Jul 29, 2017

Buku Guru Matematika (Peminatan) Kelas 10 Semester 1 SMA/MA Kurikulum 2013

Buku Guru Matematika (Peminatan)
Kelas 10 Semester 1 SMA/MA Kurikulum 2013



Buku Guru Matematika (Peminatan) Kelas 10 Semester 1 SMA/MA Kurikulum 2013
Buku Guru Matematika Peminatan Kelas X Semester 1 ini adalah buku baru yang ditulis berdasarkan kompetensi inti dan kompetensi dasar kurikulum terbaru. Dari segi pembelajaran, inti dari kurikulum terbaru adalah sedapat mungkin menghindari metode ekspositori (penjelasan) berupa penjelasan konsep kemudian drill soal-soal, yang sampai saat ini masih menjadi favorit para guru karena tidak terlalu banyak menyita waktu. Buku pelajaran matematika yang laris pun umumnya ditulis dengan metode ekspositori ini. Sebagai akibatnya hasil belajar peserta didik tidak berada dalam ingatan jangka panjang. Padahal banyak pengalaman belajar matematika perlu berada di ingatan jangka panjang karena dibutuhkan dalam belajar siswa selanjutnya.

Buku guru ini ditulis sebagai pendamping bagi guru untuk memenuhi harapan pembelajaran matematika saat ini, yaitu menghindari pembelajaran dengan metode ekspositori. Konsep pelajaran diusahakan selalu diawali dari masalah nyata dan diajak terlibat secara interaktif dengan mengisi bagian yang diberi tanda titik tiga atau diminta menjawab pertanyaan yang diajukan sebelum sampai pada kesimpulan atau perumusan. Ini akan mendatangkan kesenangan bagi siswa dan konsep yang dipelajari akan tertanam dalam ingatan jangka panjang.

Buku guru ini memuat langkah-langkah pemecahan masalah pada buku siswa serta melatih keterampilan dalam menggunakan empat langkah pemecahan masalah George Polya yang banyak dicontohkan pada buku matematika wajib tulisan saya dan dilanjutkan dalam buku matematika peminatan ini. Langkah utama pemecahan masalah adalah bagaimana cara menerjemahkan kata-kata dalam soal ke model matematika. Buku ini mengajarkan langkah demi langkah pemodelan matematika tersebut hingga terbiasa dengan pemodelan matematika, suatu keterampilan yang kelak sangat menolong dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam pekerjaan dan kehidupan manusia. Masalah yang sukar dapat dijumpai pada soal tantangan yang diambil dari soal-soal UM perguruan tinggi di dalam dan di luar negeri serta soal-soal seleksi Olimpiade sains matematika. Untuk mampu menyelesaikan masalah soal tantangan ini harus mempunyai ide yang lebih kreatif dengan menghubung-hubungkan konsep yang telah dikuasai dan jika perlu menerapkan cara coba-coba berdasarkan informasi tersembunyi yang diberikan.

Setelah pemodelan matematika dipahami, barulah siswa dapat menyelesaikan masalah dengan menggunakan konsep matematika. Pemaparan dalam buku ini selalu berusaha memberikan berbagai cara dalam menyelesaikan model matematika, baik cara grafik maupun cara aljabar. Tujuannya supaya siswa tidak berpikir bahwa cara penyelesaian hanya ada satu, tetapi ada berbagai cara alternatif. Siswa diminta memilih sendiri cara yang mereka senangi karena dianggap mudah atau cepat atau mungkin mereka menemukan cara mereka sendiri. Cara pembelajaran seperti ini mendorong siswa kreatif sehingga kelak mereka menjadi generasi pemecah masalah yang selalu mencari solusi terbaik bagi pekerjaan mereka dan bagi kemakmuran bangsa ini, dan bukan generasi pembuat masalah Perlu diketahui bahwa berbagai hasil studi internasional seperti TIMMS yang mengukur pemahaman, representasi, dan penalaran, serta pemecahan masalah dalam bidang Matematika menempatkan Indonesia pada peringkat 34 dari 45 negara (2003) dan peringkat 36 dari 49 negara (2007). Tampak selama 4 tahun peringkat Negara kita bukannya meningkat tetapi malah melorot. Oleh karena itu, sudah saatnya kita meninggalkan cara pembelajaran ekspositori dan bekerja keras untuk mewujudkan pembelajaran siswa aktif dan pemecah masalah.

Bagi guru yang menggunakan buku ini kembangkanlah sikap tidak pernah menyerah jika menghadapi kesulitan dalam menyelesaikan masalah atau soal-soal kepada siswa. Tanamkan dalam pikiran siswa bahwa “Saya pikir bisa saya pasti bisa”. Ingat orang dikagumi karena memiliki keberanian untuk mengerjakan hal-hal yang sulit, memiliki stamina untuk tetap berusaha ketika hambatan menghadang di depannya.

Buku Guru Matematika (Peminatan) Kelas 10 Semester 1 SMA/MA K13 :
Cover BG Mat (Minat) 10-1. Download
Daftar Isi BG Mat (Minat) 10-1. Download
BG Mat (Minat) 10-1 (1-7). Download
BG Mat (Minat) 10-1 (8-49). Download
BG Mat (Minat) 10-1 (50-76). Download
BG Mat (Minat) 10-1 (77-108). Download



Perangkat Pembelajaran PABP Buddha Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran PABP Buddha
Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran PABP Buddha Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
01. Cover Perangkat PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
02. KI-KD PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
03. Silabus PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
04. Analisis KD PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
05. Analisis SKL PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
06. Penetapan IPK PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
07. Analisis Keterkaitan KI-KD, IPK & Materi PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
08. Pemetaan KD & Teknik Penilaian PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
09. Penetapan KKM PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
10. Kalender Pendidikan TP 2017/2018
11. Analisis Alokasi Waktu PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
12. Program Tahunan PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
13. Program Semester PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
14. RPP PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017
15. Format-Format Penilaian PABP Buddha Kelas 5 K13 Revisi 2017

Sahabat yang berminat bisa menghubungi kesini



Jul 28, 2017

Perangkat Pembelajaran PABP Buddha Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran PABP Buddha
Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017




Perangkat Pembelajaran PABP Buddha Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
01. Cover Perangkat PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
02. KI-KD PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
03. Silabus PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
04. Analisis KD PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
05. Analisis SKL PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
06. Penetapan IPK PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
07. Analisis Keterkaitan KI-KD, IPK & Materi PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
08. Pemetaan KD & Teknik Penilaian PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
09. Penetapan KKM PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
10. Kalender Pendidikan TP 2017/2018
11. Analisis Alokasi Waktu PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
12. Program Tahunan PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
13. Program Semester PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
14. RPP PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017
15. Format-Format Penilaian PABP Buddha Kelas 2 K13 Revisi 2017

Sahabat yang berminat bisa menghubungi kesini