Dec 1, 2017

KI-KD Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016

KI-KD Kelas 5 SD/MI 
Kurikulum 2013 Revisi 2016



KI-KD Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016
Dalam konteks Kurikulum 2013 dikenal istilah Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) yang merupakan rumusan tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap jenjang dan kelas tertentu. Kompetensi Inti dirumuskan untuk setiap kelas/usia tertentu sehingga akan terdapat sinkronisasi horizontal dan vertikal antara Kompetensi Dasar dapat terjaga.

Rumusan Kompetensi Inti menggunakan notasi sebagai berikut :
1. Kompetensi Inti 1 (KI-1) untuk Kompetensi Inti pada aspek sikap spiritual.
2. Kompetensi Inti 2 (KI-2) untuk Kompetensi Inti pada aspek sikap sosial.
3. Kompetensi Inti 3 (KI-3) untuk Kompetensi Inti pada aspek pengetahuan.
4. Kompetensi Inti 4 (KI-4) untuk Kompetensi Inti pada aspek keterampilan.

Pada kesempatan ini saya share KI-KD SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016 sebagai berikut :
KI-KD PPKn. Download
KI-KD Bahasa Indonesia. Download
KI-KD Matematika. Download
KI-KD IPA. Download
KI-KD IPS. Download
KI-KD SBdP. Download
KI-KD Penjasorkes. Download




Silabus Tematik Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (Permendikbud 57/2014)

Silabus Tematik Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 
[Permendikbud No. 57 Tahun 2014]



Silabus Tematik Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 (Permendikbud 57/2014)
Salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan adalah keberadaan silabus. Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup standar kompetensi/kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi/kompetensi inti dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan indikator pecapaian kompetensi untuk penilaian proses dan hasil pembelajaran. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu.

Silabus merupakan komponen inti dalam konteks pembelajaran yang berguna bagi guru sebagai acuan dalam pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang efektif. Untuk itu berikut ini saya share Silabus Tematik Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013.

Silabus Tematik Terpadu Kelas 5 SD/MI (Lampiran II Permendikbud 57/2014)
Silabus Tema 1. Benda-benda di Lingkungan Sekitar. Download
Silabus Tema 2. Peristiwa dalam Kehidupan. Download
Silabus Tema 3. Kerukunan dalam Bermasyarakat. Download
Silabus Tema 4. Sehat itu Penting. Download
Silabus Tema 5. Bangga sebagai Bangsa Indonesia. Download
Silabus Tema 6. Organ Tubuh Manusia dan Hewan. Download
Silabus Tema 7. Sejarah Peradaban Indonesia. Download
Silabus Tema 8. Ekosistem. Download
Silabus Tema 9. Lingkungan Sahabat Kita. Download




Buku Siswa Tematik Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2014

Buku Siswa Tematik Kelas 5 SD/MI 
Kurikulum 2013 Edisi 2014



Buku Siswa Tematik Kelas 5 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2014
Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai peserta didik. Juga dirumuskan proses pembelajaran dan penilaian yang diperlukan untuk memastikan ketercapaian kompetensi yang diinginkan tersebut. Buku yang ditulis dengan mengacu pada kurikulum ini harusnya dirancang dengan menggunakan proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai kompetensi yang sesuai dan diukur dengan proses penilaian yang sesuai.

Pertanyaannya adalah seperti apa bentuk ideal Buku Siswa Kelas II SD/MI yang pada hakekatnya baru setahun belajar membaca dan menulis? Rentang jawaban atas pertanyaan ini dapat sangat ekstrim. Dalam hal isi ada yang menginginkan tanpa buku, tetapi juga ada yang menginginkan satu buku terpisah untuk setiap mata pelajaran. Dalam hal penyajian ada yang menginginkan berbasis kegiatan yang harus dilakukan peserta didik, tetapi ada juga yang menginginkan berbasis materi yang harus dikuasai peserta didik. Perdebatan semacam ini tidak akan pernah selesai.

Buku Seri Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Siswa Kelas II SD/MI ini ditulis sebagai jalan tengah diantara keinginan-keinginan tersebut. Bukannya tanpa buku, melainkan ada buku yang memuat materi minimal berisi kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan peserta didik Kelas II SD/MI untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Pendekatan pembelajaran tematik terpadu dipilih dengan beberapa alasan. Pertama, peserta didik Kelas II SD/MI, yang sesuai perkembangannya lebih mudah memahami pengetahuan faktual, diajak melalui tema-tema mengikuti proses pembelajaran transdisipliner dimana kompetensi yang diajarkan dikaitkan dengan konteks peserta didik dan lingkungannyanya. Kedua, melalui pendekatan terpadu, pembelajaran multidisiliner-interdisipliner diwujudkan agar tumpang tindih antar materi pembelajaran yang selama ini terjadi dapat dihindari demi tercapainya efisensi materi pembelajaran dan efektivitas penyerapannya oleh peserta didik.

Sebagaimana lazimnya sebuah buku teks pelajaran yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, buku ini memuat rencana pembelajaran berbasis aktivitas. Di dalamnya dirancang urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan peserta didik. Dengan demikian buku ini mengarahkan yang harus dilakukan peserta didik bersama guru dan temanteman sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu; buku yang pemanfaatannya adalah dengan peserta didik mempraktikkan materi-materi kegiatan yang tercantum didalamnya secara mandiri atau kelompok, bukan buku yang materinya dibaca, diisi, ataupun dihafal.

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, peserta didik diajak menjadi berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Buku Siswa Kelas 5 Tema 1 Benda-benda di Lingkungan Sekitar. Download
Buku Siswa Kelas 5 Tema 2 Peristiwa dalam Kehidupan. Download
Buku Siswa Kelas 5 Tema 3 Kerukunan dalam Bermasyarakat. Download
Buku Siswa Kelas 5 Tema 4 Sehat itu Penting. Download
Buku Siswa Kelas 5 Tema 5 Bangga sebagai Bangsa Indonesia. Download
Buku Siswa Kelas 5 Tema 6 Organ Tubuh Manusia dan Hewan. Download
Buku Siswa Kelas 5 Tema 7 Sejarah Peradaban Indonesia. Download
Buku Siswa Kelas 5 Tema 8 Ekosistem. Download
Buku Siswa Kelas 5 Tema 9 Lingkungan Sahabat Kita. Download