Jul 28, 2017

Perangkat Pembelajaran PABP Buddha Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran PABP Buddha
Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017




Perangkat Pembelajaran PABP Buddha Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
01. Cover Perangkat PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
02. KI-KD PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
03. Silabus PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
04. Analisis KD PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
05. Analisis SKL PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
06. Penetapan IPK PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
07. Analisis Keterkaitan KI-KD, IPK & Materi PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
08. Pemetaan KD & Teknik Penilaian PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
09. Penetapan KKM PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
10. Kalender Pendidikan TP 2017/2018
11. Analisis Alokasi Waktu PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
12. Program Tahunan PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
13. Program Semester PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
14. RPP PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
15. Format-Format Penilaian PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017

Sahabat yang berminat bisa menghubungi kesini



Buku PABP Buddha Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku PABP Buddha Kelas 4 SD
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku PABP Buddha Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Kurikulum dirancang sebagai kendaraan untuk mengantarkan peserta didik menuju penguasaan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pendekatan ini selaras dengan pandangan dalam agama Buddha bahwa belajar tidak hanya untuk mengetahui dan mengingat (pariyatti), tetapi juga untuk melaksanakan (patipatti), dan mencapai penembusan (pativedha). “Seseorang banyak membaca kitab suci, tetapi tidak berbuat sesuai dengan ajaran, orang yang lengah itu sama seperti gembala yang menghitung sapi milik orang lain, ia tidak akan memperolah manfaat kehidupan suci.”(Dhp.19).

Untuk memastikan keseimbangan dan keutuhan ketiga ranah tersebut, pendidikan agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan pembentukan budi pekerti, yaitu sikap atau perilaku seseorang dalam hubungannya dengan diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa, serta alam sekitar. Proses pembelajarannya mesti mengantar mereka dari pengetahuan tentang kebaikan, lalu menimbulkan komitmen terhadap kebaikan, dan akhirnya benar-benar melakukan kebaikan. Buddha mengungkapkan, “Pengetahuan saja tidak akan membuat orang terbebas dari penderitaan, tetapi ia juga harus melaksanakannya” (Sn. 789).

Buku Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkayanya secara kreatif dengan kegiatan-kegiatan lain, melalui sumber lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.

Buku ini merupakan edisi ketiga sebagai tindak lanjut dari penyempurnaan (revisi) Kompetensi Dasar dari edisi pertama. Buku ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan untuk penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. 

Buku Guru PABP Buddha Kelas 4 K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Buddha Kelas 4 K13 Edisi Revisi 2017. Download


Buku PABP Buddha Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku PABP Buddha Kelas 1 SD
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku PABP Buddha Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Buku ini disusun berdasarkan kurikulum 2013. Tujuannya adalah sebagai tuntunan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Buku ini menawarkan pembelajaran yang berbeda dengan memadukan pemahaman konsep agama Buddha sekaligus penerapannya dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar. Guru PAB dan Budi Pekerti dituntut dapat mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat. Selain hal itu, Guru PAB dan Budi Pekerti diharapkan dapat lebih berinovasi dan kreatif dalam pengembangan model dan pendekatan pembelajaran dengan memperhatikan gradasi beban ajar sesuai tingkat perkembangan psikologi peserta didik.

Semoga, buku pedoman ini dapat bermanfaat untuk guru PAB dan Budi Pekerti dalam proses pembelajaran dan pengembangan Buddha Dharma di Indonesia. Sabbe satta bhavantu sukhitatta. Sadhu sadhu sadhu.

Buku Guru PABP Buddha Kelas 1 K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Buddha Kelas 1 K13 Edisi Revisi 2017. Download