Oct 5, 2017

Buku 1-5 PKG-PKB 2010

BUKU 1-5 PKG-PKB 2010



Buku 1-5 PKG-PKB 2010
Sejatinya, guru adalah bagian integral dari organisasi pendidikan di sekolah secara menyeluruh. Agar sebuah organisasi termasuk organisasi pendidikan di sekolah mampu menghadapi perubahan dan ketidakpastian yang menjadi ciri kehidupan modern, Peter Senge (2000) mengingatkan perlunya mengembangkan sekolah sebagai sebuah organisasi pembelajar. Di antara karakter utama organisasi pembelajar adalah senantiasa mencermati perubahan internal dan eksternal yang diikuti dengan upaya penyesuaian diri dalam rangka mempertahankan eksistensinya.

Syarat mutlak terciptanya organisasi pembelajar adalah terwujudnya masyarakat pembelajar di tubuh organisasi tersebut. Ini dapat dengan mudah difahami mengingat kinerja organisasi secara tidak langsung adalah produk kinerja kolektif semua unsurnya termasuk Sumber Daya Manusia. Oleh sebab itu, dalam konteks sekolah, guru secara individu maupun secara bersama-sama dengan masyarakat seprofesinya harus didorong untuk menjadi bagian dari organisasi pembelajar melalui keterlibatannya secara sadar dan sukarela serta terus menerus dalam berbagai kegiatan belajar guna mengembangkan profesionalismenya.

Untuk itu, sebagai bentuk aktualisasi tugas guru sebagai tenaga profesional, maka pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan akan menfasilitasi guru untuk dapat mengembangkan keprofesiannya secara berkelanjutan. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ini diarahkan untuk dapat memperkecil jarak antara pengetahuan, keterampilan, kompetensi sosial dan kepribadian yang mereka miliki sekarang dengan apa yang menjadi tuntutan ke depan berkaitan dengan profesinya itu.

Kegiatan PKB ini dikembangkan atas dasar profil kinerja guru sebagai perwujudan hasil Penilaian Kinerja Guru yang didukung dengan hasil evaluasi diri. Bagi guru-guru yang hasil penilaian kinerjanya masih berada di bawah standar kompetensi atau dengan kata lain berkinerja rendah diwajibkan mengikuti program PKB yang diorientasikan untuk mencapai standar tersebut; sementara itu bagi guru-guru yang telah mencapai standar kompetensi, kegiatan PKB-nya diarahkan kepada peningkatan keprofesian agar dapat memenuhi tuntutan ke depan dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya sesuai dengan kebutuhan sekolah dalam rangka memberikan layanan pembelajaran yang berkualitas kepada peserta didik.

Sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, PKB diakui sebagai salah satu unsur utama selain kegiatan pembelajaran/ pembimbingan dan tugas tambahan lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang diberikan angka kredit untuk pengembangan karir guru khususnya dalam kenaikan pangkat/jabatan fungsional guru. Harapannya melalui kegiatan PKB akan terwujud guru yang profesional yang bukan hanya sekedar memiliki ilmu pengetahuan yang kuat, tuntas dan tidak setengah-setengah, tetapi tidak kalah pentingnya juga memiliki kepribadian yang matang, kuat dan seimbang. Dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kuat, tuntas dan tidak setengah-setengah serta kepemilikan kepribadian yang prima, maka diharapkan guru terampil membangkitkan minat peserta didik kepada ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penyajian layanan pendidikan yang bermutu. Mereka mampu membantu dan membimbing peserta didik untuk berkembang dan mengarungi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi yang secara cepat berubah sebagai ciri dari masyarakat abad 21.

Untuk membantu sahabat guru dalam memahami dan melaksanakan PKG-PKB tersebut, berikut saya share Buku 1-5 PKG-PKB 2010 :

Buku 1 Pedoman Pengelolaan PKB (Kemendiknas, 2010). Download PDF
Buku 2 Pedoman Pelaksanaan PKG (Kemendiknas, 2010). Download PDF
Buku 2 Pedoman Pelaksanaan PKG (Kemendiknas, 2010). Download Word
Buku 3 Pedoman Sosialisasi Permen PAN-RB Nomor: 16 Tahun 2009. Download PDF
Buku 4 Pedoman Kegiatan PKB dan Angka Kreditnya (Kemendiknas, 2010). Download PDF
Buku 4 Pedoman Kegiatan PKB dan Angka Kreditnya (Kemendiknas, 2010). Download Word
Buku 5 Pedoman Penilaian Kegiatan PKB (Kemendiknas, 2010). Download PDF
Buku 5 Pedoman Penilaian Kegiatan PKB (Kemendiknas, 2010). Download Word




Sep 24, 2017

Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda Kelas 12 SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda
Kelas 12 SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017




Perangkat Pembelajaran B. Sunda Kelas 12 SMA/SMK/MA K13 Revisi 2017
01. Cover Perangkat B. Sunda Kelas 12 Revisi 2017
02. KI-KD B. Sunda Kelas 12 Revisi 2017
03. Silabus B. Sunda Kelas 12 Revisi 2017
04. Analisis KD B. Sunda Kelas 12 Revisi 2017
05. Penentuan KBM/KKM B. Sunda Kelas 12 Revisi 2017
06. Kalender Pendidikan TP 2017/2018
07. Analisis Alokasi Waktu TP 2017/2018
08. Program Tahunan B. Sunda Kelas 12 TP 2017/2018
09. Program Semester B. Sunda Kelas 12 TP 2017/2018
10. RPP 1. Tradisi Sunda
11. RPP 2. Carita Wayang
12. RPP 3. Carita Pantun
13. RPP 4. Novel
14. RPP 5. Sisindiran
15. RPP 6. Artikel
16. Format Penilaian

Bagi sahabat yang berminat dapat menghubungi kesini




Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda Kelas 11 SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda
Kelas 11 SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda Kelas 11 SMA/SMK/MA K13 Revisi 2017
01. Cover Perangkat B. Sunda Kelas 11 Revisi 2017
02. KI-KD B. Sunda Kelas 11 Revisi 2017
03. Silabus B. Sunda Kelas 11 Revisi 2017
04. Analisis KD B. Sunda Kelas 11 Revisi 2017
05. Penentuan KBM/KKM B. Sunda Kelas 11 Revisi 2017
06. Kalender Pendidikan TP 2017/2018
07. Analisis Alokasi Waktu TP 2017/2018
08. Program Tahunan B. Sunda Kelas 11 TP 2017/2018
09. Program Semester B. Sunda Kelas 11 TP 2017/2018
10. RPP 1. Wawacan
11. RPP 2. Carita Pondok
12. RPP 3. Warta
13. RPP 4. Panata Acara
14. RPP 5. Biantara
15. RPP 6. Biografi
16. RPP 7. Drama
17. RPP 8. Resensi
18. Format Penilaian

Bagi sahabat yang berminat dapat menghubungi kesini