Nov 18, 2015

Pembahasan Kisi-kisi UKG 2015 PPKn SMP/MTs

PEMBAHASAN KISI-KISI UKG ONLINE 2015
MATA PELAJARAN PPKN SMP/MTS

Oleh: Jajang Sulaeman, S.Pd.


KOMPETENSI UTAMA : PROFESIONAL

Kompetensi Inti Guru
1. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran yang diampu (Pendidikan Kewarganegaraan).
Kompetensi Guru Mata Pelajaran
1.1. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan.
Indokator Esensial
1.1.1. Mengidentifikasi ruang lingkup keilmuan PPKn. (Baca & Download)
1.1.2. Menganalisis ruang lingkup mata pelajaran PPKn. (Baca & Download)

Kompetensi Guru Mata Pelajaran
1.2. Memahami substansi Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Disposition)
Indokator Esensial
1.2.1. Menjelaskan subtansi PPKn (Baca & Download)
1.2.2. Membandingkan fokus bahasan civic knowledge dengan civic disposition dan civic responsibility pada mata pelajaran PPKn. (Baca & Download)
1.2.3. Menganalisis substansi materi PPKn yang tergolong civic disposition  dan civic skill. (Baca & Download)

Kompetensi Guru Mata Pelajaran
1.3. Menunjukkan manfaat mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan.
Indokator Esensial
1.3.1. Menganalisis manfaat mata pelajaran PPKn. (Baca & Download)

Kompetensi Inti Guru
2. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.
Kompetensi Guru Mata Pelajaran
2.1. Memahami kompetensi dasar mata pelajaran yang diampu.
Indokator Esensial
2.1.1. Menjelaskan tahapan perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara. (Baca & Unduh)
2.1.2. Menunjukkan sikap perilaku sesuai  nilai semangat para tokoh dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara. (Masih Proses)
2.1.3. Menjelaskan sejarah perumusan dan pengesahan UUD NRI Tahun 1945. (Masih Proses)
2.1.4. Menunjukkan sikap perilaku sesuai dengan pelaksanaan UUD NRI Tahun 1945 dalam kehidupan sehari-hari. (Masih Proses)
2.1.5. Menjelaskan isi tiap alinea Pembukaan UUD NRI Tahun 1945. (Baca & Download)
2.1.6. Menerapkan makna isi Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dalam  kehidupan sehari-hari. (Baca & Download)
2.1.7. Mengidentifikasi macam-macam norma yang berlaku di masyarakat. (Baca & Download)
2.1.8. Menjelaskan pentingnya norma bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (Baca & Download)
2.1.9. Menunjukkan sikap perilaku sesuai dengan norma yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari. (Masih Proses)
2.1.10. Menjelaskan karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI. (Baca & Download)
2.1.11. Menunjukkan sikap positif terhadap daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRI. (Masih Proses)
2.1.12. Menjelaskan pentingnya menghormati keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender demi teriptanya kerukunan. (Baca & Download)
2.1.13. Menunjukkan sikap perilaku saling menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya dan gender. (Baca & Download)
2.1.14. Menunjukkan perilaku hidup rukun dalam keberagaman masyarakat. (Masih Proses)
2.1.15. Menjelaskan pengertian Bhinneka Tunggal Ika. (Baca & Download)
2.1.16. Menjelaskan makna Bhinneka Tunggal Ika. (Baca & Download)
2.1.17. Menerapkan nilai Pancasila sebagai dasar negara. (Baca & Download)
2.1.18. Menerapkan nilai Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. (Masih Proses)
2.1.19. Menerapkan fungsi lembaga Negara menurut UUD NRI Tahun 1945. (Masih Proses)
2.1.20. Menganalisis peran lembaga Negara dalam penyelenggaraan pemerintahan. (Masih Proses)
2.1.21. Menjelaskan tata urutan peraturan perundangan menurut UU No. 12 Tahun 2011. (Baca & Download)
2.1.22. Menganalisis prosedur penetapan perundang-undangan di Indonesia. (Baca & Download)
2.1.23. Menerapkan norma dan kebiasaan antar derah di Indonesia. (Baca & Download)
2.1.24. Mengidentifikasi macam-macam hak asasi menurut UUD NRI Tahun 1945. (Baca & Download)
2.1.25. Menganalisis kasus pelanggaran HAM di masyarakat menurut pasal-pasal UUD 1945. (Baca & Download)
2.1.26. Mengidentifikasi upaya penegakan HAM di Indonesia. (Masih Proses)
2.1.27. Mengklasifikasi jenis pelanggaran HAM di masyarakat. (Masih Proses)
2.1.28. Menganalisis makna keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. (Masih Proses)
2.1.29. Menunjukkan sikap perilaku menghargai keberagaman dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika. (Masih Proses)
2.1.30. Menjelaskan unsur-unsur terbentuknya NKRI. (Baca & Download)
2.1.31. Menganalisis perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara. (Masih Proses)
2.1.32. Menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam berbagai kehidupan. (Masih Proses)
2.1.33. Menjelaskan makna yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945. (Baca & Download)
2.1.34. Menjelaskan hubungan Pembukaan UUD 1945 dengan sila-sila Pancasila. (Baca & Download)
2.1.35. Menunjukkan hubungan Pembukaan dengan pasal-pasal UUD 1945. (Baca & Download)
2.1.36. Menjelaskan pentingnya hukum bagi kehidupan bermasyarkat, berbangsa, dan bernegara. (Baca & Download)
2.1.37. Menerapkan aturan hukum yang berlaku dalam berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (Masih Proses)
2.1.38. Menerapkan sikap perilaku dalam bertutur kata menurut nilai-nilai Pancasila. (Masih Proses)
2.1.39. Menunjukkan sikap bertutur kata, berperilaku baik dan buruk sesuai dengan nilai- nilai Pancasila. (Masih Proses)
2.1.40. Mengidentifikasi masalah-masalah dalam keberagaman masyarakat di Indonesia. (Masih Proses)
2.1.41. Menjelaskan cara mengatasi konflik masalah masalah-masalah keberagaman di Indonesia. (Masih Proses)
2.1.42. Menganalisis kasus konflik sosial masalah keberagaman di Indonesia. (Masih Proses)
2.1.43. Menganalisis perjuangan mempertahankan NKRI. (Masih Proses)
2.1.44. Menganalisis ancaman terhadap NKRI. (Masih Proses)
2.1.45. Menganalisis semangat kebangsaan dalam mempertahankan dan mengisi kemerdekaan NKRI. (Masih Proses)
2.1.46. Menunjukkan sifat negara. (Baca & Download)
2.1.47. Menunjukkan fungsi negara. (Baca & Download)
2.1.48. Menjelaskan konsep wilayah NKRI. (Masih Proses)

KOMPETENSI UTAMA : PEDAGOGIK


Kompetensi Inti
1. Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional dan intelektual.
Kompetensi Guru Mapel
1.1. Memah ami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya.
Indikator Esensial
1.1.1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik. (Baca & Download)
1.1.2. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek intelektual. (Baca & Download)
1.1.3. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek moral. (Baca & Download)

Kompetensi Guru Mapel
1.2. Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
Indikator Esensial
1.2.1. Mengidentifikasi potensi peserta didik yang berkaitan dengan aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam  mata pelajaran PPKn. (Masih Proses)

Kompetensi Guru Mapel
1.3. Mengidentifikasi bekal ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
Indikator Esensial
1.3.1. Mengidentifikasi bekal-ajar awal peserta didik dalam mata pelajaran PPKn. (Masih Pronses)

Kompetensi Guru Mapel
1.4. Mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran yang diampu.
Indikator Esensial
1.4.1. Menganalisis kesulitan belajar peserta didik dalam mata pelajaran PPKn. (Masih Proses)

Kompetensi Inti
2. Mengua sai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
Kompetensi Guru Mapel
2.1. Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
Indikator Esensial
2.1.1. Menunjukkan teori-teori belajar mata pelajaran PPKn. (Baca & Download)
2.1.2. Mengidentifikasi prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik mata pelajaran PKn. (Baca & Download)

Kompetensi Guru Mapel
2.2. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.
Indikator Esensial
2.2.1. Menerapkan pendekatan pembelajaran yang mendidik mata pelajaran PPKn. (Baca & Download)
2.2.2. Menerapkan pendekatan saintifik dalam pembelajaran PPKn. (Baca & Download)
2.2.3. Menerapkan strategi pembelajaran yang mendidik mata pelajaran PPKn. (Baca & Download)
2.2.4. Menerapkan metode pembelajaran yang mendidik mata pelajaran PPKn. (Baca & Download)
2.2.5. Menerapkan teknik pembelajaran yang mendidik mata pelajaran PPKn. (Baca & Download)
2.2.6. Menerapkan model pembelajaran yang mendidik mata pelajaran PPKn. (Baca & Download)

Kompetensi Inti
3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan matapelanjaran yang diampu.
Kompetensi Guru Mapel
3.1. Memahami prinsip-prinsip pengembangan kurikulum.
Indikator Esensial
3.1.1. Mengidentifikasi prinsip-prinsip pengembangan kurikulum mata pelajaran PPKn. (Baca & Download)

Kompetensi Guru Mapel
3.2. Menentukan tujuan pembelajaran yang diampu.
Indikator Esensial
3.2.1. Menyusun tujuan pembelajaran mata pelajaran PPKn. (Baca & Download)

Kompetensi Guru Mapel
3.3. Menentukan pengalaman belajar yang sesuai untuk mencapai tujuan
Indikator Esensial
3.3.1. Menentukan pengalaman belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran mata pelajaran PPKn. (Baca & Download)

Kompetensi Guru Mapel
3.4. Memilih materi pembelajaran yang diampu yang terkait dengan pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran.
Indikator Esensial
3.4.1. Menentukan materi pembelajaran sesuai pengalaman belajar dan tujuan pembelajaran mata pelajaran PPKn. (Baca & Download)

Kompetensi Inti
3. Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan matapelanjaran yang diampu.
Kompetensi Guru Mapel
3.6. Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian.
Indikator Esensial
3.6.1. Menyusun indikator dan instrumen penilaian berdasarkan KD mata pelajaran PPKn. (Baca & Download)
 
Kompetensi Inti
4. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik.
Kompetensi Guru Mapel
4.1. Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik.
Indikator Esensial
4.1.1. Mengidentifikasi prinsip-prinsip perancangan pembelajaran (RPP) yang mendidik. (Baca & Download)

Kompetensi Guru Mapel
4.2. Mengembangkan komponen-komponen rancangan pembelajaran.
Indikator Esensial
4.2.1. Mengidentifikasi komponen rancangan pembelajaran (RPP) yang mendidik. (Baca & Download)

Kompetensi Guru Mapel
4.4. Melaksanakan pembelajaran yang mendidik di kelas, di laboratorium, dan di lapangan dengan memperhatikan standar keamanan yang dipersyaratkan.
Indikator Esensial
4.4.1. Melaksanakan pembelajaran mata pelajaran PPKn di dalam kelas sesuai dengan rancangan pembelajaran (RPP) yang mendidik. (Baca & Download)

Kompetensi Guru Mapel
4.5. Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh.
Indikator Esensial
4.5.1. Menggunakan media pembelajaran yang relevan dengan karakteristik peserta didik untuk mata pelajaran PPKn dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran secara utuh. (Baca & Download)

Kompetensi Inti
5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran
Kompetensi Guru Mapel
5.1. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang diampu.
Indikator Esensial
5.1.1. Memanfaatkan TIK dalam pembelajaran mata pelajaran PPKn. (Baca dan Download)

Kompetensi Inti
6. Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
Kompetensi Guru Mapel
6.1. Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal.
Indikator Esensial
6.1.1. Menentukan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal dalam mata pelajaran PPKn. (Masih Proses)

Kompetensi Inti
8. Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
Kompetensi Guru Mapel
8.1. Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran yang diampu.
Indikator Esensial
8.1.1. Mengidentifikasi prinsip-prinsip penilaian proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik dalam mata pelajaran PPKn. (Baca dan Download)
 
Kompetensi Guru Mapel
8.4. Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar.
Indikator Esensial
8.4.1. Menyusun instrumen penilaian dan evaluasi proses pembelajaran dalam mata pelajaran PPKn. (Masih Proses)

Kompetensi Inti
10. Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran.
Kompetensi Guru Mapel
10.3. Melakukan penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas.
Indikator Esensial
10.3.1. Menyusun Proposal PTK untuk meningkatkan kualits pembelajaran mata pelajaran PPKn. (Masih Proses)



No comments:

Post a Comment