Jun 14, 2017

Modul PKB SD Kelas Awal Tahun 2017

Modul PKB SD Kelas Awal Tahun 2017



Modul PKB SD Kelas Awal Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan jenjang Sekolah Dasar ini diharapkan dapat menjadi bahan bacaan wajib bagi para peserta diklat untuk dapat meningkatkan pemahaman tentang kompetensi pedagogik dan profesional terkait dengan tugas pokok dan fungsinya

Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Karakteristik & Pengembangan Potensi Peserta Didik
Profesional : Penguasaan dan Keterampilan Berbahasa Indonesia
Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Teori Belajar dan Prinsip Pembelajaran
Profesional : Genre dan Apresiasi Sastra
Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum di SD
Profesional : Kajian Bilangan dan Statistika Sekolah Dasar
Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Metodologi Pembelajaran SD
Profesional : Kajian Geometri dan Pengukuran SD
Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Penilaian Proses dan Hasil Belajar
Profesional : Kajian Materi IPA SD Kelas Awal
Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Komunikasi Efektif
Profesional : Kajian Materi IPS SD Kelas Awal
Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Perancangan Pembelajaran yang Mendidik
Profesional : Hakikat Pembelajaran PPKn
Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Pemanfaatan Hasil Penilaian Pembelajaran
Profesional : Pengembangan Materi Ajar di SD
Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di SD
Profesional : TIK untuk Pengembangan Diri Guru
Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Refleksi Pembelajaran dan Tindak Lanjutnya melalui PTK
Profesional : Pengembangan Keprofesian melalui Tindakan Reflektif
Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-J. Download




Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Buddha (PAB-BP) Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Buddha 
(PAB-BP) Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017



Buku Guru dan Siswa PAB-BP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku teks mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti (PAB-BP) ditulis agar para siswa memiliki kompetensi utuh dan berakhlak mulia. Dengan Buku Siswa diharapkan siswa memiliki kompetensi dalam mendengar, membaca, menulis, menyajikan secara lisan, dan memiliki pengetahuan yang memadai tentang nilai-nilai ajaran Buddha. Pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki siswa diharapkan dapat memperkuat keyakinannya terhadap Triratna dan menumbuhkan akhlak mulia. Sehubungan dengan tujuan-tujuan tersebut, pembelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti dikembangkan berdasarkan pembelajaran aktif yang berbasis pada aktivitas siswa.

Buku Guru ini hadir sebagai panduan penting untuk melaksanakan pembelajaran PAB-BP agar mencapai tujuan yang diharapkan. Buku Guru berisi petunjuk umum dan petunjuk khusus membelajarkan PAB-BP dengan media Buku Siswa. Petunjuk umum berisi penjelasan karakteristik pembelajaran, karakteristik organisasi kompetensi dasar, dan karakteristik penilaian autentik dalam pembelajaran PAB-BP. Petunjuk khusus pada tiap pelajaran berisi panduan pelaksanaan pembelajaran PAB-BP dengan media Buku Siswa. Pada setiap pelajaran terdapat contoh indikator, contoh materi, contoh tema yang bisa digunakan sebagai bahan pengembangan materi, contoh pengalokasian waktu pada setiap pelajaran, contoh langkah pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan contoh rubrik penilaian autentik. Karena bersifat contoh, Ibu/Bapak Guru diharapkan dapat memvariasikan dan menyesuaikan isi Buku Guru dengan konteks daerah, konteks waktu, konteks budaya lokal, dan konteks karakteristik sekolah.

Buku Guru ini penting dibaca oleh guru yang akan membelajarkan PAB-BP, terutama Kelas 5. Buku Guru ini berfungsi memandu guru dalam menggunakan Buku Siswa untuk mencapai hasil yang maksimal. Pemahaman Buku Guru dan Buku Siswa secara terintegrasi merupakan sebuah keharusan untuk mencapai hasil secara maksimal. Materi dalam Buku Siswa dan perencanaan pembelajaran dalam Buku Guru hanyalah contoh dan sangat terbuka untuk divariasikan dan dikembangkan sesuai konteks.

Buku Guru Kelas 5 PAB-BP SD K13 Revisi 2017. Download
Buku Siswa Kelas 5 PAB-BP SD K13 Revisi 2017. Download




Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Buddha (PAB-BP) Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Buddha 
(PAB-BP) Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017



Buku Guru dan Siswa PAB-BP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku teks mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti (PAB-BP) ditulis agar para siswa memiliki kompetensi utuh dan berakhlak mulia. Dengan Buku Siswa diharapkan siswa memiliki kompetensi dalam mendengar, membaca, menulis, menyajikan secara lisan, dan memiliki pengetahuan yang memadai tentang nilai-nilai ajaran Buddha. Pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki siswa diharapkan dapat memperkuat keyakinannya terhadap Triratna dan menumbuhkan akhlak mulia. Sehubungan dengan tujuan-tujuan tersebut, pembelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti dikembangkan berdasarkan pembelajaran aktif yang berbasis pada aktivitas siswa.

Buku Guru ini hadir sebagai panduan penting untuk melaksanakan pembelajaran PAB-BP agar mencapai tujuan yang diharapkan. Buku Guru berisi petunjuk umum dan petunjuk khusus membelajarkan PAB-BP dengan media Buku Siswa. Petunjuk umum berisi penjelasan karakteristik pembelajaran, karakteristik organisasi kompetensi dasar, dan karakteristik penilaian autentik dalam pembelajaran PAB-BP. Petunjuk khusus pada tiap pelajaran berisi panduan pelaksanaan pembelajaran PAB-BP dengan media Buku Siswa. Pada setiap pelajaran terdapat contoh indikator, contoh materi, contoh tema yang bisa digunakan sebagai bahan pengembangan materi, contoh pengalokasian waktu pada setiap pelajaran, contoh langkah pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan contoh rubrik penilaian autentik. Karena bersifat contoh, Ibu/Bapak Guru diharapkan dapat memvariasikan dan menyesuaikan isi Buku Guru dengan konteks daerah, konteks waktu, konteks budaya lokal, dan konteks karakteristik sekolah.

Buku Guru ini penting dibaca oleh guru yang akan membelajarkan PAB-BP, terutama kelas II. Buku Guru ini berfungsi memandu guru dalam menggunakan Buku Siswa untuk mencapai hasil yang maksimal. Pemahaman Buku Guru dan Buku Siswa secara terintegrasi merupakan sebuah keharusan untuk mencapai hasil secara maksimal. Materi dalam Buku Siswa dan perencanaan pembelajaran dalam Buku Guru hanyalah contoh dan sangat terbuka untuk divariasikan dan dikembangkan sesuai konteks.

Buku Guru Kelas 2 PAB-BP SD K13 Revisi 2017. Download
Buku Siswa Kelas 2 PAB-BP SD K13 Revisi 2017. Download