Jul 9, 2017

Buku PABP Katolik SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku PABP Katolik SMP
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku PABP Katolik SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Agama terutama bukanlah soal mengetahui mana yang benar atau yang salah. Tidak ada gunanya mengetahui tetapi tidak melakukannya, seperti dikatakan oleh Santo Yakobus: “Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati” (Yakobus 2:26). Demikianlah, belajar bukan sekadar untuk tahu, melainkan dengan belajar seseorang menjadi tumbuh dan berubah. Tidak sekadar belajar lalu berubah, tetapi juga mengubah keadaan.

Begitulah Kurikulum 2013 dirancang agar tahapan pembelajaran memungkinkan siswa berkembang dari proses menyerap pengetahuan dan mengembangkan keterampilan hingga memekarkan sikap serta nilai-nilai luhur kemanusiaan. Pembelajaran agama diharapkan mampu menambah wawasan keagamaan, mengasah keterampilan beragama dan mewujudkan sikap beragama peserta didik yang utuh dan berimbang yang mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya, sesama manusia dan manusis dengan lingkungannya. Untuk itu pendidikan agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan penanaman karakter dalam pembentukan budi pekerti yang luhur. Karakter yang ingin kita tanamkan antara lain: kejujuran, kedisiplinan, cinta kebersihan, cinta kasih, semangat berbagi, optimisme, cinta tanah air, kepenasaran intelektual, dan kreativitas.

Nilai-nilai karakter itu digali dan diserap dari pengetahuan agama yang dipelajari para siswa itu dan menjadi penggerak dalam pembentukan, pengembangan, peningkatan, pemeliharaan, dan perbaikan perilaku anak didik agar mau dan mampu melaksanakan tugas-tugas hidup mereka secara selaras, serasi, seimbang antara lahir-batin, jasmani-rohani, material-spiritual, dan individu-sosial. Selaras dengan itu, pendidikan agama Katolik secara khusus bertujuan membangun dan membimbing peserta didik agar tumbuh berkembang mencapai kepribadian utuh yang semakin mencerminkan diri mereka sebagai gambar Allah, sebab demikianlah “Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia” (Kejadian 1:27). Sebagai makhluk yang diciptakan seturut gambar Allah, manusia perlu mengembangkan sifat cinta kasih dan takut akan Allah, memiliki kecerdasan, keterampilan, pekerti luhur, memelihara lingkungan, serta ikut bertanggung jawab dalam pembangunan masyarakat, bangsa dan negara. [Sigit DK: 2013]

Buku pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi-bagi dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa dalam usaha memahami pengetahuan agamanya. Akan tetapi pengetahuan agama bukanlah hasil akhir yang dituju. Pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Untuk itu, sebagai buku agama yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitas-aktivitas. Di dalamnya dirancang urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa. Dengan demikian, buku ini menuntun apa yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk memahami dan menjalankan ajaran iman katolik.

Buku ini bukanlah satu-satunya sumber belajar bagi siswa. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa didorong untuk mempelajari agamanya melalui pengamatan terhadap sumber belajar yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Lebih-lebih untuk usia remaja perlu ditantang untuk kritis sekaligus peka dalam menyikapi fenomena alam, sosial, dan seni budaya.

Peran guru sangat penting untuk menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian kegiatan yang ada pada buku ini. Penyesuaian ini antara lain dengan membuka kesempatan luas bagi kreativitas guru untuk memperkayanya dengan kegiatankegiatan lain yang sesuai dan relevan dengan tempat di mana buku ini diajarkan, baik belajar melalui sumber tertulis maupun belajar langsung dari sumber lingkungan sosial dan alam sekitar.

Adapun Buku Guru dan Siswa PABP Katolik SMP K13 Edisi Revisi 2017 sebagai berikut :
Buku Guru PABP Katolik Kelas 7 SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Katolik Kelas 7 SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Katolik Kelas 8 SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Katolik Kelas 8 SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download




Buku PAI-BP SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku PAI-BP SMP 
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku PAI-BP SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Segala puji bagi Allah Swt. Tuhan seru sekalian alam. Salawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita baginda Nabi Besar Muhammad saw. serta para keluarganya, para sahabatnya dan para pengikut setianya sampai saat ini, amiin.

Dengan kuasa, kehendak dan bimbingan dari Allah Swt. penulis dapat menyelesaikan buku Panduan Guru Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini sebagai Pedoman bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam.

Buku panduan guru Pendidikan Agama Islam yang disusun mengacu pada Kurikulum 2013 yang merupakan kurikulum penataan dalam rangka penyempurnan dari kurikulum sebelumnya. Buku panduan guru ini memuat tentang pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaian yang mengacu pada kompetensi inti yang meliputi; Kompetensi Inti (K1) afeksi spiritual berupa menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. Kompetensi Inti (K2) afeksi sosial berupa menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya, Kompetensi Inti (K3) yaitu pengembangan kognitif berupa memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata, dan Kompetensi Inti (K4) yang merupakan pengembangan implementatif berupa mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. Dengan pendekatan kompetensi inti tersebut diharapkan tujuan pembelajaran dapat memenuhi tujuan pendidikan secara utuh, sebagaimana digariskan dalam undang-undang pendidikan di negara ini.

Berikut saya share Buku PAI-BP SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 :
Buku Guru PAI-BP Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PAI-BP Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PAI-BP Kelas 8 SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PAI-BP Kelas 8 SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Download



Buku PABP Khonghucu SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku PABP Khonghucu SD
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku PABP Khonghucu SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Kehadiran Buku Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti ini senantiasa dapat berguna dan menjadi inspirasi untuk mengembangkan kreativitas mengajar bagi pendidik dan mengundang ketertarikan peserta didik dalam mempelajari agama Khonghucu. 

Dalam buku ini terdapat beberapa tokoh dan dikemas dalam bentuk tanya jawab. Tujuannya adalah untuk menggali keingintahuan peserta didik melalui proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan materi sesuai kemampuan peserta didik yang mengacu pada Kurikulum 2013.

Buku ini dilengkapi pula dengan Buku Panduan Guru. Tujuannya agar supaya para pendidik dapat menyampaikan materi dengan tepat secara konsep dan sebagai acuan dalam penyusunan program belajar yang terintegrasi dengan kalender pendidikan nasional.

Berikut saya share Buku PABP Khonghucu SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 :
Buku Guru PABP Khonghucu Kelas 1 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Khonghucu Kelas 1 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Khonghucu Kelas 2 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Khonghucu Kelas 2 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Khonghucu Kelas 4 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Suswa PABP Khonghucu Kelas 4 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Khonghucu Kelas 5 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Khonghucu Kelas 5 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download