikulum dan Media Adaptif Anak Tunarungu
Profesional : Pendekatan Visual, Auditif, Kinestetik dan Taktil
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Perencanaan Pembelajaran
Profesional : Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Konsep Teknologi Informasi dan Komunikasi
Profesional : Konsep Pengembangan Komunikasi, Persepsi Bunyi dan Irama
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Pengembangan Potensi Anak Tunarungu
Profesional : Prosedur Pengembangan Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Komunikasi Efektif Pada Anak Tunarungu
Profesional : Penerapan Pembelajaran Bunyi Bahasa Bagi Anak Tunarungu
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Penilaian, Evaluasi Proses dan Hasil Belajar
Profesional : Keterampilan Vokasional Sederhana
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Pemanfaatan Penilaian dan Evaluasi bagi Pembelajaran
Profesional : Pemanfaatan TIK untuk Pengembangan Diri
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Penelitian Tindakan Kelas dalam Setting Peningkatan Pembelajaran Anak Tunarungu
Profesional : Pengoperasian MS Office
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-J. Download