Jul 4, 2017

Modul PKB BK SMA Tahun 2017

Modul PKG BK SMA Tahun 2017



Modul PKG BK SMA Tahun 2017
Peran guru profesional dalam pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.


Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Guru Pembelajar (GP) merupakan upaya peningkatan kompetensi untuk semua guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui uji kompetensi guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Hasil UKG menunjukan peta kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG melalui program Guru Pembelajar. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Guru Pembelajar dilaksanakan melalui pola tatap muka, daring (online), dan campuran (blended) tatap muka dengan daring.

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK), dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksana Teknis dilingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul untuk program Guru Pembelajar (GP) tatap muka, daring kombinasi dan GP daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program GP memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Dalam rangka mendukung pencapaian visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2015-2019 “Terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong” serta untuk merealisasikan misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewujudkan pelaku pendidikan dan kebudayaan yang kuat dan pembelajaran yang bermutu, PPPPTK Penjas dan BK tahun 2016 telah merancang program peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan lainnya.

Salah satu upaya PPPPTK Penjas dan BK dalam merealisasikan program peningkatan kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dan Guru Bimbingan dan Konseling (BK) adalah melaksanakan program guru pembelajar yang bahan ajarnya dikembangkan dalam bentuk modul berdasarkan standar kompetensi guru.

Sesuai fungsinya bahan pembelajaran yang didesain dalam bentuk modul agar dapat dipelajari secara mandiri oleh para peserta diklat. Beberapa karakteristik yang khas dari bahan pembelajaran tersebut adalah: (1) lengkap (self-contained), artinya seluruh materi yang diperlukan peserta program guru pembelajar untuk mencapai kompetensi tertentu tersedia secara memadai; (2) menjelaskan diri sendiri (self-explanatory), maksudnya penjelasan dalam paket bahan pembelajaran memungkinkan peserta program guru pembelajar dapat mempelajari dan menguasai kompetensi secara mandiri; serta (3) mampu membelajarkan peserta program guru pembelajar (self-instructional), yakni sajian dalam paket bahan pembelajaran ditata sedemikian rupa sehingga dapat memicu peserta untuk secara aktif melakukan interaksi belajar, bahkan menilai sendiri kemampuan belajar yang dicapainya.

Modul ini diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran utama dalam program guru pembelajar bagi guru PJOK dan guru BK sebagai tindak lanjut dari Uji Kompetensi Guru (UKG). Semoga apa yang telah kita hasilkan memiliki makna strategis dan mampu memberikan kontribusi dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan terutama dalam bidang PJOK dan BK yang akan bermuara pada peningkatan mutu pendidikan nasional.

Untuk itu berikut saya share Modul PKB BK SMA sebagai berikut :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Teori dan Praksis Pendidikan. Download
Profesional : Konsep dan Praksis Asesmen. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Kaidah Perilaku Manusia dalam BK. Download
Profesional : Kerangka Teoritik dan Praksis BK. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Kaidah Perkembangan Fisiologis dan Psikologis. Download
Profesional : Program Bimbingan dan Konseling. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Kaidah Kepribadian, Individualitas dan Perbedaan Konseli. Download
Profesional : Implementasi Pelayanan BK di Sekolah. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Kaidah Belajar dalam BK. Download
Profesional : Keterampilan Dasar dan Teknik Konseling. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Kaidah-kaidah Keberbakatan dalam BK. Download
Profesional : Implementasi Teori Konseling. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Aplikasi Kaidah-kaidah Kesehatan Mental. Download
Profesional : Penilaian dalam BK. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Esensi Pelayanan BK pada Satuan Jalur Pendidikan. Download
Profesional : Kesadaran dan Komitmen terhadap Etika Profesional. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Esensi Pelayanan BK pada Satuan Jenjang Pendidikan. Download
Profesional : Rancangan dan Pelaksanaan Penelitian Tindakan BK. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Esensi Pelayanan BK pada Jenis Pendidikan. Download
Profesional : Penyusunan Laporan dan Pemanfaatan Hasil Penelitian. Download




No comments:

Post a Comment