May 22, 2017

Buku Guru PJOK SMALB Tunanetra Kelas 10 Kurikulum 2013 Edisi 2016

Buku Guru PJOK SMALB Tunanetra
Kelas X Kurikulum 2013 Edisi 2016



Buku Guru PJOK SMALB Tunanetra Kelas X Kurikulum 2013 Edisi 2016
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.

Pendidikan sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan yang terpilih yang dilakukan secara sistematis. Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat. Melalui proses pembelajaran yang dilakukan, diharapkan siswa terampil dalam berolahraga.

Terampil berolahraga bukan berarti peserta didik dituntut untuk menguasai cabang olahraga dan permainan tertentu, melainkan mengutamakan proses perkembangan gerak siswa dari waktu ke waktu. Dalam aktivitasnya, peserta didik dibawa dalam suasana gembira, sehingga dapat berekplorasi dan menemukan sesuatu secara tidak langsung. Untuk mengaktualisasikan pendidikan jasmani,olahraga dan kesehatan seperti ini, peserta didik harus dijadikan sebagai subyek didik


BG PJOK SMALB Tunanetra Kelas X K13 Edisi 2016. Download



May 21, 2017

Buku Guru Seni Budaya SMALB Tunanetra Kelas 11 Kurikulum 2013 Edisi 2016

Buku Guru Seni Budaya SMALB Tunanetra
Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi 2016



Buku Guru Seni Budaya SMALB Tunanetra Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi 2016
Sebaik-baiknya suatu kurikulum tidak akan berhasil jika guru tidak memahami bagaimana isi dan cara menerapkannya, untuk itu faktor utama keberhasilan suatu pendidikan adalah guru. Karena hal itu setiap guru wajib mengetahui dan menguasai isi kurikulum dan cara penerapannya.

Sebagai bagian dari Kurikulum 2013, pembelajaran dalam buku ini mencakup studi ragam dan karya seni budaya untuk mengasah kompetensi yang memungkinkan siswa tidak hanya mengembangkan ranah kognitif (pengetahuan) tetapi juga mengembangkan ranah Afektif (sikap) dan Psikomotor (keterampilan) sehingga siswa dapat mengembangkan diri secara utuh menjadi individu kreatif, inovatif, dan produktif. Pembelajarannya dirancang berbasis aktivitas dalam sejumlah ranah seni budaya, yaitu seni rupa, seni tari, seni musik dan seni teater.

Semua ahli pendidikan sepakat bahwa semua siswa termasuk siswa SMALB mempunyai potensi dan itu harus digali dan dikembangkan oleh guru sebagai fasilitator. Ketika siswa belum mencapai kompetensi biasanya lebih banyak disebabkan karena ketidak yakinan siswa dengan potensi dirinya selain karena kekurangan waktu belajar dan kekurang-seriusan siswa membaca/ menekuni bahan ajar yang tersedia, ditambah dengan kurangnya motivasi belajar pada peserta didik, untuk itu guru harus kreatif menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehigga dapat memotivasi para peserta didik.

BG Seni Budaya SMALB Tunanetra Kelas XI K13 Edisi 2016. Download



Buku Guru Seni Budaya SMALB Tunanetra Kelas 10 Kurikulum 2013 Edisi 2016

Buku Guru Seni Budaya SMALB Tunanetra
Kelas X Kurikulum 2013 Edisi 2016



Buku Guru Seni Budaya SMALB Tunanetra Kelas X Kurikulum 2013 Edisi 2016
Sebaik-baiknya suatu kurikulum tidak akan berhasil jika guru tidak memahami bagaimana isi dan cara menerapkannya, untuk itu faktor utama keberhasilan suatu pendidikan adalah guru. Karena hal itu setiap guru wajib mengetahui dan menguasai isi kurikulum dan cara penerapannya.

Sebagai bagian dari Kurikulum 2013, pembelajaran dalam buku ini mencakup studi ragam dan karya seni budaya untuk mengasah kompetensi yang memungkinkan siswa tidak hanya mengembangkan ranah kognitif (pengetahuan) tetapi juga mengembangkan ranah Afektif (sikap) dan Psikomotor (keterampilan) sehingga siswa dapat mengembangkan diri secara utuh menjadi individu kreatif, inovatif, dan produktif. Pembelajarannya dirancang berbasis aktivitas dalam sejumlah ranah seni budaya, yaitu seni rupa, seni tari, seni musik dan seni teater.

Semua ahli pendidikan sepakat bahwa semua siswa termasuk siswa SMALB mempunyai potensi dan itu harus digali dan dikembangkan oleh guru sebagai fasilitator. Ketika siswa belum mencapai kompetensi biasanya lebih banyak disebabkan karena ketidak yakinan siswa dengan potensi dirinya selain karena kekurangan waktu belajar dan kekurang-seriusan siswa membaca/ menekuni bahan ajar yang tersedia, ditambah dengan kurangnya motivasi belajar pada peserta didik, untuk itu guru harus kreatif menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehigga dapat memotivasi para peserta didik.

BG Seni Budaya SMALB Tunanetra Kelas X K13 Edisi 2016. Download