PEMBAHASAN KISI-KISI
UKG ONLINE 2015 PKN SMP/MTS
KOMPETENSI UTAMA : PEDAGOGIK
Kompetensi Inti
2. Mengua sai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
Kompetensi Guru Mapel
2.2. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
Indikator Esensial
2.2.6. Menerapkan model pembelajaran yang mendidik mata pelajaran PPKn.
Model Pembelajaran PPKn
Dengan memahami ketiga proses (caring, judging, dan acting) akan membantu pemahaman umum kita tentang perspektif masing-masing model pendidikan moral. Model-model pembelajaran moral tersebut antara lain sebagai berikut:
- Rasional building. Model pendekatan rasional memberikan perkembangan intelektual, di balik program kurikulum dalam menganalisis isu-isu masyarakat.
- Consideration, yaitu memasukkan tiga bagian urutan proses materi yang disampaikan
- Value Clarification. Model pengungkapan nilai untuk mengetahui secara mendalam sikap dan niali siswa.
- Value Analysis. Model analisis nilai merupakan sebuah prosedur sistimatik dalam konflik nilai.
- Cognitive Moral Development. Model pengembangan kognitif membentuk dasar dalam pengembangan moral
- Social Action, yang merefleksikan teori dan praktek tentang program-program pendidikan yang berorientasi pada masyarakat yang ditujukan pada upaya membentuk keefektifan warga Negara.
Secara khusus pembelajaran PPKn mengembangkan model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran PPKn. Berikut disajikan beberapa model pembelajaran yang dirumuskan dalam kegiatan Penyusunan Buku Panduan Guru Mata Pelajaran PPKn yang diadakan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud, tersebut adalah :
Alternatif Model Pembelajaran PPKn
No
|
Model
|
Deskripsi
|
Sasaran
Efektif
|
1
|
Pembiasaan
|
Penugasan dan pemantauan pelaksanaan sikap dan/atau perilaku kewargaan (sekolah/masyarakat/negara) yang baik oleh peserta didik.
|
Sikap, keterampilan
|
2
|
Keteladanan
|
Penampilan sikap dan/atau prilaku kewargaan (sekolah/masyarakat/warga
negara) yang baik dari seluruh unsur managemen sekolah dan guru
|
Sikap, keterampilan
|
3
|
Pensuasanaan Lingkungan
|
Penataan lingkungan kelas/sekolah dengan kelengkapan simbol-simbol
kemasyarakatan/kenegaraan, antara lain Bendera Merah Putih, Garuda
Pancasila, Foto Presiden dan Wakil Presiden
|
Sikap, keterampilan.
|
4
|
Bekerja dalam Kelompok
|
Dengan penugasan guru, peserta didik mengerjakan tugas tertentu terkait
hak dan kewajiban sebagai warga sekolah/ masyarakat/negara dalam kelompok
kecil (3–5orang)
|
Sikap, keterampilan.
|
5
|
Mendengarkan Penuh Perhatian
|
Peserta didik secara bersama diminta menyimak rekaman pidato atau
penjelasan seseorang, dan mencatat pokok-pokok pikiran dari pembicara
|
Sikap, pengetahuan dan keterampilan.
|
6
|
|||
7
|
|||
8
|
|||
9
|
|||
10
|
|||
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
|||
6
|
|||
7
|
|||
8
|
|||
9
|
|||
10
|
|||
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
|||
6
|
|||
7
|
|||
8
|
|||
9
|
|||
10
|
|||
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
|||
6
|
|||
7
|
|||
8
|
|||
9
|
|||
10
|
Pemilihan model pembelajaran hendaknya mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut :
- Karakteristik materi pokok pembelajaran, apakah materi itu termasuk ranah sikap, pengetahuan atau ketrampilan.
- Karakteristik kemampuan peserta didik misalnya kemampuan membaca, motivasi dalam belajar, kemampuan dalam penggunaan Teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
- Sumber belajar dan media pembelajaran yang tersedia.
- Sarana dan prasarana yang tersedia seperti kondisi ruang kelas, fasilitas perpustakaan, akses internet.
Download
No comments:
Post a Comment