Jul 4, 2017

Modul PKB BK SMP Tahun 2017

Modul PKB BK SMP Tahun 2017




Modul PKB BK SMP Tahun 2017
Peran guru profesional dalam pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Guru Pembelajar (GP) merupakan upaya peningkatan kompetensi untuk semua guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui uji kompetensi guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Hasil UKG menunjukan peta kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG melalui program Guru Pembelajar. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Guru Pembelajar dilaksanakan melalui pola tatap muka, daring (online), dan campuran (blended) tatap muka dengan daring.

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK), dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksana Teknis dilingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul untuk program Guru Pembelajar (GP) tatap muka, daring kombinasi dan GP daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program GP memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Dalam rangka mendukung pencapaian visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2015-2019 “Terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong” serta untuk merealisasikan misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewujudkan pelaku pendidikan dan kebudayaan yang kuat dan pembelajaran yang bermutu, PPPPTK Penjas dan BK tahun 2016 telah merancang program peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan lainnya.

Salah satu upaya PPPPTK Penjas dan BK dalam merealisasikan program peningkatan kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dan Guru Bimbingan dan Konseling (BK) adalah melaksanakan program guru pembelajar yang bahan ajarnya dikembangkan dalam bentuk modul berdasarkan standar kompetensi guru.

Sesuai fungsinya bahan pembelajaran yang didesain dalam bentuk modul agar dapat dipelajari secara mandiri oleh para peserta diklat. Beberapa karakteristik yang khas dari bahan pembelajaran tersebut adalah: (1) lengkap (self-contained), artinya seluruh materi yang diperlukan peserta program guru pembelajar untuk mencapai kompetensi tertentu tersedia secara memadai; (2) menjelaskan diri sendiri (self-explanatory), maksudnya penjelasan dalam paket bahan pembelajaran memungkinkan peserta program guru pembelajar dapat mempelajari dan menguasai kompetensi secara mandiri; serta (3) mampu membelajarkan peserta program guru pembelajar (self-instructional), yakni sajian dalam paket bahan pembelajaran ditata sedemikian rupa sehingga dapat memicu peserta untuk secara aktif melakukan interaksi belajar, bahkan menilai sendiri kemampuan belajar yang dicapainya.

Modul ini diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran utama dalam program guru pembelajar bagi guru PJOK dan guru BK sebagai tindak lanjut dari Uji Kompetensi Guru (UKG). Semoga apa yang telah kita hasilkan memiliki makna strategis dan mampu memberikan kontribusi dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan terutama dalam bidang PJOK dan BK yang akan bermuara pada peningkatan mutu pendidikan nasional.

Untuk itu berikut saya share Modul PKB BK SMP sebagai berikut :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Teori dan Praksis Pendidikan. Download
Profesional : Konsep dan Praksis Asesmen. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Kaidah Perilaku Manusia dalam BK. Download
Profesional : Kerangka Teoritik dan Praksis BK. . Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Kaidah Perkembangan Fisiologis dan Psikologis. Download
Profesional : Program Bimbingan dan Konseling. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Kaidah Kepribadian, Individualitas dan Perbedaan Konseli. Download
Profesional : Implementasi Pelayanan BK di Sekolah. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Kaidah Belajar dalam BK. Download
Profesional : Keterampilan Dasar dan Teknik Konseling. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Kaidah-kaidah Keberbakatan dalam BK. Download
Profesional : Implementasi Teori Konseling. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Aplikasi Kaidah-kaidah Kesehatan Mental. Download
Profesional : Penilaian dalam BK. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Esensi Pelayanan BK pada Satuan Jalur Pendidikan. Download
Profesional : Kesadaran dan Komitmen terhadap Etika Profesional. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Esensi Pelayanan BK pada Satuan Jenjang Pendidikan. Download
Profesional : Rancangan dan Pelaksanaan Penelitian Tindakan BK. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Esensi Pelayanan BK pada Jenis Pendidikan. Download
Profesional : Penyusunan Laporan dan Pemanfaatan Hasil Penelitian. Download




Modul PKB BK SMA Tahun 2017

Modul PKG BK SMA Tahun 2017



Modul PKG BK SMA Tahun 2017
Peran guru profesional dalam pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.


Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Guru Pembelajar (GP) merupakan upaya peningkatan kompetensi untuk semua guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui uji kompetensi guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Hasil UKG menunjukan peta kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG melalui program Guru Pembelajar. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Guru Pembelajar dilaksanakan melalui pola tatap muka, daring (online), dan campuran (blended) tatap muka dengan daring.

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK), dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksana Teknis dilingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul untuk program Guru Pembelajar (GP) tatap muka, daring kombinasi dan GP daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program GP memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Dalam rangka mendukung pencapaian visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2015-2019 “Terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong” serta untuk merealisasikan misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewujudkan pelaku pendidikan dan kebudayaan yang kuat dan pembelajaran yang bermutu, PPPPTK Penjas dan BK tahun 2016 telah merancang program peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan lainnya.

Salah satu upaya PPPPTK Penjas dan BK dalam merealisasikan program peningkatan kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dan Guru Bimbingan dan Konseling (BK) adalah melaksanakan program guru pembelajar yang bahan ajarnya dikembangkan dalam bentuk modul berdasarkan standar kompetensi guru.

Sesuai fungsinya bahan pembelajaran yang didesain dalam bentuk modul agar dapat dipelajari secara mandiri oleh para peserta diklat. Beberapa karakteristik yang khas dari bahan pembelajaran tersebut adalah: (1) lengkap (self-contained), artinya seluruh materi yang diperlukan peserta program guru pembelajar untuk mencapai kompetensi tertentu tersedia secara memadai; (2) menjelaskan diri sendiri (self-explanatory), maksudnya penjelasan dalam paket bahan pembelajaran memungkinkan peserta program guru pembelajar dapat mempelajari dan menguasai kompetensi secara mandiri; serta (3) mampu membelajarkan peserta program guru pembelajar (self-instructional), yakni sajian dalam paket bahan pembelajaran ditata sedemikian rupa sehingga dapat memicu peserta untuk secara aktif melakukan interaksi belajar, bahkan menilai sendiri kemampuan belajar yang dicapainya.

Modul ini diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran utama dalam program guru pembelajar bagi guru PJOK dan guru BK sebagai tindak lanjut dari Uji Kompetensi Guru (UKG). Semoga apa yang telah kita hasilkan memiliki makna strategis dan mampu memberikan kontribusi dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan terutama dalam bidang PJOK dan BK yang akan bermuara pada peningkatan mutu pendidikan nasional.

Untuk itu berikut saya share Modul PKB BK SMA sebagai berikut :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Teori dan Praksis Pendidikan. Download
Profesional : Konsep dan Praksis Asesmen. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Kaidah Perilaku Manusia dalam BK. Download
Profesional : Kerangka Teoritik dan Praksis BK. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Kaidah Perkembangan Fisiologis dan Psikologis. Download
Profesional : Program Bimbingan dan Konseling. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Kaidah Kepribadian, Individualitas dan Perbedaan Konseli. Download
Profesional : Implementasi Pelayanan BK di Sekolah. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Kaidah Belajar dalam BK. Download
Profesional : Keterampilan Dasar dan Teknik Konseling. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Kaidah-kaidah Keberbakatan dalam BK. Download
Profesional : Implementasi Teori Konseling. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Aplikasi Kaidah-kaidah Kesehatan Mental. Download
Profesional : Penilaian dalam BK. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Esensi Pelayanan BK pada Satuan Jalur Pendidikan. Download
Profesional : Kesadaran dan Komitmen terhadap Etika Profesional. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Esensi Pelayanan BK pada Satuan Jenjang Pendidikan. Download
Profesional : Rancangan dan Pelaksanaan Penelitian Tindakan BK. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Esensi Pelayanan BK pada Jenis Pendidikan. Download
Profesional : Penyusunan Laporan dan Pemanfaatan Hasil Penelitian. Download




Jul 3, 2017

Buku Siswa Tematik Kelas I Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016

Buku Siswa Tematik Kelas I Semester 2 SD/MI
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016



Buku Siswa Tematik Kelas I Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016
Buku Siswa disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di lapangan. Sebagaimana diketahui bahwa buku teks siswa yang berbasis aktivitas disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, yang sangat mengedepankan pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan. Karena hanya sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, guru diharapkan tidak menggunakan buku ini sebagai satu-satunya buku panduan yang menjadi acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Isi dari buku guru hanyalah contoh aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan di kelas. Guru memiliki keleluasaan untuk membangun kegiatan pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Guru juga tetap harus membuka dan mempelajari peraturan pemerintah khususnya berkaitan dengan konsep penilaian dan pelaporan yang tidak dapat diurai secara detil dalam buku ini.

Meski buku ini juga dilengkapi dengan materi tambahan untuk pengayaan guru, kehadiran buku-buku penunjang guna memperkaya wawasan dan keterampilan siswa tetap dibutuhkan. Jika perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah. Guru maupun siswa juga dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lain yang relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Buku ini dibuat dengan berlandaskan pada kompetensi dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan baik oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud. Berbeda dengan buku siswa sebelumnya, atas arahan dari Kemendikbud, kali ini buku siswa tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk PPKn. Namun demikian, dalam kesehariannya guru tetap melakukan proses pengamatan perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial siswa

Berikut saya share Buku Siswa Tematik Kelas I Semester 2 Edisi Revisi 2016.
Tema 5. Pengalamanku
Subtema 1. Pengalaman Masa Kecil
Subtema 2. Pengalaman Bersama Teman
Subtema 3. Pengalaman di Sekolah
Subtema 4. Pengalaman yang Berkesan
Buku Guru Kelas I Tema 5. Pengalamanku. Download

Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
Subtema 1. Lingkungan Rumahku
Subtema 2. Lingkungan Sekitar Rumahku
Subtema 3. Lingkungan Sekolahku
Subtema 4. Bekerja Sama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan
Buku Guru Kelas I Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri. Download

Tema 7. Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku
Subtema 1. Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita
Subtema 2. Hewan di Sekitarku
Subtema 3. Tanaman di Sekitarku
Subtema 4. Bentuk, Warna, Ukuran dan Permukaan Benda
Buku Guru Kelas I Tema 7. Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku. Download

Tema 8. Peristiwa Alam
Subtema 1. Peristiwa Siang dan Malam
Subtema 2. Kemarau
Subtema 3. Penghujan
Subtema 4. Bencana Alam
Buku Guru Kelas I Tema 8. Peristiwa Alam. Download

Demikian, semoga bermanfaat dan terima kasih kepada Sahabat Guru Berbagi atas kontribusinya.




Buku Guru Tematik Kelas I Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016

Buku Guru Tematik Kelas I Semester 2 SD/MI
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016




Buku Guru Tematik Kelas I Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016
Buku guru disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di lapangan. Sebagaimana diketahui bahwa buku teks siswa yang berbasis aktivitas disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, yang sangat mengedepankan pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan. Karena hanya sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, guru diharapkan tidak menggunakan buku ini sebagai satu-satunya buku panduan yang menjadi acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Isi dari buku guru hanyalah contoh aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan di kelas. Guru memiliki keleluasaan untuk membangun kegiatan pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Guru juga tetap harus membuka dan mempelajari peraturan pemerintah khususnya berkaitan dengan konsep penilaian dan pelaporan yang tidak dapat diurai secara detil dalam buku ini.

Meski buku ini juga dilengkapi dengan materi tambahan untuk pengayaan guru, kehadiran buku-buku penunjang guna memperkaya wawasan dan keterampilan siswa tetap dibutuhkan. Jika perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah. Guru maupun siswa juga dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lain yang relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Buku ini dibuat dengan berlandaskan pada kompetensi dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan baik oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud. Berbeda dengan buku guru sebelumnya, atas arahan dari Kemendikbud, kali ini buku guru tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk PPKn. Namun demikian, dalam kesehariannya guru tetap melakukan proses pengamatan perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial siswa

Berikut saya share Buku Guru Tematik Kelas I Semester 2 Edisi Revisi 2016.
Tema 5. Pengalamanku
Subtema 1. Pengalaman Masa Kecil
Subtema 2. Pengalaman Bersama Teman
Subtema 3. Pengalaman di Sekolah
Subtema 4. Pengalaman yang Berkesan
Buku Guru Kelas I Tema 5. Pengalamanku. Download

Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
Subtema 1. Lingkungan Rumahku
Subtema 2. Lingkungan Sekitar Rumahku
Subtema 3. Lingkungan Sekolahku
Subtema 4. Bekerja Sama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan
Buku Guru Kelas I Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri. Download

Tema 7. Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku
Subtema 1. Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita
Subtema 2. Hewan di Sekitarku
Subtema 3. Tanaman di Sekitarku
Subtema 4. Bentuk, Warna, Ukuran dan Permukaan Benda
Buku Guru Kelas I Tema 7. Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku. Download

Tema 8. Peristiwa Alam
Subtema 1. Peristiwa Siang dan Malam
Subtema 2. Kemarau
Subtema 3. Penghujan
Subtema 4. Bencana Alam
Buku Guru Kelas I Tema 8. Peristiwa Alam. Download

Demikian, semoga bermanfaat dan terima kasih kepada Sahabat Guru Berbagi atas kontribusinya.




Buku Siswa Tematik Kelas I Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016

Buku Siswa Tematik Kelas I Semester 1 SD/MI
Kurikulum 2013 Revisi 2016



Buku Siswa Tematik Kelas I Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016
Buku guru disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di lapangan. Sebagaimana diketahui bahwa buku teks siswa yang berbasis aktivitas disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, yang sangat mengedepankan pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan. Karena hanya sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, guru tidak diharapkan menggunakan buku ini sebagai satu-satunya buku panduan yang menjadi acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Isi dari Buku Guru hanyalah contoh aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan di kelas. Guru memiliki keleluasaan untuk membangun kegiatan pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Guru juga tetap harus membuka dan mempelajari Peraturan Pemerintah khususnya berkaitan dengan konsep penilaian dan pelaporan yang tidak dapat diurai secara detil dalam buku ini.

Guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik, dibutuhkan kehadiran buku-buku penunjang. Jika perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah, mengingat buku-buku tersebut didesain sebagai buku teks yang sarat materi. Guru maupun peserta didik juga dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lain yang relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Buku ini dibuat dengan berlandaskan pada Kompetensi Dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Demikian pula, buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan baik oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud.

Berbeda dengan Buku Siswa sebelumnya, atas arahan dari Kemendikbud, kali ini Buku Siswa tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk PPKn. Namun demikian, dalam kesehariannya guru tetap melakukan proses pengamatan perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik.

Berikut saya share Buku Siswa Tematik Kelas I Semester 1 Edisi Revisi 2016.
1. Buku Siswa Kelas I Tema 1. Diriku. Download
2. Buku Siswa Kelas I Tema 2. Kegemaranku. Download
3. Buku Siswa Kelas I Tema 3. Kegiatanku. Download
4. Buku Siswa Kelas I Tema 4. Keluargaku. Download




Buku Siswa Tematik Kelas IV Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016

Buku Siswa Tematik Kelas IV Semester 1 SD/MI
Kurikulum 2013 Revisi 2016



Buku Siswa Tematik Kelas IV Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016
Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu. Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong peserta didik untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing. Buku ini adalah merupakan penyempurnaan dari edisi terdahulu.

Buku ini bersifat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang. Untuk itu, para pembaca dapat memberikan sumbang saran, kritikan, dan masukan yang membangun untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Semoga kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi Indonesia yang lebih
berkualitas.

Berikut saya share Buku Siswa Tematik Kelas IV Semester 1 Edisi Revisi 2016.

Buku Siswa Kelas IV Tema 1. Indahnya Kebersamaan. Download
Subtema 1. Keberagaman Budaya Bangsaku
Subtema 2. Kebersamaan dalam Keberagaman
Subtema 3. Bersyukur atas Keberagaman

Buku Siswa Kelas IV Tema 2. Selalu Berhemat Energi. Download
Subtema 1. Sumber Energi
Subtema 2. Manfaat Energi
Subtema 3. Energi Alternatif

Buku Siswa Kelas IV Tema 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Download
Subtema 1. Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Subtema 2. Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Subtema 3. Ayo, Cintai Lingkungan

Buku Siswa Kelas IV Tema 4. Berbagai Pekerjaan. Download
Subtema 1. Jenis-Jenis Pekerjaan
Subtema 2. Pekerjaan di Sekitarku
Subtema 3. Pekerjaan Orang Tuaku

Buku Siswa Kelas IV Tema 5. Pahlawanku. Download
Subtema 1. Perjuangan Para Pahlawan
Subtema 2. Pahlawanku Kebanggaanku
Subtema 3. Sikap Kepahlawanan




Buku Guru Tematik Kelas IV Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016

Buku Guru Tematik Kelas IV Semester 1 SD/MI
Kurikulum 2013 Revisi 2016



Buku Guru Tematik Kelas IV Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016
Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu. Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong peserta didik untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing. Buku ini adalah merupakan penyempurnaan dari edisi terdahulu.

Buku ini bersifat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang. Untuk itu, para pembaca dapat memberikan sumbang saran, kritikan, dan masukan yang membangun untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Semoga kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi Indonesia yang lebih

berkualitas.

Berikut saya share Buku Guru Tematik Kelas IV Semester 1 Edisi Revisi 2016:

Buku Guru Kelas IV Tema 1. Indahnya Kebersamaan. Download
Subtema 1. Keberagaman Budaya Bangsaku
Subtema 2. Kebersamaan dalam Keberagaman
Subtema 3. Bersyukur atas Keberagaman

Buku Guru Kelas IV Tema 2. Selalu Berhemat Energi. Download
Subtema 1. Sumber Energi
Subtema 2. Manfaat Energi
Subtema 3. Energi Alternatif

Buku Guru Kelas IV Tema 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Download
Subtema 1. Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Subtema 2. Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Subtema 3. Ayo, Cintai Lingkungan

Buku Guru Kelas IV Tema 4. Berbagai Pekerjaan. Download
Subtema 1. Jenis-Jenis Pekerjaan
Subtema 2. Pekerjaan di Sekitarku
Subtema 3. Pekerjaan Orang Tuaku

Buku Guru Kelas IV Tema 5. Pahlawanku. Download
Subtema 1. Perjuangan Para Pahlawan
Subtema 2. Pahlawanku Kebanggaanku
Subtema 3. Sikap Kepahlawanan



Buku Guru Tematik Kelas I Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016

Buku Guru Tematik Kelas I Semester 1 SD/MI
Kurikulum 2013 Revisi 2016



Buku Guru Tematik Kelas I Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016
Buku guru disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di lapangan. Sebagaimana diketahui bahwa buku teks siswa yang berbasis aktivitas disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, yang sangat mengedepankan pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan. Karena hanya sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, guru tidak diharapkan menggunakan buku ini sebagai satu-satunya buku panduan yang menjadi acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Isi dari Buku Guru hanyalah contoh aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan di kelas. Guru memiliki keleluasaan untuk membangun kegiatan pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Guru juga tetap harus membuka dan mempelajari Peraturan Pemerintah khususnya berkaitan dengan konsep penilaian dan pelaporan yang tidak dapat diurai secara detil dalam buku ini.

Guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik, dibutuhkan kehadiran buku-buku penunjang. Jika perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah, mengingat buku-buku tersebut didesain sebagai buku teks yang sarat materi. Guru maupun peserta didik juga dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lain yang relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Buku ini dibuat dengan berlandaskan pada Kompetensi Dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Demikian pula, buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan baik oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud.

Berbeda dengan Buku Guru sebelumnya, atas arahan dari Kemendikbud, kali ini Buku Guru tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk PPKn. Namun demikian, dalam kesehariannya guru tetap melakukan proses pengamatan perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik.

Berikut saya share Buku Guru Tematik Kelas I Semester 1 Edisi Revisi 2016.

Buku Guru Tematik Kelas I Semester 1 Edisi Revisi 2016 :
1. Buku Guru Kelas I Tema 1. Diriku. Download
2. Buku Guru Kelas I Tema 2. Kegemaranku. Download
3. Buku Guru Kelas I Tema 3. Kegiatanku. Download
4. Buku Guru Kelas I Tema 4. Keluargaku. Download




Jul 2, 2017

Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017

Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017



Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus
Profesional : Pengembangan Bahasa Anak Tunarungu
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Pembelajaran pada Anak Tunarungu
Profesional : Teknik Pengembangan Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Pengembangan Kurikulum dan Media Adaptif Anak Tunarungu
Profesional : Pendekatan Visual, Auditif, Kinestetik dan Taktil
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Perencanaan Pembelajaran
Profesional : Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Konsep Teknologi Informasi dan Komunikasi
Profesional : Konsep Pengembangan Komunikasi, Persepsi Bunyi dan Irama
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Pengembangan Potensi Anak Tunarungu
Profesional : Prosedur Pengembangan Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Komunikasi Efektif Pada Anak Tunarungu
Profesional : Penerapan Pembelajaran Bunyi Bahasa Bagi Anak Tunarungu
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Penilaian, Evaluasi Proses dan Hasil Belajar
Profesional : Keterampilan Vokasional Sederhana
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Pemanfaatan Penilaian dan Evaluasi bagi Pembelajaran
Profesional : Pemanfaatan TIK untuk Pengembangan Diri
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Penelitian Tindakan Kelas dalam Setting Peningkatan Pembelajaran Anak Tunarungu
Profesional : Pengoperasian MS Office
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-J. Download




Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017

Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017



Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Identifikasi dan Asesmen Peserta Didik Tunanetra
Profesional : Pengembangan Semsorimotor dan Pra Membaca Braille
Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Teori Belajar dan Praktik Pembelajaran bagi Anak Tunanetra
Profesional : Media Belajar dan Pengembangan Konsep pada Anak Tunanetra
Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Kurikulum dan Media Pembelajaran bagi Anak Tunanetra
Profesional : Braille Dasar dan Konsep O&M
Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Prinsip dan Perencanaan Pembelajaran bagi Anak Tunanetra
Profesional : Braille II
Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : TIK dan Aplikasi JAWS bagi Anak Tunanetra
Profesional : Teknik Pra Tongkat
Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Pengembangan Potensi Anak Tunanetra
Profesional : Teknik Bepergian Dengan Tongkat
Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Komunikasi Efektif
Profesional : Penembangan Keterampilan Sosial dan Komunikasi Anak Tunanetra
Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Penilaian dan Evaluasi
Profesional : Activities of Daily Living bagi Siswa Tunanetra
Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Laporan Hasil Penilaian dan TIK Untuk Komunikasi
Profesional : Pengetahuan Manajemen Sehari-Hari dan Reproduksi Manusia
Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Penelitian Tindakan Kelas
Profesional : Internet untuk Komunikasi dan Pengembangan Diri Guru
Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 KK-J. Download




Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017

Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017



Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Identifikasi dan Asesmen Peserta Didik Tunadaksa
Profesional : Konsep Dasar Peserta Didik Tunadaksa
Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran
Profesional : Prosedur Pembelajaran Pengembangan Gerak
Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Pengembangan Kurikulum Bagi Peserta Didik Tunadaksa
Profesional : Ruang Lingkup Materi Pengembangan Diri dan Gerak
Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Perencanaan Pembelajaran
Profesional : Pengembangan Gerak Bagi Peserta Didik
Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : TIK bagi Kepentingan Pembelajaran
Profesional : Penguasaan Standar Kompetensi
Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Pengembangan Potensi Peserta Didik Tunadaksa
Profesional : Keterampilan Vokasional bagi Peserta Didik Tunadaksa
Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Strategi Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran
Profesional : Penggunaan TIK dalam Komunikasi
Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Penilaian dan Evaluasi Hasil Belajar
Profesional : Pemanfaatan TIK untuk Pengembangan Profesi
Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Pemanfaatan Penilaian Dan Evaluasi Bagi Pembelajaran
Profesional : Aspek Perkembangan Peserta Didik Tunadaksa
Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Penelitian Tindakan Kelas
Profesional : Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Guna Mendukung Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 KK-J. Download




Modul PKB PLB Autis Tahun 2017

Modul PKB PLB Autis Tahun 2017



Modul PKB PLB Autis Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Identifikasi Dan Asesmen Anak Autis
Profesional : Konsep Pengembangan Interaksi, Komunikasi Dan Perilaku
Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Teori Belajar dan Prinsip-Prinsip Pembelajaran
Profesional : Prinsip Pengembangan Interaksi, Komunikasi dan Perilaku
Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Pengembangan Kurikulum
Profesional : Materi Pengembangan Interaksi, Komunikasi dan Perilaku
Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran
Profesional : Program Pengembangan Interaksi, Komunikasi dan Perilaku
Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran Anak Autis
Profesional : Pembelajaran Terstruktur
Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Pengembangan Potensi Anak Autis
Profesional : Pembelajaran Vokasional Sederhana Bagi Anak Autis
Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Komunikasi Efektif
Profesional : Model Pembelajaran Interaksi Sosial dan Komunikasi
Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Penilaian Hasil Belajar
Profesional : Refleksi Diri Guru Anak Autis
Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Pemanfaatan Penilaian dan Evaluasi Hasil Belajar
Profesional : Penggunaan Perangkat Lunak
Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Penelitian Tindakan Kelas
Profesional : TIK untuk Mendukung Penelitian Tindakan Kelas
Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 KK-J. Download




Contoh Soal Post Test PKB Kepala Sekolah 2017

Contoh Soal Post Test PKB Kepala Sekolah 2017



Contoh Soal Post Test PKB Kepala Sekolah 2017
Sebagaimana diketahui bahwa pada tahun 2017, Ditjen GTK mengembangkan Program Pengembanggan Keprofesian Berkelanjutan yang merupakan kelanjutan dari Program Guru Pembelajar denggan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi guru yang ditunjukkan dengan kenikan capaian nilai UKG dengan rata-rata nasional yaitu 70. Program Pengembanggan Keprofesian Berkelanjutan ini dilaksanakan berbasis komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (Komunitas GTK). Salah satu Komunitas GTK adalah Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS).

Pemberdayaan Komunitas Guru, dalam hal ini Pusat Kegiatan Gugus/Kelompok Kerja Guru (KKG)/ Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)/ Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK)/ Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS).

Untuk sekedar latihan berikut saya share contoh Soal Post Tes PKB Kepala Sekolah :

Contoh Soal Post Test PKB Kepala Sekolah 2017. Download



Jul 1, 2017

PKB Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Tahun 2017

PKB Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Tahun 2017



PKB Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Tahun 2017
Sebagaimana diketahui bahwa pada tahun 2017, Ditjen GTK mengembangkan Program Pengembanggan Keprofesian Berkelanjutan yang merupakan kelanjutan dari Program Guru Pembelajar denggan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi guru yang ditunjukkan dengan kenikan capaian nilai UKG dengan rata-rata nasional yaitu 70. Program Pengembanggan Keprofesian Berkelanjutan ini dilaksanakan berbasis komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (Komunitas GTK). Salah satu Komunitas GTK adalah Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS).

Pemberdayaan Komunitas Guru, dalam hal ini Pusat Kegiatan Gugus/Kelompok Kerja Guru (KKG)/ Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)/ Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK)/ Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS).

Untuk menambah pemahaman tentang Program PKB Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah berikut saya share beberapa materi terkait hal tersebut :

01. PKB KS-PS General 2017. Download
02. Review Modul Daring PKB 2017. Download
03. Program PKB KS-PS 2017. Download
04. Laporan Lampiran BAN PEM (KEU). Download
05. Dokumen Lampiran SPP (KEU). Download
06. PMK 173 Bantuan Pemerintah. Download
07. Modul PKB Kepala Sekolah Tahun 2017. Download
08. Modul PKB Pengawas Sekolah Tahun 2017. Download
09. SIM-PKB KS-PS. Download
10. Post Test PKB Guru, KS dan PS. Download
11. User Manual PKB Kepala Sekolah. Download
12. User Manual PKB Pengawas Sekolah. Download
13. User Manual Admin dan Pengampu. Download



Modul PKB Biologi SMA Tahun 2017

Modul PKB Biologi SMA Tahun 2017



Modul PKB Biologi SMA Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Hasil UKG menunjukkan peta profil yang menunjukan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal.

Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB Biologi SMA Tahun 2017 :
Modul PKB Biologi SMA Tahun 2017 KK-A. Download
Modul PKB Biologi SMA Tahun 2017 KK-B. Download
Modul PKB Biologi SMA Tahun 2017 KK-C. Download
Modul PKB Biologi SMA Tahun 2017 KK-D. Download
Modul PKB Biologi SMA Tahun 2017 KK-E. Download
Modul PKB Biologi SMA Tahun 2017 KK-F. Download
Modul PKB Biologi SMA Tahun 2017 KK-G. Download
Modul PKB Biologi SMA Tahun 2017 KK-H. Download
Modul PKB Biologi SMA Tahun 2017 KK-I. Download
Modul PKB Biologi SMA Tahun 2017 KK-J. Download




Modul PKB Bahasa Sunda SMA-SMK Tahun 2017

Modul PKB Bahasa Sunda SMA-SMK Tahun 2017



Modul PKB Bahasa Sunda SMA-SMK Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Untuk memenuhi kebutuhan bahan ajar kegiatan PKB 2017 ini, PPPPTK TK dan PLB, telah mengembangkan Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Mata Pelajaran Bahasa Sunda jenjang SMA-SMK yang terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 69 Tahun 2013 tentang Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Daerah pada Jenjang Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, serta Permendikbud No. 79 Tahun 2014 tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013.

Kedalaman materi dan pemetaan kompetensi dalam modul ini disusun menjadi sepuluh kelompok kompetensi. Setiap modul meliputi pengembangan materi kompetensi pedagogik dan profesional bagi guru Bahasa Sunda. Subtansi modul ini diharapkan dapat memberikan referensi, motivasi, dan inspirasi bagi peserta dalam mengeksplorasi dan mendalami kompetensi pedagogik dan profesional guru Bahasa Sunda.

Berikut saya share Modul PKB Bahasa Sunda SMA-SMK Tahun 2017 :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Ngaronjatkeun Diajar Basa Sunda
Profesional : Ragam Basa Sunda, Kawih jeung Mantra
Modul PKB Bahasa Sunda SMA-SMK Tahun 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Tiori Diajar jeung Larapna dina Pangajaran Basa Sunda
Profesional : Fungsi Basa Sunda jeung Sisindiran
Modul PKB Bahasa Sunda SMA-SMK Tahun 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Pamarekan Komunikatif, Saintifik, jeung Modél Pangajaran Basa Sunda di SMA/SMK
Profesional : Tatakrama Basa, Pola Sora Basa, Téks Éksplanasi, Guguritan, sarta Carpon di SMA/SMK
Modul PKB Bahasa Sunda SMA-SMK Tahun 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Kurikulum 2013 dina Pangajaran Basa Sunda di SMA/SMK
Profesional : Wanda Téks jeung Dongéng dina Sastra Sunda pikeun SMA/SMK
Modul PKB Bahasa Sunda SMA-SMK Tahun 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Bahan Pangajaran Basa jeung Sastra Sunda
Profesional : Adegan Kecap Jeung Wawacan
Modul PKB Bahasa Sunda SMA-SMK Tahun 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : TIK, Media jeung Sumber Pangajaran Basa Sunda
Profesional : Internet, Frasa, Adegan Kalimah jeung Carita Pantun
Modul PKB Bahasa Sunda SMA-SMK Tahun 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Stratégi Komunikasi jeung Téhnik Nanya dina Pangajaran Basa Sunda di SMA/SMK
Profesional : Pakeman Basa, Wanda Téks, jeung Carita Wayang di SMA/SMK
Modul PKB Bahasa Sunda SMA-SMK Tahun 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Penileyan Pangajaran Basa Sunda jeung Sastra Sunda
Profesional : Aksara Sunda, Sajak, Jeung Guguritan
Modul PKB Bahasa Sunda SMA-SMK Tahun 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Program Rémédial Jeung Pengayaan dina Pangajaran Basa Sunda di SMA/SMK
Profesional : Wanda Téks jeung Novel dina Sastra Sunda di SMA/SMK
Modul PKB Bahasa Sunda SMA-SMK Tahun 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Réfléksi Pangajaran jeung Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Profesional : Wanda Téks jeung Drama Basa Sunda
Modul PKB Bahasa Sunda SMA-SMK Tahun 2017 KK-J. Download




Modul PKB Bahasa Sunda SMP Tahun 2017

Modul PKB Bahasa Sunda SMP Tahun 2017



Modul PKB Bahasa Sunda SMP Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Untuk memenuhi kebutuhan bahan ajar kegiatan PKB 2017 ini, PPPPTK TK dan PLB, telah mengembangkan Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Mata Pelajaran Bahasa Sunda jenjang SMP yang terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 69 Tahun 2013 tentang Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Daerah pada Jenjang Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, serta Permendikbud No. 79 Tahun 2014 tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013.

Kedalaman materi dan pemetaan kompetensi dalam modul ini disusun menjadi sepuluh kelompok kompetensi. Setiap modul meliputi pengembangan materi kompetensi pedagogik dan profesional bagi guru Bahasa Sunda. Subtansi modul ini diharapkan dapat memberikan referensi, motivasi, dan inspirasi bagi peserta dalam mengeksplorasi dan mendalami kompetensi pedagogik dan profesional guru Bahasa Sunda.

Berikut saya share Modul PKB Bahasa Sunda SMP Tahun 2017 :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Ngaronjatkeun Diajar Basa Sunda
Profesional : Ragam Basa Sunda jeung Kawih
Modul PKB Bahasa Sunda SMP Tahun 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Tiori Diajar jeung Larapna dina Pangajaran Basa Sunda
Profesional : Fungsi Basa Sunda, Sisindiran, jeung Pupujian
Modul PKB Bahasa Sunda SMP Tahun 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Pamarekan Komunikatif, Saintifik, jeung Modél Pangajaran Basa Sunda di SMP
Profesional : Tatakrama Basa, Pola Sora Basa, Téks Éksplanasi, Guguritan, sarta Carpon di SMP
Modul PKB Bahasa Sunda SMP Tahun 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Kurikulum 2013 dina Pangajaran Basa jeung Sastra Sunda di SMP
Profesional : Kaparigelan Basa Sunda jeung Dongéng
Modul PKB Bahasa Sunda SMP Tahun 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Bahan Pangajaran Basa Jeung Sastra Sunda
Profesional : Adegan Kecap
Modul PKB Bahasa Sunda SMP Tahun 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : TIK dina Pangajaran Basa jeung Sastra Sunda di SMP
Profesional : Adegan Kalimah jeung Carita Pantun
Modul PKB Bahasa Sunda SMP Tahun 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Stratégi Komunikasi jeung Téhnik Nanya dina Pangajaran Basa Sunda di SMP
Profesional : Pakeman Basa jeung Wanda Téks di SMP
Modul PKB Bahasa Sunda SMP Tahun 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Peniléyan Pangajaran Basa jeung Sastra Sunda
Profesional : Aksara Sunda, Sajak, jeung Guguritan
Modul PKB Bahasa Sunda SMP Tahun 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Program Remedial Jeung Pengayaan dina Pangajaran Basa Sunda
Profesional : Rupa-rupa Téks jeung Novel Basa Sunda
Modul PKB Bahasa Sunda SMP Tahun 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Réfléksi jeung PTK Dina Pangajaran Basa Sunda pikeun Ningkatkeun Profési Guru Basa Sunda
Profesional : Wanda Teks jeung Drama
Modul PKB Bahasa Sunda SMP Tahun 2017 KK-J. Download



Berusaha menyadari kekurangan diri lalu terus belajar memperbaiki diri
itu lebih baik dan utama ketimbang sibuk mencari-cari kekurangan sesama.

Modul PKB Bahasa Sunda SD Tahun 2017

Modul PKB Bahasa Sunda SD Tahun 2017



Modul PKB Bahasa Sunda SD Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Untuk memenuhi kebutuhan bahan ajar kegiatan PKB 2017 tersebut, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Taman Kanak-Kanak dan Pendidikan Luar Biasa (PPPPTK TK dan PLB), telah mengembangkan Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Mata Pelajaran Bahasa Sunda jenjang SD, SMP, SLB, SMA dan SMK yang terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter dan merujuk pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru, Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 69 Tahun 2013 tentang Pembelajaran Muatan Lokal Bahasa dan Sastra Daerah pada Jenjang Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, serta Permendikbud No. 79 Tahun 2014 tentang Muatan Lokal Kurikulum 2013.

Kedalaman materi dan pemetaan kompetensi dalam modul ini disusun menjadi sepuluh kelompok kompetensi. Setiap modul meliputi pengembangan materi kompetensi pedagogik dan profesional bagi guru Bahasa Sunda. Subtansi modul ini diharapkan dapat memberikan referensi, motivasi, dan inspirasi bagi peserta dalam mengeksplorasi dan mendalami kompetensi pedagogik dan profesional guru Bahasa Sunda.

Berikut saya share Modul PKB PLB Tunagrahita Tahun 2017 :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Ngaronjatkeun Diajar Basa Sunda
Profesional : Kahasan Basa Sunda jeung Kawih
Modul PKB Bahasa Sunda SD Tahun 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Tiori Diajar jeung Larapna dina Pangajaran Basa Sunda
Profesional : Fungsi Basa Sunda jeung Pupujian
Modul PKB Bahasa Sunda SD Tahun 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Pamarekan Tématik Terpadu, Komunikatif, Saintifik, jeung Modél Pangajaran Basa Sunda di SD
Profesional : Tatakrama, Sora Basa, Pupuh, jeung Carpon di SD
Modul PKB Bahasa Sunda SD Tahun 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Ngaronjatkeun Diajar Basa Sunda
Profesional : Kahasan Basa Sunda jeung Kawih
Modul PKB Bahasa Sunda SD Tahun 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Bahan Pangajaran Basa jeung Sastra Sunda
Profesional : Adegan Kecap
Modul PKB Bahasa Sunda SD Tahun 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Media, Sumber jeung TIK dina Pangajaran Basa Sunda
Profesional : Internet jeung Kalimah Basa Sunda
Modul PKB Bahasa Sunda SD Tahun 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Stratégi Komunikasi , Téhnik Nanya, jeung Kaulinan Basa Sunda di SD
Profesional : Basa jeung Kabudayaan, Makéna Basa, sarta Pakeman Basa di SD
Modul PKB Bahasa Sunda SD Tahun 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Peniléyan Pangajaran Basa jeung Sastra Sunda
Profesional : Aksara Sunda, Sajak, jeung Guguritan
Modul PKB Bahasa Sunda SD Tahun 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Program Rémédial, Program Pengayaan, jeung Mangpaat Penilaian Berbasis Kelas di SD
Profesional : Wanda Téks jeung Pangajaran Novel di SD
Modul PKB Bahasa Sunda SD Tahun 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : PTK dina Pangajaran Basa Sunda di SD
Profesional : Téks Paguneman Basa Sunda di SD
Modul PKB Bahasa Sunda SD Tahun 2017 KK-J. Download