Jul 20, 2017

Perangkat Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017

Perangkat Modul PKB
Seni Budaya SD Tahun 2017



Perangkat Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Mari kita sukseskan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini untuk mewujudkan Guru Mulia Karena Karya.

Berikut saya share Perangkat Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017 :
Perangkat Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017 KK-A. Download
Presentasi Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017 Pedagogik KK-A. Download
Presentasi Modul PKB Seni Rupa SD Tahun 2017 KK-A. Download
Presentasi Modul PKB Seni Musik SD Tahun 2017 KK-A. Download
Presentasi Modul PKB Seni Tari SD Tahun 2017 KK-A. Download
Presentasi Modul PKB Prakarya SD Tahun 2017 KK-A. Download

Perangkat Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017 KK-B. Download
Presentasi Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017 Pedagogik KK-B. Download
Presentasi Modul PKB Seni Rupa SD Tahun 2017 KK-B. Download
Presentasi Modul PKB Seni Musik SD Tahun 2017 KK-B. Download
Presentasi Modul PKB Seni Tari SD Tahun 2017 KK-B. Download
Presentasi Modul PKB Prakarya SD Tahun 2017 KK-B. Download

Perangkat Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017 KK-C. Download
Presentasi Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017 Pedagogik KK-C. Download
Presentasi Modul PKB Seni Rupa SD Tahun 2017 KK-C. Download
Presentasi Modul PKB Seni Musik SD Tahun 2017 KK-C. Download
Presentasi Modul PKB Seni Tari SD Tahun 2017 KK-C. Download
Presentasi Modul PKB Prakarya SD Tahun 2017 KK-C. Download

Perangkat Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017 KK-D. Download
Presentasi Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017 Pedagogik KK-D. Download
Presentasi Modul PKB Seni Rupa SD Tahun 2017 KK-D. Download
Presentasi Modul PKB Seni Musik SD Tahun 2017 KK-D. Download
Presentasi Modul PKB Seni Tari SD Tahun 2017 KK-D. Download
Presentasi Modul PKB Prakarya SD Tahun 2017 KK-D. Download

Perangkat Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017 KK-E. Download
Presentasi Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017 Pedagogik KK-E. Download
Presentasi Modul PKB Seni Rupa SD Tahun 2017 KK-E. Download
Presentasi Modul PKB Seni Musik SD Tahun 2017 KK-E. Download
Presentasi Modul PKB Seni Tari SD Tahun 2017 KK-E. Download
Presentasi Modul PKB Prakarya SD Tahun 2017 KK-E. Download

Perangkat Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017 KK-F. Download
Presentasi Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017 Pedagogik KK-F. Download
Presentasi Modul PKB Seni Rupa SD Tahun 2017 KK-F. Download
Presentasi Modul PKB Seni Musik SD Tahun 2017 KK-F. Download
Presentasi Modul PKB Seni Tari SD Tahun 2017 KK-F. Download
Presentasi Modul PKB Prakarya SD Tahun 2017 KK-F. Download

Perangkat Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017 KK-G. Download
Presentasi Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017 Pedagogik KK-G. Download
Presentasi Modul PKB Seni Rupa SD Tahun 2017 KK-G. Download
Presentasi Modul PKB Seni Musik SD Tahun 2017 KK-G. Download
Presentasi Modul PKB Seni Tari SD Tahun 2017 KK-G. Download
Presentasi Modul PKB Prakarya SD Tahun 2017 KK-G. Download

Perangkat Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017 KK-H. Download
Presentasi Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017 Pedagogik KK-H. Download
Presentasi Modul PKB Seni Rupa SD Tahun 2017 KK-H. Download
Presentasi Modul PKB Seni Musik SD Tahun 2017 KK-H. Download
Presentasi Modul PKB Seni Tari SD Tahun 2017 KK-H. Download
Presentasi Modul PKB Prakarya SD Tahun 2017 KK-H. Download

Perangkat Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017 KK-I. Download
Presentasi Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017 Pedagogik KK-I. Download
Presentasi Modul PKB Seni Rupa SD Tahun 2017 KK-I. Download
Presentasi Modul PKB Seni Musik SD Tahun 2017 KK-I. Download
Presentasi Modul PKB Seni Tari SD Tahun 2017 KK-I. Download
Presentasi Modul PKB Prakarya SD Tahun 2017 KK-I. Download

Perangkat Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017 KK-J. Download
Presentasi Modul PKB Seni Budaya SD Tahun 2017 Pedagogik KK-J. Download
Presentasi Modul PKB Seni Rupa SD Tahun 2017 KK-J. Download
Presentasi Modul PKB Seni Musik SD Tahun 2017 KK-J. Download
Presentasi Modul PKB Seni Tari SD Tahun 2017 KK-J. Download
Presentasi Modul PKB Prakarya SD Tahun 2017 KK-J. Download




Perangkat Modul PKB PJOK SD Tahun 2017

Perangkat Modul PKB PJOK SD Tahun 2017



Perangkat Modul PKB PJOK SD Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Perangkat Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 sebagai berikut :
Perangkat Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-A. Download
Presentasi PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-A. Download
LK PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-A. Download
Jurnal Belajar Mandiri PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-A. Download

Perangkat Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-B. Download
Presentasi PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-B. Download
LK PKB PJOK SD Tahun 2017 Pedagogik KK-B. Download
LK PKB PJOK SD Tahun 2017 Profesional KK-B. Download
Jurnal Belajar Mandiri PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-B. Download

Perangkat Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-C. Download
Presentasi PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-C. Download
LK PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-C. Download
Jurnal Belajar Mandiri PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-C. Download

Perangkat Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-D. Download
Presentasi PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-D. Download
LK PKB PJOK SD Tahun 2017 Pedagogik KK-D. Download
Jurnal Belajar Mandiri PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-D. Download

Perangkat Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-E. Download
Presentasi PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-E. Download
LK PKB PJOK SD Tahun 2017 Pedagogik KK-E KP 1.1. Download
LK PKB PJOK SD Tahun 2017 Pedagogik KK-E KP 2.1. Download
LK PKB PJOK SD Tahun 2017 Pedagogik KK-E KP 3.1. Download
LK PKB PJOK SD Tahun 2017 Pedagogik KK-E KP 4.1. Download
LK PKB PJOK SD Tahun 2017 Profesional KK-E KP 1.1. Download
LK PKB PJOK SD Tahun 2017 Profesional KK-E KP 2.1. Download
LK PKB PJOK SD Tahun 2017 Profesional KK-E KP 3.1. Download
LK PKB PJOK SD Tahun 2017 Profesional KK-E KP 4.1. Download
Jurnal Belajar Mandiri PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-E. Download

Perangkat Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-F. Download
Presentasi PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-F. Download
PKB PJOK SD Tahun 2017 Pedagogik KK-F KP-1 LK-1. Download
PKB PJOK SD Tahun 2017 Pedagogik KK-F KP-1 LK-2. Download
PKB PJOK SD Tahun 2017 Pedagogik KK-F KP-2 LK-3. Download
PKB PJOK SD Tahun 2017 Profesional KK-F KP-1 LK-1. Download
PKB PJOK SD Tahun 2017 Profesional KK-F KP-1 LK-2. Download
PKB PJOK SD Tahun 2017 Profesional KK-F KP-2 LK-3. Download
PKB PJOK SD Tahun 2017 Profesional KK-F KP-2 LK-4. Download
PKB PJOK SD Tahun 2017 Profesional KK-F KP-3 LK-5. Download
PKB PJOK SD Tahun 2017 Profesional KK-F KP-4 LK-6. Download
PKB PJOK SD Tahun 2017 Profesional KK-F KP-4 LK-7. Download
PKB PJOK SD Tahun 2017 Profesional KK-F KP-5 LK-8. Download
Jurnal Belajar Mandiri PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-F. Download

Perangkat Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-G. Download
Presentasi PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-G. Download
LK PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-G. Download
Jurnal Belajar Mandiri PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-G. Download

Perangkat Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-H. Download
Presentasi PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-H. Download
LK PKB PJOK SD Tahun 2017 Pedagogik KK-H. Download
LK PKB PJOK SD Tahun 2017 Profesional KK-H. Download
Jurnal Belajar Mandiri PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-H. Download

Perangkat Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-I. Download
Presentasi PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-I. Download
LK PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-I. Download
PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-I LK-1. Download
PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-I LK-2. Download
PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-I LK-3. Download
PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-I LK-4. Download
Jurnal Belajar Mandiri PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-I. Download

Perangkat Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-J. Download
Presentasi PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-J. Download
PKB PJOK SD Tahun 2017 Pedagogik KK-J LK-1. Download
PKB PJOK SD Tahun 2017 Pedagogik KK-J LK-2. Download
PKB PJOK SD Tahun 2017 Pedagogik KK-J LK-3. Download
PKB PJOK SD Tahun 2017 Profesional KK-J LK-4. Download
PKB PJOK SD Tahun 2017 Profesional KK-J LK-5. Download
PKB PJOK SD Tahun 2017 Profesional KK-J LK-6. Download
Jurnal Belajar Mandiri PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-J. Download




Perangkat Modul PKB SD Kelas Tinggi Tahun 2017

Perangkat Modul PKB
SD Kelas Tinggi Tahun 2017




Perangkat Modul PKB SD Kelas Tinggi Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan jenjang Sekolah Dasar ini diharapkan dapat menjadi bahan bacaan wajib bagi para peserta diklat untuk dapat meningkatkan pemahaman tentang kompetensi pedagogik dan profesional terkait dengan tugas pokok dan fungsinya

Perangkat Modul PKB SD Kelas Tinggi 2017 KK-A. Download
Bahan Presentasi KK-A Pedagigik. Download
Bahan Presentasi KK-A Profesional. Download

Perangkat Modul PKB SD Kelas Tinggi 2017 KK-B. Download
Bahan Presentasi KK-B Pedagigik. Download
Bahan Presentasi KK-B Profesional. Download

Perangkat Modul PKB SD Kelas Tinggi 2017 KK-C. Word Download. PDF Download
Bahan Presentasi KK-C Pedagigik. Download
Bahan Presentasi KK-C Profesional. Download

Perangkat Modul PKB SD Kelas Tinggi 2017 KK-D. Download
Bahan Presentasi KK-D Pedagigik. Download
Bahan Presentasi KK-D Profesional. Download

Perangkat Modul PKB SD Kelas Tinggi 2017 KK-E. Download
Bahan Presentasi KK-E Pedagigik. Download
Bahan Presentasi KK-E Profesional. Download

Perangkat Modul PKB SD Kelas Tinggi 2017 KK-F. Download
Bahan Presentasi KK-F Pedagigik. Download
Bahan Presentasi KK-F Profesional. Download

Perangkat Modul PKB SD Kelas Tinggi 2017 KK-G. Download
Bahan Presentasi KK-G Pedagigik. Download
Bahan Presentasi KK-G Profesional. Download

Perangkat Modul PKB SD Kelas Tinggi 2017 KK-H. Download
Bahan Presentasi KK-H Pedagigik. Download
Bahan Presentasi KK-H Profesional. Download

Perangkat Modul PKB SD Kelas Tinggi 2017 KK-I. Download
Bahan Presentasi KK-I Pedagigik. Download
Bahan Presentasi KK-I Profesional. Download

Perangkat Modul PKB SD Kelas Tinggi 2017 KK-J. Download
Bahan Presentasi KK-J Pedagigik. Download
Bahan Presentasi KK-J Profesional. Download




Perangkat Modul PKB SD Kelas Awal Tahun 2017

Perangkat Modul PKB
SD Kelas Awal Tahun 2017



Perangkat Modul PKB SD Kelas Awal Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan jenjang Sekolah Dasar ini diharapkan dapat menjadi bahan bacaan wajib bagi para peserta diklat untuk dapat meningkatkan pemahaman tentang kompetensi pedagogik dan profesional terkait dengan tugas pokok dan fungsinya

Perangkat Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-A. Download
Bahan Presentasi KK-A Pedagigik. Download
Bahan Presentasi KK-A Profesional. Download

Perangkat Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-B. Download
Bahan Presentasi KK-B Pedagigik. Download
Bahan Presentasi KK-B Profesional. Download

Perangkat Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-C. Download
Bahan Presentasi KK-C Pedagigik. Download
Bahan Presentasi KK-C Profesional. Download

Perangkat Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-D. Download
Bahan Presentasi KK-D Pedagigik. Download
Bahan Presentasi KK-D Profesional. Download

Perangkat Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-E. Download
Bahan Presentasi KK-E Pedagigik. Download
Bahan Presentasi KK-E Profesional. Download

Perangkat Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-F. Download
Bahan Presentasi KK-F Pedagigik. Download
Bahan Presentasi KK-F Profesional. Download

Perangkat Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-G. Download
Bahan Presentasi KK-G Pedagigik. Download
Bahan Presentasi KK-G Profesional. Download

Perangkat Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-H. Download
Bahan Presentasi KK-H Pedagigik. Download
Bahan Presentasi KK-H Profesional. Download

Perangkat Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-I. Download
Bahan Presentasi KK-I Pedagigik. Download
Bahan Presentasi KK-I Profesional. Download

Perangkat Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-J. Download
Bahan Presentasi KK-J Pedagigik. Download
Bahan Presentasi KK-J Profesional. Download




Jul 19, 2017

Buku Seni Budaya SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku Seni Budaya SMP/MTs
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku Seni Budaya SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Seni Budaya untuk Kelas VII SMP/MTs yang disajikan dalam buku ini dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Seni Budaya bukan aktivitas dan materi pembelajaran yang dirancang hanya untuk mengasah kompetensi keterampilan siswa mencakup aktivitas dan materi pembelajaran yang memberikan kompetensi pengetahuan tentang karya seni budaya dan kompetensi sikap yang berkaitan dengan seni budaya. Pembelajaran seni budaya menjadi kesatuan utuh ketiga kompetensi tersebut melalui aktivitas berkarya seni rupa, seni musik, seni tari, dan teater.

Pembelajaran seni budaya dirancang berbasis aktivitas dalam sejumlah ranah seni budaya, yaitu seni rupa, seni musik, seni tari dan teater yang diangkat dari kekayaan seni dan budaya sebagai warisan budaya bangsa. Aktivitas pembelajaran seni budaya tidak hanya dirancang di dalam kelas tetapi dapat melalui aktivitas baik yang diselenggarakan oleh sekolah maupun di luar sekolah atau masyarakat sekitar. Materi muatan lokal dapat ditambahkan pada materi pembelajaran seni budaya yang digali dari kearifan lokal dan relevan dalam kehidupan siswa sehingga diharapkan dapat menambah pengayaan dari buku ini.

Pembelajaran seni budaya pada buku ini dapat pula dilakukan secara terpadu dan utuh. Keterpaduan dan keutuhan mengandung arti bahwa di dalam kompetensi dasar mengandung suatu keahlian tertentu sehingga dalam pelaksanaannya haruslah utuh diajarkan sehingga siswa dapat menguasai keterampilan, pengetahuan serta sikap dalam karya seni rupa, seni musik, seni tari, atau teater. Pembelajaran seni budaya menekankan pada pendekatan belajar siswa aktif. Siswa diajak dan berani untuk mencari sumber belajar yang tersedia di lingkungan sekolah, rumah atau tempat tinggal serta masyarakat. Guru dapat memperkaya kreasi dalam bentuk aktivitas lain yang sesuai dan relevan yang bersumber pada dari lingkungan sosial dana alam sekitar.

Berikut saya share Buku Seni Budaya SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017 :
Buku Guru Seni Budaya Kelas VII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa Seni Budaya Kelas VII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru Seni Budaya Kelas VIII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa Seni Budaya Kelas VIII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download




Buku Guru Tematik Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku Guru Tematik Kelas IV SD/MI
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017




Buku Guru Tematik Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Buku guru disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di lapangan. Sebagaimana diketahui bahwa buku teks siswa yang berbasis aktivitas disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, yang sangat mengedepankan pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan. Karena hanya sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, guru tidak diharapkan menggunakan buku ini sebagai satu-satunya buku panduan yang menjadi acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Isi dari Buku Guru hanyalah contoh aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan di kelas. Guru memiliki keleluasaan untuk membangun kegiatan pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Guru juga tetap harus membuka dan mempelajari Peraturan Pemerintah khususnya berkaitan dengan konsep penilaian dan pelaporan yang tidak dapat diurai secara detil dalam buku ini.

Guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik, dibutuhkan kehadiran buku-buku penunjang. Jika perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah, mengingat buku-buku tersebut didesain sebagai buku teks yang sarat materi. Guru maupun peserta didik juga dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lain yang relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Buku ini dibuat dengan berlandaskan pada Kompetensi Dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Demikian pula, buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan baik oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud. Berbeda dengan Buku Guru sebelumnya, atas arahan dari Kemendikbud, kali ini Buku Guru tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk PPKn. Namun demikian, dalam kesehariannya guru tetap melakukan proses pengamatan perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik.

Berikut saya share Buku Guru Tematik Kelas IV Edisi Revisi 2017.

Buku Guru Tematik Kelas IV Edisi Revisi 2017 :
1. Buku Guru Kelas IV Tema 1. Indahnya Kebersamaan. Download
2. Buku Guru Kelas IV Tema 2. Selalu Berhemat Energi. Download
3. Buku Guru Kelas IV Tema 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Download
4. Buku Guru Kelas IV Tema 4. Berbagai Pekerjaan. Download
5. Buku Guru Kelas IV Tema 5. Pahlawanku. Download

Buku Siswa Tematik Kelas I Edisi Revisi 2017 :
1. Buku Siswa Kelas IV Tema 1. Indahnya Kebersamaan. Download
2. Buku Siswa Kelas IV Tema 2. Selalu Berhemat Energi. Download
3. Buku Siswa Kelas IV Tema 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Download
4. Buku Siswa Kelas IV Tema 4. Berbagai Pekerjaan. Download
5. Buku Siswa Kelas IV Tema 5. Pahlawanku. Download



Buku Guru Tematik Kelas I SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku Guru Tematik Kelas I SD/MI
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku Guru Tematik Kelas I SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Buku guru disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di lapangan. Sebagaimana diketahui bahwa buku teks siswa yang berbasis aktivitas disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, yang sangat mengedepankan pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan. Karena hanya sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, guru tidak diharapkan menggunakan buku ini sebagai satu-satunya buku panduan yang menjadi acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Isi dari Buku Guru hanyalah contoh aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan di kelas. Guru memiliki keleluasaan untuk membangun kegiatan pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Guru juga tetap harus membuka dan mempelajari Peraturan Pemerintah khususnya berkaitan dengan konsep penilaian dan pelaporan yang tidak dapat diurai secara detil dalam buku ini.

Guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik, dibutuhkan kehadiran buku-buku penunjang. Jika perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah, mengingat buku-buku tersebut didesain sebagai buku teks yang sarat materi. Guru maupun peserta didik juga dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lain yang relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Buku ini dibuat dengan berlandaskan pada Kompetensi Dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Demikian pula, buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan baik oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud. Berbeda dengan Buku Guru sebelumnya, atas arahan dari Kemendikbud, kali ini Buku Guru tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk PPKn. Namun demikian, dalam kesehariannya guru tetap melakukan proses pengamatan perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik.

Berikut saya share Buku Guru Tematik Kelas I Edisi Revisi 2017.

Buku Guru Tematik Kelas I Semester 1 Edisi Revisi 2017 :
1. Buku Guru Kelas I Tema 1. Diriku. Download
2. Buku Guru Kelas I Tema 2. Kegemaranku. Download
3. Buku Guru Kelas I Tema 3. Kegiatanku. Download
4. Buku Guru Kelas I Tema 4. Keluargaku. Download

Buku Siswa Tematik Kelas I Semester 1 Edisi Revisi 2017 :
1. Buku Siswa Kelas I Tema 1. Diriku. Download
2. Buku Siswa Kelas I Tema 2. Kegemaranku. Download
3. Buku Siswa Kelas I Tema 3. Kegiatanku. Download
4. Buku Siswa Kelas I Tema 4. Keluargaku. Download




Buku PPKn SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku PPKn SMP/MTs
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku PPKn SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Apabila pada jenjang SD/MI semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, maka pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata pelajaran.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) merupakan salah satu mata pelajaran wajib untuk jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA. PKKn dirancang untuk menghasilkan siswa yang memiliki keimanan dan akhlak mulia sebagaimana diarahkan oleh falsafah hidup bangsa Indonesia, yaitu Pancasila sehingga dapat berperan sebagai warga negara yang efektif dan bertanggung jawab. Pembahasannya secara utuh mencakup Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika.

Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dirancang berbasis aktivitas terkait dengan sejumlah tema kewarganegaraan yang diharapkan dapat mendorong siswa menjadi warga negara yang baik melalui kepedulian terhadap permasalahan dan tantangan yang dihadapi masyarakat sekitarnya. Kepedulian tersebut ditunjukkan dalam bentuk partisipasi aktif dalam pengembangan komunitas yang terkait dengan diri siswa. Kompetensi yang dihasilkan tidak lagi terbatas pada kajian pengetahuan dan keterampilan penyajian hasil dalam bentuk karya tulis, tetapi lebih ditekankan kepada pembentukan sikap dan tindakan nyata yang mampu dilakukan oleh tiap siswa. Dengan demikian akan terbentuk sikap cinta dan bangga sebagai bangsa Indonesia.

Buku ini menjabarkan usaha yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak untuk berani dalam mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting, guru dapat memperkaya dengan kreasi dalam berbagai bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Implementasi kurikulum 2013 pada tahun 2013 s/d 2015 telah mendapat tanggapan yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan seoptimal mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun ajaran 2017/2018 dan seterusnya. Buku ini merupakan edisi keempat sebagai penyempurnaan dari edisi ketiga. Buku ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan demi penyempurnaan. Oleh karena itu, para pembaca dapat memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan, serta penyempurnaan pada edisi berikutnya. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi emas seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Berikut saya share Buku PPKn SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 :
Buku Guru PPKn Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PPKn Kelas VII SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PPKn Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PPKn Kelas VIII SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Download





Buku PABP Buddha SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku PABP Buddha SMP
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku PABP Buddha SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Kurikulum 2013 dirancang sebagai kendaraan untuk mengantarkan peserta didik menuju penguasaan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan.Pendekatan ini selaras dengan pandangan dalam agama Buddha bahwa belajar tidak hanya untuk mengetahui dan mengingat(pariyatti), tetapi juga untuk melaksanakan (patipatti), dan mencapai penembusan (pativedha). “Seseorang banyak membaca kitab suci, tetapi tidak berbuat sesuai dengan ajaran, orang yang lengah itu sama seperti gembala yang menghitung sapi milik orang lain, ia tidak akan memperoleh manfaat kehidupan suci.” (Dhp.19).

Untuk memastikan keseimbangan dan keutuhanketiga ranah tersebut, pendidikan agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan pembentukan budi pekerti, yaitu sikap atau perilaku seseorang dalam hubungannya dengan diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa, serta alam sekitar. Proses pembelajarannya mesti mengantar mereka dari pengetahuan tentang kebaikan, lalu menimbulkan komitmen terhadap kebaikan, dan akhirnya benar-benar melakukan kebaikan. Dalam ungkapan Buddhanya, “Pengetahuan saja tidak akan membuat orang terbebas dari penderitaan, tetapi ia juga harus melaksanakannya” (Sn. 789).

Buku Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi kedalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini.

Berikut saya share Buku PABP Buddha SMP K13 Edisi Revisi 2017 :
Buku Guru PABP Buddha Kelas VII SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Buddha Kelas VII SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Buddha Kelas VIII SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Buddha Kelas VIII SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download



Buku PABP Hindu SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku PABP Hindu SMP
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku PABP Hindu SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
kurikulum 2013 dirancang agar peserta didik tidak hanya bertambah pengetahuannya, tetapi juga meningkat keterampilannya dan semakin mulia kepribadiannya. Dengan demikian, ada kesatuan utuh antara kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Keutuhan ini dicerminkan dalam pendidikan agama dan budi pekerti. Melalui pembelajaran agama diharapkan akan terbentuk keterampilan beragama dan terwujud sikap beragama peserta didik yang berimbang, mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya, sesama manusia, dan hubungan manusia dengan alam sekitarnya.

Pengetahuan agama yang dipelajari para peserta didik menjadi sumber nilai dan penggerak perilaku mereka. Sekadar contoh, di antara nilai budi pekerti dalam agama Hindu dikenal dengan Tri Marga (bakti kepada Tuhan, orang tua, dan guru; karma, bekerja sebaik-baiknya untuk dipersembahkan kepada orang lain dan Tuhan; Jnana, menuntut ilmu sebanyak-banyaknya untuk bekal hidup dan penuntun hidup), dan Tri Warga (dharma, berbuat berdasarkan atas kebenaran; artha, memenuhi harta benda kebutuhan hidup berdasarkan kebenaran, dan kama, memenuhi keinginan sesuai dengan norma- norma yang berlaku). Buku Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkayanya secara kreatif dengan kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar. Implementasi terbatas pada tahun ajaran 2015/2016 telah mendapat tanggapan yang sangat positif dan masukan yang sangat berharga. Pengalaman tersebut dipergunakan semaksimal mungkin dalam menyiapkan buku untuk implementasi menyeluruh pada tahun ajaran 2015/2016 dan seterusnya. 

Berikut saya share Buku PABP Hindu SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 :
Buku Guru PABP Hindu Kelas VII SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Hindu Kelas VII SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Hindu Kelas VIII SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Hindu Kelas VIII SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download




Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti (PAH-BP) Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran
Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti
(PAH-BP) Kurikulum 2013



Perangkat Pembelajaran PABP Hindu Kurikulum 2013
KI-KD PABP Hindu Kurikulum 2013
Silabus PABP Hindu Kurikulum 2013
Buku PABP Hindu SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017




Buku PABP Kristen SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku PABP Kristen SMP
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017




Buku PABP Kristen SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Pendidikan menjadi sarana dalam mengubah masyarakat menuju masa kini dan masa depan yang lebih baik dan berpengharapan. Salah satu tugas pembaharuan yang dilakukan oleh Pendidikan adalah melalui Perubahan Kurikulum yang merupakan salah satu elemen pendidikan. Perubahan kurikulum bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan nasional sekaligus memperbaiki kualitas hidup dan kondisi sosial bangsa Indonesia. Jadi, pengembangan kurikulum 2013 tidak hanya berkaitan dengan persoalan kualitas pendidikan saja, melainkan kualitas kehidupan bangsa Indonesia secara umum agar tahapan pembelajaran memungkinkan peserta didik berkembang dari proses menyerap pengetahuan dan mengembangkan keterampilan hingga memekarkan sikap serta nilai-nilai luhur kemanusiaan.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan memperbaiki kualitas hidup dan kondisi sosial bangsa Indonesia, peran pendidikan agama amat penting karena agama berkaitan dengan hampir seluruh bidang kehidupan. Oleh karena itu, melalui pendidikan agama, peserta didik yang mempelajari seluruh mata pelajaran dapat mengambil nilai-nilai etika dan moral dari pendidikan agama. Pendidikan agama hendaknya mewarnai output pendidikan di Indonesia sebagai Negara Pancasila.

Untuk itu, belajar bukan sekadar untuk tahu, melainkan dengan belajar seseorang menjadi tumbuh dan berubah. Tidak sekadar belajar lalu berubah, dan menjadi semakin dekat dengan Allah. Sebagaimana tertulis dalam Mazmur 119:73, “Tangan-Mu telah menjadikan aku dan membentuk aku, berilah aku pengertian, supaya aku dapat belajar perintah-perintah-Mu”. Tidak sekedar belajar lalu berubah, tetapi juga mengubah keadaan. Rancangan kurikulum yang dirangkai dalam Kompetensi Inti sebagai pengikat Kompetensi Dasar membantu peserta didik untuk bertumbuh dan berkembang secara utuh dan holistic dari segi pengatahuan, ketrampilan maupun sikap terhadap diri sendiri, terhadap sesama terlebih kepada Tuhan yang diimaninya. Kecerdasan tidak hanya diukur dari tingginya pengetahuan namun tingginya imanyang nampak melalui sikap terhadap sesama dan Tuhan.

Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti diharapkan mampu menolong peserta didik untuk membangun solidaritas dan toleransi dalam pergaulan sehari-hari tanpa memandang perbedaan suku, bangsa, agama maupun kelas sosial, pro aktif mewujudkan keadilan, kebenaran, demokrasi, HAM dan perdamaian; memelihara lingkungan hidup, mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam berpikir dan bertindak. Sekaligus memiliki ciri khas sebagai anak dan remaja Kristen Indonesia yang cinta tanah air dan bangsa Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti bukan sekadar menyampaikan pesan moral apalagi hanya sekadar mengetahui tata cara hubungan antara manusia dengan Tuhan, melainkan harus menyajikan isi kurikulum yang transformatif dan terinternalisasi dalam diri peserta didik. Artinya, mengubah serta membarui cara pandang dan sikap peserta didik serta mengarahkan peserta didik untuk memahami panggilan Tuhan untuk menjadi berkat bagi sesama dan dunia.

Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti pada semua jenjang dan kelas disajikan dalam bentuk pemahaman konsep mengenai Allah Pencipta, pemelihara, penyelamat dan pembaharu yang diimplementasikan dalam bentuk pelaksanaan nilai-nilai kristiani dalam praktik kehidupan. Didalamnya tercantum berbagai aktivitas belajar yang dilakukan peserta didik dalam rangka mencapai kompetensi serta mengembangkan kreativitas dan inovasi pengetahuan, ketrampilan dan sikap. Buku ini berisi sejumlah aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik dalam rangka mencapai Kompetensi yang telah dirumuskan. Dalam proses belajar diharapkan peserta didik memperoleh pengalaman-pengalaman belajar yang membantu dirinya bertumbuh secara utuh sebagai manusia makluk mulia ciptaan Allah yang bermartabat.

Berikut saya share Buku PABP Kristen SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 :
Buku Guru PABP Kristen Kelas VII SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Kristen Kelas VII SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Kristen Kelas VIII SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Kristen Kelas VIII SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download




Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti (PAKR-BP) Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti
(PAKR-BP) Kurikulum 2013



Perangkat Pembelajaran PABP Kristen Kurikulum 2013
KI-KD PABP Kristen Kurikulum 2013
Silabus PABP Kristen Kurikulum 2013
Buku PABP Kristen SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017




Jul 15, 2017

Buku PJOK SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku PJOK SMP/MTs
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku PJOK SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Abad ke 21 sudah kita masuki dengan segala tantangan dan permasalahannya. Dunia di abad 21 ini sungguh telah menampilkan wajah yang amat berbeda dari abad sebelumnya. Kemajuan teknologi dan informasi (IT) yang berhasil dicapai ikut mempengaruhi wajah dunia dan segala interaksinya menjadi lebih praktis, maju, modern serta mengunggulkan kepakaran dan pemahaman penggunaan teknologi tinggi untuk memecahkan persoalan kehidupan sehari-hari. Dalam abad yang semakin mengglobal tersebut, pendidikan perlu didorong untuk mampu membekali anak didik dengan kompetensi yang dibutuhkan dari mulai kemampuan berpikir kritis, kreativitas, keterampilan berkomunikasi dan kemampuan bekerja sama dengan orang lain.

Tema pengembangan Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi, relevan dengan tantangan abad 21 tersebut. Pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan (PJOK) merupakan salah satu mata pelajaran pada Kurikulum 2013. PJOK merupakan bagian integral dari program pendidikan nasional, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui pembekalan pengalaman belajar menggunakan aktivitas jasmani terpilih dan dilakukan secara sistematis. 

Kurikulum 2013 menekankan bahwa mata pelajaran PJOK memiliki konten yang unik untuk memberi warna pada pendidikan karakter bangsa, di samping diarahkan untuk mengembangkan kompetensi gerak dan gaya hidup sehat. Muatan kearifan lokal dari Kurikulum 2013 diharapkan mampu mengembangkan apresiasi terhadap kekhasan multikultural dengan mengenalkan permainan dan olahraga tradisional yang berakar dari budaya suku bangsa Indonesia.

Mata Pelajaran PJOK SMP/MTs yang disajikan dalam buku ini juga tunduk pada ketentuan tersebut. PJOK bukan berisi materi aktivitas yang dirancang hanya untuk mengasah kompetensi keterampilan peserta didik, atau mata pelajaran yang membaginya menjadi pengetahuan tentang kesehatan dan keterampilan berolahraga. Terampil berolahraga bukan berarti peserta didik dituntut untuk menguasai cabang olahraga dan permainan tertentu, melainkan mengutamakan proses perkembangan gerak peserta didik dari waktu ke waktu. Dalam aktivitasnya, peserta didik dibawa dalam suasana gembira, sehingga dapat berekplorasi dan menemukan sesuatu secara tidak langsung. Untuk mengaktualisasikan PJOK seperti ini, peserta didik harus dijadikan sebagai subyek didik.

Aktivitasnya dirancang berbasis aktivitas terkait dengan sejumlah jenis gerak jasmani/olahraga dan usaha-usaha menjaga kesehatan yang sesuai untuk peserta didik SMP/MTs. Aktivitas-aktivitas tersebut dirancang untuk membuat peserta didik terbiasa melakukan gerak jasmani dan berolahraga dengan senang hati karena merasa perlu melakukannya dan sadar akan pentingnya menjaga kesehatan jasmani baik melalui gerak jasmani dan olahraga maupun dengan memperhatikan faktor-faktor kesehatan yang mempengaruhinya. Sebagai mata pelajaran yang mengandung unsur muatan lokal, tambahan materi yang digali dari kearifan lokal dan relevan dengan mata pelajaran ini sangat diharapkan untuk ditambahkan sebagai pengayaan dari buku ini.

Berikut saya share Buku PJOK SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 :
Buku Guru PJOK Kelas VII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PJOK Kelas VII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PJOK Kelas VIII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PJOK Kelas VIII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download




Buku IPS SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku IPS SMP/MTs
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku IPS SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi peserta didik secara utuh, tidak hanya aspek pengetahuannya tetapi juga sikap dan keterampilannya. Diharapkan tidak hanya memiliki wawasan ilmu pengetahuan yang luas melalui berbagai proses saintifik dalam pembelajarannya tetapi juga memiliki sikap spriritual dan sosial yang baik. Disamping itu, mereka mampu menyajikan atau mengkomunikasikan berbagai gagasan yang diperoleh selama dalam kegiatan pembelajaran.

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) sebagai salah satu mata pelajaran dalam kurikulum 2013 juga berorientasi pada kompetensi yang utuh tersebut. Pelajaran IPS merupakan integrasi dari empat mata pelajaran yaitu geografi, ekonomi, sosiologi dan sejarah. Keempat mata pelajaran tersebut dipadukan oleh konsep ruang dan interaksi antar ruang serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia dalam aspek ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.

Dalam pembahasannya, peserta didik dikenalkan dengan konsep ruang yang diwujudkan dalam materi tentang letak Indonesia, potensi sumber daya alam, kemaritiman, kependudukan, kondisi alam, flora dan fauna Indonesia. Kondisi dan potensi yang berbeda antar ruang kemudian mengakibatkan adanya interaksi antar ruang di Indonesia. Interaksi antar ruang kemudian mempengaruhi kehidupan ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan.

Pengenalan dan pemahaman terhadap ruang dalam bentuk kondisi dan potensi sumberdaya Indonesia diharapkan mampu memperkuat rasa percaya diri, kecintaan dan kebanggaan siswa atas keunggulan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sehingga tumbuh kesadaran untuk mengelola, memanfaatkan dan melestarikan modal-modal tersebut secara bertanggung jawab demi kemakmuran dan kemajuan bersama.

Buku ini disusun untuk mendukung implementasi kurikulum 2013 yang mengedepankan aktivitas belajar peserta didik. Karena itu, buku ini dilengkapi dengan aktivitas individu dan kelompok sebagai panduan bagi peserta didik dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Guru dapat memodifikasi dan mengembangkan aktivitas tersebut sesuai dengan kondisi dan kebutuhan lokal daerahnya masing-masing. Intinya, peserta didik diberi ruang untuk melakukan eksplorasi permasalahan dan alternatif pemecahannya sesuai dengan kemampuannya melalui langkah-langkah ilmiah.

Berikut saya share Buku IPS SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 :
Buku Guru IPS Kelas VII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa IPS Kelas VII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru IPS Kelas VIII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa IPS Kelas VIII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download




Buku Matematika SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku Matematika SMP/MTs
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku Matematika SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Buku ini merupakan petunjuk kegiatan pembelajaran yang terdapat pada buku siswa untuk jenjang Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah berdasarkan Kurikulum 2013 dengan tujuan untuk membantu Guru dalam proses membelajarkan Matematika.

Matematika adalah bahasa universal dan karenanya kemampuan matematika siswa suatu negara sangat mudah dibandingkan dengan negara lain. Selain dari itu, matematika juga dipakai sebagai alat ukur untuk menentukan kemajuan pendidikan di suatu negara. Kita mengenal PISA (Program for International Student Assessment) dan TIMSS (The International Mathematics and Science Survey) yang secara berkala mengukur dan membandingkan antara lain kemajuan pendidikan matematika di beberapa negara. Standar internasional semacam ini memberikan arahan dalam merumuskan pembelajaran matematika di SMP/MTs. Hasil pembandingan antara yang kita ajarkan selama ini dengan yang dinilai secara internasional menunjukkan adanya perbedaan, baik terkait materi maupun kompetensi. Perbedaan ini menjadi dasar dalam merumuskan pembelajaran Matematika dalam Kurikulum 2013.
Buku Guru dan Buku Siswa Matematika SMP/MTs Kurikulum 2013 ini ditulis dengan berdasarkan pada materi dan kompetensi yang disesuaikan dengan standar internasonal tersebut. Terkait materi misalnya, sebagai tambahan, sejak kelas VII telah diajarkan antara lain tentang bilangan, himpunan, aljabar dan penerapannya, perbandingan, geometri dan penyajian data. Keseimbangan antara matematika angka dan matematika pola dan bangun selalu dijaga. Kompetensi pengetahuan bukan hanya sampai memahami secara konseptual tetapi sampai ke penerapan melalui pengetahuan prosedural dalam pemecahan masalah matematika. Kompetensi keterampilan berpikir juga diasah untuk dapat memecahkan masalah yang membutuhkan pemikiran order tinggi seperti menalar pemecahan masalah melalui permodelan, pembuktian dan perkiraan/pendekatan.

Setiap awal bab pada buku ini disajikan kover bab. Bagian ini berisi ilustrasi dan deskripsi singkat yang menarik berkaitan dengan materi bab yang bersangkutan. Selain itu, di awal bab juga disajikan Kompetensi dasar, indikator dan Pengalaman Belajar yang akan kalian capai dalam setiap bab. Kata-kata kunci merupakan inti dari materi. Bacalah terlebih dahulu kata-kata kuncinya sebelum kalian mempelajari isi materi.

Pada buku Guru terdapat dua macam bentuk petunjuk membelajarkan, yaitu Petunjuk Umum dan Petunjuk Khusus. Pada Petunjuk Umum disajikan tentang konsep kurikulum 2013, keterkaitan antara KI-KD, karakteristik pembelajaran matematik, petunjuk membelajarkan kegiatan saintifik, dan pedoman penilai. Pada Petunjuk Khusus disajikan tentang petunjuk kegiatan membelajarkan dalam pendekatan ilmiah, yaitu mengamati, menanya, menggali informasi, menalar, dan mengomunikasikan yang disajikan dengan ikon-ikon tertentu, yaitu Ayo Kita Amati, Ayo Kita Menanya, Ayo Kita Menggali Informasi/Sedikit Informasi/Ayo Kita Mencoba, dan Ayo Kita Berbagi. Buku Guru pada petunjuk umum ini disertakan juga kunci jawaban pada setiap kegiatan Ayo Kita Berlatih, Uji Kompetensi setiap babnya dan Uji Kompetensi Semester. Buku Guru ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan Guru untuk mencapai kompetensi dan indikator yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, Guru menjadi fasilitator siswa untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran Guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian kegiatan pada buku Guru ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Berikut saya share Buku Matematika SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 :
Buku Guru Matematika Kelas VII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa Matematika Kelas VII Semester 1 SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa Matematika Kelas VII Semester 2 SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download

Buku Guru Matematika Kelas VIII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa Matematika Kelas VIII Semester 1 SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa Matematika Kelas VIII Semester 2 SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download




Jul 13, 2017

Modul PKB Kimia SMA Tahun 2017

Modul PKB Kimia SMA Tahun 2017



Modul PKB Kimia SMA Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Hasil UKG menunjukkan peta profil yang menunjukan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal.

Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB Kimia SMA Tahun 2017 :
Modul PKB Kimia SMA Tahun 2017 KK-A. Download
Modul PKB Kimia SMA Tahun 2017 KK-B. Download
Modul PKB Kimia SMA Tahun 2017 KK-C. Download
Modul PKB Kimia SMA Tahun 2017 KK-D. Download
Modul PKB Kimia SMA Tahun 2017 KK-E. Download
Modul PKB Kimia SMA Tahun 2017 KK-F. Download
Modul PKB Kimia SMA Tahun 2017 KK-G. Download
Modul PKB Kimia SMA Tahun 2017 KK-H. Download
Modul PKB Kimia SMA Tahun 2017 KK-I. Download
Modul PKB Kimia SMA Tahun 2017 KK-J. Download




Modul PKB Fisika SMA Tahun 2017

Modul PKB Fisika SMA Tahun 2017



Modul PKB Fisika SMA Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Hasil UKG menunjukkan peta profil yang menunjukan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal.

Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB Fisika SMA Tahun 2017 :
Modul PKB Fisika SMA Tahun 2017 KK-A. Download
Modul PKB Fisika SMA Tahun 2017 KK-B. Download
Modul PKB Fisika SMA Tahun 2017 KK-C. Download
Modul PKB Fisika SMA Tahun 2017 KK-D. Download
Modul PKB Fisika SMA Tahun 2017 KK-E. Download
Modul PKB Fisika SMA Tahun 2017 KK-F. Download
Modul PKB Fisika SMA Tahun 2017 KK-G. Download
Modul PKB Fisika SMA Tahun 2017 KK-H. Download
Modul PKB Fisika SMA Tahun 2017 KK-I. Download
Modul PKB Fisika SMA Tahun 2017 KK-J. Download