PEMBAHASAN KISI-KISI
UKG ONLINE 2015 PKN SMP/MTS
KOMPETENSI UTAMA : PEDAGOGIK
Kompetensi Inti
3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan matapelanjaran yang diampu.
Kompetensi Guru Mapel
3.6. Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.
Indikator Esensial
3.6.1. Menyusun indikator dan instrumen penilaian berdasarkan KD mata pelajaran PPKn.
Indikator dan Instrumen Penilaian PPKn
Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, satuan pendidikan, dan potensi daerah. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengembangan indikator adalah:
- Setiap KD dikembangkan menjadi beberapa indikator (lebih dari dua)
- Indikator menggunakan kata kerja operasional yang dapat diukur dan/atau diobservasi
- Tingkat kata kerja dalam indikator lebih rendah atau setara dengan kata kerja dalam KD maupun SK
- Prinsip pengembangan indikator adalah Urgensi, Kontinuitas, Relevansi dan Kontekstual
- Keseluruhan indikator dalam satu KD merupakan tanda-tanda, prilaku, dan lain-lain untuk pencapaian kompetensi yang merupakan kemampuan bersikap,berpikir, dan bertindak secara konsisten.
- Berhubungan dengan kondisi pembelajaran di kelas dan/atau di luar kelas.
- Relevan dengan proses pembelajaran, materi, kompetensi dan kegiatan pembelajaran.
- Menuntut kemampuan berpikir berjenjang, berkesinambungan, dan bermakna dengan mengacu pada aspek berpikir Taksonomi Bloom
- Mengembangkan kemampuan berpikir kritis seperti: mendeskripsikan, menganalisis, menarik kesimpulan, menilai, melakukan penelitian, memecahkan masalah, dsb.
- Mengukur berbagai kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai peserta didik.
- Mengikuti kaidah penulisan soal.
Download
No comments:
Post a Comment