Jul 9, 2017

Buku PABP Katolik SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku PABP Katolik SD
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku PABP Katolik SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Kita bersyukur kepada Allah yang Mahakuasa atas terbitnya buku Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti yang telah direvisi dan diselaraskan sesuai perkembangan Kurikulum 2013. Agama terutama bukanlah soal mengetahui mana yang benar atau yang salah. Tidak ada gunanya mengetahui tetapi tidak melakukannya, seperti dikatakan oleh Santo Yakobus: “Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatanperbuatan adalah mati” (Yakobus 2:26). Demikianlah, belajar bukan sekadar untuk tahu, melainkan dengan belajar seseorang menjadi tumbuh dan berubah. Tidak sekadar belajar lalu berubah, tetapi juga mengubah keadaan. Begitulah Kurikulum 2013 dirancang agar tahapan pembelajaran memungkinkan siswa berkembang dari proses menyerap pengetahuan dan mengembangkan keterampilan hingga memekarkan sikap serta nilai-nilai luhur kemanusiaan.

Pembelajaran agama diharapkan mampu menambah wawasan keagamaan, mengasah keterampilan beragama dan mewujudkan sikap beragama peserta didik yang utuh dan berimbang yang mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya, sesama manusia dengan lingkungannya. Untuk itu, pendidikan agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan penanaman karakter dalam pembentukan budi pekerti yang luhur. Karakter yang ingin kita tanamkan antara lain: kejujuran, kedisiplinan, cinta kebersihan, cinta kasih, semangat berbagi, optimisme, cinta tanah air, kepenasaran intelektual, dan kreativitas.

Nilai-nilai karakter itu digali dan diserap dari pengetahuan agama yang dipelajari para siswa dan menjadi penggerak dalam pembentukan, pengembangan, peningkatan, pemeliharaan, dan perbaikan perilaku anak didik agar mau dan mampu melaksanakan tugas-tugas hidup mereka secara selaras, serasi, seimbang antara lahir-batin, jasmani-rohani, material-spiritual, dan individu-sosial. Selaras dengan itu, pendidikan agama Katolik secara khusus bertujuan membangun dan membimbing peserta didik agar tumbuh berkembang mencapai kepribadian utuh yang makin mencerminkan diri mereka sebagai gambar Allah, sebab demikianlah “Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia” (Kejadian 1:27). Sebagai makhluk yang diciptakan seturut gambar Allah, manusia perlu mengembangkan sifat cinta kasih dan takut akan Allah, memiliki kecerdasan, keterampilan, budi pekerti luhur, memelihara lingkungan, serta ikut bertanggung jawab dalam pembangunan masyarakat, bangsa dan negara. [Sigit DK: 2013]

Buku pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi-bagi dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa dalam usaha memahami pengetahuan agamanya. Akan tetapi, pengetahuan agama bukanlah hasil akhir yang dituju. Pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Untuk itu, sebagai buku agama yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitas-aktivitas. Di dalamnya, dirancang urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa. Dengan demikian, buku ini menuntun apa yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk memahami dan menjalankan ajaran iman katolik.

Buku ini bukanlah satu-satunya sumber belajar bagi siswa. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa didorong untuk mempelajari agamanya melalui pengamatan terhadap sumber belajar yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Lebih-lebih untuk usia remaja perlu ditantang untuk kritis sekaligus peka dalam menyikapi fenomena alam, sosial, dan seni budaya. Peran guru sangat penting untuk menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian kegiatan yang ada pada buku ini. Penyesuaian ini antara lain dengan membuka kesempatan luas bagi kreativitas guru untuk memperkayanya dengan kegiatankegiatan lain yang sesuai dan relevan dengan tempat di mana buku ini diajarkan, baik belajar melalui sumber tertulis maupun belajar langsung dari sumber lingkungan sosial dan alam sekitar.

Buku Guru PABP Katolik Kelas 1 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Katolik Kelas 1 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Katolik Kelas 2 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Katolik Kelas 2 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Katolik Kelas 4 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Katolik Kelas 4 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Katolik Kelas 5 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Katolik Kelas 5 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download




Perangkat Pembelajaran PABP Katolik SD Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran PABP Katolik SD
Kurikulum 2013



Perangkat Pembelajaran PABP Katolik SD Kurikulum 2013
KI-KD PABP Katolik SD Kurikulum 2013
Silabus PABP Katolik SD Kurikulum 2013
Buku Guru dan Siswa PABP Katolik Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018
Buku Guru dan Siswa PABP Katolik Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018
Buku PABP Katolik SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017




Buku Guru dan Siswa PAI-BP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku Guru dan Siswa PAI-BP Kelas 1 SD
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku Guru dan Siswa PAI-BP Kelas 1 SD K13 Edisi Revisi 2017
Misi diutusnya Nabi adalah untuk menyempurnakan keluhuran akhlak. Sejalan dengan itu, dijelaskan dalam al-Qur’an bahwa Beliau diutus hanyalah untuk menebarkan kasih sayang kepada semesta alam. Dengan demikian, di dalam ayat al-Qur’an ini digunakan struktur gramatika yang menunjukkan sifat eksklusif misi pengutusan Nabi.

Dalam struktur ajaran Islam, pendidikan akhlak adalah yang terpenting. Penguatan akidah adalah dasar. Sementara, ibadah adalah sarana, sedangkan tujuan akhirnya adalah pengembangan akhlak mulia. Sehubungan dengan itu, Nabi saw, bersabda, “Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya” dan “Orang yang paling baik Islamnya adalah yang paling baik akhlaknya.” Dengan kata lain, hanya akhlak mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah yang bisa menjadi bukti kekuatan akidah dan kebaikan ibadah. Sejalan dengan itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diorientasikan pada pembentukan akhlak yang mulia, penuh kasih sayang, kepada segenap unsur alam semesta.

Hal tersebut selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Selain itu, peserta didik tidak hanya diharapkan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tapi juga meningkat kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia karakter dan kepribadiannya atau yang berbudi pekerti luhur.

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.

Buku Guru & Siswa PAI-BP Kelas 1 SD K13 Edisi Revisi 2017 ini memuat materi pokok sebagai berikut :

Semester Ganjil
Bab 1. Kasih Sayang
1.1. Kasih Sayang Nabi Muhammad
1.2. Kasih Sayang Allah
Bab 2. Aku Cinta al-Qur’an
2.1. Baca Basmalah
2.2. Lafal QS. al-Fātihah
2.3. Hafal QS. al-Fātihah
2.4. Pesan QS. al-Fātihah
2.5. Lafal Huruf Hijaiyyah dan Harakatnya
Bab 3. Iman kepada Allah Swt
3.1. Yakin Allah Swt itu Ada
3.2. Allah Itu Esa
Bab 4. Bersih itu Sehat
4.1. Bersuci
4.2. Tata Cara Bersuci
4.3. Hidup Bersih
Bab 5. Cinta Nabi dan Rasul
5.1. Keteladanan Nabi Ādam as
5.2. Kisah Keteladanan Nabi Nuh as
5.3. Kisah Keteladanan Nabi Hud as

Semester Genap
Bab 6. Ayo Belajar
6.1. Semangat Belajar Nabi Idrīs as
6.2. Doa Belajar
6.3. Membaca dan Menulis
6.4. Rajin Belajar
Bab 7. Ayo Belajar al-Qur’an
7.1. Lafal QS. al-Ikhlās
7.2. Hafal QS. al-Ikhlās
7.3. Pesan QS. al-Ikhlās
Bab 8. Allah Maharaja
8.1. Al-Mālik
8.2. Dua Kalimat Syahadat
Bab 9. Ayo Kita Salat
9.1. Salat Wajib
9.2. Mengaji di Sekitar Rumah
Bab 10. Perilaku Terpuji
10.1. Berkata Baik
10.2. Hormat dan Patuh
10.3. Mensyukuri Karunia dan Pemberian
10.4. Pemaaf
10.5. Jujur
10.6. Percaya Diri

Buku Guru PAI-BP Kelas 1 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PAI-BP Kelas 1 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download