May 3, 2013

Latihan Soal UKA/UKG Online 2013

LATIHAN SOAL UKA/UKG ONLINE 2013



1. Menurut Djojonegoro, Profesionalisme dalam suatu pekerjaan atau jabatan ditentukan oleh tiga faktor penting di bawah ini, kecuali :
A. Memiliki keahlian khusus yang dipersiapkan oleh program pendidikan keahlian atau spesilaisasi
B. Memiliki tujuan yang jelas dalam berkarir yang tercermin dalam perencanaan yang dibuat untuk masa depannya.
C. Kemampuan untuk memperbaiki kemampuan (keterampilan dan keahlian khusus) yang dimiliki,
D. Penghasilan yang memadai sebagai imbalan terhadap keahlian yang dimiliki itu.

2. Suatu profesi memiliki persyaratan tertentu seperti dibawah ini, kecuali : A. menuntut adanya keterampilan yang mendasarkan pada konsep dan teori ilmu pengetahuan yang mendasar
B. menekankan pada suatu keahlian dalam bidang tertentu sesuai dengan profesinya
C. memiliki tingkat pendidikan setingkat Doktor
D. menuntut tingkat pendidikan yang memadai

3.    Profesi adalah suatu jabatan atau pekerjaan yang menuntut keahlian (expertise) para anggotanya. Artinya pekerjaan itu tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang yang tidak terlatih dan tidak disiapkan secara khusus untuk melakukan pekerjaan itu. Hal ini termasuk dalam jenis :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial

4.    Guru disyaratkan memiliki sifat yang jujur, berbudi luhur, dewasa, beriman, bermoral; kemampuan mengaktualisasikan diri seperti disiplin, tanggung jawab, peka, objekti, luwes, berwawasan luas, dapat berkomunikasi dengan orang lain. Hal tersebut termasuk dalam jenis :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Paedagogik
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial

5.    Guru harus memiliki pemahaman akan sifat, ciri anak didik dan perkembangannya, mengerti beberapa konsep pendidikan yang berguna untuk membantu siswa, menguasai beberapa metodologi mengajar yang sesuai dengan bahan dan perkambangan siswa, sertanmenguasai sistem evaluasi yang tepat dan baik yang pada gilirannya semakin meningkatkan kemampuan siswa. Hal ini termasuk dalam jenis kompetensi :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial

6.    Guru haruslah memiliki jati diri sebagai pribadi yang baik, tanggung jawab, terbuka, dan terus mau belajar untuk maju. Hal ini termasuk jenis kompetensi :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Komppetensi Kepribadian
D. Kompetensi Sosial

7.    Guru wajib memiliki sifat empati pada orang lain, toleransi pada orang lain, memiliki sikap dan kepribadian yang positif serta melekat pada setiap kopetensi yang lain, dan mampu bekerja sama dengan orang lain. Hal tersebut termasuk jenis kompetensi :
A. Kompetensi Paedagogik
B. Kompetensi Profesional
C. Kompetensi Profesional
D. Kompetensi Sosial

8.    Berikut ini termasuk dalam dimensi kompetensi sosial, kecuali :
A. kerja tim, melihat peluang, peran dalam kegiatan kelompok, tanggung jawab sebagai warga
B. kepemimpinan, relawan sosial, kedewasaan dalam bekreasi, berbagi
C. berempati, kepedulian kepada sesama, toleransi, solusi konflik, menerima perbedaan, kerja sama
D. IQ yang tinggi, relasi yang luas dan berkualitas, manajerial, kepemimpinan

9.    Menurut laporan dari Jurnal Educational Leadership edisi Maret 1993, guru profesional dituntut memiliki lima hal. Tiga diantaranya tersebut dibawah ini, kecuali :
A. Guru mempunyai relasi yang luas, mampu membangun komunikasi dengan profesi lain
B. Guru mempunyai komitmen pada siswa dan proses belajarnya.
C. Guru menguasai secara mendalam bahan/materi pelajaran yang diajarkannya serta cara mengajarkannya kepada para siswa.
D. Guru bertanggung jawab memantau hasil belajar siswa melalui berbagai teknik evaluasi, mulai cara pengamatan dalam perilaku siswa sampaites hasil belajar.

10.    Standar kompetensi guru terdiri atas tiga komponen yang saling mengait seperti di bawah ini, kecuali :
A. pengelolaan pembelajaran
B. tingkat Kecerdasan yang tinggi
C. pengembangan profesi
D. penguasaan akademik.

11.    Prinsip evaluasi meliputi hal-hal sebagai berikut ini kecuali : 
A. objektivitas
B. kontinuitas
C. integritas
D. keefektifan

12.    Ciri-ciri evaluasi yang baik adalah :
A. keefektifan dan efisiensi
B. objektifitas dan integritas
C. keshahihan dan keandalan
D. komprehensif dan kooperatif

13.    Pernyataan yang salah di bawah ini adalah :
A. antara PAP dan PAN, masing-masing memiliki kelebihan
B. antara PAP dan PAN, masing-masing memiliki kelemahan
C. pernyataan keduanya benar
D. pernyataan keduanya salah

14.    Berikut ini pernyataan yang benar adalah : 
A. mutu evaluasi bergantung pada mutu asesmen, termasuk tes dan pengukuran
B. mutu evaluasi bergantung pada mutu asesmen
C. mutu evaluasi bergantung pada tes dan pengukuran
D. pernyataan a, b dan c salah

15.    Berikut ini pernyataan yang benar adalah :
A. tes adalah awal dari evaluasi
B. tes adalah bagian dari pengukuran
C. tes adalah sebuah instrumen
D. ketiga pernyataan benar

16.    Diantara bentuk soal berikut, mana yang paling menguntungkan untuk mengukur sasaran yang meminta siswa mengingat informasi, tidak hanya mengenalinya : 
A. jawaban pendek
B. menjodohkan
C. benar salah
D. pilihan ganda

17.    Diantara jenis soal ini, mana yang paling cocok untuk mengukur perilaku kreatif : 
A. penilaian produk
B. benar salah
C. pilihan ganda
D. menjodohkan

18.    Dari jenis soal ini, mana yang paling dihindari sebagai tes satu soal : 
A. penilaian produk
B. benar salah
C. pilihan ganda
D. menjodohkan

19.    Kalau tes sudah dibakukan, maka tes itu : 
A. sudah diuji lapangan
B. absah
C. mahal
D. merupakan ukuran bakat

20.    Aspek-aspek yang menentukan karakteristik karya tulis, kecuali
A. sikap penulis
B. panjang tulisan
C. struktur sajian
D. penggunaan bahasa

21.    Struktur sajian suatu karya tulis ilmiah pada umumnya terdiri dari 
A. pendahuluan, inti (pokok pembahasan), dan penutup
B. pendahuluan, abstrak, bagian inti, simpulan
C. abstrak, pendahuluan, bagian inti, simpulan
D. abstrak, bagian inti, penutup

22.    Bagian penutup suatu karya tulis ilmia, pada umumnya menyajikan tentang
A. rangkuman dan tindak lanjut
B. simpulan umum
C. rekomendasi penulis
D. simpulan dan saran

23.    Substansi suatu karya tulis ilmiah dapat mencakup berbagai hal, dari yang paling sederhana sampai dengan yang paling kompleks. Berikut ini adalah contoh-contoh subatansi karya tulis ilmiah, kecuali   
A. pendidikan
B. kebudayaan
C. pemulung
D. informatika

24.    Dalam karya tulis ilmiah, penulis bersikap netral, obyektif, dan tidak memihak. Sikap ini sesuai dengan hakikat karya tulis ilmiah yang merupakan kajian berdasarkan pada, kecuali 
A. fakta atau kenyataan
B. argumentasi
C. teori yang diakui kebenarannya
D. data empirik/hasil penelitian

25.    Keobyektifan penulis karya tulis ilmiahdicerminkan dalam gaya bahasa yang bersifat 
A. resmi
B. baku
C. impersonal
D. personal

26.    Komponen suatu karya tulis ilmiah bervariasi sesuai dengan jenis karya tulis ilmiah dan tujuan penulisannya, namun pada umumnya semua karya tulis ilmiah mempunayi komponen
A. daftar pustaka
B. abstrak
C. daftar tabel
D. lampiran

27.    Proses komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dimana penerima pesan dan pengirim pesan mempunyai latar belakang berbeda, baik dari latar belakang sosial budaya, agama, pendidikan, karakteristik lain disebut . . . . 
A. Heterofil
B. Homofil
C. Holomofil
D. Homogen

28.    Inovasi merupakan suatu perubahan baru yang secara kualitatif berbeda dengan yang ada sebelumnya, disengaja, untuk meningkatkan kemampuan dalam mencapai tujuan. Pernyataan tersebut dikemukakan oleh . . . .
A. Santosa S. Hamidjaja
B. Mattew B. Milers
C. Sumantri Mulyani
D. Rabbin

29.    Tahap pada saat individu/kelompok mulai membentu sikap menyenangi atau tidak menyenangi terhadap inovasi dikategorikan ...
A. Tahap pengetahuan (kowledge)
B. Tahap bujukan (persuasion)
C. Tahap pengembalian keputusan (decision making)
D. Tahap implementasi (implementation)





No comments:

Post a Comment