Oct 5, 2017

Pedoman PKG Kepala Laboratoriun & Bengkel 2011

Pedoman PKG Kepala Laboratoriun & Bengkel 2011



Pedoman PKG Kepala Laboratorium/Bengkel 2011
Dalam rangka mewujudkan guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang profesioanal, Kemendiknas telah mengeluarkan kebijakan terkait PKPS dan PKG yang mendapat tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Laboratorium/Bengkel, Kepala Perpustakaan dan Ketua Program Studi.

Pedoman Penilaian Kinerja ini disusun sebagai acuan dalam pelaksanaan penilaian kinerja guru dengan tugas tambahan sebagai kepala laboratorium/bengkel sekolah/madrasah. Ucapan terima kasih disampaikan kepada Tim Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan yang telah menerbitkan Instrumen Penilaian Kinerja dan buku Pedoman Penilaian Kinerja ini. Semoga buku ini dapat menjadi sumber acuan bagi semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan penilaian kinerja guru yang memiliki tugas tambahan sebagai kepala laboratorium/bengkel sekolah/madrasah

Pedoman PKG Kepala Laboratoriun (2011). Download



Pedoman Penilaian Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah (PKKS/M) Tahun 2012

Pedoman Penilaian Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah
(PKKS/M) Tahun 2012



Pedoman Penilaian Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah (PKKS/M) Tahun 2012
Dalam mewujudkan profesionalisme guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan tenaga kependidikan lainnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengelola kebijakan mengenai penilaian kinerja pengawas sekolah, penilaian kinerja guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah/madrasah, wakil kepala sekolah, pranata laboratorium pendidikan, kepala perpustakaan, pratnata computer, tenaga administrasi sekolah, dan ketua program studi pada sekolah kejuruan.

Penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan merupakan salah satu strategi pembinaan untuk menjaga profesionalitas  dalam melaksanakan tugasnya, pembinaan karir, peningkatan kompetensi dan penjaminan mutu.

Pelaksanaan penilaian kinerja akan dimulai pada  Januari 2013. Oleh karena itu, perlu dilakukan sosialisasi dan bimbingan teknis kepada seluruh unsur pada  lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta pemangku kepentingan lainnya seperti pengawas sekolah/madrasah, kepala sekolah/madrasah, dan guru senior yang akan menjadi tim penilai kinerja maupun yang akan dinilai kinerjanya.

Untuk menunjang efektivitas pelaksanaan penilaian diperlukan pedoman sebagai acuan dalam pelaksanaan PKKS/M dan acuan dalam tindak lanjut pengolahan data.

Pedoman Penilaian PKKS/M (2012). Download



Pedoman Penilaian Kinerja Pengawas Madrasah (PKPM) Tahun 2014

Pedoman Penilaian Kinerja Pengawas Madrasah
(PKPM) Tahun 2014



Pedoman Penilaian Kinerja Pengawas Madrasah (PKPM) Tahun 2014
Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas sangat erat kaitanya dengan keberhasilan peningkatan kompetensi dan profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK). Pengawas merupakan salah satu pendidik dan tenaga kependidikan yang posisinya memegang peran penting dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di madrasah.

Prestasi kerja pengawas dalam melaksanakan perannya perlu mendapat penilaian. Harapannya untuk mengetahui seberapa jauh seorang pengawas madrasah telah melaksanakan tugas pokoknya sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010.

Diharapkan dengan diterbitkannya Pedoman Penilaian Kinerja Pengawas Madrasah ini dapat membantu para Pengawas Madrasah dan pejabat terkait dilingkungan Kementerian Agama dalam mengimplementasikan ketentuan-ketentuan yang terkait dengan penilaian kinerja pengawas.

Pedoman Penilaian PKPM (2014). Download