RPP PKn PLPG
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No. 1.3-3)
|
|||
Nama Sekolah
|
:
|
SMP Negeri 3 Cipatat
|
|
Mata Pelajaran
|
:
|
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
|
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX/I
|
|
Pertemuan Ke-
|
6 (enam)
|
||
Standar Kompetensi
|
:
|
1.
|
Menampilkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara.
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
1.3.
|
Menampilkan peran serta dalam usaha pembelaan negara.
|
Indikator
|
:
|
Menunjukkan partisipasi dalam usaha pembelaan negara
di lingkungannya.
|
|
Alokasi Waktu
|
:
|
2 x 40 menit (1 x pertemuan)
|
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses
pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat memberikan
contoh peran serta warga negara dalam pembelaan negara di berbagai lingkungan.
Karakter siswa yang diharapkan
:
·
Cermat
·
Berfikir
kritis
·
Peduli
sosial
·
Semangat
kebangsaan
B. Materi Pembelajaran
Partisipasi dalam usaha
pembelaan negara di lingkungan masing-masing.
C. Metode Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Diskusi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1.
Kegiatan Awal (10 menit)
a. Apersepsi :
1) Berdo’a bersama
memulai pelajaran.
2) Mengecek kondisi
kelas untuk menanamkan.
3) mengecek
kehadiran siswa.
4) Siswa
mengkondisikan diri untuk belajar dengan arahan guru.
5) Siswa menjawab
pertanyaan guru tentang sikap perilaku bela negara (pre-test).
b. Motivasi :
1)
Siswa menyimak penjelasan guru tentang kompetensi
dasar yang ingin dicapai.
2)
Siswa dan guru bertanya jawab tentang manfaat dari
materi pembelajaran ini.
2.
Kegiatan Inti (60 menit)
a.
Eksplorasi :
1)
Siswa memperhatikan skema
materi dan menyimak penjelasan guru tentang skema materi pelajaran.
2)
Peserta didik membentuk beberapa kelompok menurut
pembagian tema diskusi.
3)
Setiap kelompok memperhatikan informasi tentang proses
diskusi dan cara pengisian LKS.
b.
Elaborasi :
1)
Setiap kelompok berdiskusi tentang contoh peran serta warga negara dalam pembelaan
negara di berbagai lingkungan.
2)
Setiap kelompok
membuat hasil laporan dari diskusi kelompok.
c.
Konfirmasi :
1)
Setiap kelompok mempresentasikan hasil
diskusi di depan kelas dan
kelompok lain memberikan tanggapan.
2) Guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil presentasi.
3) Guru memberikan
konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik .
3. Kegiatan Akhir (10 menit)
a.
Siswa
menyimpulkan materi yang telah dibahas bersama guru.
b.
Siswa dan guru melakukan refleksi.
c.
Siswa menjawab pertanyaan guru yang dilontarkan secara
lisan dan acak (post-test).
d.
Siswa memperhatikan dan mencatat tugas individual
individual yang diberikan guru untuk membuat kliping tentang pembelaan negara.
E. Sumber Pembelajaran
· AT.
Sugeng Priyanto, dkk (2008), Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SMP Kelas IX,
Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas.
· Dewi
Aniaty & Aviani Santi Baryono, (2009), PKn 3 Kelas IX SMP dan MTs,
Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas.
· MS
Faridy, (2009), Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SMP/Mts Kelas IX,
Jakarta : Pusat Perbukuan Depdiknas.
· UUD 1945 yang
telah diamandemen
·
UU No. 3 Tahun
2002 tentang Pertahanan Negara
· Artikel surat
kabar
·
Materi powerpoint.
·
Media laptop dan infocus.
F. Penilaian
Indikator
Pencapaian
|
Teknik
Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
Menunjukkan partisipasi dalam usaha pembelaan
negara di lingkungannya.
|
Penilaian
diri
|
Kuesioner
|
Format penilaian skala sikap
(Instrumen terlampir )
|
Mengetahui:
|
Bandung, 26 Agustus 2011
|
|
Instruktur I
|
Instruktur II
|
Peserta
|
__________________________
|
_________________________
|
Jajang
Sulaeman, S.Pd.
|
Lampiran RPP 1.3-3 :
A. Lembar Kerja Siswa
TUGAS KELOMPOK
|
a.
|
Buatlah kelompok dengan anggota terdiri dari
3-5 orang.
|
b.
|
Berdiskusilah bersama teman sekelompok untuk
mengisi lembar kerja di bawah ini.
|
PERAN
SERTA WARGA NEGARA DALAM PEMBELAAN NEGARA
DI
BERBAGAI LINGKUNGAN
No.
|
Lingkungan
|
No.
|
Sikap Perilaku Demokratis
|
Nilai
Demokratis
|
1.
|
Keluarga
|
a.
b.
c.
d.
e.
|
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
|
.............................
.............................
.............................
.............................
.............................
|
2.
|
Sekolah
|
a.
b.
c.
d.
e.
|
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
|
.............................
.............................
.............................
.............................
.............................
|
3.
|
Masyarakat
|
a.
b.
c.
d.
e.
|
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
|
.............................
.............................
.............................
.............................
.............................
|
4.
|
Bangsa/
Negara
|
a.
b.
c.
d.
e.
|
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
........................................................................
|
.............................
.............................
.............................
.............................
.............................
|
Identitas Kelompok :
Nama Kelompok
|
:
|
...................................................................
|
Ketua
|
:
|
1.
|
Sekretaris
|
:
|
2.
|
Penyaji
|
:
|
3.
|
Anggota
|
:
|
4.
|
5.
|
||
6.
|
||
7.
|
||
8.
|
B. Lembar Pengamatan Diskusi
Kelompok
Kelompok : ...........................................................
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
Total Nilai
|
||||
Sikap
|
Keaktifan
|
Wawasan
|
Kemampuan Berpendapat
|
Kerja sama
|
|||
Jumlah Skor
|
Keterangan:
Sangat Baik
|
:
|
Skor 4
|
Baik
|
:
|
Skor 3
|
Cukup
|
:
|
Skor 2
|
Kurang
|
:
|
Skor 1
|
Sangat Kurang
|
:
|
Skor 0
|
Skor Maksimal
|
:
|
20
|
Nilai Akhir :
Skor yang diperoleh
NA : x 100
Skor Maksimal
C. Instrumen Skala Sikap
Skala
Sikap
PELAKSANAAN DEMOKRASI DI BERBAGAI LINGKUNGAN
No.
|
Pernyataan
|
Skala
Sikap
|
Alasan
|
||||
SS
|
S
|
N
|
TS
|
STS
|
|||
1.
|
Setiap
anggota keluarga wajib dan berhak ikut serta dalam usaha pembelaan negara.
|
||||||
2.
|
Saya
akan melaporkan kepada pihak yang berwenang (polisi) bila ada anggota
keluarga yang terlibat pengedaran narkoba.
|
||||||
3.
|
Saya
akan menunjukkan kemampuan diri secara optimal untuk kemajuan dan
kesejahteraan keluarga.
|
||||||
4.
|
Setiap
siswa dapat berperan serta dalam usaha bela negara di lingkungan sekolah
sesuai kemampuannya.
|
||||||
5.
|
Saya
sangat bangga terhadap teman yang mampu berprestasi dengan baik di sekolah.
|
||||||
6.
|
Saya
akan berusaha untuk menjadi siswa yang berprestasi dalam PKn sebagai wujud
pembelaan negara.
|
||||||
7.
|
Setiap
warga masyarakat berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara
menurut kedudukan, kemampuan dan profesinya masing-masing.
|
||||||
8.
|
Saya
akan melaporkan kepada ketua RT bila ada orang yang tidak dikenal keluyuran
malam tanpa membawa KTP dan tujuan yang jelas.
|
||||||
9.
|
Sebagai
warga masyarakat, saya akan selalu berusaha untuk mewujudkan kondisi
masyarakat yang tertib dan aman.
|
||||||
10.
|
Setiap
warga negara harus membela negara agar disebut sebagai pahlawan dan pujian
orang lain.
|
||||||
11.
|
Saya
sangat mengapresiasi (menghargai) pengorbanan para pahlawan bangsa.
|
||||||
12.
|
Saya
akan berusaha meneruskan cita-cita perjuangan para pahlawan bangsa sebagao
suatu hak, kewajiban dan penghormatan.
|
||||||
Jumlah
Skor
|
Keterangan:
Sangat Setuju (SS)
|
:
|
Skor 4
|
Setuju (S)
|
:
|
Skor 3
|
Netral (N)
|
:
|
Skor 2
|
Tidak Setuju (TS)
|
:
|
Skor 1
|
Sangat Tidak Setuju (STS)
|
:
|
Skor 0
|
Alasan
|
:
|
Skor 1-3
|
Skor Maksimal
|
:
|
56
|
Nilai Akhir :
Skor yang diperoleh
NA : x 100
Skor Maksimal
No comments:
Post a Comment