Apr 4, 2016

Materi Pokok Bahasa dan Sastra Indonesia SMA/MA Kurikulum 2013

MATERI POKOK BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
SMA/MA KURIKULUM 2013




Materi Pokok Bahasa dan Sastra Indoneisa (Peminatan) Kelas X (Silabus Permen 59/2014)
  1. Hakikat Bahasa Dan Bunyi Sebagai Sistem Simbol (KD 3.1-4.1; 9 jp)
  2. Sejarah Bahasa Indonesia, Lingua Franca, Bahasa Negara, Bahasa Persatuan (KD 3.2-4.2; 9 jp)
  3. Kedudukan dan Fungsi Bahasa, Bahasa Nasional dan Bahasa Negara, Bahasa Daerah, Bahasa Asing (KD 3.3-4.3; 9 jp)
  4. Karakteristik Puisi Lama dan Puisi Baru (KD 3.4-4.4; 9 jp)
  5. Karakteristik Prosa Lama, Karakteristik Prosa Baru, dan Struktur Cerita Prosa (KD 3.5-4.5; 9 jp)
  6. Prinsip Bahasa Indonesia Baku, Kaidah Penyusunan Kata, Kaidah Penyusunan Frasa, Kaidah Penyusunan Klausa, Kaidah Penyusunan Kalimat (KD 3.1-4.1; 9 jp)
  7. Makna Kata dan Relasi Makna Kata (KD 3.2-4.2; 9 jp)
  8. Karakteristis Drama dan Teater, Jenis-Jenis Drama dan Teater, Perkembangan Drama dan Teater (KD 3.3-4.3; 9 jp)

Materi Pokok Bahasa dan Sastra Indoneisa (Peminatan) Kelas XI (Silabus Permen 59/2014)
  1. Unsur segmental dan suprasegmental bahasa Indonesia (KD 3.1-4.1; 16 jp)
  2. Pengembangan kosakata bahasa Indonesia (KD 3.2-4.2; 16 jp)
  3. Konvensi tata tulis bahasa Indonesia (KD 3.3-4.3; 16 jp)
  4. Langkah-langkah membuat sinopsis (KD 3.4-4.4; 16 jp)
  5. Makna dan relasi makna antarkata bahasa Indonesia (KD 3.1-4.1; 20 jp)
  6. Struktur kata, frasa, dan klausa (KD 3.2-4.2; 20 jp)
  7. Sinopsis dan resensi novel, drama, atau film (KD 3.3-4.3; 20 jp)

Materi Pokok Bahasa dan Sastra Indoneisa (Peminatan) Kelas XII (Silabus Permen 59/2014)
  1. Wacana dengan topik: Upaya Peningkatan Fungsi Bahasa Indonesia Sebagai Bahsa Internasional (KD 3.1-4.1; 20 jp)
  2. Struktur Kalimat, Teknik Penggabungan Kalimat, Pengembangan Paragraf (KD 3.2-4.2; 20 jp)
  3. Konvensi Penulisan Karya Ilmiah (KD 3.3-4.3; 20 jp)
  4. Perbandingan hasil analisis terhadap puisi dan/atau cerpen dari media massa, baik cetak maupun elektronik (KD 3.4-4.4; 20 jp)



No comments:

Post a Comment