Sep 21, 2017

Kurikulum 2013 Bahasa Sunda SMP/MTs Revisi 2017

Kurikulum 2013
Bahasa Sunda SMP/MTs Revisi 2017



Kurikulum 2013 Bahasa Sunda SMP/MTs Revisi 2017
Sejak tahun 2001 rencana perubahan kurikulum sudah sampai ke sekolah. Kurikulum 1994 diganti dengan kurikulum baru yang berorientasi kepada kompetensi. Sementara itu, dalam rangka pemantapannya, beberapa mata pelajaran yang termasuk muatan nasional sudah diujicobakan, sehingga masa transisi pembelajaran antara kurikulum lama dengan yang baru makin terasa.

Balai Pengembangan Bahasa Daerah Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat sejak tahun 2003 sudah mengadakan pemantauan terhadap kenyataan ini, khususnya yang berkaitan dengan (1) kurikulum, (2) bahan ajar, (3) sarana dan sumber belajar, dan (4) pelaksanaan pengajaran. Sejalan dengan keluarnya Kurikulum 2013 terdapat tiga jenis kurikulum, yakni Kurikulum Tingkat Nasional, Kurikulum Tingkat Daerah, dan Kurikulum Tingkat Sekolah. Kurikulum Tingkat Nasional disusun dan diberlakukan secara nasional. Kurikulum Tingkat Daerah disusun dan diberlakukan di daerah berdasarkan Kurikulum Tingkat Nasional sesuai dengan kebijakan daerah masing-masing. Sementara, Kurikulum Tingkat Sekolah disusun dan diberlakukan pada setiap jenjang sekolah.

Dalam rangka memenuhi Kurikulum Tingkat Daerah, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat menyusun Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) Mata Pelajaran Bahasa Sunda. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar (KIKD) Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda ini dikeluarkan sebagai arahan atau pedoman bagi guru dalam mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Isinya memuat kompetensi inti (KI) dan kompetensi dasar (KD), yang harus disusun dan dikembangkan lagi oleh guru dan sekolah menjadi kurikulum yang berisi KI, KD, indikator, pengalaman belajar, lingkup materi, dan jenis evaluasi. Penyusunan kurikulum tersebut dapat disesuaikan dengan keadaan dan kondisi setempat.

Masih berhubungan dengan keadaan setempat yang berbeda satu dengan lainnya, perlu dipertimbangkan pengelompokan keadaan (kategorisasi lokal), baik di wilayah pemakaian bahasa Sunda maupun wilayah yang memiliki dialek bahasa Sunda atau bahasa daerah lain seperti Melayu-Betawi di daerah Depok dan Bekasi serta Bahasa Cirebon di wilayah Cirebon dan Indramayu. Bahasa-bahasa tersebut termasuk bahasa daerah yang hidup di Propinsi Jawa Barat sesuai dengan Peraturan Daerah Jawa Barat No. 5/2003 tentang Pelestarian Bahasa, Sastra, dan Aksara Daerah
yang kemudian diubah menjadi Perda No. 14/2014.

Sebagai Kurikukulum Tingkat Daerah Muatan Lokal yang bengacu pada Kurikulum Nasional, KI-KD Mata Pelajaran Bahasa dan Sastra Sunda berbasis Kurikulum 2013 dilakukan revisi pada tahun 2017. Revisi tersebut berkaitan dengan perumusan KD dan pemetaan materi ajar bahasa daerah mempertimbangkan keragaman lokalitas dan mewadahi fenomena kebahasaan dan pola komunikasi yang berkembang di lingkungan masyarakat.

Revisi Kurikulum ini dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat, yang untuk kepentingan regional Jawa Barat disusun berdasarkan Pergub Jabar Nomor 69 Tahun 2013 tentang Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Daerah pada Jenjang Pendidikan Dasar dan menengah di Jawa Barat, dan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Nomor 819/8653-Setdisdik tanggal 20 Pebruari 2017 tentang Tim Pengembang Kurikulum Mulok Bahasa dan Sastra Sunda.

Kurikulum 2013 Bahasa Sunda SMP/MTs Revisi 2017. PDF Downlod, Word Download




Sep 20, 2017

Perangkat Pembelajaran PAI-BP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran PAI-BP
Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran PAI-BP Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017
01. Cover Perangkat
02. Lembar Pengesahan
03. Kata Pengantar
04. Daftar Isi
05. KI-KD PAI-BP Kelas 8 SMP K13 (Lamp. 31 Permendikbud 24/2016)
06. Silabus PAI-BP Kelas 8 SMP K13 Revisi 2017
07. Analisis Kompetensi Dasar PAI-BP Kelas 8
08. Analisis SKL PAI-BP Kelas 8
09. Penetapan IPK PAI-BP Kelas 8
10. Analisis Keterkaitan KI, KD dan Materi Pembelajaran PAI-BP Kelas 8
11. Pemetaan KD dan Teknik Penilaian PAI-BP Kelas 8
12. Penetapan KKM PAI-BP Kelas 8
13. Kalender Pendidikan 2017/2018
14. Analisis Alokasi Waktu PAI-BP Kelas 8 TP 2017/2018
15. Program Tahunan PAI-BP Kelas 8 TP 2017/2018
16. Program Semester PAI-BP Kelas 8 TP 2017/2018

17.1. RPP PAI-BP Kelas 8 Semester Ganjil
RPP 1. Meyakini Kitab-kitab Allah, Mencintai Al-Qur'an
RPP 2. Menghindari Minuman Keras, Judi dan Pertengkaran
RPP 3. Mengutamakan Kejujuran dan Menegakkan Keadilan
RPP 4. Lebih Dekat kepada Allah Swt dengan Mengamalkan Salat Sunnah
RPP 5. Jiwa Lebih Tenang dengan Banyak Melakukan Sujud
RPP 6. Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa Umayyah
RPP 7. Rendah Hati, Hemat dan Sederhana Membuat Hidup Lebih Mulia

17.2. RPP PAI-BP Kelas 8 Semester Genap
RPP 8. Meneladani Kemuliaan dan Kejujuran para Rasul Allah Swt
RPP 9. Hormat dan Patuh kepada Orang Tua dan Guru
RPP 10. Menghiasi Pribadi dengan Berbaik Sangka dan Beramal Saleh
RPP 11. Ibadah Puasa Membentuk Pribadi yang Bertakwa
RPP 12. Mengonsumsi Makanan dan Minuman yang Halal serta Menjauhi yang Haram
RPP 13. Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa Abbasiyah
RPP 14. Hidup Sehat dengan Makanan dan Minuman yang Halal dan Bergizi
 
18. Format-format Penilaian PAI-BP Kelas 8
19. Blanko Penilaian PAI-BP Kelas 8 (Excel)

Contoh RPP PAI-BP Kelas 8 Revisi 2017. Download

Catatan :
Ciri-ciri Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2017 antara lain :
1. KI-KD berdasarkan Permendikbud 24/2016
2. Pemetaan KD berdasarkan Silabus dan Buku Guru Revisi 2017
3. Format RPP berdasarkan Permendikbud 22/2016
4. RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
5. Format penilaian berdasarkan Permendikbud 23/2016



Perangkat Pembelajaran PAI-BP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran PAI-BP
Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran PAI-BP Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2017
01. Cover Perangkat
02. Lembar Pengesahan
03. Kata Pengantar
04. Daftar Isi
05. KI-KD PAI-BP SMP K13 Revisi 2017 (Lamp. 31 Permendikbud 24/2016)
06. Silabus PAI-BP SMP K13 Revisi 2017
07. Analisis Kompetensi Dasar PAI-BP Kelas 7
08. Analisis SKL PAI-BP Kelas 7
09. Penetapan IPK PAI-BP Kelas 7
10. Analisis Keterkaitan KI, KD dan Materi Pembelajaran PAI-BP Kelas 7
11. Pemetaan KD dan Teknik Penilaian PAI-BP Kelas 7
12. Penetapan KKM PAI-BP Kelas 7
13. Kalender Pendidikan 2017/2018
14. Analisis Alokasi Waktu PAI-BP Kelas 7 TP 2017/2018
15. Program Tahunan PAI-BP Kelas 7 TP 2017/2018
16. Program Semester PAI-BP Kelas 7 TP 2017/2018

17.1. RPP PAI-BP Kelas 7 Semester Ganjil
RPP 1. Dengan Ilmu Pengetahuan Semua jadi Lebih Mudah
RPP 2. Hidup jadi Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf
RPP 3. Lebih Dekat dengan Allah SWT yang Sangat Indah NamaNya
RPP 4. Ingin Meneladani Ketaatan Malaikat-malaikat Allah swt
RPP 5. Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amanah dan Istiqamah
RPP 6. Berempati itu Mudah, Menghormati itu Indah
RPP 7. Semua Bersih Hidup jadi Nyaman

17.2. RPP PAI-BP Kelas 7 Semester Genap
RPP 8. Indahnya Kebersamaan dengan Berjamaah
RPP 9. Memupuk Rasa Persatuan pada Hari yang Kita Tunggu
RPP 10. Islam Memberikan Kemudahan Melalui Salat Jamak dan Qasar
RPP 11. Selamat Datang Nabi Muhammad saw Kekasihku
RPP 12. Hijrah ke Madinah Sebuah Kisah yang Membanggakan
RPP 13. Al-Khulafaur ar-Rasyidun Penerus Perjuangan Nabi Muhammad saw
   
18. Format-format Penilaian PAI-BP Kelas 7
19. Blanko Penilaian PAI-BP Kelas 7 (Excel)

Contoh RPP PAI-BP Kelas 7 Revisi 2017. Download

Catatan :
Ciri-ciri Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2017 antara lain :
1. KI-KD berdasarkan Permendikbud 24/2016
2. Pemetaan KD berdasarkan Silabus dan Buku Guru Revisi 2017
3. Format RPP berdasarkan Permendikbud 22/2016
4. RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
5. Format penilaian berdasarkan Permendikbud 23/2016



Sep 19, 2017

Buku Saku Pengasuhan Positif

Buku Saku: Pengasuhan Positif



Buku Saku Pengasuhan Positif
Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga mempunyai tugas dan fungsi, di antaranya menyediakan sumber belajar pendidikan orang tua dalam bentuk cetak maupun digital. Sumber belajar dalam bentuk cetak, salah satunya dibuat berupa buku seri pendidikan orang tua.

Buku seri pendidikan orang tua: Pengasuhan Positif ini diharapkan dapat menambah pengetahuan, wawasan, serta perubahan pola pikir orang tua dalam mendukung tumbuh kembang anak, sehingga akan bermanfaat dan menjadi rujukan bagi orang tua dalam membantu pola pengasuhan positif dan pendidikan bagi anak di rumah.

Buku Saku : Pengasuhan Positif. Download




Buku Saku Mendidik Anak di Era Digital

Buku Saku
Mendidik Anak di Era Digital



Buku Saku Mendidik Anak di Era Digital
Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga mempunyai tugas dan fungsi, di antaranya menyediakan sumber belajar pendidikan orang tua dalam bentuk cetak maupun digital. Sumber belajar dalam bentuk cetak, salah satunya dibuat berupa buku seri pendidikan orang tua.

Buku seri pendidikan orang tua: Mendidik Anak di Era Digital ini diharapkan dapat menambah pengetahuan, wawasan, serta perubahan pola pikir orang tua dalam menghadapi perkembangan teknologi dan informasi yang telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Buku ini juga memberikan saran-saran berharga bagi orang tua dalam mendampingi generasi digital sehingga paparan media dan perangkat digital dapat memberikan manfaat yang optimal.

Buku Saku Mendidik Anak di Era Digital. Download




Sep 18, 2017

Buku Guru SMALB C Tunagrahita Kelas 10 Kurikulum 2013 Edisi 2016

Buku Guru SMALB C Tunagrahita
Kelas 10 Kurikulum 2013 Edisi 2016



Buku Guru SMALB C Tunagrahita Kelas 11 Kurikulum 2013 Edisi 2016
Kurikulum 2013 di SMALB mulai diterapkan pada tahun ajaran 2015/2016. Dalam perangkat kurikulum 2013 SMALB, Direktorat Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (Dit PKLK) Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah sudah menyiapkan Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar. Dengan demikian, Kurikulum 2013 SMALB merupakan kurikulum berbasis kompetensi. Dalam kurikulum ini dirumuskan secara terpadu tiga ranah kompetensi yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Bagaimana seharusnya buku yang digunakan sebagai bahan ajar sesuai Kurikulum 2013? Buku yang ditulis sebagai bahan ajar dengan mengacu pada Kurikulum 2013 SMALB harusnya dirancang dengan menggunakan proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai
kompetensi.

Untuk mencapai kompetensi pada siswa tunagrahita ditulislah buku dengan pembelajaran tematik yang memadukan beberapa mata pelajaran, yaitu PPKN, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, SBDP, dan PJOK. Kegiatan pembelajaran dalam buku menerapkan pendekatan saintifik yang di dalamnya termuat kegiatan mengamati, menanya, mencari informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Kegiatan yang mengacu pada pendekatan saintifik tidak hanya mengembangkan ranah pengetahuan tetapi juga mengembangkan ranah sikap dan keterampilan. Dengan berbagai kegiatan menyenangkan baik yang dilakukan secara individu dan kelompok yang ada dalam buku, siswa diharapkan dapat mengembangkan diri secara utuh menjadi individu kreatif, inovatif, produktif dan berkarakter.

Buku ini merupakan buku seri pembelajaran tematik untuk siswa tunagrahita kelas XI. Buku ini terdiri atas tiga subtema. Setiap subtema dalam buku ini terdiri atas enam pembelajaran. Penentuan
banyak subtema dan banyak pembelajaran mempertimbangkan kemampuan siswa tunagrahita dalam mengikuti pembelajaran. Buku ini memuat pembelajaran berbasis aktivitas. Bersama guru dan teman-teman sekelas, siswa melakukan berbagai kegiatan untuk mencapai kompetensi tertentu.

01. BG SMALB C TG Tema 1. Aktivitas Bersama. Download
02. BG SMALB C TG Tema 2. Berbagai Pekerjaan. Download
03. BG SMALB C TG Tema 3. Kewirausahaan. Download
04. BG SMALB C TG Tema 4. Tanah Airku. Download
05. BG SMALB C TG Tema 5. Tempat Umum. Download
06. BG SMALB C TG Tema 6. Menabung. Download
07. BG SMALB C TG Tema 7. Sumber Daya Alam. Download
08. BG SMALB C TG Tema 8. Laut. Download
09. BG SMALB C TG Tema 9. Pegunungan. Download
10. BG SMALB C TG Tema 10. Rekreasi. Download
11. BG SMALB C TG Bahasa Inggris Kelas 10. Download



Sep 17, 2017

Buku Guru SMALB C Tunagrahita Kelas 11 Kurikulum 2013 Edisi 2016

Buku Guru SMALB C Tunagrahita
Kelas 11 Kurikulum 2013 Edisi 2016



Buku Guru SMALB C Tunagrahita Kelas 11 Kurikulum 2013 Edisi 2016
Kurikulum 2013 di SMALB mulai diterapkan pada tahun ajaran 2015/2016. Dalam perangkat kurikulum 2013 SMALB, Direktorat Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (Dit PKLK) Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah sudah menyiapkan Standar Kompetensi Lulusan, Kompetensi Inti, dan Kompetensi Dasar. Dengan demikian, Kurikulum 2013 SMALB merupakan kurikulum berbasis kompetensi. Dalam kurikulum ini dirumuskan secara terpadu tiga ranah kompetensi yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Bagaimana seharusnya buku yang digunakan sebagai bahan ajar sesuai Kurikulum 2013? Buku yang ditulis sebagai bahan ajar dengan mengacu pada Kurikulum 2013 SMALB harusnya dirancang dengan menggunakan proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai
kompetensi.

Untuk mencapai kompetensi pada siswa tunagrahita ditulislah buku dengan pembelajaran tematik yang memadukan beberapa mata pelajaran, yaitu PPKN, Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, SBDP, dan PJOK. Kegiatan pembelajaran dalam buku menerapkan pendekatan saintifik yang di dalamnya termuat kegiatan mengamati, menanya, mencari informasi, menalar, dan mengkomunikasikan. Kegiatan yang mengacu pada pendekatan saintifik tidak hanya mengembangkan ranah pengetahuan tetapi juga mengembangkan ranah sikap dan keterampilan. Dengan berbagai kegiatan menyenangkan baik yang dilakukan secara individu dan kelompok yang ada dalam buku, siswa diharapkan dapat mengembangkan diri secara utuh menjadi individu kreatif, inovatif, produktif dan berkarakter.

Buku ini merupakan buku seri pembelajaran tematik untuk siswa tunagrahita kelas XI. Buku ini terdiri atas tiga subtema. Setiap subtema dalam buku ini terdiri atas enam pembelajaran. Penentuan
banyak subtema dan banyak pembelajaran mempertimbangkan kemampuan siswa tunagrahita dalam mengikuti pembelajaran. Buku ini memuat pembelajaran berbasis aktivitas. Bersama guru dan teman-teman sekelas, siswa melakukan berbagai kegiatan untuk mencapai kompetensi tertentu.

01. BG SMALB C TG Tema 1. Profesi. Download
02. BG SMALB C TG Tema 2. Transportasi. Download
03. BG SMALB C TG Tema 3. Tempat Tinggalku. Download
04. BG SMALB C TG Tema 4.
05. BG SMALB C TG Tema 5. Peristiwa Alam. Download
06. BG SMALB C TG Tema 6. Bangsaku. Download
07. BG SMALB C TG Tema 7.
08. BG SMALB C TG Tema 8. Tempat Wisata. Download
09. BG SMALB C TG Tema 9. Kekayaan Daerahku. Download
10. BG SMALB C TG Tema 10. Sehat itu Penting. Download
11. BG SMALB C TG Bahasa Inggris Kelas 11. Download



Sep 16, 2017

Format Nilai PJOK Kelas 4 Semester 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Format Nilai PJOK Kelas 4 Semester 1
Kurikulum 2013 Revisi 2017



Format Nilai PJOK Kelas 4 Semester 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
Berikut kami share format nilai PJOK Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang memuat KI-KD sesuai Permendikbud Nomor : 24 Tahun 2016, Format Nilai sudah disetting sesuai Pemetaan KD berdasarkan Silabus dan Buku Guru PJOK Kelas 4 Revisi 2017 dan bentuk format penilaian sesuai Permendikbud Nomor: 23 Tahun 2016 dan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Revisi 2017. Dengan demikian sahabat guru hanya tinggal entry data siswa dan nilai sesuai pemetaan yang sudah disediakan yang mencakup format nilai KI-3 dan KI-4.

Format Nilai PJOK Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2017. Download

Coba dulu download, bila kesulitan silahkan inbox ke fb.
Demikian, semoga bermanfaat.



Format Nilai Matematika Kelas 4 Semester 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Format Nilai Matematika Kelas 4 Semester 1 
Kurikulum 2013 Revisi 2017



Format Nilai Matematika Kelas 4 Semester 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
Berikut kami share format nilai Matematika Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang memuat KI-KD sesuai Permendikbud Nomor : 24 Tahun 2016, Format Nilai sudah disetting sesuai Pemetaan KD berdasarkan Silabus dan Buku Guru Matematika Kelas 4 Revisi 2017 dan bentuk format penilaian sesuai Permendikbud Nomor: 23 Tahun 2016 dan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Revisi 2017. Dengan demikian sahabat guru hanya tinggal entry data siswa dan nilai sesuai pemetaan yang sudah disediakan yang mencakup format nilai KI-3 dan KI-4.

Format Nilai Matematika Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2017. Download

Demikian, semoga bermanfaat.



Format Nilai PAI-BP Kelas 4 Semester 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Format Nilai PAI-BP Kelas 4 Semester 1
Kurikulum 2013 Revisi 2017



Format Nilai PAI-BP Kelas 4 Semester 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
Berikut kami share format nilai PAI-BP Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang memuat KI-KD sesuai Permendikbud Nomor : 24 Tahun 2016, Format Nilai sudah disetting sesuai Pemetaan KD berdasarkan Buku Guru PAI-BP Kelas 4 Revisi 2017 dan bentuk format penilaian sesuai Permendikbud Nomor: 23 Tahun 2016 dan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Revisi 2017. Dengan demikian sahabat guru hanya tinggal entry data siswa dan nilai sesuai pemetaan yang sudah disediakan yang mencakup format nilai KI-1, KI-2, KI-3 dan KI-4.

Format Nilai PAI-BP Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2017. Download

Demikian, semoga bermanfaat.



Format Nilai Tematik Kelas 4 Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Format Nilai Tematik Kelas 4 Semester 1
SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017



Format Nilai Tematik Kelas 4 Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017
Berikut kami share format nilai tematik Kelas 4 Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang memuat KI-KD sesuai Permendikbud Nomor : 24 Tahun 2016, Format Nilai sudah disetting sesuai Pemetaan KD berdasarkan Buku Guru Tematik Kelas 4 Revisi 2017 dan bentuk format penilaian sesuai Permendikbud Nomor: 23 Tahun 2016 dan Panduan Penilaian Kurikulum 2013 Revisi 2017. Dengan demikian sahabat guru hanya tinggal entry data siswa dan nilai sesuai pemetaan yang sudah disediakan.

1. Format Nilai PPKn Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2017. Download
2. Format Nilai B. Indonesia Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2017. Download
3. Format Nilai IPA Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2017. Download
4. Format Nilai IPS Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2017. Download
5. Format Nilai SBdP Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2017. Download

Format nilai PAI-BP, Matematika dan PJOK dapat dilihat di menu perangkat pembelajaran PAI-BP, Matematika dan PJOK SD/MI Kurikulum 2013.

Demikian, semoga bermanfaat.



Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran PJOK
Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
01. Cover Perangkat PJOK Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
02. KI KD PJOK Kelas 5 K13 (Lampiran 21 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
03. Analisis PJOK Kelas 5 Kurikulum 2013
04. Pemetaan KD PJOK Kelas 5 Kurikulum 2013
05. Silabus PJOK Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017
06. Kalender Pendidikan TP 2017/2018
07. Analisis Alokasi Waktu PJOK Kelas 5 TP 2017/2018
08. Program Tahunan PJOK Kelas 5 TP 2017/2018
09. Program Semester PJOK Kelas 5 TP 2017/2018
10. Penetapan KKM/KBM PJOK Kelas 5 TP 2017/2018
11. RPP 1.1.1. Sepak Bola: Menendang Bola
12. RPP 1.1.2. Sepak Bola: Menghentikan Bola
13. RPP 1.1.3. Sepak Bola: Menggiring Bola
14. RPP 1.2.1. Bola Voli: Passing Bawah
15. RPP 1.2.2. Bola Voli: Passing Atas
16. RPP 1.3.1. Bola Basket: Melempar Bola
17. RPP 1.3.2. Bola Basket Menangkap Bola
18. RPP 1.3.3. Bola Basket Menggiring Bola
19. RPP 2.1.1. Kasti: Melambungkan Bola
20. RPP 2.1.2. Kasti: Melempar Bola
21. RPP 2.1.3. Kasti: Menangkap Bola
22. RPP 2.1.4. Kasti: Memukul Bola
23. RPP 2.2.1. Rounders Melambungkan Bola
24. RPP 2.2.2. Rounders: Melempar Bola
25. RPP 2.2.3. Rounders: Menangkap Bola
26. RPP 2.2.4. Rounders: Memukul Bola
27. RPP 3.1.1. Lompat Jauh: Awalan
28. RPP 3.1.2. Lompat Jauh: Tumpuan
29. RPP 3.1.3. Lompat Jauh: Melayang di Udara
30. RPP 3.1.4. Lompat Jauh: Mendarat
31. RPP 3.2.1. Permainan Lempar: Awalan
32. RPP 3.2.2. Permainan Lempar: Tolakan
33. RPP 3.2.3. Permainan Lempar: Gerakan Ikutan
34. RPP 4.1. Beladiri Pencak Silat: Kuda-kuda
35. RPP 4.2. Beladiri Pencak Silat: Langkah Kaki
36. RPP 5. Latihan Daya Tahan Jantung dan Paru-paru

Catatan :
Ciri-ciri Perangkat Pembelajaran Revisi 2017 antara lain :
1. KI-KD sesusai Permendikbud No. 24 Tahun 2016
2. Pemetaan KD berdasarkan Silabus dan Buku Guru PJOK Kelas 5 Edisi 2017
3. Format RPP berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016
4. RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
5. Contoh RPP PJOK Kelas 5 K13 Revisi 2017. Download

Sahabat yang berminat dapat menghubungi kesini atau WA 087824496001/083174709883



Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran PJOK
Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017




Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
01. Cover Perangkat PJOK Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
02. KI KD PJOK Kelas 4 K13 (Lampiran 21 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
03. Analisis PJOK Kelas 4 Kurikulum 2013
04. Pemetaan KD PJOK Kelas 4 Kurikulum 2013
05. Silabus PJOK Kelas 4 Kurikulum 2013 Revisi 2017
06. Kalender Pendidikan TP 2017/2018
07. Analisis Alokasi Waktu PJOK Kelas 4 TP 2017/2018
08. Program Tahunan PJOK Kelas 4 TP 2017/2018
09. Program Semester PJOK Kelas 4 TP 2017/2018
10. Penetapan KKM/KBM PJOK Kelas 4 TP 2017/2018
11. RPP 1.1. Permainan Sepak Bola
12. RPP 1.2. Permainan Bola Voli
13. RPP 1.3. Permainan Bola Basket
14. RPP 2.1. Permainan Kasti
15. RPP 2.2. Permainan Rounders
16. RPP 3.1. Jalan Cepat
17. RPP 4. Beladiri Pencak Silat
18. RPP 5. Kebugaran Jasmani
19. RPP 6. Aktivitas Senam Lantai
20. RPP 7. Aktivitas Gerak Berirama
21. RPP 8. Renang Gaya Bebas
22. RPP 9. Cidera dan Penanggulangannya
23. RPP 10. Perilaku Terpuji

Catatan :
Ciri-ciri Perangkat Pembelajaran Revisi 2017 antara lain :
1. KI-KD sesusai Permendikbud No. 24 Tahun 2016
2. Pemetaan KD berdasarkan Silabus dan Buku Guru Tematik Kelas 4 Revisi 2017
3. Format RPP berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016
4. RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
5. Contoh RPP PJOK Kelas 4 K13 Revisi 2017. Download

Sahabat yang berminat dapat menghubungi kesini atau WA 087824496001/083174709883



Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran PJOK
Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
01. Cover Perangkat PJOK Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
02. KI KD PJOK Kelas 2 K13 (Lampiran 21 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
03. Analisis PJOK Kelas 2 Kurikulum 2013
04. Pemetaan KD PJOK Kelas 2 Kurikulum 2013
05. Silabus PJOK Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
06. Kalender Pendidikan TP 2017/2018
07. Analisis Alokasi Waktu PJOK Kelas 2 TP 2017/2018
08. Program Tahunan PJOK Kelas 2 TP 2017/2018
09. Program Semester PJOK Kelas 2 TP 2017/2018
10. Penetapan KKM/KBM PJOK Kelas 2 TP 2017/2018

RPP PJOK Kelas 2 Tema 1. Hidup Rukun
11. RPP PJOK K2 T1 ST1 P2. KD 3.1-4.1. Permainan Sederhana
12. RPP PJOK K2 T1 ST1 P5. KD 3.1-4.1. Berbagai Gerakan Aktivitas Jasmani
13. RPP PJOK K2 T1 ST2 P2. KD 3.1-4.1. Berlari Langkah Pendek, Panjang dan Melewati Ban
14. RPP PJOK K2 T1 ST2 P5. KD 3.1-4.1. Berlari Langkah Pendek, Panjang dan Melewati Rintangan Ban Bekas
15. RPP PJOK K2 T1 ST3 P2. KD 3.1-4.1. Bermain Lari Berpasangan
16. RPP PJOK K2 T1 ST3 P5. KD 3.1-4.1. Permainan Berkelompok
17. RPP PJOK K2 T1 ST4 P2. KD 3.1-4.1. Melangkah dan Meloncat ke atas
18. RPP PJOK K2 T1 ST4 P5. KD 3.1-4.1. Meloncat dengan Dua Kaki sambil Berpindah Tempat

RPP PJOK Kelas 2 Tema 2. Bermain di Lingkunganku
19. RPP PJOK K2 T2 ST1 P2. KD 3.2-4.2. Meloncat dengan Dua Kaki sambil Berpindah Tempat
20. RPP PJOK K2 T2 ST1 P5. KD 3.2-4.2. Meloncat dengan Dua Kaki sambil Berpindah Tempat
21. RPP PJOK K2 T2 ST2 P2. KD 3.2-4.2. Lingkaran Simpai
22. RPP PJOK K2 T2 ST2 P5. KD 3.2-4.2. Permainan Tarik-Menarik
23. RPP PJOK K2 T2 ST3 P2. KD 3.2-4.2. Permainan Adu Dorong dengan Satu Bola
24. RPP PJOK K2 T2 ST3 P5. KD 3.2-4.2. Estapet Bola
25. RPP PJOK K2 T2 ST4 P2. KD 3.2-4.2. Gerak Dasar Menekuk
26. RPP PJOK K2 T2 ST4 P5. KD 3.2-4.2. Permainan Estapet Bola

RPP PJOK Kelas 2 Tema 3. Tugasku Sehari-hari
27. RPP PJOK K2 T3 ST1 P2. KD 3.3-4.3. Permainan Kasti
28. RPP PJOK K2 T3 ST1 P5. KD 3.3-4.3. Bermain Kucing-Kucingan
29. RPP PJOK K2 T3 ST2 P2. KD 3.3-4.3. Bermain Kendhi Gerl
30. RPP PJOK K2 T3 ST2 P5. KD 3.3-4.3. Bermain Sepak Bola
31. RPP PJOK K2 T3 ST3 P2. KD 3.3-4.3. Bermain Bola Tangan
32. RPP PJOK K2 T3 ST3 P5. KD 3.3-4.3. Permainan Dasar Rounders
33. RPP PJOK K2 T3 ST4 P2. KD 3.3-4.3. Menendang, Menangkap dan Melempar Bola
34. RPP PJOK K2 T3 ST4 P5. KD 3.3-4.3. Melempar dan Menangkap dalam Permainan

RPP PJOK Kelas 1 Tema 4. Hidup Bersih dan Sehat
27. RPP PJOK K2 T4 ST1 P2. KD 3.4-4.4. Keseimbangan Statis
28. RPP PJOK K2 T4 ST1 P5. KD 3.4-4.4. Keseimbangan dalam Posisi Duduk
29. RPP PJOK K2 T4 ST2 P2. KD 3.4-4.4. Keseimbangan dalam Posisi Terlentang
30. RPP PJOK K2 T4 ST2 P5. KD 3.4-4.4. Membuat Tubuh Lentur dan Tidak Kaku
31. RPP PJOK K2 T4 ST3 P2. KD 3.4-4.4. Mengoper Bola dari Depan ke Belakang
32. RPP PJOK K2 T4 ST3 P5. KD 3.4-4.4. Permainan Mengoper Bola Berurutan
33. RPP PJOK K2 T4 ST4 P2. KD 3.4-4.4. Melatih Kekuatan Otot melalui Permainan
34. RPP PJOK K2 T4 ST4 P5. KD 3.4-4.4. Gerakan Dasar Sit-up

Catatan :
Ciri-ciri Perangkat Pembelajaran Revisi 2017 antara lain :
1. KI-KD sesusai Permendikbud No. 24 Tahun 2016
2. Pemetaan KD berdasarkan Silabus dan Buku Guru Tematik Kelas 2 Revisi 2017
3. Format RPP berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016
4. RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
5. Contoh RPP PJOK Kelas 2 K13 Revisi 2017. Download

Sahabat yang berminat dapat menghubungi kesini atau WA 087824496001/083174709883



Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran PJOK
Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran PJOK Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
01. Cover Perangkat PJOK Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
02. KI KD PJOK Kelas 1 K13 (Lampiran 21 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
03. Analisis PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013
04. Pemetaan KD PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013
05. Silabus PJOK Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
06. Kalender Pendidikan TP 2017/2018
07. Analisis Alokasi Waktu PJOK Kelas 1 TP 2017/2018
08. Program Tahunan PJOK Kelas 1 TP 2017/2018
09. Program Semester PJOK Kelas 1 TP 2017/2018
10. Penetapan KKM/KBM PJOK Kelas 1 TP 2017/2018

RPP PJOK Kelas 1 Tema 1. Diriku
11. RPP PJOK K1 T1 ST1 P2. KD 3.1-4.1. Gerak Dasar Jalan
12. RPP PJOK K1 T1 ST1 P4. KD 3.1-4.1. Berjalan Berpasangan dengan Teman
13. RPP PJOK K1 T1 ST2 P2. KD 3.8-4.8. Kegunaan Anggota Tubuh
14. RPP PJOK K1 T1 ST2 P4. KD 3.8-4.8. Menjaga Bagian Tubuh
15. RPP PJOK K1 T1 ST3 P2. KD 3.4-4.4. Menjaga Posisi Tubuh
16. RPP PJOK K1 T1 ST3 P4. KD 3.8-4.8. Menjaga Keberihan Tubuh
17. RPP PJOK K1 T1 ST4 P2. KD 3.4-4.4. Meniti Balok
18. RPP PJOK K1 T1 ST4 P4. KD 3.4-4.4. Menelusuri Jejak

RPP PJOK Kelas 1 Tema 2. Kegemaranku
19. RPP PJOK K1 T2 ST1 P2. KD 3.2-4.2. Pemanasan
20. RPP PJOK K1 T2 ST1 P4. KD 3.2-4.2. Olahraga
21. RPP PJOK K1 T2 ST2 P2. KD 3.2-4.2. Kekuatan Otot
22. RPP PJOK K1 T2 ST2 P4. KD 3.2-4.2. Olahraga Sambil Menari
23. RPP PJOK K1 T2 ST3 P2. KD 3.2-4.2. Gerakan Tarik Menarik
24. RPP PJOK K1 T2 ST3 P4. KD 3.2-4.2. Bermain Sambil Berolahraga
25. RPP PJOK K1 T2 ST4 P2. KD 3.2-4.2. Gerak Mendorong
26. RPP PJOK K1 T2 ST4 P4. KD 3.2-4.2. Berlatih Gerakan Mendorong

RPP PJOK Kelas 1 Tema 3. Kegiatanku
27. RPP PJOK K1 T3 ST1 P2. KD 3.3-4.3. Melempar Bola
28. RPP PJOK K1 T3 ST1 P4. KD 3.3-4.3. Bermain Kasti
29. RPP PJOK K1 T3 ST2 P2. KD 3.3-4.3. Menendang Bola
30. RPP PJOK K1 T3 ST2 P4. KD 3.3-4.3. Bermain Kucing-Kucingan
31. RPP PJOK K1 T3 ST3 P2. KD 3.3-4.3. Lempar Tangkap Bola
32. RPP PJOK K1 T3 ST3 P4. KD 3.3-4.3. Bermain Melempar dan Menangkap Bola
33. RPP PJOK K1 T3 ST4 P2. KD 3.3-4.3. Memantulkan Bola
34. RPP PJOK K1 T3 ST4 P4. KD 3.3-4.3. Berlomba Memantulkan Bola

RPP PJOK Kelas 1 Tema 4. Keluargaku
27. RPP PJOK K1 T4 ST1 P2. KD 3.1-4.1. Berjalan Satu Arah
28. RPP PJOK K1 T4 ST1 P4. KD 3.1-4.1. Senam Irama
29. RPP PJOK K1 T4 ST2 P2. KD 3.1-4.1. Berlari Satu Arah
30. RPP PJOK K1 T4 ST2 P4. KD 3.1-4.1. Menggerakkan Tangan dan Kaki
31. RPP PJOK K1 T4 ST3 P2. KD 3.1-4.1. Bermain Lompat Tali
32. RPP PJOK K1 T4 ST3 P4. KD 3.1-4.1. Lompat Kelompok
33. RPP PJOK K1 T4 ST4 P2. KD 3.1-4.1. Lompat Engklek
34. RPP PJOK K1 T4 ST4 P4. KD 3.1-4.1. Lompat Katak

Catatan :
Ciri-ciri Perangkat Pembelajaran Revisi 2017 antara lain :
1. KI-KD sesusai Permendikbud No. 24 Tahun 2016
2. Pemetaan KD berdasarkan Silabus dan Buku Guru Tematik Kelas 1 Revisi 2017
3. Format RPP berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016
4. RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
5. Contoh RPP Kelas 1 K13 Revisi 2017. Download

Sahabat yang berminat dapat menghubungi WA 087824496001/083174709883



Sep 15, 2017

Perangkat Pembelajaran PAI-BP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran PAI-BP
Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran PAI-BP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
01. Cover Perangkat PAI-BP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
02. KI KD PAI-BP Kelas 2 K13 (Lampiran 24 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
03. Analisis KD PAI-BP Kelas 2 Kurikulum 2013
04. Pemetaan KD PAI-BP Kelas 2 Kurikulum 2013
05. Silabus PAI-BP Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
06. Kalender Pendidikan TP 2017/2018
07. Analisis Alokasi Waktu PAI-BP Kelas 2 TP 2017/2018
08. Program Tahunan PAI-BP Kelas 2 TP 2017/2018
09. Program Semester 2 PAI-BP Kelas 2 TP 2017/2018
10. Penetapan KKM/KBM PAI-BP Kelas 2 TP 2017/2018
11. RPP 1. Nabi Muhammad SAW Teladanku
12. RPP 2.1. QS An-Nas
13. RPP 2.2. Huruf Hijaiyah Bersambung
14. RPP 3. Allah Maha Pencipta
15. RPP 4. Kerjasama dan Tolong-Menolong
16. RPP 5.1. Bersih, Sejat dan Peduli Lingkungan
17. RPP 5.2. Do'a Sebelum dan Sesudah Makan
18. RPP 6. Ayo Berwudu
19. RPP 7. Sikap Berani
20. RPP 8.1. QS al-'Asr
21. RPP 8.2. Disiplin Nabi Luth as
22. RPP 9. Allah Mahasuci
23. RPP 10. Kasih Sayang
24. RPP 11. Ayo Kita Shalat
25. RPP 12.1. Sikap Damai Nabi Ishaq as
26. RPP 12.2. As-Salam
27. Format/Instrumen Penilaian
28. Agenda Mengajar PAI-BP Kelas 5

Catatan :
Ciri-ciri Perangkat Pembelajaran Revisi 2017 antara lain :
1. KI-KD sesusai Permendikbud No. 24 Tahun 2016
2. Pemetaan KD berdasarkan Silabus dan Buku Guru PAI-BP Kelas 2 Revisi 2017
3. Format RPP berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016
4. RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS

Sahabat yang berminat dapat menghubungi WA 087824496001/083174709883



Perangkat Pembelajaran PAI-BP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran PAI-BP 
Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran PAI-BP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
01. Cover Perangkat PAI-BP Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
02. KI KD PAI-BP Kelas 4 K13 (Lampiran 24 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
03. Sebaran KD PAI-BP Kelas 4 K13 Revisi 2017
04. Analisis KD PAI-BP Kelas 4 K13 Revisi 2017
05. Pemetaan KD PAI-BP Kelas 4 K13 Revisi 2017
06. Silabus PAI-BP Kelas 4 K13 Revisi 2017
07. Kalender Pendidikan TP 2017/2018
08. Analisis Alokasi Waktu PAI-BP Kelas 4 TP 2017/2018
09. Program Tahunan PAI-BP Kelas 4 TP 2017/2018
10. Program Semester 2 PAI-BP Kelas 4 TP 2017/2018
11. Penetapan KKM/KBM PAI-BP Kelas 4 TP 2017/2018

Pelajaran 1. Mari Belajar QS al-Falaq
12. RPP 1.1. Membaca QS al-Falaq
13. RPP 1.2. Menghafal QS al-Falaq
14. RPP 1.3. Menulis QS al-Falaq

Pelajaran 2. Beriman kepada Allah dan Rasul-Nya
15. RPP 2.1. Beriman kepada Allah SWT
16. RPP 2.2. Beriman kepada Rasul Allah

Pelajaran 3. Aku Anak Salih
17. RPP 3.1. Jujud Disayang Allah
18. RPP 3.2. Amanah
19. RPP 3.3. Hormat dan Patuh kepada Orang Tua
20. RPP 3.4. Hormat dan Patuh kepada Guru
21. RPP 3.5. Santun dan Menghargai Teman

Pelajaran 4. Bersih itu Sehat
22. RPP 4.1. Mengenal Arti Bersih dan Sehat
23. RPP 4.2. Aku Senang Melakukan Wudu
24. RPP 4.3. Ayo Belajar Tayamum

Pelajaran 5. Aku Cinta Nabi dan Rasul
25. RPP 5.1. Kisah Keteladanan Nabi Ayyub as
26. RPP 5.2. Kisah Keteladanan Nabi Musa as
27. RPP 5.3. Kisah Keteladanan Nabi Harun as
28. RPP 5.4. Kisah Keteladanan Nabi Zulkifli as

Pelajaran 6. Mari Belajar QS Al-Fil
29. RPP 6.1. Membaca QS Al-Fil
30. RPP 6.2. Menghafal QS Al-Fil
31. RPP 6.3. Menulis QS Al-Fil

Pelajaran 7. Beriman kepada Malaikat Allah
32. RPP 7.1. Makna Beriman kepada Malaikat Allah
33. RPP 7.2. Mengenal Malaikat Allah dan Tugasnya
34. RPP 7.3. Menerima Keberadaan Malaikat Allah
35. RPP 7.4. Perilaku yang Mencerminkan keimanan kepada Malaikat Allah

Pelajaran 8. Mari Berperilaku Terpuji
36. RPP 8.1. Gemar Membaca
37. RPP 8.2. Pantang Menyerah
38. RPP 8.3. Rendah Hati
39. RPP 8.4. Hemat

Pelajaran 9. Mari Melaksanakan Shalat
40. RPP 9.1. Keutamaan Shalat
41. RPP 9.2. Makna Bacaan Shalat
42. RPP 9.3. Perilaku yang Mencerminkan Pemahaman Ibadah Shalat
43. RPP 9.4. Pengalaman Shalat di Rumah dan di Masjid

Pelajaran 10. Kisah Keteladanan Wali Songo
44. RPP 10.1. Siapakah Wali Allah itu ?
45. RPP 10.2. Kisah Teladan Wali Songo

46. Format/Instrumen Penilaian
47. Jurnal/Agenda Mengajar PAI-BP Kelas 4
48. Daftar RPP PAI-BP Kelas 4 K13 Revisi 2017

Catatan :
Ciri-ciri Perangkat Pembelajaran Revisi 2017 antara lain :
1. KI-KD sesusai Permendikbud No. 24 Tahun 2016
2. Pemetaan KD berdasarkan Silabus dan Buku Guru PAI-BP Kelas 4 Revisi 2017
3. Format RPP berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016
4. RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
5. Contoh RPP PAI-BP Kelas 4 K13 Revisi 2017. Download

Bagi Sahabat yang berminat dapat menghubungi kesini atau WA 087824496001/083174709883



Perangkat Pembelajaran PAI-BP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran PAI-BP
Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran PAI-BP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
01. Cover Perangkat PAI-BP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
02. KI KD PAI-BP Kelas 5 K13 (Lampiran 24 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)-Word
02. KI KD PAI-BP Kelas 5 K13 (Lampiran 24 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)-Excel
03. Sebaran KD PAI-BP Kelas 5 K13 sesuai Buku Guru Revisi 2017-Excel
04. Analisis KD PAI-BP Kelas 5 K13 sesuai Buku Guru Revisi 2017-Word
05. Pemetaan KD PAI-BP Kelas 5 K13 sesuai Buku Guru Revisi 2017-Excel
06. Silabus PAI-BP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017-Word
06. Silabus PAI-BP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017-PDF
07. Kalender Pendidikan TP 2017/2018-Excel
08. Analisis Alokasi Waktu PAI-BP Kelas 5 TP 2017/2018
09. Program Tahunan PAI-BP Kelas 5 TP 2017/2018
10. Program Semester 2 PAI-BP Kelas 5 TP 2017/2018
11. Penetapan KKM/KBM PAI-BP Kelas 5 TP 2017/2018

12. RPP 1. Mari Belajar QS at-Tin
12. RPP 1.1. Membaca QS at-Tin
12. RPP 1.2. Menghafal QS at-Tin
12. RPP 1.3. Menulis QS at-Tin
12. RPP 1.4. Makna Kandungan QS at-Tin

12. RPP 2. Mengenal Nama Allah dan Kitab-kitabNya
12. RPP 2.1. Mari Mengenal Nama Allah
12. RPP 2.2. Mengenal Kitab-kitab Allah SWT
12. RPP 2.3. Kitab Allah SWT Membawa Ajaran Terpuji

12. RPP 3. Cita-cita Menjadi Anak yang Salih
12. RPP 3.1. Orang Jujur Disayang Allah
12. RPP 3.2. Hormat dan Patuh kepada Orang Tua dan Guru
12. RPP 3.3. Indahnya Saling Menghargai

12. RPP 4. Bulan Ramadhan yang Indah
12. RPP 4.1. Puasa pada Bulan Ramadhan
12. RPP 4.2. Memperbanyak Kebaikan pada Bulan Ramadhan
12. RPP 4.3. Manfaat Puasa Ramadhan

12. RPP 5. Rasul Allah SWT Idolaku
12. RPP 5.1. Keteladanan Nabi Dawud as
12. RPP 5.2. Kisah Keteladanan Nabi Sulaiman as
12. RPP 5.3. Kisah Keteladanan Nabi Ilyas as
12. RPP 5.4. Kisah Keteladanan Nabi Ilyasa as
12. RPP 5.5. Kisah Keteladanan Nabi Muhammad SAW

12. RPP 6. Mari Belajar QS Al-Maun
12. RPP 6.1. Ayo Membaca QS Al-Maun
12. RPP 6.2. Ayo Menghafal QS Al-Maun
12. RPP 6.3. Ayo Menulis QS Al-Maun
12. RPP 6.4. Makna Kandungan QS Al-Maun

12. RPP 7. Mari Mengenal Rasul-rasul Allah SWT
12. RPP 7.1. Apa Makna Rasul Allah SWT
12. RPP 7.2. Tugas dan Sifat Rasul-rasul Allah SWT
12. RPP 7.3. Rasul Ulul 'Azmi
12. RPP 7.4. Kisah Keteladanan Nabi Muhammad SAW sebagai Ulul 'Azmi
12. RPP 7.5. Sikap Terpuji Para Rasul dan Rasul Ulul 'Azmi

12. RPP 8. Mari Hidup Sederhana dan Ikhlas
12. RPP 8.1. Mari Hidup Sederhana
12. RPP 8.2. Mari Ikhlas Beramal

12. RPP 9. Indahnya Shalat Tarawih dan Tadarus al-Qur'an
12. RPP 9.1. Shalat Tarawih
12. RPP 9.2. Tadarus al-Qur'an

12. RPP 10. Kisah Keteladanan Luqman
12. RPP 10.1. Siapakah Luqman
12. RPP 10.2. Nasihat Luqman: "Jangan Musyrik"
12. RPP 10.3. Luqman Menyuruh Anaknya Berbuat Kebajikan
12. RPP 10.4. Nasihat Luqman: "Jangan Sombong"

13. Format/Instrumen Penilaian
14. Susunan RPP PAI-BP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017
15. Agenda Mengajar PAI-BP Kelas 5

Catatan :
Ciri-ciri Perangkat Pembelajaran Revisi 2017 antara lain :
1. KI-KD sesusai Permendikbud No. 24 Tahun 2016
2. Pemetaan KD berdasarkan Silabus dan Buku Guru PAI-BP Kelas 5 Revisi 2017
3. Format RPP berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016
4. RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
5. Contoh RPP 1.1. Membaca QS at-Tin. Download

Bagi Sahabat yang berminat dapat menghubungi kesini atau WA 087824496001/083174709883



Perangkat Pembelajaran PAI-BP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran PAI-BP
Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran PAI-BP Kelas I SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
01. Cover Perangkat PAI-BP Kelas I SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
02. KI KD PAI-BP Kelas I K13 (Lampiran 24 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
03. Sebaran KD PAI-BP Kelas I K13 Revisi 2017
04. Analisis KD PAI-BP Kelas I K13 Revisi 2017
05. Pemetaan KD PAI-BP Kelas I K13 Revisi 2017
06. Silabus PAI-BP SD K13 Revisi 2017
06. Silabus PAI-BP Kelas I Semester 1 SD K13 Revisi 2017
06. Silabus PAI-BP Kelas I Semester 2 SD K13 Revisi 2017
07. Kalender Pendidikan TP 2017/2018
08. Analisis Alokasi Waktu PAI-BP Kelas I TP 2017/2018
09. Program Tahunan PAI-BP Kelas I TP 2017/2018
10. Program Semester 2 PAI-BP Kelas I TP 2017/2018
11. Penetapan KKM/KBM PAI-BP Kelas I TP 2017/2018 (Excel)

RPP Pelajaran 1. Kasih Sayang
12. RPP 1.1. Kasih Sayang Nabi Muhammad SAW
12. RPP 1.2. Kasih Sayang Allah SWT

RPP Pelajaran 2. Aku Cinta al-Qur'an
12. RPP 2.1. Baca Basmalah
12. RPP 2.2. Lafal QS al-Fatihah
12. RPP 2.3. Hafal QS al-Fatihah
12. RPP 2.4. Pesan QS al-Fatihah
12. RPP 2.5. Lafal Huruf Hijaiyah dan Harakatnya

RPP Pelajaran 3. Iman kepada Allah SWT
12. RPP 3.1. Yakin Allah SWT itu Ada
12. RPP 3.2. Allah itu Esa

RPP Pelajaran 4. Bersih itu Sehat
12. RPP 4.1. Bersuci
12. RPP 4.2. Tata Cara Bersuci
12. RPP 4.3. Hidup Bersih

RPP Pelajaran 5. Cinta Nabi dan Rasul
12. RPP 5.1. Keteladanan Nabi Adam as
12. RPP 5.2. Kisah Keteladanan Nabi Nuh as
12. RPP 5.3. Kisah Keteladanan Nabi Hud as

RPP Pelajaran 6. Ayo Belajar
12. RPP 6.1. Semangat Belajar Nabi Idris as
12. RPP 6.2. Do'a Belajar
12. RPP 6.3. Membaca dan Menulis
12. RPP 6.4. Rajin Belajar

RPP Pelajaran 7. Ayo Belajar al-Qur'an
12. RPP 7.1. Lafal QS al-Ikhlas
12. RPP 7.2. Hafal QS al-Ikhlas
12. RPP 7.3. Pesan QS al-Ikhlas

RPP Pelajaran 8. Allah Maharaja
12. RPP 8.1. Al-Malik
12. RPP 8.2. Dua Kalimah Syahadat

RPP Pelajaran 9. Ayo Kita Salat
12. RPP 9.1. Shalat Wajib
12. RPP 9.2. Mengaji di Sekitar Rumah

RPP Pelajaran 10. Perilaku Terpuji
12. RPP 10.1. Berkata Baik
12. RPP 10.2. Hormat dan Patuh
12. RPP 10.3. Bersyukur
12. RPP 10.4. Pemaaf
12. RPP 10.5. Jujur
12. RPP 10.6. Percaya Diri

13. Format/Instrumen Penilaian
14. Agenda Mengajar PAI-BP Kelas 1 K13 Revisi 2017
15. Daftar RPP PAI-BP Kelas 1 K13 Revisi 2017

Catatan :
Ciri-ciri Perangkat Pembelajaran Revisi 2017 antara lain :
1. KI-KD sesusai Permendikbud No. 24 Tahun 2016
2. Pemetaan KD berdasarkan Silabus dan Buku Guru PAI-BP Kelas I Revisi 2017
3. Format RPP berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2016
4. RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
5. Contoh RPP PAI-BP Kelas 1 K13 Revisi 2017. Download

Bagi Sahabat yang berminat dapat menghubungi kesini ataw WA 087824496001/083174709883



Modul PKB Ekonomi SMA Tahun 2017

Modul PKB Ekonomi SMA Tahun 2017



Modul PKB Ekonomi SMA Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Hasil UKG menunjukkan peta profil yang menunjukan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal.

Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB Ekonomi SMA Tahun 2017 :
Modul PKB Ekonomi SMA Tahun 2017 KK-A. Download
Modul PKB Ekonomi SMA Tahun 2017 KK-B. Download
Modul PKB Ekonomi SMA Tahun 2017 KK-C. Download
Modul PKB Ekonomi SMA Tahun 2017 KK-D. Download
Modul PKB Ekonomi SMA Tahun 2017 KK-E. Download
Modul PKB Ekonomi SMA Tahun 2017 KK-F. Download
Modul PKB Ekonomi SMA Tahun 2017 KK-G. Download
Modul PKB Ekonomi SMA Tahun 2017 KK-H. Download
Modul PKB Ekonomi SMA Tahun 2017 KK-I. Download
Modul PKB Ekonomi SMA Tahun 2017 KK-J. Download




Modul PKB Geografi SMA Tahun 2017

Modul PKB Geografi SMA Tahun 2017



Modul PKB Geografi SMA Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Hasil UKG menunjukkan peta profil yang menunjukan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal.

Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB Geografi SMA Tahun 2017 :
Modul PKB Geografi SMA Tahun 2017 KK-A. Download
Modul PKB Geografi SMA Tahun 2017 KK-B. Download
Modul PKB Geografi SMA Tahun 2017 KK-C. Download
Modul PKB Geografi SMA Tahun 2017 KK-D. Download
Modul PKB Geografi SMA Tahun 2017 KK-E. Download
Modul PKB Geografi SMA Tahun 2017 KK-F. Download
Modul PKB Geografi SMA Tahun 2017 KK-G. Download
Modul PKB Geografi SMA Tahun 2017 KK-H. Download
Modul PKB Geografi SMA Tahun 2017 KK-I. Download
Modul PKB Geografi SMA Tahun 2017 KK-J. Download



Sep 14, 2017

Modul PKB Sejarah SMA Tahun 2017

Modul PKB Sejarah SMA Tahun 2017



Modul PKB Sejarah SMA Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Hasil UKG menunjukkan peta profil yang menunjukan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal.

Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB Sejarah SMA Tahun 2017 :
Modul PKB Sejarah SMA Tahun 2017 KK-A. Download
Modul PKB Sejarah SMA Tahun 2017 KK-B. Download
Modul PKB Sejarah SMA Tahun 2017 KK-C. Download
Modul PKB Sejarah SMA Tahun 2017 KK-D. Download
Modul PKB Sejarah SMA Tahun 2017 KK-E. Download
Modul PKB Sejarah SMA Tahun 2017 KK-F. Download
Modul PKB Sejarah SMA Tahun 2017 KK-G. Download
Modul PKB Sejarah SMA Tahun 2017 KK-H. Download
Modul PKB Sejarah SMA Tahun 2017 KK-I. Download
Modul PKB Sejarah SMA Tahun 2017 KK-J. Download



Modul PKB Antropologi SMA Tahun 2017

Modul PKB Antropologi SMA Tahun 2017



Modul PKB Antropologi SMA Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Hasil UKG menunjukkan peta profil yang menunjukan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal.

Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB Antropologi SMA Tahun 2017 :
Modul PKB Antropologi SMA Tahun 2017 KK-A. Download
Modul PKB Antropologi SMA Tahun 2017 KK-B. Download
Modul PKB Antropologi SMA Tahun 2017 KK-C. Download
Modul PKB Antropologi SMA Tahun 2017 KK-D. Download
Modul PKB Antropologi SMA Tahun 2017 KK-E. Download
Modul PKB Antropologi SMA Tahun 2017 KK-F. Download
Modul PKB Antropologi SMA Tahun 2017 KK-G. Download
Modul PKB Antropologi SMA Tahun 2017 KK-H. Download
Modul PKB Antropologi SMA Tahun 2017 KK-I. Download
Modul PKB Antropologi SMA Tahun 2017 KK-J. Download



Modul PKB PPKn SMA Tahun 2017

Modul PKB PPKn SMA Tahun 2017



Modul PKB PPKn SMA Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Hasil UKG menunjukkan peta profil yang menunjukan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal.

Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB PPKn SMA Tahun 2017 :
Modul PKB PPKn SMA Tahun 2017 KK-A. Download
Modul PKB PPKn SMA Tahun 2017 KK-B. Download
Modul PKB PPKn SMA Tahun 2017 KK-C. Download
Modul PKB PPKn SMA Tahun 2017 KK-D. Download
Modul PKB PPKn SMA Tahun 2017 KK-E. Download
Modul PKB PPKn SMA Tahun 2017 KK-F. Download
Modul PKB PPKn SMA Tahun 2017 KK-G. Download
Modul PKB PPKn SMA Tahun 2017 KK-H. Download
Modul PKB PPKn SMA Tahun 2017 KK-I. Download
Modul PKB PPKn SMA Tahun 2017 KK-J. Download



Modul PKB Sosiologi SMA Tahun 2017

Modul PKB Sosiologi SMA Tahun 2017



Modul PKB Sosiologi SMA Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Hasil UKG menunjukkan peta profil yang menunjukan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal.

Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB Sosiologi SMA Tahun 2017 :
Modul PKB Sosiologi SMA Tahun 2017 KK-A. Download
Modul PKB Sosiologi SMA Tahun 2017 KK-B. Download
Modul PKB Sosiologi SMA Tahun 2017 KK-C. Download
Modul PKB Sosiologi SMA Tahun 2017 KK-D. Download
Modul PKB Sosiologi SMA Tahun 2017 KK-E. Download
Modul PKB Sosiologi SMA Tahun 2017 KK-F. Download
Modul PKB Sosiologi SMA Tahun 2017 KK-G. Download
Modul PKB Sosiologi SMA Tahun 2017 KK-H. Download
Modul PKB Sosiologi SMA Tahun 2017 KK-I. Download
Modul PKB Sosiologi SMA Tahun 2017 KK-J. Download