Aug 3, 2017

Buku Guru & Siswa Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Tahun 2015

Buku Guru & Siswa Bahasa Inggris
Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Tahun 2015



Buku Guru & Siswa Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs K13 Edisi Tahun 2015
Bahasa Inggris adalah bahasa utama dalam komunikasi antarbangsa dan pergaulan dunia. Makin datarnya dunia dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan pergaulan tidak dapat lagi dibatasi oleh batas-batas negara. Kurikulum 2013 menyadari peran penting bahasa Inggris tersebut. 

Kurikulum 2013 dirancang untuk menyongsong model pembelajaran abad 21. Di dalamnya terdapat pergeseran pembelajaran dari siswa diberitahu menjadi siswa mencari tahu dari berbagai sumber belajar melampaui batas guru dan satuan pendidikan. Peran bahasa Inggris dalam model pembelajaran seperti itu menjadi sangat sentral mengingat lebih banyak sumber belajar yang menggunakan bahasa Inggris dibandingkan bahasa lainnya.

Sejalan dengan peran di atas, pembelajaran bahasa Inggris untuk SMP/MTs Kelas IX ini disusun untuk meningkatkan kemampuan berbahasa para siswa. Penyajiannya menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan bahasa Inggris sebagai sarana berkomunikasi. Pemahaman terhadap jenis, kaidah dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan siswa menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan gagasan dalam bentuk teks yang sesuai sehingga mudah dipahami orang lain.

Mengingat bahasa Inggris baru secara resmi diajarkan mulai Kelas IX SMP/MTs, komunikasi yang disajikan di sini adalah komunikasi sehari-hari. Bagi beberapa daerah yang telah mengajarkan bahasa Inggris mulai dari kelas-kelas akhir SD/MI, materi yang disajikan perlu diperkaya dengan materi tambahan yang disesuaikan dengan kemampuan siswa, walaupun struktur pembelajarannya tetap mengacu pada model yang ada dalam buku ini.

Sebagai bagian dari Kurikulum 2013 yang menekankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, kemampuan berbahasa Inggris dibentuk melalui pembelajaran berkelanjutan. Pembelajaran model ini dimulai dengan peningkatan kompetensi pengetahuan tentang jenis, kaidah, dan konteks suatu teks, dilanjutkan dengan kompetensi keterampilan menyajikan suatu teks tulis dan lisan baik terencana maupun spontan dengan pelafalan dan intonasi yang tepat. Pembelajaran berkelanjutan ini bermuara pada pembentukan sikap kesantunan berbahasa.

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak untuk berani mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam berbagai bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Buku Guru Bing Kelas 9 SMP/MTs K13 Edisi Tahun 2015. Download
Buku Siswa Bing Kelas 9 SMP/MTs K13 Edisi Tahun 2015. Download





Jul 29, 2017

Buku Guru Matematika (Peminatan) Kelas 10 Semester 1 SMA/MA Kurikulum 2013

Buku Guru Matematika (Peminatan)
Kelas 10 Semester 1 SMA/MA Kurikulum 2013



Buku Guru Matematika (Peminatan) Kelas 10 Semester 1 SMA/MA Kurikulum 2013
Buku Guru Matematika Peminatan Kelas X Semester 1 ini adalah buku baru yang ditulis berdasarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar kurikulum terbaru. Dari segi pembelajaran, inti dari kurikulum terbaru adalah sedapat mungkin menghindari metode ekspositori (penjelasan) berupa penjelasan konsep kemudian drill soal-soal, yang sampai saat ini masih menjadi favorit para guru karena tidak terlalu banyak menyita waktu. Buku pelajaran matematika yang laris pun umumnya ditulis dengan metode ekspositori ini. Sebagai akibatnya hasil belajar peserta didik tidak berada dalam ingatan jangka panjang. Padahal banyak pengalaman belajar matematika perlu berada di ingatan jangka panjang karena dibutuhkan dalam belajar siswa selanjutnya.

Buku guru ini ditulis sebagai pendamping bagi guru untuk memenuhi harapan pembelajaran matematika saat ini, yaitu menghindari pembelajaran dengan metode ekspositori. Konsep pelajaran diusahakan selalu diawali dari masalah nyata dan diajak terlibat secara interaktif dengan mengisi bagian yang diberi tanda titik tiga atau diminta menjawab pertanyaan yang diajukan sebelum sampai pada kesimpulan atau perumusan. Ini akan mendatangkan kesenangan bagi siswa dan konsep yang dipelajari akan tertanam dalam ingatan jangka panjang.

Buku guru ini memuat langkah-langkah pemecahan masalah pada buku siswa serta melatih keterampilan dalam menggunakan empat langkah pemecahan masalah George Polya yang banyak dicontohkan pada buku matematika wajib tulisan saya dan dilanjutkan dalam buku matematika peminatan ini. Langkah utama pemecahan masalah adalah bagaimana cara menerjemahkan kata-kata dalam soal ke model matematika. Buku ini mengajarkan langkah demi langkah pemodelan matematika tersebut hingga terbiasa dengan pemodelan matematika, suatu keterampilan yang kelak sangat menolong dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam pekerjaan dan kehidupan manusia. Masalah yang sukar dapat dijumpai pada soal tantangan yang diambil dari soal-soal UM perguruan tinggi di dalam dan di luar negeri serta soal-soal seleksi Olimpiade sains matematika. Untuk mampu menyelesaikan masalah soal tantangan ini harus mempunyai ide yang lebih kreatif dengan menghubung-hubungkan konsep yang telah dikuasai dan jika perlu menerapkan cara coba-coba berdasarkan informasi tersembunyi yang diberikan.

Setelah pemodelan matematika dipahami, barulah siswa dapat menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep matematika. Pemaparan dalam buku ini selalu berusaha memberikan berbagai cara dalam menyelesaikan model matematika, baik cara grafik maupun cara aljabar. Tujuannya supaya siswa tidak berpikir bahwa cara penyelesaian hanya ada satu, tetapi ada berbagai cara alternatif. Siswa diminta memilih sendiri cara yang mereka senangi karena dianggap mudah atau cepat atau mungkin mereka menemukan cara mereka sendiri. Cara pembelajaran seperti ini mendorong siswa kreatif sehingga kelak mereka menjadi generasi pemecah masalah yang selalu mencari solusi terbaik bagi pekerjaan mereka dan bagi kemakmuran bangsa ini, dan bukan generasi pembuat masalah Perlu diketahui bahwa berbagai hasil studi internasional seperti TIMMS yang mengukur pemahaman, representasi, dan penalaran, serta pemecahan masalah dalam bidang Matematika menempatkan Indonesia pada peringkat 34 dari 45 negara (2003) dan peringkat 36 dari 49 negara (2007). Tampak selama 4 tahun peringkat Negara kita bukannya meningkat tetapi malah melorot. Oleh karena itu, sudah saatnya kita meninggalkan cara pembelajaran ekspositori dan bekerja keras untuk mewujudkan pembelajaran siswa aktif dan pemecah masalah.

Bagi guru yang menggunakan buku ini kembangkanlah sikap tidak pernah menyerah jika menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan masalah atau soal-soal kepada siswa. Tanamkan dalam pikiran siswa bahwa “Saya pikir bisa saya pasti bisa”. Ingat orang dikagumi karena memiliki keberanian untuk mengerjakan hal-hal yang sulit, memiliki stamina untuk tetap berusaha ketika hambatan menghadang di depannya.

Buku Guru Matematika (Peminatan) Kelas 10 Semester 1 SMA/MA K13 :
Cover BG Mat (Minat) 10-1. Download
Daftar Isi BG Mat (Minat) 10-1. Download
BG Mat (Minat) 10-1 (1-7). Download
BG Mat (Minat) 10-1 (8-49). Download
BG Mat (Minat) 10-1 (50-76). Download
BG Mat (Minat) 10-1 (77-108). Download



Perangkat Pembelajaran PABP Buddha Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran PABP Buddha
Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran PABP Buddha Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
01. Cover Perangkat PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
02. KI-KD PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
03. Silabus PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
04. Analisis KD PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
05. Analisis SKL PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
06. Penetapan IPK PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
07. Analisis Keterkaitan KI-KD, IPK & Materi PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
08. Pemetaan KD & Teknik Penilaian PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
09. Penetapan KKM PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
10. Kalender Pendidikan TP 2017/2018
11. Analisis Alokasi Waktu PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
12. Program Tahunan PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
13. Program Semester PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
14. RPP PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
15. Format-Format Penilaian PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017

Sahabat yang berminat bisa menghubungi kesini