Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP 1.1-1)
Nama Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 3 Cipatat
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
|
Kelas / Semester
|
:
|
VII / 1
|
Standar Kompetisi
|
:
|
1. Menunjukkan
sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.1. Mendeskripsikan
hakikat norma-norma , kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam
masyarakat.
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 40 menit (2 x pertemuan)
|
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai proses pembelajaran, peserta didik dapat :
1.
menjelaskan
pengertian norma, kebiasaan, dan adat istiadat (dengan
penuh percaya diri dan komunikatif).
2.
menjelaskan manfaat
norma (dengan penuh percaya diri dan komunikatif).
3. menjelaskan pentingnya norma dalam
kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara (dengan
penuh percaya diri dan komunikatif).
4.
menguraikan macam-macam norma (dengan
penuh percaya diri dan komunikatif).
5.
menjelaskan sumber-sumber norma masyarakat
(secara komunikatif dan percaya diri).
6.
menjelaskan sanksi pelanggaran norma (dengan percaya
diri, komunikatif dan bertanggung jawab).
B. Materi Pembelajaran
1.
Pengertian
norma, kebiasaan, dan adat
istiadat.
2.
Manfaat
norma.
3.
Pentingnya
norma dalam kehidupan bermasyarakat.
4.
Macam-macam
norma.
5.
Sumber-sumber
norma yang berlaku dalam masyarakat.
6.
Sanksi
pelanggaran norma.
C. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Tanya jawab
- Inkuiri
- Diskusi kelompok
- Demonstrasi
D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan 1
1.
Kegiatan Awal (10
menit)
a.
Apersepsi :
1)
Berdo’a bersama memulai pelajaran
(religius).
2)
Mengecek kondisi kelas untuk
menanamkan (peduli lingkungan).
3)
mengecek kehadiran siswa (tertib/disiplin).
4)
Siswa mengkondisikan diri untuk
belajar dengan arahan guru (secara mandiri dan disiplin).
5)
Siswa menjawab pertanyaan guru
tentang ideologi nasional Indonesia (dengan percaya diri, berani, dan berfikir
kritis) (pre-test).
b.
Motivasi :
1)
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang kompetensi dasar yang ingin dicapai (secara cermat dan rasa
ingin tahu).
2)
Siswa dan guru bertanya jawab
tentang manfaat dari materi pembelajaran ini (dilandasi rasa ingin tahu
dan berfikir kritis).
2.
Kegiatan
Inti (60 menit)
a. Eksplorasi
:
1) Siswa
memperhatikan skema materi (secara cermat),
menjawab pertanyaan (dengan percaya diri, berani dan santun) serta menyimak penjelasan guru (dengan rasa ingin tahu) tentang pengertian
norma, kebiasaan dan adat istiadat.
2) Siswa
mengkondisikan diri untuk diskusi kelompok (secara kreatif, tertib/disiplin
dan demokratis).
b. Elaborasi
:
1) Setiap kelompok
siswa menganalisa dan
membaca berbagai buku
sumber (secara
cermat, rasa ingin tahu, kerjasama, kerja keras dan
penuh tangung jawab) untuk
menemukan manfaat
dan pentingnya norma.
2) Setiap kelompok berdiskusi (secara demokratis dan mengembangkan berfikir
logis dan kritis serta sikap santun dan bertanggung jawab)
tentang manfaat
dan pentingnya norma.
3) Setiap
kelompok menulis hasil diskusi kelompoknya (dengan percaya diri dan kerjasama
serta penuh rasa tanggung jawab).
c. Konfirmasi
:
1)
Perwakilan setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas dan
kelompok lain memberikan tanggapan (dengan rasa percaya diri, cermat,
kritis, dan bertanggung jawab).
2)
Guru bersama
siswa membuat kesimpulan atas presentasi tiap kelompok
(secara kerjasama, kritis, dan terbuka).
3)
Guru memberikan umpan balik positif
dan penguatan terhadap keberhasilan peserta didik (untuk
menumbuhkan rasa percaya diri dan optimisme).
4) Guru memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik (untuk menanamkan sikap menghargai prestasi).
3.
Kegiatan Akhir (10
menit)
a.
Siswa
menyimpulkan materi yang telah dibahas bersama guru (dilandasai rasa percaya diri).
b.
Siswa dan guru melakukan refleksi (secara terbuka dan jujur).
c.
Siswa menjawab pertanyaan guru yang
dilontarkan secara lisan dan acak dengan rasa percaya diri, cermat, dan santun (post-test).
d.
Siswa memperhatikan dan mencatat
tugas individual yang diberikan guru yaitu membuat
kliping tentang perilaku masyarakat dalam pelaksanaan norma-norma yang berlaku (untuk menanamkan gemar
membaca, kreatif, rasa ingin tahu,
mandiri dan disiplin).
Pertemuan 2
1.
Kegiatan Awal (10
menit)
a.
Apersepsi :
1)
Berdo’a bersama memulai pelajaran
(religius).
2)
Mengecek kondisi kelas untuk
menanamkan (peduli lingkungan).
3)
mengecek kehadiran siswa (tertib/disiplin).
4)
Siswa mengkondisikan diri untuk
belajar dengan arahan guru (secara mandiri dan disiplin).
5)
Siswa menjawab pertanyaan guru
tentang pengertian dan manfaat norma (dengan percaya diri, berani, dan berfikir
kritis) (pre-test).
b.
Motivasi :
1)
Siswa menyimak penjelasan guru
tentang kompetensi dasar yang ingin dicapai (secara cermat dan rasa
ingin tahu).
2)
Siswa dan guru bertanya jawab
tentang manfaat dari materi pembelajaran ini (dilandasi rasa ingin tahu
dan berfikir kritis).
2.
Kegiatan
Inti (60 menit)
a. Eksplorasi
:
1) Siswa
memperhatikan skema materi (secara cermat),
menjawab pertanyaan (dengan percaya diri, berani dan santun) serta menyimak penjelasan guru (dengan rasa ingin tahu) tentang macam-macam, sumber dan sanksi pelanggaran
norma dalam kehidupan bermasyarakat.
2) Siswa
mengkondisikan diri untuk diskusi kelompok (secara kreatif, tertib/disiplin
dan demokratis).
b. Elaborasi
:
1) Setiap kelompok
siswa menganalisa dan
membaca berbagai buku
sumber (secara
cermat, rasa ingin tahu, kerjasama, kerja keras dan
penuh tangung jawab) untuk
menemukan macam-macam
norma.
2) Setiap kelompok berdiskusi (secara demokratis dan mengembangkan berfikir
logis dan kritis serta sikap santun dan bertanggung jawab)
tentang macam-macam, sumber dan sanksi pelanggaran
norma.
3) Setiap
kelompok menulis hasil diskusi kelompoknya (dengan percaya diri dan kerjasama
serta penuh rasa tanggung jawab).
4) Setiap
kelompok menyiapkan untuk mendemonstrasikan salah satu contoh norma (dengan percaya
diri, kerjasama, disiplin, dan penuh rasa tanggung jawab).
c. Konfirmasi
:
1)
Perwakilan setiap
kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas dan
kelompok lain memberikan tanggapan (dengan rasa percaya diri, cermat,
kritis, dan bertanggung jawab).
2) Setiap kelompok mendemonstrasikan salah satu contoh norma
(dengan percaya diri, kerjasama, disiplin, dan penuh rasa
tanggung jawab).
3)
Guru bersama
siswa membuat kesimpulan atas presentasi tiap kelompok
(secara kerjasama, kritis, dan terbuka).
4) Guru memberikan umpan balik positif
dan penguatan terhadap keberhasilan peserta didik (untuk
menumbuhkan rasa percaya diri dan optimisme).
5) Guru memberikan konfirmasi terhadap
hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik (untuk menanamkan sikap menghargai prestasi).
3.
Kegiatan Akhir (10
menit)
a.
Siswa
menyimpulkan materi yang telah dibahas bersama guru (dilandasai rasa percaya diri).
b.
Siswa dan guru melakukan refleksi (secara terbuka dan jujur).
c.
Siswa menjawab pertanyaan guru yang
dilontarkan secara lisan dan acak dengan rasa percaya diri, cermat, dan santun (post-test).
d. Siswa memperhatikan dan mencatat
tugas individual yang diberikan guru yaitu penegasan membuat
kliping tentang perilaku masyarakat dalam pelaksanaan norma-norma yang berlaku (untuk menanamkan gemar
membaca, kreatif, rasa ingin tahu,
mandiri dan disiplin).
E. Alat dan Sumber Pembelajaran
·
Agus
Dwiyono, (2008), Kewarganegaraan
untuk SMP dan MTs Kelas VII, Bandung
: Yudhistira.
· AT.
Sugeng dkk, (2008), Pendidikan
Kewarganegaraan untuk SMP Kelas VII, Jakarta : Pusat
Perbukuan Depdiknas.
·
MS.
Farudy, (2009), Pendidikan
Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VII, Jakarta :
Pusat Perbukuan, Depdiknas.
·
Referensi
lain yang relevan.
·
UUD
1945
·
Skema
materi (powerpoint).
·
Gambar-gambar
·
Lembar
Kerjas Siswa
·
Lembar
pengamatan
·
Media laptop
dan infocus.
F. Penilaian
a.
Pre test dan
post test dilakukan secara lisan dan random.
b.
Test process
dilakukan melalui aktivitas tanya-jawab dan diskusi kelompok.
c.
Uji
Kompetensi :
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Instrumen
|
|
Menjelaskan
pengertian norma, kebiasaan dan adat istiadat (dengan penuh percaya diri
dan komunikatif).
|
Tes tertulis
|
Pilihan Ganda
|
Pengertian
norma adalah ....
a. aturan-aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan
ermasyarakat, berbangsa dan
bernegara
b. ketentuan hukum yang tertulis secara sistematis dan dibuat
oleh pihak yang berwenang
c. kebiasaan-kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat dan
berjalan sebagai aturan hidup
d. kaidah-kaidah atau ketentuan-ketentuan yang dijadikan
peraturan hidup sehingga mempengaruhi
tingkah laku dalam masyarakat
|
Menjelaskan
manfaat norma (dengan penuh percaya diri dan komunikatif).
|
Tes tertulis
|
Pilihan Ganda
|
Manfaat yang
didapat jika seseorang patuh terhadap
norma yang berlaku adalah …
a. merasa aman dalam setiap langkah hidupnya
b.
mendapat penghargaan sebagai pribadi yang baik
c.
mudah memperoleh se-gala apa yang diinginkan
d. selalu mendapat kesem-patan untuk melakukan sesuatu
|
Menjelaskan
pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat
(dengan penuh percaya diri dan komunikatif)
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat !
|
Menjelaskan macam-macam norma (dengan penuh percaya
diri dan komunikatif)
|
Tes lisan
|
Daftar
pertanyaan
|
Jelaskan macam-macam
norma yang ada di masyarakat !
|
Menjelaskan
sumber-sumber norma masyarakat (secara komunikatif dan percaya
diri).
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan sumber-sumber norma dalam masyarakat !
|
Menjelaskan
sanksi pelanggaran norma
(dengan percaya diri, komunikatif dan bertanggung jawab).
|
Tes Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan sanksi
pelanggaran norma kesusilaan di
masyarakat !
|
Mengetahui:
Cipatat, 11 Juli 2011
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Benny Setiawan, S.Pd. Jajang Sulaeman, S.Pd.
NIP.
19611208 198403 1006 NIP.
19700316 200801 1005
Lampiran RPP 1
·
Skema
Materi
·
Gambar-Gambar
·
Lembar
Kerja Siswa
1.
Manfaat
Norma
No.
|
Manfaat Norma
|
2.
Pentingnya
Norma
No.
|
Pentingnya Norma
|
3.
Macam-macam
norma dalam masyarakat.
No.
|
Macam-macam
Norma
|
Penjelasan
|
4.
Sumber-sumber
norma dalam masyarakat.
No.
|
Norma
|
Sumber
|
Pemberi
Sanksi
|
Sifat
|
· Lembar Pengamatan Kerja Kelompok Siswa
Kel
|
No.
|
Nama Peserta didik
|
Aspek yang dililai
|
Skor
|
||
Disiplin
|
Aktivitas
|
Kerjasama
|
||||
Keterangan :
· Skor maksimal aspek disiplin 35, skor
minimal 10.
· Skor maksimal aspek aktivitas 35, skor
minimal 10.
· Skor maksimal aspek kerjasama 30, skor
minimal 10.
·
Lembar Penilaian Hasil Kerja Kelompok
Kel
|
No.
|
Nama
Peserta didik
|
Aspek yang
dililai
|
Skor
|
||
Ketepatan
Materi
|
Ketepatan
Waktu
|
Kerapihan/
Penampilan
|
||||
Keterangan :
· Skor maksimal aspek disiplin 35, skor
minimal 10.
· Skor maksimal aspek aktivitas 35, skor
minimal 10.
· Skor maksimal aspek kerjasama 30, skor
minimal 10.
·
Uji Kompetensi 1.1. :
A.
Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat !
1.
Pengertian
norma adalah ....
a.
aturan-aturan
hukum yang berlaku dalam kehidupan ermasyarakat, berbangsa dan bernegara
b.
ketentuan
hukum yang tertulis secara sistematis dan dibuat oleh pihak yang berwenang
c.
kebiasaan-kebiasaan
yang berlaku dalam masyarakat dan berjalan sebagai aturan hidup
d.
kaidah-kaidah
atau ketentuan-ketentuan yang dijadikan peraturan hidup sehingga
mempengaruhi tingkah laku dalam
masyarakat
2.
Manfaat
yang didapat jika seseorang patuh
terhadap norma yang berlaku adalah
…
a.
merasa aman dalam setiap langkah hidupnya
b.
mendapat penghargaan sebagai pribadi yang baik
c.
mudah memperoleh se-gala apa yang diinginkan
d.
selalu mendapat kesem-patan untuk melakukan sesuatu
3.
Norma yang sanksinya berupa rasa menyesal disebut norma ....
a. kesusilaan
b. kemasyarakatan
c. agama
d. kesopanan
4.
Manusia
dapat membentuk kelompok dan menciptakan pakaian dengan menggunakan ….
a.
nalurinya
b.
daya pikirnya
c.
rasa estetikanya
d.
etika dan
khayalannya
5.
Kaidah
hidup yang paling tua adalah norma ….
a.
kesusilaan
b.
adat atau
kemasyarakatan
c.
agama
d.
hukum
6.
Kaidah atau
norma yang jenis sanksinya berupa pengusiran dari kelompoknya disebut kaidah ….
a.
kesusilaan
b.
adat atau
kemasyarakatan
c.
agama
d.
hukum
7.
Di antara
kaidah hidup di bawah ini, yang mempunyai sanksi paling tegas, baik di dunia
maupun di akhirat, adalah ….
a.
kesusilaan
b.
adat atau
kemasyarakatan
c.
agama
d.
hukum
8.
Tujuan yang
paling mendasar diciptakannya kaidah atau norma dalam masyarakat adalah untuk
mewujudkan ….
a.
kepastian hukum
b.
ketertiban
dalam masyarakat
c.
keadilan sosial
d.
kebahagiaan
bagi masyarakat
9.
Salah satu
ciri norma hukum bila dibandingkan dengan norma lainnya adalah dari segi
sanksinya, yaitu ….
a.
sudah ditentukan terlebih dahulu
b.
tegas dan
keras
c.
tidak memandang siapa yang bersalah
d.
dibuat oleh
lembaga kemasyarakatan
10.
Norma mempunyai fungsi yang sangat penting dalam masyarakat, yaitu untuk
....
a.
menegakkan keadilan
b.
menegakkan
kebenaran
c.
menciptakan ketertiban
d.
mewujudkan
kebersamaan
B.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat, singkat, dan jelas!
1.
Jelaskan pengertuan kebiasaan, adat istiadat dan norma yang berlaku dalam masyarakat!
2.
Jelaskan arti pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa,
dan bernegara!
3.
Uraikanlah macam-macam norma
yang berlaku dalam masyarakat!
4.
Jelaskan
sumber-sumber norma dalam masyarakat !
5.
Jelaskan
sanksi pelanggaran norma kesusilaan
di masya-rakat !
Pedomana Penilaian :
1.
Setiap item soal PG diberi skor 1.
2.
Setiap item soal uraian diberi skor 3.
Skor Perolehan
Nilai
Perolehan Siswa : ------------------------------- x 100
Skor
Maksimum (25)
No comments:
Post a Comment