Sep 6, 2011

RPP PKn Berkarakter

RPP PKn Berkarakter


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP 1.1-1)

Nama Sekolah
:
SMP Negeri 3 Cipatat
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas / Semester
:
VII / 1
Standar Kompetisi
:
1.  Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
Kompetensi Dasar
:
1.1.   Mendeskripsikan hakikat norma-norma , kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat.
Alokasi Waktu
:
4 x 40 menit (2 x pertemuan)


A.  Tujuan Pembelajaran

Setelah selesai proses pembelajaran, peserta didik dapat :
1.    menjelaskan pengertian norma, kebiasaan, dan adat istiadat (dengan penuh percaya diri dan komunikatif).
2.    menjelaskan manfaat norma (dengan penuh percaya diri dan komunikatif).
3.   menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara (dengan penuh percaya diri dan komunikatif).
4.    menguraikan macam-macam norma (dengan penuh percaya diri dan komunikatif).
5.    menjelaskan sumber-sumber norma masyarakat (secara komunikatif dan percaya diri).
6.    menjelaskan sanksi pelanggaran norma (dengan percaya diri, komunikatif dan bertanggung jawab).

B.   Materi Pembelajaran

1.    Pengertian norma, kebiasaan, dan adat istiadat.
2.    Manfaat norma.
3.    Pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat.
4.    Macam-macam norma.
5.    Sumber-sumber norma yang berlaku dalam masyarakat.
6.    Sanksi pelanggaran norma.

C.  Metode Pembelajaran

  • Ceramah
  • Tanya jawab
  • Inkuiri
  • Diskusi kelompok
  • Demonstrasi

D.  Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan 1

1.    Kegiatan Awal (10 menit)
a.    Apersepsi :
1)   Berdo’a bersama memulai pelajaran (religius).
2)   Mengecek kondisi kelas untuk menanamkan (peduli lingkungan).
3)   mengecek kehadiran siswa (tertib/disiplin).
4)   Siswa mengkondisikan diri untuk belajar dengan arahan guru (secara mandiri dan disiplin).
5)   Siswa menjawab pertanyaan guru tentang ideologi nasional Indonesia (dengan percaya diri, berani, dan berfikir kritis) (pre-test).
b.    Motivasi :
1)   Siswa menyimak penjelasan guru tentang kompetensi dasar yang ingin dicapai (secara cermat dan rasa ingin tahu).
2)   Siswa dan guru bertanya jawab tentang manfaat dari materi pembelajaran ini (dilandasi rasa ingin tahu dan berfikir kritis).

2.    Kegiatan Inti (60 menit)
a.    Eksplorasi :
1)   Siswa memperhatikan skema materi (secara cermat), menjawab pertanyaan (dengan percaya diri, berani dan santun) serta menyimak penjelasan guru (dengan rasa ingin tahu) tentang pengertian norma, kebiasaan dan adat istiadat.
2) Siswa mengkondisikan diri untuk diskusi kelompok (secara kreatif, tertib/disiplin dan demokratis).

b.    Elaborasi :
1)   Setiap kelompok siswa menganalisa dan membaca berbagai buku sumber (secara cermat, rasa ingin tahu, kerjasama, kerja keras dan penuh tangung jawab) untuk menemukan manfaat dan pentingnya norma.
2)   Setiap kelompok berdiskusi (secara demokratis dan mengembangkan berfikir logis dan kritis serta sikap santun dan bertanggung jawab) tentang manfaat dan pentingnya norma.
3)   Setiap kelompok menulis hasil diskusi kelompoknya (dengan percaya diri dan kerjasama serta penuh rasa tanggung jawab).

c.    Konfirmasi :
1)   Perwakilan setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan (dengan rasa percaya diri, cermat, kritis, dan bertanggung jawab).
2)   Guru bersama siswa membuat kesimpulan atas presentasi tiap kelompok (secara kerjasama, kritis, dan terbuka).
3)   Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap keberhasilan peserta didik (untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan optimisme).
4)  Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik (untuk menanamkan sikap menghargai prestasi).

3.    Kegiatan Akhir (10 menit)
a.    Siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas bersama guru (dilandasai rasa percaya diri).
b.    Siswa dan guru melakukan refleksi (secara terbuka dan jujur).
c.    Siswa menjawab pertanyaan guru yang dilontarkan secara lisan dan acak dengan rasa percaya diri, cermat, dan santun (post-test).
d.    Siswa memperhatikan dan mencatat tugas individual yang diberikan guru yaitu membuat kliping tentang perilaku masyarakat dalam pelaksanaan norma-norma yang berlaku (untuk menanamkan gemar membaca, kreatif, rasa ingin tahu, mandiri dan disiplin).

Pertemuan 2

1.    Kegiatan Awal (10 menit)
a.     Apersepsi :
1)    Berdo’a bersama memulai pelajaran (religius).
2)    Mengecek kondisi kelas untuk menanamkan (peduli lingkungan).
3)    mengecek kehadiran siswa (tertib/disiplin).
4)    Siswa mengkondisikan diri untuk belajar dengan arahan guru (secara mandiri dan disiplin).
5)    Siswa menjawab pertanyaan guru tentang pengertian dan manfaat norma (dengan percaya diri, berani, dan berfikir kritis) (pre-test).
b.     Motivasi :
1)    Siswa menyimak penjelasan guru tentang kompetensi dasar yang ingin dicapai (secara cermat dan rasa ingin tahu).
2)    Siswa dan guru bertanya jawab tentang manfaat dari materi pembelajaran ini (dilandasi rasa ingin tahu dan berfikir kritis).

2.    Kegiatan Inti (60 menit)
a.    Eksplorasi :
1)   Siswa memperhatikan skema materi (secara cermat), menjawab pertanyaan (dengan percaya diri, berani dan santun) serta menyimak penjelasan guru (dengan rasa ingin tahu) tentang macam-macam, sumber dan sanksi pelanggaran norma dalam kehidupan bermasyarakat.
2) Siswa mengkondisikan diri untuk diskusi kelompok (secara kreatif, tertib/disiplin dan demokratis).

b.    Elaborasi :
1)  Setiap kelompok siswa menganalisa dan membaca berbagai buku sumber (secara cermat, rasa ingin tahu, kerjasama, kerja keras dan penuh tangung jawab) untuk menemukan macam-macam norma.
2)    Setiap kelompok berdiskusi (secara demokratis dan mengembangkan berfikir logis dan kritis serta sikap santun dan bertanggung jawab) tentang macam-macam, sumber dan sanksi pelanggaran norma.
3)  Setiap kelompok menulis hasil diskusi kelompoknya (dengan percaya diri dan kerjasama serta penuh rasa tanggung jawab).
4)  Setiap kelompok menyiapkan untuk mendemonstrasikan salah satu contoh norma (dengan percaya diri, kerjasama, disiplin, dan penuh rasa tanggung jawab).

c.    Konfirmasi :
1)   Perwakilan setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas dan kelompok lain memberikan tanggapan (dengan rasa percaya diri, cermat, kritis, dan bertanggung jawab).
2) Setiap kelompok mendemonstrasikan salah satu contoh norma (dengan percaya diri, kerjasama, disiplin, dan penuh rasa tanggung jawab).
3)   Guru bersama siswa membuat kesimpulan atas presentasi tiap kelompok (secara kerjasama, kritis, dan terbuka).
4)  Guru memberikan umpan balik positif dan penguatan terhadap keberhasilan peserta didik (untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan optimisme).
5) Guru memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik (untuk menanamkan sikap menghargai prestasi).


3.    Kegiatan Akhir (10 menit)
a.    Siswa menyimpulkan materi yang telah dibahas bersama guru (dilandasai rasa percaya diri).
b.    Siswa dan guru melakukan refleksi (secara terbuka dan jujur).
c.    Siswa menjawab pertanyaan guru yang dilontarkan secara lisan dan acak dengan rasa percaya diri, cermat, dan santun (post-test).
d. Siswa memperhatikan dan mencatat tugas individual yang diberikan guru yaitu penegasan membuat kliping tentang perilaku masyarakat dalam pelaksanaan norma-norma yang berlaku (untuk menanamkan gemar membaca, kreatif, rasa ingin tahu, mandiri dan disiplin).

E.   Alat dan Sumber Pembelajaran


·      Agus Dwiyono, (2008), Kewarganegaraan untuk SMP dan MTs Kelas VII, Bandung : Yudhistira.
·  AT. Sugeng dkk, (2008), Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMP Kelas VII, Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas.
·      MS. Farudy, (2009), Pendidikan Kewarganegaraan untuk SMP/MTs Kelas VII, Jakarta : Pusat Perbukuan, Depdiknas.
·      Referensi lain yang relevan.
·      UUD 1945
·      Skema materi (powerpoint).
·      Gambar-gambar
·      Lembar Kerjas Siswa
·      Lembar pengamatan
·      Media laptop dan infocus.

F.  Penilaian

a.    Pre test dan post test dilakukan secara lisan dan random.
b.    Test process dilakukan melalui aktivitas tanya-jawab dan diskusi kelompok.
c.    Uji Kompetensi :

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Menjelaskan pengertian norma, kebiasaan dan adat istiadat (dengan penuh percaya diri dan komunikatif).

Tes tertulis

Pilihan Ganda

Pengertian norma adalah ....
a. aturan-aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan ermasyarakat,     berbangsa dan bernegara
b. ketentuan hukum yang tertulis secara sistematis dan dibuat oleh pihak yang berwenang
c. kebiasaan-kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat dan berjalan sebagai aturan hidup
d. kaidah-kaidah atau ketentuan-ketentuan yang dijadikan peraturan hidup sehingga mempengaruhi     tingkah laku dalam masyarakat

Menjelaskan manfaat norma (dengan penuh percaya diri dan komunikatif).

Tes tertulis

Pilihan Ganda

Manfaat yang didapat jika seseorang patuh  terhadap norma  yang berlaku adalah …
a. merasa aman dalam setiap langkah hidupnya
b.  mendapat penghargaan sebagai pribadi yang baik
c.     mudah memperoleh se-gala apa yang diinginkan
d. selalu mendapat kesem-patan untuk melakukan sesuatu

Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat (dengan penuh percaya diri dan komunikatif)

Tes tertulis

Uraian
Jelaskan pentingnya norma dalam  kehidupan bermasyarakat !


Menjelaskan  macam-macam norma (dengan penuh percaya diri dan komunikatif)
Tes lisan

Daftar pertanyaan

Jelaskan  macam-macam norma yang ada di masyarakat !
Menjelaskan sumber-sumber norma masyarakat (secara komunikatif dan percaya diri).

Tes Tertulis

Uraian

Jelaskan sumber-sumber norma dalam masyarakat !
Menjelaskan sanksi pelanggaran norma (dengan percaya diri, komunikatif dan bertanggung jawab).

Tes Tertulis

Uraian

Jelaskan sanksi  pelanggaran norma kesusilaan di  masyarakat !






Mengetahui:                                                                 Cipatat,   11 Juli 2011
Kepala Sekolah                                                            Guru Mata Pelajaran



Benny Setiawan, S.Pd.                                                Jajang Sulaeman, S.Pd.
NIP. 19611208 198403 1006                                           NIP. 19700316 200801 1005


Lampiran RPP 1

·      Skema Materi



 


·      Gambar-Gambar











·      Lembar Kerja Siswa

1.    Manfaat Norma

No.
Manfaat Norma

















2.    Pentingnya Norma

No.
Pentingnya Norma

















3.    Macam-macam norma dalam masyarakat.

No.
Macam-macam Norma
Penjelasan



























4.    Sumber-sumber norma dalam masyarakat.

No.
Norma
Sumber
Pemberi Sanksi
Sifat


























·      Lembar Pengamatan Kerja Kelompok Siswa

Kel
No.
Nama Peserta didik
Aspek yang dililai
Skor
Disiplin
Aktivitas
Kerjasama












































Keterangan :
·      Skor maksimal aspek disiplin 35, skor minimal 10.
·      Skor maksimal aspek aktivitas 35, skor minimal 10.
·      Skor maksimal aspek kerjasama 30, skor minimal 10.

·      Lembar Penilaian Hasil Kerja Kelompok

Kel
No.
Nama Peserta didik
Aspek yang dililai
Skor
Ketepatan Materi
Ketepatan Waktu
Kerapihan/
Penampilan












































Keterangan :
·      Skor maksimal aspek disiplin 35, skor minimal 10.
·      Skor maksimal aspek aktivitas 35, skor minimal 10.
·      Skor maksimal aspek kerjasama 30, skor minimal 10.

·      Uji Kompetensi 1.1. :

A.   Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat !
1.    Pengertian norma adalah ....
a.       aturan-aturan hukum yang berlaku dalam kehidupan ermasyarakat,     berbangsa dan bernegara
b.       ketentuan hukum yang tertulis secara sistematis dan dibuat oleh pihak yang berwenang
c.       kebiasaan-kebiasaan yang berlaku dalam masyarakat dan berjalan sebagai aturan hidup
d.       kaidah-kaidah atau ketentuan-ketentuan yang dijadikan peraturan hidup sehingga mempengaruhi     tingkah laku dalam masyarakat
2.    Manfaat yang didapat jika seseorang patuh  terhadap norma  yang berlaku adalah …
a.       merasa aman dalam setiap langkah hidupnya
b.       mendapat penghargaan sebagai pribadi yang baik
c.       mudah memperoleh se-gala apa yang diinginkan
d.       selalu mendapat kesem-patan untuk melakukan sesuatu
3.    Norma yang sanksinya berupa rasa menyesal disebut norma ....
a.      kesusilaan
b.    kemasyarakatan
c.      agama
d.    kesopanan
4.    Manusia dapat membentuk kelompok dan menciptakan pakaian dengan menggunakan ….
a.      nalurinya
b.    daya pikirnya
c.      rasa estetikanya
d.    etika dan khayalannya
5.    Kaidah hidup yang paling tua adalah norma ….
a.      kesusilaan
b.    adat atau kemasyarakatan
c.      agama
d.    hukum
6.    Kaidah atau norma yang jenis sanksinya berupa pengusiran dari kelompoknya disebut kaidah ….
a.      kesusilaan
b.    adat atau kemasyarakatan
c.      agama
d.    hukum
7.    Di antara kaidah hidup di bawah ini, yang mempunyai sanksi paling tegas, baik di dunia maupun di akhirat, adalah ….
a.      kesusilaan
b.    adat atau kemasyarakatan
c.      agama
d.    hukum
8.    Tujuan yang paling mendasar diciptakannya kaidah atau norma dalam masyarakat adalah untuk mewujudkan ….
a.      kepastian hukum
b.    ketertiban dalam masyarakat
c.      keadilan sosial
d.    kebahagiaan bagi masyarakat
9.    Salah satu ciri norma hukum bila dibandingkan dengan norma lainnya adalah dari segi sanksinya, yaitu ….
a.      sudah ditentukan terlebih dahulu
b.    tegas dan keras
c.      tidak memandang siapa yang bersalah
d.    dibuat oleh lembaga kemasyarakatan
10.     Norma mempunyai fungsi yang sangat penting dalam masyarakat, yaitu untuk ....
a.      menegakkan keadilan
b.    menegakkan kebenaran
c.      menciptakan ketertiban
d.    mewujudkan kebersamaan

B.   Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat, singkat, dan jelas!

1.    Jelaskan pengertuan kebiasaan, adat istiadat dan norma yang berlaku dalam masyarakat!
2.    Jelaskan arti pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara!
3.    Uraikanlah macam-macam norma yang berlaku dalam masyarakat!
4.    Jelaskan sumber-sumber norma dalam masyarakat !
5.    Jelaskan sanksi  pelanggaran norma kesusilaan di  masya-rakat !


Pedomana Penilaian :

1.    Setiap item soal PG diberi skor 1.
2.    Setiap item soal uraian diberi skor 3.

                                                Skor Perolehan
Nilai Perolehan Siswa :  ------------------------------- x  100
                                          Skor Maksimum (25)


No comments:

Post a Comment