Nov 18, 2015

Pembahasan Kisi-Kisi UKG 2015 PPKn SMP/MTs (Pedagogik 1.1.2)

PEMBAHASAN KISI-KISI 
UKG ONLINE 2015 PKN SMP/MTS


KOMPETENSI UTAMA : PEDAGOGIK


Kompetensi Inti
1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual.
Kompetensi Guru Mapel
1.1. Memah ami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
Indikator Esensial
1.1.2. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek intelektual.

Karakteristik Intelektual Peserta Didik


Karakteristik intelektual serdik usia SMP (remaja awal) :
  1. Telah mampu berpikir jauh melewati kehidupannya baik dalam dimensi ruang maupun waktu. Berpikir abstrak adalah berpikir tentang ide-ide, (Jean Piaget : Berpikir formal operasional). Yang ditandai dengan tiga hal penting. Pertama, anak mulai mampu melihat (berpikir) tentang kemungkinan. Kedua, anak telah mampu berpikir ilmiah. Ketiga, remaja telah mampu memadukan ide-ide secara logis.
  2. Kemampuan berpikir formal mengarahkan pemecahan masalah-masalah berpikir secara sistematik.
  3. Pada remaja muda (usia SMP) pemikiran tentang pekerjaan masih diwarnai oleh fantasinya.
  4. Para remaja sudah memiliki kemampuan mengingat informasi dan keterampilan memproses informasi yang telah berkembang jauh dari anak SD. Pemrosesan informasi yang mencakup penerimaan informasi oleh alat indra ditahan sebentar, kemudian dilanjutkan ke terminal ingatan singkat (TIS) dan diproses lebih lanjut dalam suatu bentuk yang dapat disimpan dalam terminal ingatan lama (TIL). Keterampilan ini pada remaja lebih cepat dan kuat, dan sangat memegang peranan penting dalam penyelesaian tugas-tugas pembelajaran maupun pekerjaan. Mereka sudah mengerti dan dapat mengerjakan dengan benar bentuk tes objektif tanpa penjelasan lagi dari guru. Penguasaan keterampilan memproses informasi ini menyempurnakan atau membulatkan penampilan kognitif mereka
  5. Proses berpikirnya sudah mampu mengoperasikan kaidah-kaidah logika formal (asosiasi, diferensiasi, komparasi, dan kausalitas) dalam ide-ide atau pemikiran abstrak (meskipun relatif terbatas).
  6. Kecakapan dasar umum (general intelligence) menjalani laju perkembangan yang terpesat (terutama bagi yang belajar di sekolah)
  7. Kecakapan dasar khusus (bakat atau aptitude) mulai menunjukkan kencenderungan-kecenderungan lebih jelas.





Pembahasan Kisi-Kisi UKG 2015 PPKn SMP/MTs (Pedagogik 1.1.1)

PEMBAHASAN KISI-KISI 
UKG ONLINE 2015 PKN SMP/MTS


KOMPETENSI UTAMA : PEDAGOGIK


Kompetensi Inti
1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual.
Kompetensi Guru Mapel
1.1. Memah ami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
Indikator Esensial
1.1.1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik.

Secara umum karakteristik fisik serdik usia SMP (remaja awal) :
  1. Laju perkembangan secara umum berlangsung secara pesat.
  2. Proporsi ukuran tinggi dan berat badan sering kurang seimbang (termasuk otot dan tulang belulang).
  3. Munculnya ciri-ciri sekunder (tumbuh bulu pada pubic region, otot mengembang pada bagian-bagian tertentu), disertai mulai aktifnya sekresi kelenjar jenis (menstruasi pada wanita dan polusi pada pria pertama kali)
  4. Gerak-gerik tampak canggung dan kurang terkoordinasikan.
  5. Aktif dalam berbagai jenis cabang permainan yang dicobainya.
Pertumbuhan fisik adalah perubahan-perubahan fisik yang terjadi dan merupakan gejala primer dalam pertumbuhan remaja. Perubahan-perubahan ini meliputi: perubahan ukuran tubuh, perubahan proporsi tubuh, munculnya ciri-ciri kelamin utama (primer) dan ciri kelamin kedua (skunder).

Pada anak perempuan:
  1. Pertumbuhan tulang-tulang (badan menjadi tinggi, anggota-anggota badan memanjang)
  2. Pertumbuhan payudara
  3. Tumbuh bulu halus berwarna gelap di kemaluan
  4. Mencapai pertumbuhan badan yang maksimum setiap tahunnya
  5. Bulu kemaluan menjadi keriting
  6. Menstruasi atau haid
  7. Tumbuh bulu ketiak
Pada anaklaki-laki:
  1. Pertumbuhan tulang-tulang
  2. Testis (buah pelir) membesar
  3. Tumbuh bulu kemaluan yang halus, lurus,dan berwarna gelap
  4. Awal perubahan suara
  5. Ejakulasi (keluar air mani)
  6. Bulu kemaluan menjadi keriting
  7. Mencapai pertumbuhan badan yang maksimum setiap tahunnya
  8. Tumbuh rambut-rambut halsdi wajah (kumis, jenggot)
  9. Tumbuh bulu ketiak
  10. Akhir perubahan suara
  11. Rambut-rambut di wajah berambah tebal dan gelap
  12. Tumbuh bulu di dada



Download

Pembahasan Kisi-Kisi UKG 2015 PPKn SMP/MTs (Pedagogik 2.2.6)

PEMBAHASAN KISI-KISI 
UKG ONLINE 2015 PKN SMP/MTS


KOMPETENSI UTAMA : PEDAGOGIK


Kompetensi Inti
2. Mengua sai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
Kompetensi Guru Mapel
2.2. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
Indikator Esensial
2.2.6. Menerapkan model pembelajaran yang mendidik mata pelajaran PPKn.

Model Pembelajaran PPKn

Dengan memahami ketiga proses (caring, judging, dan acting) akan membantu pemahaman umum kita tentang perspektif masing-masing model pendidikan moral. Model-model pembelajaran moral tersebut antara lain sebagai berikut:

  1. Rasional building. Model pendekatan rasional memberikan perkembangan intelektual, di balik program kurikulum dalam menganalisis isu-isu masyarakat.
  2. Consideration, yaitu memasukkan tiga bagian urutan proses materi yang disampaikan
  3. Value Clarification. Model pengungkapan nilai untuk mengetahui secara mendalam sikap dan niali siswa.
  4. Value Analysis. Model analisis nilai merupakan sebuah prosedur sistimatik dalam konflik nilai.
  5. Cognitive Moral Development. Model pengembangan kognitif membentuk dasar dalam pengembangan moral
  6. Social Action, yang merefleksikan teori dan praktek tentang program-program pendidikan yang berorientasi pada masyarakat yang ditujukan pada upaya membentuk keefektifan warga Negara.
Keenam model ini dalam banyak hal memiliki hubungan yang kuat dengan ke delapan pendekatan sebagaimana diutarakan Doglas Superka (dalam Martorella, 1996). Itu berarti bahwa keduanya, baik pendekatan maupun model dapat menjadi dasar bagi strategi pembelajaran PKn di Sekolah Dasar.

Secara khusus pembelajaran PPKn mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran PPKn. Berikut disajikan beberapa model pembelajaran yang dirumuskan dalam kegiatan Penyusunan Buku Panduan Guru Mata Pelajaran PPKn yang diadakan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud, tersebut adalah :

Alternatif Model Pembelajaran PPKn

No
Model
Deskripsi
Sasaran Efektif
1
 Pembiasaan
Penugasan dan pemantauan pelaksanaan sikap dan/atau perilaku kewargaan (sekolah/masyarakat/negara) yang baik oleh peserta didik.
 Sikap, keterampilan
2
 Keteladanan
Penampilan sikap dan/atau prilaku kewargaan (sekolah/masyarakat/warga negara) yang baik dari seluruh unsur managemen sekolah dan guru
 Sikap, keterampilan
3
Pensuasanaan Lingkungan
Penataan lingkungan kelas/sekolah dengan kelengkapan simbol-simbol kemasyarakatan/kenegaraan, antara lain Bendera Merah Putih, Garuda Pancasila, Foto Presiden dan Wakil Presiden
 Sikap, keterampilan.
4
Bekerja dalam Kelompok
Dengan penugasan guru, peserta didik mengerjakan tugas tertentu terkait hak dan kewajiban sebagai warga sekolah/ masyarakat/negara dalam kelompok kecil (3–5orang)
 Sikap, keterampilan.
5
Mendengarkan Penuh Perhatian
Peserta didik secara bersama diminta menyimak rekaman pidato atau penjelasan seseorang, dan mencatat pokok-pokok pikiran dari pembicara
Sikap, pengetahuan dan keterampilan.
6



7



8



9



10



1



2



3



4



5



6



7



8



9



10



1



2



3



4



5



6



7



8



9



10



1



2



3



4



5



6



7



8



9



10




Pemilihan model pembelajaran hendaknya mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut :
  1. Karakteristik materi pokok pembelajaran, apakah materi itu termasuk ranah sikap, pengetahuan atau ketrampilan.
  2. Karakteristik kemampuan peserta didik misalnya kemampuan membaca, motivasi dalam belajar, kemampuan dalam penggunaan Teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
  3. Sumber belajar dan media pembelajaran yang tersedia.
  4. Sarana dan prasarana yang tersedia seperti kondisi ruang kelas, fasilitas perpustakaan, akses internet.
Berdasarkan model-model pembelajaran yang di sajikan diatas maka alternatif pemilihan model pembelajaran berdasarkan ranah kompetensinya.






Download