Jul 28, 2017

Buku PABP Buddha Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku PABP Buddha Kelas 4 SD
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku PABP Buddha Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Kurikulum dirancang sebagai kendaraan untuk mengantarkan peserta didik menuju penguasaan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pendekatan ini selaras dengan pandangan dalam agama Buddha bahwa belajar tidak hanya untuk mengetahui dan mengingat (pariyatti), tetapi juga untuk melaksanakan (patipatti), dan mencapai penembusan (pativedha). “Seseorang banyak membaca kitab suci, tetapi tidak berbuat sesuai dengan ajaran, orang yang lengah itu sama seperti gembala yang menghitung sapi milik orang lain, ia tidak akan memperolah manfaat kehidupan suci.”(Dhp.19).

Untuk memastikan keseimbangan dan keutuhan ketiga ranah tersebut, pendidikan agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan pembentukan budi pekerti, yaitu sikap atau perilaku seseorang dalam hubungannya dengan diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa, serta alam sekitar. Proses pembelajarannya mesti mengantar mereka dari pengetahuan tentang kebaikan, lalu menimbulkan komitmen terhadap kebaikan, dan akhirnya benar-benar melakukan kebaikan. Buddha mengungkapkan, “Pengetahuan saja tidak akan membuat orang terbebas dari penderitaan, tetapi ia juga harus melaksanakannya” (Sn. 789).

Buku Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkayanya secara kreatif dengan kegiatan-kegiatan lain, melalui sumber lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.

Buku ini merupakan edisi ketiga sebagai tindak lanjut dari penyempurnaan (revisi) Kompetensi Dasar dari edisi pertama. Buku ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan untuk penyempurnaan. Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. 

Buku Guru PABP Buddha Kelas 4 K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Buddha Kelas 4 K13 Edisi Revisi 2017. Download


Buku PABP Buddha Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku PABP Buddha Kelas 1 SD
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku PABP Buddha Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Buku ini disusun berdasarkan kurikulum 2013. Tujuannya adalah sebagai tuntunan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh guru dalam menyampaikan materi pembelajaran. Buku ini menawarkan pembelajaran yang berbeda dengan memadukan pemahaman konsep agama Buddha sekaligus penerapannya dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar. Guru PAB dan Budi Pekerti dituntut dapat mengembangkan keseimbangan antara sikap spiritual dan sosial, pengetahuan, dan keterampilan, serta menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat. Selain hal itu, Guru PAB dan Budi Pekerti diharapkan dapat lebih berinovasi dan kreatif dalam pengembangan model dan pendekatan pembelajaran dengan memperhatikan gradasi beban ajar sesuai tingkat perkembangan psikologi peserta didik.

Semoga, buku pedoman ini dapat bermanfaat untuk guru PAB dan Budi Pekerti dalam proses pembelajaran dan pengembangan Buddha Dharma di Indonesia. Sabbe satta bhavantu sukhitatta. Sadhu sadhu sadhu.

Buku Guru PABP Buddha Kelas 1 K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Buddha Kelas 1 K13 Edisi Revisi 2017. Download



Jul 27, 2017

Buku Siswa Prakarya Kelas VII Edisi Revisi 2017

Buku Siswa Prakarya
Kelas VII Edisi Revisi 2017



Buku Siswa Prakarya Kelas VII Edisi Revisi 2017
Mata pelajaran Prakarya bertujuan untuk mengembangkan pengetahuan, keterampilan dan sikap percaya diri siswa melalui produk yang dihasilkan sendiri dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di lingkungan sekitar. Prakarya juga merupakan ilmu terapan yang mengaplikasikan pelbagai bidang ilmu pengetahuan untuk menyelesaikan masalah praktis yang secara langsung mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari.

Ruang lingkup mata pelajaran prakarya untuk SMP kelas VII meliputi empat aspek, yaitu Kerajinan, Rekayasa, Budidaya dan Pengolahan. Dimana dari ke empat aspek itu para siswa diharapkan mampu untuk membuat produk dengan memanfaatkan potensi dari alam sekitar. Buku Prakarya kelas VII ini merupakan edisi revisi yang disusun dengan mengacu kepada kurikulum 2013 yang telah disempurnakan, baik kompetensi inti maupun kompetensi dasar. Untuk membantu siswa memahami materi Prakarya pada setiap pembahasan disertai dengan gambar dan penugasan yang mengajak siswa untuk aktif bereksplorasi dengan lingkungannya maupun media belajar lainnya.

Semoga buku ini dapat memotivasi siswa untuk lebih kreatif dan inovatif dalam memecahkan masalah praktis dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada di daerah masing-masing. Semoga pula buku ini dapat memberikan sumbangsih dalam upaya meningkatkan kualitas hasil belajar siswa serta turut melestarikan kerajinan, budaya, dan teknologi bangsa Indonesia.

Berikut saya share :
Buku Siswa Prakarya Kelas VII Semester 1 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa Prakarya Kelas VII Semester 2 Edisi Revisi 2017. Download