Apr 3, 2016

Materi Pokok Sosiologi SMA/MA Kurikulum 2013

MATERI POKOK SOSIOLOGI SMA/MA
KURIKULUM 2013




Materi Pokok Sosiologi Kelas X (Silabus Permen 59/2014)
  1. Fungsi Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat (KD 3.1-4.1; 24 jp)
  2. Individu, kelompok dan hubungan sosial (KD 3.2-4.2; 27 jp)
  3. Ragam gejala sosial dalam masyarakat (KD 3.3-4.3; 27 jp)
  4. Metode Penelitian Sosial (KD 3.4-4.4; 27 jp)

Materi Pokok Sosiologi Kelas XI (Silabus Permen 59/2014)
  1. Pembentukan kelompok sosial (KD 3.1-4.1; 24 jp)
  2. Permasalahan sosial dalam masyarakat (KD 3.2-4.2; 28 jp)
  3. Perbedaan, kesetaraan dan harmoni sosial (KD 3.3-4.3; 28 jp)
  4. Konflik, kekerasan, dan upaya penyelesaiannya (KD 3.4-4.4; 32 jp)
  5. Integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan (KD 3.5-4.5; 32 jp)

Materi Pokok Sosiologi Kelas XII (Silabus Permen 59/2014)
  1. Perubahan sosial dan dampaknya (KD 3.1-4.1; 24 jp)
  2. Globalisasi dan perubahan komunitas lokal (KD 3.2-4.2; 28 jp)
  3. Ketimpangan sosial sebagai dampak perubahan sosial di tengah globalisasi (KD 3.3-4.3; 28 jp)
  4. Kearifan lokal dan pemberdayaan komunitas (KD 3.4, 3.5, 4.4, 4.5; 64 jp)

Materi Pokok Sosiologi Kelas X Semester 1 SMA/MA Kurikulum 2013 (Analisis Silabus)
1. Fungsi Sosiologi
1.1. Fungsi Sosiologi
1.2. Peran dan Fungsi Sosiologi
1.3. Konsep Dasar Sosiologi
2. Gejala Sosial
2.1. Realitas Sosial
2.2. Macam-macam Realitas/Fakta Sosial
2.3. Gejala/Fenomena Sosial
3. Nilai dan Norma Sosial
3.1. Ciri dan Jenis Nilai Sosial
3.2. Norma Sosial
4. Interaksi Sosial
4.1. Pengertian Interaksi Sosial
4.2. Syarat Interaksi Sosial
4.3. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Interaksi Sosial
4.4. Bentuk-bentuk Interaksi Sosial
5. Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian
5.1. Pengertian Sosialisasi
5.2. Jenis Sosialosasi
5.3. Pengertian Kepribadian
5.4. Faktor Pembentuk Kepribadian
5.5. Tahap Pembentukan Kepribadian

Materi Pokok Sosiologi Kelas X Semester 2 SMA/MA Kurikulum 2013 (Analisis Silabus)
5. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat
3.1. Definisi Gejala Sosial/Penyimpangan Sosial
3.2. Ciri-ciri Penyimpangan
3.3. Teori-teori Penyimpangan
3.4. Faktor Penyebab Penyimpangan Sosial
3.5. Bentuk-bentuk Penyimpangan Sosial
3.6. Jenis-jenis Penyimpangan Sosial
3.7. Definisi, Ciri dan Tujuan Pengendalian Sosial
3.8. Bentuk-bentuk Pengendalian Sosial
3.9. Lembaga Pengendalian Sosial
4. Metode Penelitian Sosial
4.1. Definisi Penelitian
4.2. Jenis-jenis Penelitian
4.3. Metode Penelitian Sosial
4.4. Rancangan Penelitian Sosial
4.5. Melakukan Penelitian Sosial
4.6. Mengolah dan Menganalisis Data Penelitian
4.7. Menyusun Laporan Penelitian
4.8. Mengkomunikasikan Laporan Hasil Penelitian





KI KD Silabus Sosiologi SMA/MA Kurikulum 2013

KI KD SILABUS SOSIOLOGI SMA
KURIKULUM 2013




KI KD Silabus Sosiologi SMA/MA Kurikulum 2013 (Permendikbud 59/2014)
KI KD Sosiologi Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013. Download
KI KD Sosiologi Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013. Download
KI KD Sosiologi Kelas XII SMA/MA Kurikulum 2013. Download
Silabus Sosiologi SMA/MA Kurikulum 2013. Download
Silabus Sosiologi Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013. Download
Silabus Sosiologi Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013. Download
Silabus Sosiologi Kelas XII SMA/MA Kurikulum 2013. Download

KI KD Silabus Sosiologi SMA/MA Kurikulum 2013 (Rev Juli 2013)
KI KD Sosiologi SMA/MA Kurikulum 2013. Download
Silabus Sosiologi Kelas X SMA/MA Kurikulum 2013. Download
Silabus Sosiologi Kelas XI SMA/MA Kurikulum 2013. Download
Silabus Sosiologi Kelas XII SMA/MA Kurikulum 2013. Download



Apr 2, 2016

Materi Pokok Sejarah (Peminatan) SMA/MA Kurikulum 2013

MATERI POKOK SEJARAH (PEMINATAN)
SMA/MA KURIKULUM 2013




Materi Pokok Sejarah (Peminatan) Kelas X (Silabus Permen 59/2014)
  1. Keterkaitan konsep manusia hidup dalam ruang dan waktu (KD 3.1, 3.2, 3.3, 4.1, 4.2, 4.3; 2 jp)
  2. Konsep manusia hidup dalam perubahan dan keberlanjutan (KD 3.1, 3.2, 3.3, 4.1, 4.2, 4.3; 2 jp)
  3. Keterkaitan peristiwa sejarah tentang manusia masa lalu untuk kehidupan masa kini (KD 3.1, 3.2, 3.3, 4.1, 4.2, 4.3; 2 jp)
  4. Sejarah sebagai Ilmu (KD 3.4-4.4; 6 jp)
  5. Cara berpikir sejarah dalam mempelajari peristiwa sejarah (Diakronik, Sinkronik, Kausalita, Interpretasi, dan Periodisasi) (KD 3.5-4.5; 6 jp)
  6. Berbagai bentuk/jenis sumber Sejarah (pengertian, sifat, jenis, dan kedudukan sumber dalam ilmu sejarah) (KD 3.6-4.6; 6 jp)
  7. Keterkaitan dan penerapan langkah-langkah penelitian dan penulisan Sejarah (bertanya, menentukan dan mencari sumber, kritik sumber, validasi informasi, interpretasi, rekonstruksi dan penulisan) (KD 3.7-4.7; 24 jp)
  8. Keterkaitan perbedaan dan klasifikasi ciri-ciri historiografi tradisional, kolonial, dan modern (KD 3.8-4.8; 9 jp)
  9. Keterkaitan antara manusia purba Indonesia dan dunia dengan manusia modern dalam fisik dan budaya (KD 3.9-4.9; 12 jp)
  10. Keterkaitan kehidupan awal manusia Indonesia di bidang kepercayaan, sosial, budaya, ekonomi, dan teknologi serta pengaruhnya dalam kehidupan masa kini, terutama pengaruh kebudayaan Hoa-bin, Bacson, Dongson dan Sahuynh pada masyarakat awal di Indonesia. (KD 3.10-4.10; 9 jp)
  11. Keterkaitan peradaban awal dunia dan Indonesia serta keterkaitannya dengan manusia masa kini dalam cara berhubungan dengan lingkungan, hukum, kepercayaan, pemerintahan dan sosial (KD 3.11-4.11; 27 jp)

Materi Pokok Sejarah (Peminatan) Kelas XI (Silabus Permen 59/2014)
  1. Sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini. (KD 3.1, 3.2, 4.1, 4.2; 8 jp)
  2. Sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Islam di Indonesia yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini (KD 3.1, 3.2, 4.1, 4.2; 8 jp)
  3. Keterkaitan antara pemikiran dan peristiwa-peristiwa penting di Eropa antara lain: Merkantilisme, Renaissance, Reformasi Gereja, Revolusi Industri dan pengaruhnya bagi kehidupan bangsa Indonesia dan bangsa lain di dunia pada masa itu dan masa kini (KD 3,3-4,3; 16 jp)
  4. Keterkaitan antara revolusi besar dunia (Perancis, Amerika, Cina, Rusia dan Indonesia) dan pengaruhnya terhadap kehidupan umat manusia pada masa itu dan masa kini (KD 3.4-4.4; 20 jp)
  5. Hubungan perkembangan faham-faham besar seperti nasionalisme, liberalisme, sosialisme, demokrasi, Pan Islamisme dengan gerakan nasionalisme di Asia-Afrika pada masa itu dan masa kini (KD 3.5-4.5; 12 jp)
  6. Pengaruh PD I dan PD II terhadap kehidupan politik, sosial-ekonomi dan hubungan internasional (LBB, PBB), pergerakan nasional dan regional (KD 3.6-4.6; 20 jp)
  7. Pengaruh imperialisme dan kolonialisme Barat di Indonesia dalam bidang politik, ekonomi, sosial-budaya, pendidikan dan agama serta perlawanan kerajaan Indonesia terhadap imperialisme dan kolonialisme Barat (KD 3.7, 3.8, 3.9, 3.10, 4.7, 4.8, 4.9, 4.10; 28 jp)
  8. Peran Sumpah Pemuda bagi kehidupan kebangsaan di Indonesia pada masa itu dan masa kini
    (KD 3.7, 3.8, 3.9, 3.10, 4.7, 4.8, 4.9, 4.10)
  9. Kehidupan sosial, ekonomi, budaya, militer dan pendidikan di Indonesia pada zaman pendudukan militer Jepang di Indonesia (KD 3.7, 3.8, 3.9, 3.10, 4.7, 4.8, 4.9, 4.10)
  10. Akar-akar nasionalisme Indonesia pada masa kelahirannya dan pengaruhnya bagi masa kini (Sarekat Islam, Indische Partij, dan Budi Oetomo) (KD 3.7, 3.8, 3.9, 3.10, 4.7, 4.8, 4.9, 4.10)
  11. Peristiwa-peristiwa sekitar Proklamasi 17 Agustus 1945 dan artinya bagi kehidupan berbangsa dan bernegara pada masa itu dan masa kini (KD 3.11-4.11; 24 jp)

Materi Pokok Sejarah (Peminatan) Kelas XII (Permen 59/2014)
  1. Perkembangan dan dampak Perang Dingin terhadap kehidupan politik dan ekonomi global (KD 3.1, 3.2, 3.3, 4.1, 4.2, 4.3; 40 jp)
  2. Sejarah organisasi global dan regional diantaranya: GNB, ASEAN, OKI, APEC, OPEC, MEE, GATT, WTO, NAFTA dan CAFTA (KD 3.1, 3.2, 3.3, 4.1, 4.2, 4.3)
  3. Sejarah kontemporer dunia antara lain runtuhnya Pakta Warsawa, Uni Soviet, Jerman Bersatu, Konflik Kamboja, Perang Teluk, Apartheid di Afrika Selatan, Konflik Yugoslavia dan terorisme dunia bagi kehidupan sosial dan politik global (KD 3.1, 3.2, 3.3, 4.1, 4.2, 4.3)
  4. Kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi, politik dan militer pada awal kemerdekaan sampai 1950 (KD 3.4, 3.5, 3.6, 4.4, 4.5, 4.6; 24 jp)
  5. Peristiwa revolusi nasional dan sosial yang terjadi pada awal kemerdekaan (KD 3.4, 3.5, 3.6, 4.4, 4.5, 4.6; 24 jp)
  6. Hubungan kausalitas kebijakan politik dan pemberontakan antara tahun 1948 – 1965 (KD 3.4, 3.5, 3.6, 4.4, 4.5, 4.6)
  7. Pengaruh Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin terhadap kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan bangsa Indonesia (KD 3.7-4.7; 24 jp)
  8. Perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan pada masa Orde Baru dan Reformasi (KD 3.8-4.8; 24 jp)
  9. Perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia (KD 3.9, 3.10, 4.9, 4.10; 16 jp)
  10. Perkembangan Revolusi Hijau di Indonesia (KD 3.9, 3.10, 4.9, 4.10; 16 jp)

Materi Pokok Sejarah (Peminatan) Kelas XI (Buku Guru)
  1. Bab 1. Kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia (KD 3.1-4.1; 18 jp; Pertemuan 1-9)
  2. Bab 2. Zaman Pertumbuhan dan Perkembangan Kerajaan Islam di Indonesia (KD 3.2-4.2; 22 jp; Pertemuan 10-20)
  3. Bab 3. Peristiwa-peristiwa di Eropa yang Berpengaruh terhadap Kehidupan Umat Manusia (KD 3.3-4.3; 12 jp; Pertemuan 21-26)
  4. Bab 4. Revolusi Besar Dunia (KD 3.4-4.4; 12 jp; Pertemuan 27-32) 5. Bab 5. Paham-paham Besar Dunia dan Gerakan Nasionalisme di Asia-Afrika.(KD 3.5-4.5; 12 jp; Pertemuan 33-38)
  5. Bab 6. Perang Dunia dan Pengaruhnya terhadap Dunia (KD 3.6-4.6; 12 jp; Pertemuan 39-44)
  6. Bab 7. Kebangkitan Heroisme dan Kesadaran Kebangsaan (KD 3.7, 3.8, 3.9, 3.10, 4.7, 4.8, 4.9, 4.10; 24 jp; Pertemuan 45-56)
  7. Bab 8. Indonesia Merdeka (KD 3.11-4.11; 16 jp; Pertemuan 57-64)