Dec 1, 2017

Silabus Tematik Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013

Silabus Tematik Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013



Silabus Tematik Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013
Salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan adalah keberadaan silabus. Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup standar kompetensi/kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi/kompetensi inti dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan indikator pecapaian kompetensi untuk penilaian proses dan hasil pembelajaran. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu.

Silabus merupakan komponen inti dalam konteks pembelajaran yang berguna bagi guru sebagai acuan dalam pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang efektif. Untuk itu berikut ini saya share Silabus Tematik Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013.

Silabus Tema 1 Sayangi Hewan dan Tumbuhan. Download
Silabus Tema 2 Pengalaman yang Mengesankan. Download
Silabus Tema 3 Mengenal Cuaca dan Musim. Download
Silabus Tema 4 Ringan Sama Dijinjing Berat Sama Dipikul. Download
Silabus Tema 5 Mari Bermain dan BerolahragaDownload
Silabus Tema 6 Indahnya PersahabatanDownload
Silabus Tema 7 Mari Kita Berhemat Untuk Masa DepanDownload
Silabus Tema 8 Berperilaku Baik dalam KehidupanDownload
Silabus Tema 9 Menjaga Kelestarian LingkunganDownload




Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas 3
SD/MI Kurikulum 2013



Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013
Suatu proses pembelajaran akan efektif, terarah, terukur dab terkendali apabila keterlaksanaannya sesuai dengan sebuah perencanaan pembelajaran yang akurat dengan memperhatikan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Oleh karena itu ketersediaan perangkat pembelajaran menjadi amat penting bagi guru untuk menjamin proses pembelajaran yang efektif dan oprimal. Berikut ini saya share Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas 3 SD/MI Kurikulum 2013 yang senantiasa dapat dijadikan referensi oleh sahabat guru dalam pengembangan perangkat pembeljaran yang baik.

KI-KD Tematik Kelas 3 Kurikulum 2013. Download
Silabus dan Jaringan KD Tematik Kelas 2 Kurikulum 2013. Download

RPP Tematik Kelas 3 Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013
Tema 1. Sayangi Hewan dan Tumbuhan. Download
Tema 2. Pengalaman yang Mengesankan. Download
Tema 3. Mengenal Cuaca dan Musim. Download
Tema 4. Ringan Sama Dijinjing Berat Sama Dipikul. Download

RPP Tematik Kelas 3 Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013
Tema 5. Mari Bermain dan Berolahraga. Download
Tema 6. Indahnya Persahabatan. Download
Tema 7. Mari Kita Berhemat Untuk Masa Depan. Download
Tema 8. Berperilaku Baik dalam Kehidupan. Download

Tema 9. Menjaga Kelestarian Lingkungan. Download




Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas 2
SD/MI Kurikulum 2013



Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013
Suatu proses pembelajaran akan efektif, terarah, terukur dab terkendali apabila keterlaksanaannya sesuai dengan sebuah perencanaan pembelajaran yang akurat dengan memperhatikan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Oleh karena itu ketersediaan perangkat pembelajaran menjadi amat penting bagi guru untuk menjamin proses pembelajaran yang efektif dan oprimal. Berikut ini saya share Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 yang senantiasa dapat dijadikan referensi oleh sahabat guru dalam pengembangan perangkat pembeljaran yang baik.

KI-KD Tematik Kelas 2 Kurikulum 2013. Download
Silabus dan Jaringan KD Tematik Kelas 2 Kurikulum 2013. Download

RPP Tematik Kelas 2 Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013
RPP Tema 1 Hidup Rukun. Download
RPP Tema 2 Bermain di Lingkunganku. Download
RPP Tema 3 Tugas Sehari-hari. Download
RPP Tema 4 Aku dan Sekolahku. Download

RPP Tematik Kelas 2 Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013
RPP Tema 5 Hidup Sehat dan Bersih. Download
RPP Tema 6 Air, Bumi dan Matahari. Download
RPP Tema 7 Merawat Hewan dan Tumbuhan. Download
RPP Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan. Download



Nov 30, 2017

Silabus Tematik Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 (Permendikbud 57/2014)

Silabus Tematik Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013
Permendikbud Nomor: 57 Tahun 2014



Silabus Tematik Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 (Permendikbud 57/2014)
Salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan adalah keberadaan silabus. Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup standar kompetensi/kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi/kompetensi inti dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan indikator pecapaian kompetensi untuk penilaian proses dan hasil pembelajaran. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu.

Silabus merupakan komponen inti dalam konteks pembelajaran yang berguna bagi guru sebagai acuan dalam pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang efektif. Untuk itu berikut ini saya share Silabus Tematik Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 (Permendikbud 57/2014).

Silabus Tema 1. Hidup Rukun. Download
Silabus Tema 2. Bermain di Lingkunganku. Download
Silabus Tema 3. Tugasku Sehari-hari. Download
Silabus Tema 4. Aku dan Sekolahku. Download
Silabus Tema 5. Hidup Bersih dan Sehat. Download
Silabus Tema 6. Air, Bumi dan Matahari. Download
Silabus Tema 7. Merawat Hewan dan Tumbuhan. Download
Silabus Tema 8. Keselamatan di Rumah dan Perjalanan. Download




Silabus Tematik Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013

Silabus Tematik Kelas 2 SD/MI 
Kurikulum 2013



Silabus Tematik Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013
Salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan adalah keberadaan silabus. Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup standar kompetensi/kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi/kompetensi inti dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan indikator pecapaian kompetensi untuk penilaian proses dan hasil pembelajaran. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu.

Silabus merupakan komponen inti dalam konteks pembelajaran yang berguna bagi guru sebagai acuan dalam pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang efektif. Untuk itu berikut ini saya share Silabus Tematik Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013.

Silabus Tema 1 Hidup Rukun. Download
Silabus Tema 2 Bermain di Lingkunganku. Download
Silabus Tema 3 Tugas Sehari-hari. Download
Silabus Tema 4 Aku dan Sekolahku. Download
Silabus Tema 5 Hidup Sehat dan Bersih. Download
Silabus Tema 6 Air, Bumi dan Matahari. Download
Silabus Tema 7 Merawat Hewan dan Tumbuhan. Download
Silabus Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan. Download




Buku Siswa Tematik Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2014

Buku Siswa Tematik Kelas 2 SD/MI
Kurikulum 2013 Edisi 2014



Buku Siswa Tematik Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2014
Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai peserta didik. Juga dirumuskan proses pembelajaran dan penilaian yang diperlukan untuk memastikan ketercapaian kompetensi yang diinginkan tersebut. Buku yang ditulis dengan mengacu pada kurikulum ini harusnya dirancang dengan menggunakan proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai kompetensi yang sesuai dan diukur dengan proses penilaian yang sesuai.

Pertanyaannya adalah seperti apa bentuk ideal Buku Siswa Kelas II SD/MI yang pada hakekatnya baru setahun belajar membaca dan menulis? Rentang jawaban atas pertanyaan ini dapat sangat ekstrim. Dalam hal isi ada yang menginginkan tanpa buku, tetapi juga ada yang menginginkan satu buku terpisah untuk setiap mata pelajaran. Dalam hal penyajian ada yang menginginkan berbasis kegiatan yang harus dilakukan peserta didik, tetapi ada juga yang menginginkan berbasis materi yang harus dikuasai peserta didik. Perdebatan semacam ini tidak akan pernah selesai.

Buku Seri Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Siswa Kelas II SD/MI ini ditulis sebagai jalan tengah diantara keinginan-keinginan tersebut. Bukannya tanpa buku, melainkan ada buku yang memuat materi minimal berisi kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan peserta didik Kelas II SD/MI untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Pendekatan pembelajaran tematik terpadu dipilih dengan beberapa alasan. Pertama, peserta didik Kelas II SD/MI, yang sesuai perkembangannya lebih mudah memahami pengetahuan faktual, diajak melalui tema-tema mengikuti proses pembelajaran transdisipliner dimana kompetensi yang diajarkan dikaitkan dengan konteks peserta didik dan lingkungannyanya. Kedua, melalui pendekatan terpadu, pembelajaran multidisiliner-interdisipliner diwujudkan agar tumpang tindih antar materi pembelajaran yang selama ini terjadi dapat dihindari demi tercapainya efisensi materi pembelajaran dan efektivitas penyerapannya oleh peserta didik.

Sebagaimana lazimnya sebuah buku teks pelajaran yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, buku ini memuat rencana pembelajaran berbasis aktivitas. Di dalamnya dirancang urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan peserta didik. Dengan demikian buku ini mengarahkan yang harus dilakukan peserta didik bersama guru dan temanteman sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu; buku yang pemanfaatannya adalah dengan peserta didik mempraktikkan materi-materi kegiatan yang tercantum didalamnya secara mandiri atau kelompok, bukan buku yang materinya dibaca, diisi, ataupun dihafal.

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, peserta didik diajak menjadi berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Buku Siswa Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun. Download
Buku Siswa Kelas 2 Tema 2 Bermain di Lingkunganku. Download
Buku Siswa Kelas 2 Tema 3 Tugasku Sehari-hari. Download
Buku Siswa Kelas 2 Tema 4 Aku dan Sekolahku. Download
Buku Siswa Kelas 2 Tema 5 Hidup Bersih dan Sehat. Download
Buku Siswa Kelas 2 Tema 6 Air, Bumi dan Matahari. Download
Buku Siswa Kelas 2 Tema 7 Merawat Hewan dan Tumbuhan. Download
Buku Siswa Kelas 2 Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan. Download




Buku Guru Tematik Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2014

Buku Guru Tematik Kelas 2 SD/MI
Kurikulum 2013 Edisi 2014



Buku Guru Tematik Kelas 2 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi 2014
Kurikulum 2013 adalah kurikulum berbasis kompetensi. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai peserta didik. Juga dirumuskan proses pembelajaran dan penilaian yang diperlukan untuk memastikan ketercapaian kompetensi yang diinginkan tersebut. Buku yang ditulis dengan mengacu pada kurikulum ini harusnya dirancang dengan menggunakan proses pembelajaran yang sesuai untuk mencapai kompetensi yang sesuai dan diukur dengan proses penilaian yang sesuai.

Pertanyaannya adalah seperti apa bentuk ideal Buku Siswa Kelas II SD/MI yang pada hakekatnya baru setahun belajar membaca dan menulis? Rentang jawaban atas pertanyaan ini dapat sangat ekstrim. Dalam hal isi ada yang menginginkan tanpa buku, tetapi juga ada yang menginginkan satu buku terpisah untuk setiap mata pelajaran. Dalam hal penyajian ada yang menginginkan berbasis kegiatan yang harus dilakukan peserta didik, tetapi ada juga yang menginginkan berbasis materi yang harus dikuasai peserta didik. Perdebatan semacam ini tidak akan pernah selesai.

Buku Seri Pembelajaran Tematik Terpadu untuk Siswa Kelas II SD/MI ini ditulis sebagai jalan tengah diantara keinginan-keinginan tersebut. Bukannya tanpa buku, melainkan ada buku yang memuat materi minimal berisi kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan peserta didik Kelas II SD/MI untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Pendekatan pembelajaran tematik terpadu dipilih dengan beberapa alasan. Pertama, peserta didik Kelas II SD/MI, yang sesuai perkembangannya lebih mudah memahami pengetahuan faktual, diajak melalui tema-tema mengikuti proses pembelajaran transdisipliner dimana kompetensi yang diajarkan dikaitkan dengan konteks peserta didik dan lingkungannyanya. Kedua, melalui pendekatan terpadu, pembelajaran multidisiliner-interdisipliner diwujudkan agar tumpang tindih antar materi pembelajaran yang selama ini terjadi dapat dihindari demi tercapainya efisensi materi pembelajaran dan efektivitas penyerapannya oleh peserta didik.

Sebagaimana lazimnya sebuah buku teks pelajaran yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, buku ini memuat rencana pembelajaran berbasis aktivitas. Di dalamnya dirancang urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan peserta didik. Dengan demikian buku ini mengarahkan yang harus dilakukan peserta didik bersama guru dan temanteman sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu; buku yang pemanfaatannya adalah dengan peserta didik mempraktikkan materi-materi kegiatan yang tercantum didalamnya secara mandiri atau kelompok, bukan buku yang materinya dibaca, diisi, ataupun dihafal.

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, peserta didik diajak menjadi berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Sebagai edisi pertama, buku ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan. Untuk itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran, dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Buku Guru Kelas 2 Tema 1 Hidup Rukun. Download
Buku Guru Kelas 2 Tema 2 Bermain di Lingkunganku. Download
Buku Guru Kelas 2 Tema 3 Tugasku Sehari-hari. Download
Buku Guru Kelas 2 Tema 4 Aku dan Sekolahku. Download
Buku Guru Kelas 2 Tema 5 Hidup Bersih dan Sehat. Download
Buku Guru Kelas 2 Tema 6 Air, Bumi dan Matahari. Download
Buku Guru Kelas 2 Tema 7 Merawat Hewan dan Tumbuhan. Download
Buku Guru Kelas 2 Tema 8 Keselamatan di Rumah dan Perjalanan. Download




Silabus Tematik Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 (Permendikbud 57/2014)

Silabus Tematik Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013
(Permendikbud No. 57 Tahun 2014)



Silabus Tematik Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 (Permendikbud 57/2014)
Salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan adalah keberadaan silabus. Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup standar kompetensi/kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi/kompetensi inti dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan indikator pecapaian kompetensi untuk penilaian proses dan hasil pembelajaran. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu.

Silabus merupakan komponen inti dalam konteks pembelajaran yang berguna bagi guru sebagai acuan dalam pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang efektif. Untuk itu berikut ini saya share Silabus Tematik Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 (Permendikbud 57/2014).

Silabus Tema 1. Diriku. Download
Silabus Tema 2. Kegemaranku. Download
Silabus Tema 3. Kegiatanku. Download
Silabus Tema 4. Keluargaku. Download
Silabus Tema 5. Pengalamanku. Download
Silabus Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri. Download
Silabus Tema 7. Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku. Download
Silabus Tema 8. Peristiwa Alam. Download




Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran Tematik
Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013



Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013
Suatu proses pembelajaran akan efektif, terarah, terukur dab terkendali apabila keterlaksanaannya sesuai dengan sebuah perencanaan pembelajaran yang akurat dengan memperhatikan berbagai faktor yang mempengaruhinya. Oleh karena itu ketersediaan perangkat pembelajaran menjadi amat penting bagi guru untuk menjamin proses pembelajaran yang efektif dan oprimal. Berikut ini saya share Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013 yang senantiasa dapat dijadikan referensi oleh sahabat guru dalam pengembangan perangkat pembeljaran yang baik.

KI-KD Tematik Kelas 1 SD Kurikulum 2013. Download
Silabus dan Jaringan KD Tematik Kelas 1 SD Kurikulum 2013. Download

RPP Tematik Kelas 1 Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013
RPP Tema 1 Diri Sendiri, Jujur, Tertib dan Bersih. Download
RPP Tema 2 Kegemaranku. Download
RPP Tema 3 Kegiatanku. Download
RPP Tema 4 Keluargaku. Download

RPP Tematik Kelas 1 Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013
RPP Tema 5 Pengalamanku. Download
RPP Tema 6 Lingkungan Bersih dan Sehat. Download
RPP Tema 7 Benda, Binatang dan Tanaman di Sekitarku. Download
RPP Tema 8 Peristiwa Alam. Download




Silabus Tematik Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013

Silabus Tematik Kelas 1 SD/MI
Kurikulum 2013




Silabus Tematik Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013
Salah satu komponen penting dalam sistem pendidikan adalah keberadaan silabus. Silabus merupakan rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran atau tema tertentu yang mencakup standar kompetensi/kompetensi inti, kompetensi dasar, materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi/kompetensi inti dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan indikator pecapaian kompetensi untuk penilaian proses dan hasil pembelajaran. Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi untuk satuan pendidikan dasar dan menengah sesuai dengan pola pembelajaran pada setiap tahun ajaran tertentu.

Silabus merupakan komponen inti dalam konteks pembelajaran yang berguna bagi guru sebagai acuan dalam pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang efektif. Untuk itu berikut ini saya share Silabus Tematik Kelas 1 SD/MI Kurikulum 2013.

Silabus Tematik Kelas 1 Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013
Silabus Tema 1 Diri Sendiri, Jujur, Tertib dan Bersih. Download
Silabus Tema 2 Kegemaranku. Download
Silabus Tema 3 Kegiatanku. Download
Silabus Tema 4 Keluargaku. Download

Silabus Tematik Kelas 1 Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013
Silabus Tema 5 Pengalamanku. Download
Silabus Tema 6 Lingkungan Bersih dan Sehat. Download
Silabus Tema 7 Benda, Binatang dan Tanaman di Sekitarku. Download
Silabus Tema 8 Peristiwa Alam. Download




Nov 5, 2017

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban UAS Kelas 6 SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban UAS 
Kelas 6 SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017



Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban UAS Kelas 6 SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017
Menjelang pelaksanaan UAS SD/MI berikut saya share Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban UAS Kelas 6 SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017 yang semoga dapat membantu sahabar guru dalam penyusunan kisi-kisi dan soal serta membantu para siswa untuk mempersiapkan diri menhadapi UAS agar lancar dan berhasil dengan baik.

Kisi-kisi UAS 1617 PAI Kelas 6. Download
Kisi-kisi UAS 1617 PKn Kelas 6. Download
Kisi-kisi UAS 1617 B. Indonesia Kelas 6. Download
Kisi-kisi UAS 1617 Matematika Kelas 6. Download
Kisi-kisi UAS 1617 IPA Kelas 6. Download
Kisi-kisi UAS 1617 IPS Kelas 6. Download
Kisi-kisi UAS 1617 SBK Kelas 6. Download
Kisi-kisi UAS 1617 PJOK Kelas 6. Download
Kisi-kisi UAS 1617 B. Jawa Kelas 6. Download
Kisi-kisi UAS 1617 B. Inggris Kelas 6. Download

Soal UAS 1617 PAI Kelas 6. Download
Soal UAS 1617 PKn Kelas 6. Download
Soal UAS 1617 B. Indonesia Kelas 6. Download
Soal UAS 1617 Matematika Kelas 6. Download
Soal UAS 1617 IPA Kelas 6. Download
Soal UAS 1617 IPS Kelas 6. Download
Soal UAS 1617 SBK Kelas 6. Download
Soal UAS 1617 PJOK Kelas 6. Download
Soal UAS 1617 B. Jawa Kelas 6. Download
Soal UAS 1617 B. Inggris Kelas 6. Download

Kunci Jawaban UAS 1617 PAI Kelas 6. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 PKn Kelas 6. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 B. Indonesia Kelas 6. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 Matematika Kelas 6. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 IPA Kelas 6. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 IPS Kelas 6. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 SBK Kelas 6. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 PJOK Kelas 6. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 B. Jawa Kelas 6. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 B. Inggris Kelas 6. Download




Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban UAS Kelas 3 SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban UAS 
Kelas 3 SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017



Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban UAS Kelas 3 SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017
Menjelang pelaksanaan UAS SD/MI berikut saya share Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban UAS Kelas 3 SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017 yang semoga dapat membantu sahabar guru dalam penyusunan kisi-kisi dan soal serta membantu para siswa untuk mempersiapkan diri menhadapi UAS agar lancar dan berhasil dengan baik.

Kisi-kisi UAS 1617 PAI Kelas 3. Download
Kisi-kisi UAS 1617 PKn Kelas 3. Download
Kisi-kisi UAS 1617 B. Indonesia Kelas 3. Download
Kisi-kisi UAS 1617 Matematika Kelas 3. Download
Kisi-kisi UAS 1617 IPA Kelas 3. Download
Kisi-kisi UAS 1617 IPS Kelas 3. Download
Kisi-kisi UAS 1617 SBK Kelas 3. Download
Kisi-kisi UAS 1617 PJOK Kelas 3. Download
Kisi-kisi UAS 1617 B. Jawa Kelas 3. Download
Kisi-kisi UAS 1617 B. Inggris Kelas 3. Download

Soal UAS 1617 PAI Kelas 3. Download
Soal UAS 1617 PKn Kelas 3. Download
Soal UAS 1617 B. Indonesia Kelas 3. Download
Soal UAS 1617 Matematika Kelas 3. Download
Soal UAS 1617 IPA Kelas 3. Download
Soal UAS 1617 IPS Kelas 3. Download
Soal UAS 1617 SBK Kelas 3. Download
Soal UAS 1617 PJOK Kelas 3. Download
Soal UAS 1617 B. Jawa Kelas 3. Download
Soal UAS 1617 B. Inggris Kelas 3. Download

Kunci Jawaban UAS 1617 PAI Kelas 3. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 PKn Kelas 3. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 B. Indonesia Kelas 3. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 Matematika Kelas 3. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 IPA Kelas 3. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 IPS Kelas 3. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 SBK Kelas 3. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 PJOK Kelas 3. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 B. Jawa Kelas 3. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 B. Inggris Kelas 3. Download




Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban UAS Kelas 2 SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban UAS
Kelas 2 SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017



Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban UAS Kelas 2 SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017
Menjelang pelaksanaan UAS SD/MI berikut saya share Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban UAS Kelas 2 SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017 yang semoga dapat membantu sahabar guru dalam penyusunan kisi-kisi dan soal serta membantu para siswa untuk mempersiapkan diri menhadapi UAS agar lancar dan berhasil dengan baik.

Kisi-kisi UAS 1617 PAI Kelas 2. Download
Kisi-kisi UAS 1617 PKn Kelas 2. Download
Kisi-kisi UAS 1617 B. Indonesia Kelas 2. Download
Kisi-kisi UAS 1617 Matematika Kelas 2. Download
Kisi-kisi UAS 1617 IPA Kelas 2. Download
Kisi-kisi UAS 1617 IPS Kelas 2. Download
Kisi-kisi UAS 1617 SBK Kelas 2. Download
Kisi-kisi UAS 1617 PJOK Kelas 2. Download
Kisi-kisi UAS 1617 B. Jawa Kelas 2. Download
Kisi-kisi UAS 1617 B. Inggris Kelas 2. Download

Soal UAS 1617 PAI Kelas 2. Download
Soal UAS 1617 PKn Kelas 2. Download
Soal UAS 1617 B. Indonesia Kelas 2. Download
Soal UAS 1617 Matematika Kelas 2. Download
Soal UAS 1617 IPA Kelas 2. Download
Soal UAS 1617 IPS Kelas 2. Download
Soal UAS 1617 SBK Kelas 2. Download
Soal UAS 1617 PJOK Kelas 2. Download
Soal UAS 1617 B. Jawa Kelas 2. Download
Soal UAS 1617 B. Inggris Kelas 2. Download

Kunci Jawaban UAS 1617 PAI Kelas 2. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 PKn Kelas 2. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 B. Indonesia Kelas 2. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 Matematika Kelas 2. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 IPA Kelas 2. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 IPS Kelas 2. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 SBK Kelas 2. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 PJOK Kelas 2. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 B. Jawa Kelas 2. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 B. Inggris Kelas 2. Download




Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban UAS Kelas 1 SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017

Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban UAS
Kelas 1 SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017



Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban UAS Kelas 1 SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017
Menjelang pelaksanaan UAS SD/MI berikut saya share Kisi-Kisi, Soal dan Kunci Jawaban UAS Kelas 1 SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017 yang semoga dapat membantu sahabar guru dalam penyusunan kisi-kisi dan soal serta membantu para siswa untuk mempersiapkan diri menhadapi UAS agar lancar dan berhasil dengan baik.

Kisi-kisi UAS 1617 PAI Kelas 1. Download
Kisi-kisi UAS 1617 PKn Kelas 1. Download
Kisi-kisi UAS 1617 B. Indonesia Kelas 1. Download
Kisi-kisi UAS 1617 Matematika Kelas 1. Download
Kisi-kisi UAS 1617 IPA Kelas 1. Download
Kisi-kisi UAS 1617 IPS Kelas 1. Download
Kisi-kisi UAS 1617 SBK Kelas 1. Download
Kisi-kisi UAS 1617 PJOK Kelas 1. Download
Kisi-kisi UAS 1617 B. Jawa Kelas 1. Download
Kisi-kisi UAS 1617 B. Inggris Kelas 1. Download

Soal UAS 1617 PAI Kelas 1. Download
Soal UAS 1617 PKn Kelas 1. Download
Soal UAS 1617 B. Indonesia Kelas 1. Download
Soal UAS 1617 Matematika Kelas 1. Download
Soal UAS 1617 IPA Kelas 1. Download
Soal UAS 1617 IPS Kelas 1. Download
Soal UAS 1617 SBK Kelas 1. Download
Soal UAS 1617 PJOK Kelas 1. Download
Soal UAS 1617 B. Jawa Kelas 1. Download
Soal UAS 1617 B. Inggris Kelas 1. Download

Kunci Jawaban UAS 1617 PAI Kelas 1. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 PKn Kelas 1. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 B. Indonesia Kelas 1. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 Matematika Kelas 1. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 IPA Kelas 1. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 IPS Kelas 1. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 SBK Kelas 1. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 PJOK Kelas 1. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 B. Jawa Kelas 1. Download
Kunci Jawaban UAS 1617 B. Inggris Kelas 1. Download




Nov 1, 2017

Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas 4 Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran Tematik
Kelas 4 Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017


Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas 4 Semester 2 SD/MI K13 Revisi 2017
01. Cover Perangkat Kelas 4 Semester 2 K13 Revisi 2017
02. KI-KD PPKn Kelas 4 K13 (Lampiran 18 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
03. KI-KD B. Indonesia Kelas 4 K13 (Lampiran 1 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
04. KI-KD IPA Kelas 4 K13 (Lampiran 5 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
05. KI-KD IPS Kelas 4 K13 (Lampiran 10 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
06. KI-KD SBdP Kelas 4 K13 (Lampiran 30 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
07. Pemetaan KD Kelas 4 Semester 2 K13 Revisi 2017 (Excel)
08. Silabus Tematik Kelas 4 Semester 1 K13 Revisi 2017
09. Silabus Kelas 4 Tema 6 K13 Revisi 2017
10. Silabus Kelas 4 Tema 7 K13 Revisi 2017
11. Silabus Kelas 4 Tema 8 K13 Revisi 2017
12. Silabus Kelas 4 Tema 9 K13 Revisi 2017
13. Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2017/2018
14. Program Tahunan Kelas 4 Semester 2 K13 TP 2017-2018
15. Program Semester 2 Kelas 4 K13 TP 2017-2018
16. Penetapan KKM Kelas 4 Semester 2 K13 Revisi 2017 (Excel)

RPP Tematik Kelas 4 Tema 6. Cita-citaku
17. RPP K4 T6 ST1. Aku dan Cita-citaku
18. RPP K4 T6 ST2. Hebatnya Cita-citaku
19. RPP K4 T6 ST3. Giat Berusha Meraih Cita-cita
20. RPP K4 T6 ST4. Aku Cinta Membaca

RPP Tematik Kelas 4 Tema 7. Indahnya Keberagaman di Negeriku
21. RPP K4 T7 ST1. Keberagaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku
22. RPP K4 T7 ST2. Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku
23. RPP K4 T7 ST3. Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku
24. RPP K4 T7 ST4. Kegiatan Berbasis Proyek

RPP Tematik Kelas 4 Tema 8. Daerah Tempat Tinggalku
25. RPP K4 T8 ST1. Lingkungan Tempat Tinggalku
26. RPP K4 T8 ST2. Keunikan Daerah Tempat Tinggalku
27. RPP K4 T8 ST3. Bangga Terhadap Daerah Tempat Tinggalku
28. RPP K4 T8 ST4. Literasi dan Kegiatan Berbasis Proyek

RPP Tematik Kelas 4 Tema 9. Kayanya Negeriku
29. RPP K4 T9 ST1. Kekayaan Sumber Energi di Indonesia
30. RPP K4 T9 ST2. Pemanfaatan Kekayaan Alam di Indonesia
31. RPP K4 T9 ST3. Pelestarian Kekayaan Sumber Daya Alam di Indonesia
32. RPP K4 T9 ST4. Kegiatan Berbasis Proyek

33. Kode Etik Guru
34. Ikrar Guru
35. Tata Tertib Guru
36. Pembiasaan Guru
37. Jurnal Mengajar Guru

Catatan :
Ciri-ciri Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2017 antara lain :
1. KI-KD berdasarkan Permendikbud 24/2016
2. Pemetaan KD berdasarkan Silabus dan Buku Guru Revisi 2017
3. Format RPP berdasarkan Permendikbud 22/2016
4. RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
5. Format penilaian berdasarkan Permendikbud 23/2016

Contoh RPP Kelas 4 Tema 6 Subtem 1 Pembelajaran 1. Download
Sahabat yang berminat dapat menghubungi disini atau WA 087824496001/083174709883



Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas 1 Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran Tematik 
Kelas 1 Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran Tematik Kelas 1 Semester 2 SD/MI K13 Revisi 2017
01. Cover Perangkat Kelas I Semester 2 K13 Revisi 2017
02. KI-KD PPKn Kelas I K13 (Lampiran 18 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
03. KI-KD B. Indonesia Kelas I K13 (Lampiran 1 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
04. KI-KD Matematika Kelas I K13 (Lampiran 14 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
05. KI-KD SBdP Kelas I K13 (Lampiran 30 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
06. KI-KD PJOK Kelas I K13 (Lampiran 21 Permendikbud No. 24 Tahun 2016)
07. Pemetaan KD Kelas I Semester 2 K13 Revisi 2017 (Excel)
08. Silabus Tematik Kelas I Semester 1 K13 Revisi 2017
09. Silabus Kelas I Tema 5 K13 Revisi 2017
10. Silabus Kelas I Tema 6 K13 Revisi 2017
11. Silabus Kelas I Tema 7 K13 Revisi 2017
12. Silabus Kelas I Tema 8 K13 Revisi 2017
13. Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2017/2018
14. Program Tahunan Kelas I Semester 2 K13 TP 2017-2018
15. Program Semester 2 Kelas I K13 TP 2017-2018
16. Penetapan KKM Kelas I Semester 2 K13 Revisi 2017 (Excel)

RPP Tematik Kelas 1 Tema 5. Pengalamanku
17. RPP K1 T5 ST1. Pengalaman Masa Kecil
18. RPP K1 T5 ST2. Pengalaman Bersama Teman
19. RPP K1 T5 ST3. Pengalaman di Sekolah
20. RPP K1 T5 ST4. Pengalaman yang Berkesan

RPP Tematik Kelas 1 Tema 6. Lingkungan yang Bersih, Sehat dan Asri
21. RPP K1 T6 ST1. Lingkungan Rumahku
22. RPP K1 T6 ST2. Lingkungan Sekitar Rumahku
23. RPP K1 T6 ST3. Lingkungan Sekolahku
24. RPP K1 T6 ST4. Bekerjasama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan

RPP Tematik Kelas 1 Tema 7. Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku
25. RPP K1 T7 ST1. Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita
26. RPP K1 T7 ST2. Hewan di Sekitarku
27. RPP K1 T7 ST3. Tanaman di Sekitarku
28. RPP K1 T7 ST4. Bentuk, Warna, Ukuran dan Permukaan Benda

RPP Tematik Kelas 1 Tema 8. Peristiwa Alam
29. RPP K1 T8 ST1. Peristiwa Siang dan Malam
30. RPP K1 T8 ST2. Kemarau
31. RPP K1 T8 ST3. Penghujan
32. RPP K1 T4 ST4. Bencana Alam

33. Kode Etik Guru
34. Ikrar Guru
35. Tata Tertib Guru
36. Pembiasaan Guru
37. Jurnal Mengajar Guru

Catatan :
Ciri-ciri Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2017 antara lain :
1. KI-KD berdasarkan Permendikbud 24/2016
2. Pemetaan KD berdasarkan Silabus dan Buku Guru Revisi 2017
3. Format RPP berdasarkan Permendikbud 22/2016
4. RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
5. Format penilaian berdasarkan Permendikbud 23/2016

Contoh RPP Kelas 1 Tema 5 Subtem 1 Pembelajaran 1. Download
Sahabat yang berminat dapat menghubungi disini, WA 087824496001/083174709883



Oct 30, 2017

Modul PKB PJOK SMA Tahun 2017

Modul PKB PJOK SMA Tahun 2017



Modul PKB PJOK SMA Tahun 2017
Peran guru profesional dalam pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Guru Pembelajar (GP) merupakan upaya peningkatan kompetensi untuk semua guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui uji kompetensi guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Hasil UKG menunjukan peta kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG melalui program Guru Pembelajar. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Guru Pembelajar dilaksanakan melalui pola tatap muka, daring (online), dan campuran (blended) tatap muka dengan daring.

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK), dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksana Teknis dilingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul untuk program Guru Pembelajar (GP) tatap muka, daring kombinasi dan GP daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program GP memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Dalam rangka mendukung pencapaian visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2015-2019 “Terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong” serta untuk merealisasikan misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewujudkan pelaku pendidikan dan kebudayaan yang kuat dan pembelajaran yang bermutu, PPPPTK Penjas dan BK tahun 2016 telah merancang program peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan lainnya.

Salah satu upaya PPPPTK Penjas dan BK dalam merealisasikan program peningkatan kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dan Guru Bimbingan dan Konseling (BK) adalah melaksanakan program guru pembelajar yang bahan ajarnya dikembangkan dalam bentuk modul berdasarkan standar kompetensi guru.

Sesuai fungsinya bahan pembelajaran yang didesain dalam bentuk modul agar dapat dipelajari secara mandiri oleh para peserta diklat. Beberapa karakteristik yang khas dari bahan pembelajaran tersebut adalah: (1) lengkap (self-contained), artinya seluruh materi yang diperlukan peserta program guru pembelajar untuk mencapai kompetensi tertentu tersedia secara memadai; (2) menjelaskan diri sendiri (self-explanatory), maksudnya penjelasan dalam paket bahan pembelajaran memungkinkan peserta program guru pembelajar dapat mempelajari dan menguasai kompetensi secara mandiri; serta (3) mampu membelajarkan peserta program guru pembelajar (self-instructional), yakni sajian dalam paket bahan pembelajaran ditata sedemikian rupa sehingga dapat memicu peserta untuk secara aktif melakukan interaksi belajar, bahkan menilai sendiri kemampuan belajar yang dicapainya.

Modul ini diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran utama dalam program guru pembelajar bagi guru PJOK dan guru BK sebagai tindak lanjut dari Uji Kompetensi Guru (UKG). Semoga apa yang telah kita hasilkan memiliki makna strategis dan mampu memberikan kontribusi dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan terutama dalam bidang PJOK dan BK yang akan bermuara pada peningkatan mutu pendidikan nasional.

Untuk itu berikut saya share Modul PKB PJOK SMA sebagai berikut :
Kelompok Kompetensi A
KK-A Pedagogik. Download
KK-A Profesional. Download

Kelompok Kompetensi B
KK-B Pedagogik. Download
KK-B Profesional. Download

Kelompok Kompetensi C
KK-C Pedagogik. Download
KK-C Profesional. Download

Kelompok Kompetensi D
KK-D Pedagogik. Download
KK-D Profesional. Download

Kelompok Kompetensi E
KK-E Pedagogik. Download
KK-E Profesional. Download

Kelompok Kompetensi F
KK-F Pedagogik. Download
KK-F Profesional. Download

Kelompok Kompetensi G
KK-G Pedagogik. Download
KK-G Profesional. Download

Kelompok Kompetensi H
KK-H Pedagogik. Download
KK-H Profesional. Download

Kelompok Kompetensi I
KK-I Pedagogik. Download
KK-I Profesional. Download

Kelompok Kompetensi J
KK-J Pedagogik. Download
KK-J Profesional. Download




Modul PKB PJOK SMK Tahun 2017

Modul PKB PJOK SMK Tahun 2017



Modul PKB PJOK SMK Tahun 2017
Peran guru profesional dalam pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.


Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Guru Pembelajar (GP) merupakan upaya peningkatan kompetensi untuk semua guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui uji kompetensi guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Hasil UKG menunjukan peta kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG melalui program Guru Pembelajar. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Guru Pembelajar dilaksanakan melalui pola tatap muka, daring (online), dan campuran (blended) tatap muka dengan daring.

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK), dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksana Teknis dilingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul untuk program Guru Pembelajar (GP) tatap muka, daring kombinasi dan GP daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program GP memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Dalam rangka mendukung pencapaian visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2015-2019 “Terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong” serta untuk merealisasikan misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewujudkan pelaku pendidikan dan kebudayaan yang kuat dan pembelajaran yang bermutu, PPPPTK Penjas dan BK tahun 2016 telah merancang program peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan lainnya.

Salah satu upaya PPPPTK Penjas dan BK dalam merealisasikan program peningkatan kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dan Guru Bimbingan dan Konseling (BK) adalah melaksanakan program guru pembelajar yang bahan ajarnya dikembangkan dalam bentuk modul berdasarkan standar kompetensi guru.

Sesuai fungsinya bahan pembelajaran yang didesain dalam bentuk modul agar dapat dipelajari secara mandiri oleh para peserta diklat. Beberapa karakteristik yang khas dari bahan pembelajaran tersebut adalah: (1) lengkap (self-contained), artinya seluruh materi yang diperlukan peserta program guru pembelajar untuk mencapai kompetensi tertentu tersedia secara memadai; (2) menjelaskan diri sendiri (self-explanatory), maksudnya penjelasan dalam paket bahan pembelajaran memungkinkan peserta program guru pembelajar dapat mempelajari dan menguasai kompetensi secara mandiri; serta (3) mampu membelajarkan peserta program guru pembelajar (self-instructional), yakni sajian dalam paket bahan pembelajaran ditata sedemikian rupa sehingga dapat memicu peserta untuk secara aktif melakukan interaksi belajar, bahkan menilai sendiri kemampuan belajar yang dicapainya.

Modul ini diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran utama dalam program guru pembelajar bagi guru PJOK dan guru BK sebagai tindak lanjut dari Uji Kompetensi Guru (UKG). Semoga apa yang telah kita hasilkan memiliki makna strategis dan mampu memberikan kontribusi dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan terutama dalam bidang PJOK dan BK yang akan bermuara pada peningkatan mutu pendidikan nasional.

Untuk itu berikut saya share Modul PKB PJOK SMK sebagai berikut :
Kelompok Kompetensi A
KK-A Pedagogik. Download
KK-A Profesional. Download

Kelompok Kompetensi B
KK-B Pedagogik. Download
KK-B Profesional. Download

Kelompok Kompetensi C
KK-C Pedagogik. Download
KK-C Profesional. Download

Kelompok Kompetensi D
KK-D Pedagogik. Download
KK-D Profesional. Download

Kelompok Kompetensi E
KK-E Pedagogik. Download
KK-E Profesional. Download

Kelompok Kompetensi F
KK-F Pedagogik. Download
KK-F Profesional. Download

Kelompok Kompetensi G
KK-G Pedagogik. Download
KK-G Profesional. Download

Kelompok Kompetensi H
KK-H Pedagogik. Download
KK-H Profesional. Download

Kelompok Kompetensi I
KK-I Pedagogik. Download
KK-I Profesional. Download

Kelompok Kompetensi J
KK-J Pedagogik. Download
KK-J Profesional. Download




Oct 26, 2017

Buku Guru Tematik Kelas 4 Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku Guru Tematik Kelas 4 Semester 2 
SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku Guru Tematik Kelas 4 Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Buku guru disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di lapangan. Sebagaimana diketahui bahwa buku teks siswa yang berbasis aktivitas disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, yang sangat mengedepankan pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan. Karena hanya sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, guru tidak diharapkan menggunakan buku ini sebagai satu-satunya buku panduan yang menjadi acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Isi dari Buku Guru hanyalah contoh aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan di kelas. Guru memiliki keleluasaan untuk membangun kegiatan pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Guru juga tetap harus membuka dan mempelajari Peraturan Pemerintah khususnya berkaitan dengan konsep penilaian dan pelaporan yang tidak dapat diurai secara detil dalam buku ini.

Guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik, dibutuhkan kehadiran buku-buku penunjang. Jika perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah, mengingat buku-buku tersebut didesain sebagai buku teks yang sarat materi. Guru maupun peserta didik juga dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lain yang relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Buku ini dibuat dengan berlandaskan pada Kompetensi Dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Demikian pula, buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan baik oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud. Berbeda dengan Buku Guru sebelumnya, atas arahan dari Kemendikbud, kali ini Buku Guru tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk PPKn. Namun demikian, dalam kesehariannya guru tetap melakukan proses pengamatan perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik.

Berikut saya share Buku Guru Tematik Kelas 4 Semester 2 Edisi Revisi 2017.
Buku Guru Tematik Kelas IV Edisi Revisi 2017 :
6. Buku Guru Kelas IV Tema 6. Cita-Citaku. Download
7. Buku Guru Kelas IV Tema 7. Indahnya Keragaman di Negeriku. Download
8. Buku Guru Kelas IV Tema 8. Daerah Tempat Tinggalku. Download
9. Buku Guru Kelas IV Tema 9. Kayanya Negeriku. Download

Buku Siswa Tematik Kelas I Edisi Revisi 2017 :
6. Buku Siswa Kelas IV Tema 6. Cita-Citaku. Download
7. Buku Siswa Kelas IV Tema 7. Indahnya Keragaman di Negeriku. Download
8. Buku Siswa Kelas IV Tema 8. Daerah Tempat Tinggalku. Download
9. Buku Siswa Kelas IV Tema 9. Kayanya Negeriku. Download




Buku Guru Tematik Kelas I Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku Guru Tematik Kelas I Semester 2 
SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku Guru Tematik Kelas I Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Buku guru disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di lapangan. Sebagaimana diketahui bahwa buku teks siswa yang berbasis aktivitas disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, yang sangat mengedepankan pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan. Karena hanya sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, guru tidak diharapkan menggunakan buku ini sebagai satu-satunya buku panduan yang menjadi acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Isi dari Buku Guru hanyalah contoh aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan di kelas. Guru memiliki keleluasaan untuk membangun kegiatan pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Guru juga tetap harus membuka dan mempelajari Peraturan Pemerintah khususnya berkaitan dengan konsep penilaian dan pelaporan yang tidak dapat diurai secara detil dalam buku ini.

Guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik, dibutuhkan kehadiran buku-buku penunjang. Jika perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah, mengingat buku-buku tersebut didesain sebagai buku teks yang sarat materi. Guru maupun peserta didik juga dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lain yang relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Buku ini dibuat dengan berlandaskan pada Kompetensi Dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Demikian pula, buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan baik oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud. Berbeda dengan Buku Guru sebelumnya, atas arahan dari Kemendikbud, kali ini Buku Guru tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk PPKn. Namun demikian, dalam kesehariannya guru tetap melakukan proses pengamatan perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik.

Berikut saya share Buku Guru Tematik Kelas I Edisi Revisi 2017.

Buku Guru Tematik Kelas I Semester 2 Edisi Revisi 2017 :
1. Buku Guru Kelas I Tema 5. Pengalamanku. Download
2. Buku Guru Kelas I Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri. Download
3. Buku Guru Kelas I Tema 7. Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku. Download
4. Buku Guru Kelas I Tema 8. Peristiwa Alam. Download

Buku Siswa Tematik Kelas I Semester 2 Edisi Revisi 2017 :
1. Buku Siswa Kelas I Tema 5. Pengalamanku. Download
2. Buku Siswa Kelas I Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat dan Asri. Download
3. Buku Siswa Kelas I Tema 7. Benda, Hewan dan Tanaman di Sekitarku. Download
4. Buku Siswa Kelas I Tema 8. Peristiwa Alam. Download




Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris 
Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
01. Cover Perangkat Bahasa Inggris Kelas 9 Revisi 2017
02. KI-KD Bahasa Inggris SMP/MTs K13 Revisi 2017 (Lamp. 37 Permendikbud 24/2016)
03. Silabus Bahasa Inggris Kelas 9 Revisi 2017
04. Analisis Kompetensi Dasar Bahasa Inggris Kelas 9
05. Analisis SKL Bahasa Inggris Kelas 9
06. Penetapan IPK Bahasa Inggris Kelas 9
07. Analisis Keterkaitan KI, KD dan Materi Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 9
08. Pemetaan KD dan Teknik Penilaian Bahasa Inggris Kelas 9
09. Penetapan KKM Bahasa Inggris Kelas 9
10. Kalender Pendidikan 2017/2018
11. Analisis Alokasi Waktu Bahasa Inggris Kelas 9 TP 2017/2018
12. Program Tahunan Bahasa Inggris Kelas 9 TP 2017/2018
13. Program Semester Bahasa Inggris Kelas 9 TP 2017/2018
14. RPP Bahasa Inggris Kelas 9 Revisi 2017 terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
15. Format-format Penilaian Bahasa Inggris Kelas 9
16. Blanko Penilaian Bahasa Inggris Kelas 9 (Excel)

Contoh RPP Bahasa Inggris Kelas 9 Revisi 2017. Download

Catatan :
Ciri-ciri Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2017 antara lain RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS

Sahabat guru yang berminat dapat menghubungi kesini



Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris 
Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
01. Cover Perangkat Bahasa Inggris Kelas 8 Revisi 2017
02. KI-KD Bahasa Inggris SMP/MTs K13 Revisi 2017 (Lamp. 37 Permendikbud 24/2016)
03. Silabus Bahasa Inggris Kelas 8 Revisi 2017
04. Analisis Kompetensi Dasar Bahasa Inggris Kelas 8
05. Analisis SKL Bahasa Inggris Kelas 8
06. Penetapan IPK Bahasa Inggris Kelas 8
07. Analisis Keterkaitan KI, KD dan Materi Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 8
08. Pemetaan KD dan Teknik Penilaian Bahasa Inggris Kelas 8
09. Penetapan KKM Bahasa Inggris Kelas 8
10. Kalender Pendidikan 2017/2018
11. Analisis Alokasi Waktu Bahasa Inggris Kelas 8 TP 2017/2018
12. Program Tahunan Bahasa Inggris Kelas 8 TP 2017/2018
13. Program Semester Bahasa Inggris Kelas 8 TP 2017/2018
14. RPP Bahasa Inggris Kelas 8 Revisi 2017 terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
15. Format-format Penilaian Bahasa Inggris Kelas 8
16. Blanko Penilaian Bahasa Inggris Kelas 8 (Excel)

Contoh RPP Bahasa Inggris Kelas 8 Revisi 2017. Download

Catatan :
Ciri-ciri Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2017 antara lain :
1. KI-KD berdasarkan Permendikbud 24/2016
2. Pemetaan KD berdasarkan Silabus dan Buku Guru Revisi 2017
3. Format RPP berdasarkan Permendikbud 22/2016
4. RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
5. Format penilaian berdasarkan Permendikbud 23/2016

Sahabat guru yang berminat dapat menghubungi kesini



Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris 
Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
01. Cover Perangkat Bahasa Inggris Kelas 7 Revisi 2017
02. KI-KD Bahasa Inggris SMP/MTs K13 Revisi 2017 (Lamp. 37 Permendikbud 24/2016)
03. Silabus Bahasa Inggris Kelas 7 Revisi 2017
04. Analisis Kompetensi Dasar Bahasa Inggris Kelas 7
05. Analisis SKL Bahasa Inggris Kelas 7
06. Penetapan IPK Bahasa Inggris Kelas 7
07. Analisis Keterkaitan KI, KD dan Materi Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas 7
08. Pemetaan KD dan Teknik Penilaian Bahasa Inggris Kelas 7
09. Penetapan KKM Bahasa Inggris Kelas 7
10. Kalender Pendidikan 2017/2018
11. Analisis Alokasi Waktu Bahasa Inggris Kelas 7 TP 2017/2018
12. Program Tahunan Bahasa Inggris Kelas 7 TP 2017/2018
13. Program Semester Bahasa Inggris Kelas 7 TP 2017/2018
14. RPP Bahasa Inggris Kelas 7 Revisi 2017 terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
15. Format-format Penilaian Bahasa Inggris Kelas 7
16. Blanko Penilaian Bahasa Inggris Kelas 7 (Excel)

Contoh RPP Bahasa Inggris Kelas 7 Revisi 2017. Download

Catatan :
Ciri-ciri Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2017 antara lain :
1. KI-KD berdasarkan Permendikbud 24/2016
2. Pemetaan KD berdasarkan Silabus dan Buku Guru Revisi 2017
3. Format RPP berdasarkan Permendikbud 22/2016
4. RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
5. Format penilaian berdasarkan Permendikbud 23/2016

Sahabat guru yang berminat dapat menghubungi kesini



Perangkat Pembelajaran IPS Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran IPS
Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran IPS Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017
01. Cover Perangkat IPS Kelas 8 Revisi 2017
02. KI-KD IPS SMP/MTs K13 Revisi 2017 (Lamp. 11 Permendikbud 24/2016)
03. Silabus IPS Kelas 8 Revisi 2017
04. Analisis Kompetensi Dasar IPA Kelas 8
05. Analisis SKL IPS Kelas 8
06. Penetapan IPK IPS Kelas 8
07. Analisis Keterkaitan KI, KD dan Materi Pembelajaran IPS Kelas 8
08. Pemetaan KD dan Teknik Penilaian IPS Kelas 8
09. Penetapan KKM IPS Kelas 8
10. Kalender Pendidikan 2017/2018
11. Analisis Alokasi Waktu IPS Kelas 8 TP 2017/2018
12. Program Tahunan IPS Kelas 8 TP 2017/2018
13. Program Semester IPS Kelas 8 TP 2017/2018
14. RPP IPS Kelas 8 Revisi 2017 terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
15. Format-format Penilaian IPS Kelas 8
16. Blanko Penilaian IPS Kelas 8 (Excel)

Contoh RPP IPS Kelas 8 Revisi 2017. Download

Catatan :
Ciri-ciri Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Revisi 2017 antara lain :
1. KI-KD berdasarkan Permendikbud 24/2016
2. Pemetaan KD berdasarkan Silabus dan Buku Guru Revisi 2017
3. Format RPP berdasarkan Permendikbud 22/2016
4. RPP terintegrasi PPK, Literasi, 4C dan HOTS
5. Format penilaian berdasarkan Permendikbud 23/2016

Sahabat guru yang berminat dapat menghubungi kesini atau WA 087824496001/083174709883