Nov 18, 2015

Pembahasan Kisi-Kisi UKG 2015 PPKn SMP/MTs (Pedagogik 2.1.2)

PEMBAHASAN KISI-KISI 
UKG ONLINE 2015 PKN SMP/MTS


KOMPETENSI UTAMA : PEDAGOGIK



Kompetensi Inti
2. Mengua sai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik.
Kompetensi Guru Mapel
2.1. Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran yang diampu.
Indikator Esensial
2.1.2. Mengidentifikasi prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik mata pelajaran PKn.

Prinsip-Prinsip Pembelajaran PPKn


Prinsip dasar proses pembelajaran PKn :
  1. Prinsip pembelajaran siswa aktif (Student Active Learning). Keaktifan siswa menjadi prioritas dalam pembelajaran PKn, sehingga aktivitas siswa lebih mendominasi selama proses pembelajaran berlangsung.
  2. Kelompok belajar kooperatif (Cooperative Learning). Proses pembelajaran yang berbasis kerjasama antar siswa dan antar komponen-komponen sekolah.
  3. Pembelajaran partisipatorik. Prinsip pembelajaran ini ialah learning by doing (siswa belajar sambil melakoni), sehingga siswa akan lebih memahami materi yang diajarkan, tidak hanya secara teoritis melainkan secara praktis.
  4. Reactive Teaching. Dalam prinsip ini lebih menekankan bagaimana guru dapat menciptakan strategi agar siswa mempunyai motivasi belajar. 
Ciri guru yang reaktif adalah :
  1. Menjadikan siswa sebagai pusat kegiatan belajar.
  2. Pembelajaran dimulai dari hal-hal yang sudah diketahui dan dipahami siswa.
  3. Selalu berupaya membangkitkan motivasi belajar siswa dengan membuat materi pelajaran sebagai suatu hal yang menarik dan berguna bagi kehidupan siswa.
  4. Segera mengenali materi atau metode pembelajaran yang membuat siswa bosan. Bila hal ini ditemui, segera menanggulanginya.
Sejalan dengan Kurikulum 2013 secara prinsip kegiatan pembelajaran merupakan proses pendidikan yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi mereka menjadi kemampuan yang semakin lama semakin meningkat dalam sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan dirinya untuk hidup dan untuk bermasyarakat, berbangsa, serta berkontribusi pada kesejahteraan hidup umat manusia. Oleh karena itu, kegiatan pembelajaran diarahkan untuk memberdayakan semua potensi peserta didik menjadi kompetensi yang diharapkan.

Untuk mencapai kualitas yang telah dirancang dalam dokumen kurikulum, kegiatan pembelajaran perlu menggunakan prinsip yang: 
  1. Berpusat pada peserta didik.
  2. Mengembangkan kreativitas peserta didik.
  3. Menciptakan kondisi menyenangkan dan menantang.
  4. Bermuatan nilai, etika, estetika, logika, dan kinestetika.
  5. Menyediakan pengalaman belajar yang beragam melalui penerapan berbagai strategi dan metode pembelajaran yang menyenangkan, kontekstual, efektif, efisien, dan bermakna.






Download


No comments:

Post a Comment