Jul 8, 2017

Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia ditulis dengan tujuan agar para siswa memiliki kompetensi berbahasa Indonesia untuk berbagai fungsi komunikasi dalam berbagai kegiatan sosial. Kegiatan yang dirancang dalam buku diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan kompetensi berbahasa, kognisi, kepribadian, dan emosi siswa. Selain itu, pembelajaran Bahasa Indonesia diharapkan dapat menumbuhkan minat baca dan minat menulis. Sehubungan dengan tujuan-tujuan tersebut, pembelajaran Bahasa Indonesia dikembangkan berdasarkan pendekatan komunikatif, pendekatan berbasis teks, pendekatan CLIL (content language integrated learning), pendekatan pendidikan karakter, dan pendekatan literasi. Content Language Integrated Learning menonjolkan empat unsur penting sebagai penajaman pengertian kompetensi berbahasa, yaitu isi (content), bahasa/komunikasi (communication), kognisi (cognition), dan budaya (culture).

Buku Guru dan Buku Siswa ini hadir sebagai panduan penting dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Buku Guru berisi petunjuk umum dan petunjuk khusus membelajarkan Bahasa Indonesia dengan media Buku Siswa. Petunjuk umum berisi penjelasan karakteristik pembelajaran Bahasa Indonesia, karakteristik organisasi kompetensi dasar pembelajaran Bahasa Indonesia, karakteristik penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Petunjuk khusus pada tiap bab berisi contoh pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan media buku siswa. Pada setiap bab terdapat contoh indikator, contoh materi, contoh tema yang bisa digunakan sebagai bahan pengembangan materi, contoh pengalokasian waktu pada stiap bab, contoh langkah pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan contoh rubrik penilaian autentik. Karena bersifat contoh, guru sangat diharapkan untuk bisa memvariasikan dan menyesuaikan isi Buku Guru dengan konteks daerah, konteks waktu, konteks budaya lokal, dan konteks karakteristik sekolah. Penilaian pengetahuan belum banyak diberikan pada Buku Guru dan guru diharapkan dapat menyusun penilaian pengetahuan yang sesuai.

Buku ini penting dibaca oleh guru yang akan membelajarkan Bahasa Indonesia. Buku Guru berfungsi memandu guru dalam menggunakan Buku Siswa untuk mencapai hasil secara maksimal. Pemahaman Buku Guru dan Buku Siswa secara terintegrasi merupakan sebuah keharusan untuk mencapai hasil secara gemilang. Materi dalam buku siswa dan perencanaan pembelajaran dalam Buku Guru hanyalah contoh dan sangat terbuka untuk divariasikan sesuai konteks.

Berikut saya share Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 :
Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download




Jul 7, 2017

Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017

Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017



Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 sebagai berikut :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Karakteristik Peserta Didik
Profesional : Hakikat dan Pemerolehan Bahasa
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Teori Belajar
Profesional : Ragam Bahasa dan Keterampilan Berbahasa
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Pengembangan Kurikulum
Profesional : Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia Keterampilan Berbahasa Indonesia
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Strategi Pembelajaran
Profesional : Keterampilan dan Kaidah Bahasa
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : TIK dalam Pembelajaran
Profesional : Keterampilan Berbahasa Indonesia, Teori dan Genre Sastra Indonesia
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Model Pembelajaran
Profesional : Apresiasi Puisi Prosa
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Komunikasi Efektif
Profesional : Menulis Puisi dan Mengapresiasi Teks Drama
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Penilaian Pembelajaran
Profesional : Apresiasi dan Kreasi Sastra
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Pemanfaatan dan Pelaporan Hasil Penilaian
Profesional : Aliran-Aliran Linguistik
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Refleksi Pembelajaran dan PTK
Profesional : Kritik Sastra Indonesia
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-J. Download




Modul PKB PJOK SD Tahun 2017

Modul PKB PJOK SD Tahun 2017



Modul PKB PJOK SD Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 sebagai berikut :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Analisis Materi Pembelajaran dan Bahan Ajar 1
Profesional : Pengembangan Materi Bola Besar/Kecil, Beladiri, dan PKJ 1
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Pengembangan Kurikulum 1
Profesional : Pengembangan Materi PHS, Aktivitas Air dan Senam
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Penilaian Proses-Hasil Belajar 1 dan Komunikasi Efektif
Profesional : Filosofi Penjas 1 dan Pengembangan Materi PPPK dan PKJ 2
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Karakteristik Peserta Didik dan Rancangan Pembelajaran
Profesional : Filosofi Penjas 2 dan Gerak Berirama
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Pelaksanaan Pembelajaran
Profesional : Perkembangan Gerak Anak dan Kompetensi Profesi
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Prinsip Pembelajaran dan Penilaian Proses-Hasil Belajar
Profesional : Perspektif Sejarah dan Ilmu Faal
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : TIK dalam Pembelajaran
Profesional : Ilmu Urai, Faal Tubuh, Sosiologi dan Belajar Gerak
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Potensi Peserta Didik dan Model Pembelajaran
Profesional : Penerapan Psikologi dan Kinesiologi dalam PJOK
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Kesulitan Belajar Peserta Didik dan Pembelajaran Alternatif
Profesional : Tindakan Reflektif Pembelajaran
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Pengembangan Potensi dan Modifikasi Materi
Profesional : Profesionalisme Guru
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-J. Download