Jul 7, 2017

Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017

Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017



Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 sebagai berikut :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Karakteristik Peserta Didik
Profesional : Hakikat dan Pemerolehan Bahasa
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Teori Belajar
Profesional : Ragam Bahasa dan Keterampilan Berbahasa
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Pengembangan Kurikulum
Profesional : Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia Keterampilan Berbahasa Indonesia
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Strategi Pembelajaran
Profesional : Keterampilan dan Kaidah Bahasa
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : TIK dalam Pembelajaran
Profesional : Keterampilan Berbahasa Indonesia, Teori dan Genre Sastra Indonesia
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Model Pembelajaran
Profesional : Apresiasi Puisi Prosa
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Komunikasi Efektif
Profesional : Menulis Puisi dan Mengapresiasi Teks Drama
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Penilaian Pembelajaran
Profesional : Apresiasi dan Kreasi Sastra
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Pemanfaatan dan Pelaporan Hasil Penilaian
Profesional : Aliran-Aliran Linguistik
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Refleksi Pembelajaran dan PTK
Profesional : Kritik Sastra Indonesia
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-J. Download




Modul PKB PJOK SD Tahun 2017

Modul PKB PJOK SD Tahun 2017



Modul PKB PJOK SD Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 sebagai berikut :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Analisis Materi Pembelajaran dan Bahan Ajar 1
Profesional : Pengembangan Materi Bola Besar/Kecil, Beladiri, dan PKJ 1
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Pengembangan Kurikulum 1
Profesional : Pengembangan Materi PHS, Aktivitas Air dan Senam
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Penilaian Proses-Hasil Belajar 1 dan Komunikasi Efektif
Profesional : Filosofi Penjas 1 dan Pengembangan Materi PPPK dan PKJ 2
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Karakteristik Peserta Didik dan Rancangan Pembelajaran
Profesional : Filosofi Penjas 2 dan Gerak Berirama
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Pelaksanaan Pembelajaran
Profesional : Perkembangan Gerak Anak dan Kompetensi Profesi
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Prinsip Pembelajaran dan Penilaian Proses-Hasil Belajar
Profesional : Perspektif Sejarah dan Ilmu Faal
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : TIK dalam Pembelajaran
Profesional : Ilmu Urai, Faal Tubuh, Sosiologi dan Belajar Gerak
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Potensi Peserta Didik dan Model Pembelajaran
Profesional : Penerapan Psikologi dan Kinesiologi dalam PJOK
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Kesulitan Belajar Peserta Didik dan Pembelajaran Alternatif
Profesional : Tindakan Reflektif Pembelajaran
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Pengembangan Potensi dan Modifikasi Materi
Profesional : Profesionalisme Guru
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-J. Download




Jul 5, 2017

Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Katolitk dan Budi Pekerti (PAKT-BP) Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi 2016

Buku Guru dan Siswa
Pendidikan Agama Katolitk dan Budi Pekerti (PAKT-BP)
Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi 2016



Buku Guru dan Siswa PAKT-BP Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi 2016
Agama terutama bukanlah soal mengetahui mana yang benar atau yang salah. Tidak ada gunanya mengetahui tetapi tidak melakukannya, seperti dikatakan oleh Santo Yakobus: “Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati” (Yakobus 2:26). Demikianlah, belajar bukan sekadar untuk tahu, melainkan dengan belajar seseorang menjadi tumbuh dan berubah. Tidak sekadar belajar lalu berubah, tetapi juga mengubah keadaan.

Begitulah Kurikulum 2013 dirancang agar tahapan pembelajaran memungkinkan siswa berkembang dari proses menyerap pengetahuan dan mengembangkan keterampilan hingga memekarkan sikap serta nilai-nilai luhur kemanusiaan. Pembelajaran agama diharapkan mampu menambah wawasan keagamaan, mengasah keterampilan beragama dan mewujudkan sikap beragama peserta didik yang utuh dan berimbang yang mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya, sesama manusia dan manusis dengan lingkungannya. Untuk itu pendidikan agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan penanaman karakter dalam pembentukan budi pekerti yang luhur. Karakter yang ingin kita tanamkan antara lain: kejujuran, kedisiplinan, cinta kebersihan, cinta kasih, semangat berbagi, optimisme, cinta tanah air, kepenasaran intelektual, dan kreativitas.

Nilai-nilai karakter itu digali dan diserap dari pengetahuan agama yang dipelajari para siswa itu dan menjadi penggerak dalam pembentukan, pengembangan, peningkatan, pemeliharaan, dan perbaikan perilaku anak didik agar mau dan mampu melaksanakan tugas-tugas hidup mereka secara selaras, serasi, seimbang antara lahir-batin, jasmani-rohani, material-spiritual, dan individu-sosial. Selaras dengan itu, pendidikan agama Katolik secara khusus bertujuan membangun dan membimbing peserta didik agar tumbuh berkembang mencapai kepribadian utuh yang semakin mencerminkan diri mereka sebagai gambar Allah, sebab demikianlah “Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia” (Kejadian 1:27). Sebagai makhluk yang diciptakan seturut gambar Allah, manusia perlu mengembangkan sifat cinta kasih dan takut akan Allah, memiliki kecerdasan, keterampilan, pekerti luhur, memelihara lingkungan, serta ikut bertanggung jawab dalam pembangunan masyarakat, bangsa dan negara. [Sigit DK: 2013]

Buku pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi-bagi dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa dalam usaha memahami pengetahuan agamanya. Akan tetapi pengetahuan agama bukanlah hasil akhir yang dituju. Pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Untuk itu, sebagai buku agama yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitas-aktivitas. Di dalamnya dirancang urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa. Dengan demikian, buku ini menuntun apa yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk memahami dan menjalankan ajaran iman katolik.

Buku ini bukanlah satu-satunya sumber belajar bagi siswa. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa didorong untuk mempelajari agamanya melalui pengamatan terhadap sumber belajar yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Lebih-lebih untuk usia remaja perlu ditantang untuk kritis sekaligus peka dalam menyikapi fenomena alam, sosial, dan seni budaya.

Peran guru sangat penting untuk menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian kegiatan yang ada pada buku ini. Penyesuaian ini antara lain dengan membuka kesempatan luas bagi kreativitas guru untuk memperkayanya dengan kegiatankegiatan lain yang sesuai dan relevan dengan tempat di mana buku ini diajarkan, baik belajar melalui sumber tertulis maupun belajar langsung dari sumber lingkungan sosial dan alam sekitar.

Adapun Buku Guru dan Siswa PAKT-BP Kelas VII SMP K13 Revisi 2016 sebagai berikut :
Buku Guru PAKT-BP Kelas VII SMP K13 Revisi 2016. Download
Cover Buku Guru PAKT-BP Kelas VII SMP K13 Revisi 2016. Download
Buku Siswa PAKT-BP Kelas VII SMP K13 Revisi 2016. Download
Cover Buku Siswa PAKT-BP Kelas VII SMP K13 Revisi 2016. Download