LATIHAN SOAL UKA/UKG ONLINE 2013
1. Menurut
Djojonegoro, Profesionalisme dalam suatu pekerjaan atau jabatan ditentukan oleh
tiga faktor penting di bawah ini, kecuali :
A. Memiliki keahlian khusus yang dipersiapkan oleh program pendidikan keahlian atau spesilaisasi
B. Memiliki tujuan yang jelas dalam berkarir yang tercermin dalam perencanaan yang dibuat untuk masa depannya.
C. Kemampuan untuk memperbaiki kemampuan (keterampilan dan keahlian khusus) yang dimiliki,
D. Penghasilan yang memadai sebagai imbalan terhadap keahlian yang dimiliki itu.
A. Memiliki keahlian khusus yang dipersiapkan oleh program pendidikan keahlian atau spesilaisasi
B. Memiliki tujuan yang jelas dalam berkarir yang tercermin dalam perencanaan yang dibuat untuk masa depannya.
C. Kemampuan untuk memperbaiki kemampuan (keterampilan dan keahlian khusus) yang dimiliki,
D. Penghasilan yang memadai sebagai imbalan terhadap keahlian yang dimiliki itu.
2. Suatu profesi memiliki persyaratan tertentu
seperti dibawah ini, kecuali :
A. menuntut adanya keterampilan yang mendasarkan pada
konsep dan teori ilmu pengetahuan yang mendasar
B. menekankan pada suatu keahlian dalam bidang tertentu sesuai dengan profesinya
C. memiliki tingkat pendidikan setingkat Doktor
D. menuntut tingkat pendidikan yang memadai
B. menekankan pada suatu keahlian dalam bidang tertentu sesuai dengan profesinya
C. memiliki tingkat pendidikan setingkat Doktor
D. menuntut tingkat pendidikan yang memadai
3. Profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian
(expertise) para anggotanya. Artinya pekerjaan itu tidak bisa dilakukan oleh
sembarang orang yang tidak terlatih dan tidak disiapkan secara khusus untuk
melakukan pekerjaan itu. Hal ini termasuk dalam jenis :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
4. Guru disyaratkan memiliki sifat yang jujur,
berbudi luhur, dewasa, beriman, bermoral; kemampuan mengaktualisasikan diri
seperti disiplin, tanggung jawab, peka, objekti, luwes, berwawasan luas, dapat
berkomunikasi dengan orang lain. Hal tersebut
termasuk dalam jenis :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Paedagogik
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Paedagogik
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
5.
Guru harus memiliki pemahaman akan sifat, ciri anak didik dan
perkembangannya, mengerti beberapa konsep pendidikan yang berguna untuk
membantu siswa, menguasai beberapa metodologi mengajar yang sesuai dengan bahan
dan perkambangan siswa, sertanmenguasai sistem evaluasi yang tepat dan baik
yang pada gilirannya semakin meningkatkan kemampuan siswa. Hal ini termasuk dalam jenis kompetensi :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
6. Guru haruslah memiliki jati diri sebagai pribadi yang baik,
tanggung jawab, terbuka, dan terus mau belajar untuk maju. Hal ini termasuk
jenis kompetensi :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial
7.
Guru wajib
memiliki sifat empati pada orang lain, toleransi pada orang lain, memiliki
sikap dan kepribadian yang positif serta melekat pada setiap kopetensi yang
lain, dan mampu bekerja sama dengan orang lain. Hal tersebut termasuk jenis
kompetensi :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Kompetensi Profesional
D. Kompetensi Sosial
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Kompetensi Profesional
D. Kompetensi Sosial
8.
Berikut ini termasuk dalam dimensi kompetensi sosial, kecuali :
A. kerja tim, melihat peluang, peran dalam kegiatan kelompok, tanggung jawab sebagai warga
B. kepemimpinan, relawan sosial, kedewasaan dalam bekreasi, berbagi
C. berempati, kepedulian kepada sesama, toleransi, solusi konflik, menerima perbedaan, kerja sama
D. IQ yang tinggi, relasi yang luas dan berkualitas, manajerial, kepemimpinan
A. kerja tim, melihat peluang, peran dalam kegiatan kelompok, tanggung jawab sebagai warga
B. kepemimpinan, relawan sosial, kedewasaan dalam bekreasi, berbagi
C. berempati, kepedulian kepada sesama, toleransi, solusi konflik, menerima perbedaan, kerja sama
D. IQ yang tinggi, relasi yang luas dan berkualitas, manajerial, kepemimpinan
9.
Menurut laporan
dari Jurnal Educational Leadership edisi Maret 1993, guru profesional dituntut
memiliki lima hal. Tiga diantaranya tersebut dibawah ini, kecuali :
A. Guru mempunyai relasi yang luas, mampu membangun komunikasi dengan profesi lain
B. Guru mempunyai komitmen pada siswa dan proses belajarnya.
C. Guru menguasai secara mendalam bahan/materi pelajaran yang diajarkannya serta cara mengajarkannya kepada para siswa.
D. Guru bertanggung jawab memantau hasil belajar siswa melalui berbagai teknik evaluasi, mulai cara pengamatan dalam perilaku siswa sampaites hasil belajar.
A. Guru mempunyai relasi yang luas, mampu membangun komunikasi dengan profesi lain
B. Guru mempunyai komitmen pada siswa dan proses belajarnya.
C. Guru menguasai secara mendalam bahan/materi pelajaran yang diajarkannya serta cara mengajarkannya kepada para siswa.
D. Guru bertanggung jawab memantau hasil belajar siswa melalui berbagai teknik evaluasi, mulai cara pengamatan dalam perilaku siswa sampaites hasil belajar.
10.
Standar kompetensi guru terdiri atas tiga komponen yang saling
mengait seperti di bawah ini, kecuali :
A. pengelolaan pembelajaran
B. tingkat Kecerdasan yang tinggi
C. pengembangan profesi
D. penguasaan akademik.
A. pengelolaan pembelajaran
B. tingkat Kecerdasan yang tinggi
C. pengembangan profesi
D. penguasaan akademik.
11.
Prinsip evaluasi meliputi hal-hal
sebagai berikut ini kecuali :
A. objektivitas
B. kontinuitas
C. integritas
D. keefektifan
12.
Ciri-ciri evaluasi yang baik adalah
:
A. keefektifan
dan efisiensi
B. objektifitas
dan integritas
C. keshahihan
dan keandalan
D. komprehensif
dan kooperatif
13.
Pernyataan yang salah di bawah ini adalah :
A. antara PAP dan PAN, masing-masing memiliki kelebihan
B. antara PAP dan PAN, masing-masing memiliki kelemahan
C. pernyataan keduanya benar
D. pernyataan keduanya salah
A. antara PAP dan PAN, masing-masing memiliki kelebihan
B. antara PAP dan PAN, masing-masing memiliki kelemahan
C. pernyataan keduanya benar
D. pernyataan keduanya salah
14. Berikut
ini pernyataan yang benar adalah :
A. mutu evaluasi bergantung pada mutu asesmen, termasuk tes dan pengukuran
B. mutu evaluasi bergantung pada mutu asesmen
C. mutu evaluasi bergantung pada tes dan pengukuran
D. pernyataan a, b dan c salah
15. Berikut
ini pernyataan yang benar adalah :
A. tes adalah awal dari evaluasi
B. tes adalah bagian dari pengukuran
C. tes adalah sebuah instrumen
D. ketiga pernyataan benar
16. Diantara
bentuk soal berikut, mana yang paling menguntungkan untuk mengukur sasaran yang
meminta siswa mengingat informasi, tidak hanya mengenalinya :
A. jawaban pendek
B. menjodohkan
C. benar salah
D. pilihan ganda
17. Diantara
jenis soal ini, mana yang paling cocok untuk mengukur perilaku kreatif :
A. penilaian produk
B. benar salah
C. pilihan ganda
D. menjodohkan
18. Dari
jenis soal ini, mana yang paling dihindari sebagai tes satu soal :
A. penilaian produk
B. benar salah
C. pilihan ganda
D. menjodohkan
19. Kalau
tes sudah dibakukan, maka tes itu :
A. sudah diuji lapangan
B. absah
C. mahal
D. merupakan ukuran bakat
20. Aspek-aspek
yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
A. sikap penulis
B. panjang tulisan
C. struktur sajian
D. penggunaan bahasa
21. Struktur
sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari
A. pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
B. pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
C. abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
D. abstrak, bagian inti, penutup
A. rangkuman dan tindak lanjut
B. simpulan umum
C. rekomendasi penulis
D. simpulan dan saran
23. Substansi
suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling
sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh
subatansi karya tulis ilmiah, kecuali
A. pendidikan
B. kebudayaan
C. pemulung
D. informatika
24. Dalam
karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap
ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan
pada, kecuali
A. fakta atau kenyataan
B. argumentasi
C. teori yang diakui kebenarannya
D. data empirik/hasil penelitian
25. Keobyektifan
penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat
A. resmi
B. baku
C. impersonal
D. personal
26. Komponen
suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan
tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi
komponen
A. daftar pustaka
B. abstrak
C. daftar tabel
D. lampiran
27. Proses
komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan
pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang
sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . .
A. Heterofil
B. Homofil
C. Holomofil
D. Homogen
28. Inovasi
merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada
sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan.
Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A. Santosa S. Hamidjaja
B. Mattew B. Milers
C. Sumantri Mulyani
D. Rabbin
29. Tahap
pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak
menyenangi terhadap inovasi dikategorikan ...
A. Tahap pengetahuan (kowledge)
B. Tahap bujukan (persuasion)
C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap implementasi (implementation)
No comments:
Post a Comment