Jul 8, 2017

Buku Guru dan Siswa Tematik Kelas 2 Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku Guru dan Siswa Tematik Kelas 2 Semester 1
SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017




Buku Guru dan Siswa Tematik Kelas 2 Semester 1 SD/MI K13 Edisi Revisi 2017
Buku Tematik Kelas 2 SD/MI Edisi Revisi 2017 disusun dengan mengacu pada kompetensi dasar sesuai amanat Kurikulum 2013. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Kemudian, dirumuskan juga proses pembelajaran dan penilaian untuk memastikan ketercapaian kompetensi yang diinginkan. Proses pembelajaran dirancang berbasis aktivitas dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.

Buku ini mengarahkan kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan siswa bersama guru dan temanteman sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa hendaknya diajak untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia di sekitarnya. Peran dan kerativitas guru sangat penting dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa terhadap materi pembelajaran melalui kegiatan-kegiatan pembelajaran dalam buku ini. Guru dapat memperkaya pemahaman dan pengalaman siswa dengan berbagai bentuk kegiatan lain bersumber dari buku-buku dan media pembelajaran yang ada di sekolah.

Memasuki tahun pelajaran 2017/2018 maka guru harus menyiapkan perangkat pembelajaran sesuai ketentuan. Salah satu unsur perangkat yang diperlukan dalam menunjang perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran adalah buku sumber. Karena itu berikut saya sampaikan Buku Guru Tematik Kelas 2 Semester 1 Edisi Revisi 2017.

Tema 1. Hidup Rukun
BG Kelas 2 Tema 1. Download
BS Kelas 2 Tema 1. Download

Tema 2. Bermain di Lingkunganku
BG Kelas 2 Tema 2. Download
BS Kelas 2 Tema 2. Download

Tema 3. Tugasku Sehari-hari
BG Kelas 2 Tema 3. Download
BS Kelas 2 Tema 3. Download

Tema 4. Hidup Bersih dan Sehat
BG Kelas 2 Tema 4. Download
BS Kelas 2 Tema 4. Download




Buku Bahasa Inggris SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku Bahasa Inggris SMP/MTs
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku Bahasa Inggris SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Bahasa Inggris adalah bahasa utama dalam komunikasi antarbangsa dan pergaulan dunia. Makin datarnya dunia dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan pergaulan tidak dapat lagi dibatasi oleh batas-batas negara. Kurikulum 2013 menyadari peran penting bahasa Inggris tersebut. Kurikulum 2013 dirancang untuk menyongsong model pembelajaran abad ke-21. Di dalamnya terdapat pergeseran pembelajaran dari siswa diberitahu menjadi siswa mencari tahu dari berbagai sumber belajar melampaui batas guru dan satuan pendidikan. Peran bahasa Inggris dalam model pembelajaran seperti itu menjadi sangat sentral mengingat lebih banyak sumber belajar yang menggunakan bahasa Inggris dibandingkan bahasa lainnya.

Sejalan dengan peran di atas, pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMP/MTs Kelas VII dan VIII ini disusun untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para siswa. Penyajiannya menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis teks, baik lisan maupun tulis dengan menempatkan bahasa Inggris sebagai sarana berkomunikasi, berpikir, dan mengolah rasa. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan siswa menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks dan menyajikan informasi, gagasan, pikiran, dan perasaan dalam bentuk teks secara kontekstual sehingga mudah dipahami orang lain. Komunikasi yang disajikan di sini adalah komunikasi sehari-hari. Bagi beberapa sekolah dan daerah yang telah mengajarkan Bahasa Inggris mulai dari kelas-kelas akhir SD/MI, materi yang disajikan perlu diperkaya dengan materi tambahan yang disesuaikan dengan kemampuan siswa, walaupun struktur pembelajarannya tetap mengacu pada
model yang ada dalam buku ini.

Sebagai bagian dari Kurikulum 2013 yang menekankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, kemampuan berbahasa Inggris dibentuk melalui pembelajaran berkelanjutan. Pembelajaran model ini dimulai dengan peningkatan kompetensi pengetahuan tentang jenis, kaidah, dan konteks suatu teks, dilanjutkan dengan kompetensi keterampilan menyajikan suatu teks tulis dan lisan, baik terencana maupun spontan dengan pelafalan dan intonasi yang tepat. Pembelajaran berkelanjutan ini bermuara pada pembentukan sikap kesantunan berbahasa.

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak untuk berani mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam berbagai bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Berikut saya share Buku Bahasa Inggris SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 :
Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa Bahasa Inggris Kelas VII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VIII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa Bahasa Inggris Kelas VIII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download



Buku IPA SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku IPA SMP/MTs
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku IPA SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Bila pada jenjang SD/ MI, semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, maka pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata pelajaran. Sebagai transisi menuju ke pendidikan menengah, pemisahan ini masih belum dilakukan sepenuhnya
bagi siswa SMP/MTs. Materi-materi dari bidang-bidang ilmu Fisika, Kimia, Biologi, dan Ilmu Bumi dan Antariksa masih perlu disajikan sebagai suatu kesatuan dalam mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan yang utuh bagi siswa SMP/MTs tentang prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam semesta beserta segenap isinya.

Buku IPA SMP/MTs ini disusun dengan pemikiran di atas. Bidang ilmu Biologi dipakai sebagai landasan (platform) pembahasan bidang ilmu yang lain. Makhluk hidup digunakan sebagai obyek untuk menjelaskan prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam seperti objek alam dan interaksinya, energi dan keseimbangannya, dan lain-lain. Melalui pembahasan menggunakan bermacam bidang ilmu dalam rumpun ilmu pengetahuan alam, pemahaman utuh tentang alam yang dihuninya beserta benda-benda alam yang dijumpai di sekitarnya dapat dikuasai oleh peserta didik SMP/MTs.

Sesuai dengan konsep Kurikulum 2013, buku ini disusun mengacu pada pembelajaran IPA secara terpadu dan utuh, sehingga setiap pengetahuan yang diajarkan, pembelajarannya harus dilanjutkan sampai membuat siswa terampil dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasainya, dan bersikap sebagai makhluk yang mensyukuri anugerah alam semesta yang dikaruniakan kepadanya melalui pemanfaatan yang bertanggung jawab.

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diberanikan untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk membimbing dan memfasilitasi siswa untuk belajar IPA, termasuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Buku ini merupakan edisi revisi 2017. Revisi terutama dilakukan untuk menyesuaikan isi buku dengan Kompetensi Dasar mata pelajaran IPA SMP/MTs serta dalam semangat penyempurnaan Kurikulum 2013. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Berikut saya share Buku IPA SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 :
Buku Guru IPA Kelas VII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa IPA Kelas VII Semester 1 SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa IPA Kelas VII Semester 1 SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download

Buku Guru IPA Kelas VIII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa IPA Kelas VIII Semester 1 SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa IPA Kelas VIII Semester 2 SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download