Feb 19, 2017

Aplikasi KKM Bahasa Indonesia (Wajib) Kelas X SMA/MA/SMK Kurikulum 2013 Revisi 2016

Aplikasi KKM Bahasa Indonesia (Wajib)
Kelas X SMA/MA/SMK Kurikulum 2013 Revisi 2016




Aplikasi KKM Bahasa Indonesia (Wajib) Kelas X SMA/MA/SMK K13 Revisi 2016
Mengenai aplikasi ini dapat dijelaskan sebagai berikut :

  1. Menu KI-KD yang dibuat sesuai Lampiran 03 Permendikbud No. 24 Tahun 2016
  2. Menu KKM dengan format sesuai Panduan Penilaian K13 Tahun 2016.
  3. Susunan KD pada KKM dibuat berdasarkan Pemetaan KD sesuai Silabus Revisi 2016.
  4. Menu Rekap KKM yang terdiri dari KKM K3 dan K4 untuk semester ganjil dan genap.
  5. Menu Interval dan Predikat yakni menu yang memuat ketentuan interval dan predikat nilai secara otomatis sesuai hasil akhir penetapan KKM.
Susunan KD dari K3 Semester Ganjil :
3.1. Mengidentifikasi laporan hasil observasi yang dipresentasikan dengan lisan dan tulis,
3.2. Menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi.
3.3. Mengidentifikasi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca.
3.4. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
3.5. Mengevaluasi teks anekdot dari aspek makna tersirat.
3.6. Menganalisis struktur dan kebahasaan teks anekdot.
3.7. Mengidentifikasi nilai-nilai dan isi yang terkandung dalam cerita rakyat (hikayat) baik lisan maupun tulis.
3.8. Membandingkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.
3.9. Mengidentifikasi butir-butir penting dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan satu novel yang dibaca.gkan nilai-nilai dan kebahasaan cerita rakyat dan cerpen.

Susunan KD dari K4 Semester Ganjil :
4.1. Menginterpretasi isi teks laporan hasil observasi berdasarkan interpretasi baik secara lisan maupun tulis.
4.2. Mengkonstruksi-kan teks laporan dengan memerhatikan isi dan aspek kebahasaan baik lisan maupun tulis.
4.3. Mengembangkan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi) teks eksposisi secara lisan dan/tulis.
4.4. Mengonstruksikan teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan.
4.5. Mengonstruksi makna tersirat dalam sebuah teks anekdot baik lisan maupun tulis.
4.6. Menciptakan kembali teks anekdot dengan memerhatikan struktur, dan kebahasaan baik lisan maupun tulis.
4.7. Menceritakan kembali isi cerita rakyat (hikayat) yang didengar dan dibaca.
4.8. Mengembangkan cerita rakyat (hikayat) ke dalam bentuk cerpen dengan memerhatikan isi dan nilai-nilai.
4.9. Menyusun ikhtisar dari dua buku nonfiksi (buku pengayaan) dan ringkasan dari satu novel yang dibaca.

Demikian dan semoga aplikasi ini dapat mempermudah sahabat guru dalam proses penetapan KKM.





No comments:

Post a Comment