Jul 7, 2017

Modul PKB PJOK SD Tahun 2017

Modul PKB PJOK SD Tahun 2017



Modul PKB PJOK SD Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 sebagai berikut :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Analisis Materi Pembelajaran dan Bahan Ajar 1
Profesional : Pengembangan Materi Bola Besar/Kecil, Beladiri, dan PKJ 1
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Pengembangan Kurikulum 1
Profesional : Pengembangan Materi PHS, Aktivitas Air dan Senam
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Penilaian Proses-Hasil Belajar 1 dan Komunikasi Efektif
Profesional : Filosofi Penjas 1 dan Pengembangan Materi PPPK dan PKJ 2
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Karakteristik Peserta Didik dan Rancangan Pembelajaran
Profesional : Filosofi Penjas 2 dan Gerak Berirama
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Pelaksanaan Pembelajaran
Profesional : Perkembangan Gerak Anak dan Kompetensi Profesi
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Prinsip Pembelajaran dan Penilaian Proses-Hasil Belajar
Profesional : Perspektif Sejarah dan Ilmu Faal
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : TIK dalam Pembelajaran
Profesional : Ilmu Urai, Faal Tubuh, Sosiologi dan Belajar Gerak
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Potensi Peserta Didik dan Model Pembelajaran
Profesional : Penerapan Psikologi dan Kinesiologi dalam PJOK
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Kesulitan Belajar Peserta Didik dan Pembelajaran Alternatif
Profesional : Tindakan Reflektif Pembelajaran
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Pengembangan Potensi dan Modifikasi Materi
Profesional : Profesionalisme Guru
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-J. Download




Jul 5, 2017

Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Katolitk dan Budi Pekerti (PAKT-BP) Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi 2016

Buku Guru dan Siswa
Pendidikan Agama Katolitk dan Budi Pekerti (PAKT-BP)
Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi 2016



Buku Guru dan Siswa PAKT-BP Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi 2016
Agama terutama bukanlah soal mengetahui mana yang benar atau yang salah. Tidak ada gunanya mengetahui tetapi tidak melakukannya, seperti dikatakan oleh Santo Yakobus: “Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati” (Yakobus 2:26). Demikianlah, belajar bukan sekadar untuk tahu, melainkan dengan belajar seseorang menjadi tumbuh dan berubah. Tidak sekadar belajar lalu berubah, tetapi juga mengubah keadaan.

Begitulah Kurikulum 2013 dirancang agar tahapan pembelajaran memungkinkan siswa berkembang dari proses menyerap pengetahuan dan mengembangkan keterampilan hingga memekarkan sikap serta nilai-nilai luhur kemanusiaan. Pembelajaran agama diharapkan mampu menambah wawasan keagamaan, mengasah keterampilan beragama dan mewujudkan sikap beragama peserta didik yang utuh dan berimbang yang mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya, sesama manusia dan manusis dengan lingkungannya. Untuk itu pendidikan agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan penanaman karakter dalam pembentukan budi pekerti yang luhur. Karakter yang ingin kita tanamkan antara lain: kejujuran, kedisiplinan, cinta kebersihan, cinta kasih, semangat berbagi, optimisme, cinta tanah air, kepenasaran intelektual, dan kreativitas.

Nilai-nilai karakter itu digali dan diserap dari pengetahuan agama yang dipelajari para siswa itu dan menjadi penggerak dalam pembentukan, pengembangan, peningkatan, pemeliharaan, dan perbaikan perilaku anak didik agar mau dan mampu melaksanakan tugas-tugas hidup mereka secara selaras, serasi, seimbang antara lahir-batin, jasmani-rohani, material-spiritual, dan individu-sosial. Selaras dengan itu, pendidikan agama Katolik secara khusus bertujuan membangun dan membimbing peserta didik agar tumbuh berkembang mencapai kepribadian utuh yang semakin mencerminkan diri mereka sebagai gambar Allah, sebab demikianlah “Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia” (Kejadian 1:27). Sebagai makhluk yang diciptakan seturut gambar Allah, manusia perlu mengembangkan sifat cinta kasih dan takut akan Allah, memiliki kecerdasan, keterampilan, pekerti luhur, memelihara lingkungan, serta ikut bertanggung jawab dalam pembangunan masyarakat, bangsa dan negara. [Sigit DK: 2013]

Buku pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi-bagi dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa dalam usaha memahami pengetahuan agamanya. Akan tetapi pengetahuan agama bukanlah hasil akhir yang dituju. Pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Untuk itu, sebagai buku agama yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitas-aktivitas. Di dalamnya dirancang urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa. Dengan demikian, buku ini menuntun apa yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk memahami dan menjalankan ajaran iman katolik.

Buku ini bukanlah satu-satunya sumber belajar bagi siswa. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa didorong untuk mempelajari agamanya melalui pengamatan terhadap sumber belajar yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Lebih-lebih untuk usia remaja perlu ditantang untuk kritis sekaligus peka dalam menyikapi fenomena alam, sosial, dan seni budaya.

Peran guru sangat penting untuk menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian kegiatan yang ada pada buku ini. Penyesuaian ini antara lain dengan membuka kesempatan luas bagi kreativitas guru untuk memperkayanya dengan kegiatankegiatan lain yang sesuai dan relevan dengan tempat di mana buku ini diajarkan, baik belajar melalui sumber tertulis maupun belajar langsung dari sumber lingkungan sosial dan alam sekitar.

Adapun Buku Guru dan Siswa PAKT-BP Kelas VII SMP K13 Revisi 2016 sebagai berikut :
Buku Guru PAKT-BP Kelas VII SMP K13 Revisi 2016. Download
Cover Buku Guru PAKT-BP Kelas VII SMP K13 Revisi 2016. Download
Buku Siswa PAKT-BP Kelas VII SMP K13 Revisi 2016. Download
Cover Buku Siswa PAKT-BP Kelas VII SMP K13 Revisi 2016. Download




Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti (PAKT-BP) Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
(PAKT-BP) Kurikulum 2013




Perangkat Pembelajaran PAKT-BP Kurikulum 2013
KI-KD PAKT-BP
Silabus
Buku PABP Katolik SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Buku Guru dan Siswa PA Katolik & BP Kelas VII K13 Revisi 2016






Jul 4, 2017

Guru Pembelajar 2016 dan PKB 2017

Guru Pembelajar 2016 dan PKB 2017



Guru Pembelajar 2016 dan PKB 2017
Program Guru Pembelajar yang sudah dilaksanakan mulai pada tahun 2016 lalu tentunya memiliki beberapa kekurangan dalam berbagai hal. Maka dari tu perlu dilakukan evaluasi. Salah satu evaluasinya adalah dengan membuat program lanjutan program Guru Pembelajar ini.

Pada Tahun 2017 program lanjutan Guru Pembelajar tidak lagi disebut sebagai GP Moda Daring, melainkan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Dengan adanya perubahan nama program tentunya pihak Kemdikbud mengusahakan adanya penyempurnaan terhadap segala kekurangan dari program Guru Pembelajar yang lama.

Lalu Apa Bedanya antara Guru Pembelajar 2016 dengan PKB 2017 ?
Berdasarkan penjelasan dari materi penyegaran Instruktur Nasional Bahasa Indonesia SMK Program PKB Tahun 2017, setidaknya ada 12 perbedaan antara Guru Pembelajar Tahun 2016 dengan PKB Tahun 2017.

Berikut Inilah 12 Perbedaan Guru Pembelajar 2016 dengan PKB 2017 :
  1. Mekanisme dalam pelaksanaan Program PKB Tahun 2017 berbasis pada kelompok kerja, seperti KKG/MGMP/MKKS.
  2. Pokja yang teregister di dalam SIM PKB. Ssehingga para Guru yang belum masuk ke dalam Pokja tidak dapat mengikuti PKB.
  3. Pokja berbasis pada rayon dibentuk oleh pihak UPT bagi daerah dengan jumlah guru yang sedikit.
  4. Penentuan para peserta pada moda tertentu tidak lagi didasarkan pada jumlah Kelompok Kompetensi (KK) yang merah di dalam peta/raport kompetensi masing-masing guru.
  5. Modul yang dipergunakan ialah modul yang telah direvisi, terintegrasi dengan Penguatan Pendidikan Karakter dan Pengembangan Penilaian.
  6. Moda Daring dilakukan selama waktu 4 minggu untuk 1 Kelompok Kompetensi.
  7. Persiapan untuk pembekalan Narasumber dan juga Instruktur Nasional yang baru (apabila diperlukan) akan menggunakan pola 100 jam pelajaran.
  8. Persiapan/penyegaran NS dan IN lama memakai pola 60 JP.
  9. Wajib mengikuti proses tes awal bagi para guru yang belum megikuti UKG pada Tahun 2015.
  10. Persentase dari nilai proses dan tes akhir pada nilai akhir untuk seluruh moda dan seluruh mata pelajaran sama, tidak akan dibedakan antara mapel kejuruan dan juga non kejuruan, tidak akan dibedakan antara moda tatap muka dengan moda daring.
  11. Bagi para peserta yang memperoleh nilai akhir >70 akan memperoleh sertifikat, apabila nilai akhir kurang dari 70 maka tidak mendapatkan sertifikat.
  12. Sertifikat akan dicetak dan didistribusikan oleh pihak P4TK/LP3TK KPTK, tidak bisa lagi diunduh langsung oleh peserta dari SIM Guru Pembelajar.

Itulah 12 Perbedaan Guru Pembelajar 2016 dengan PKB 2017. Silahkan anda pahami baik-baik supaya memahaminya. Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bisa membantu.

Untuk menambah pemahaman berikut saya share beberapa materi terkait hal tersebut :
Evaluasi 2016 dan PKB 2017. Download
Guru Pembelajar dan PKB 2017. Download
Perbedaan Guru Pembelajar 2016 dan PKB 2017. Download




Panduan Pusat Kegiatan Belajar (PKB) 2017

Panduan Pusat Kegiatan Belajar (PKB) 2017



Panduan Pusat Kegiatan Belajar (PKB) 2017
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) tahun 2017 merupakan kelanjutan dari Program Guru Pembelajar dengan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi guru yang ditunjukkan dengan kenaikan capaian nilai UKG 2017 dengan rata-rata nasional yaitu 70. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini dilaksanakan dengan berbasis Komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (Komunitas GTK).

Pemberdayaan Komunitas Guru, dalam hal ini Pusat Kegiatan Gugus/Kelompok Kerja Guru (KKG)/ Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)/ Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK)/ Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS).

Untuk itu berikut ini saya share Panduan Pusat Kegiatan Belajar (PKB) 2017 :
Panduan Registrasi bagi Guru di SIM-PKB 2017. Download
Panduan Verval Data Guru di SIM-PKB 2017. Download
Panduan Melengkapi Data Komunitas. Download
Panduan Menambah Anggota Komunitas. Download
Panduan Menambah Peserta ke Kelas Diklat. Download
Rekap Modul PKB di Komunitas. Download
Rekap Guru Belum Masuk SIM-PKB 2017. Download
Anggaran Dasar KKG, MGMP, MGBK, MKKS. Download





Modul PKB BK SMP Tahun 2017

Modul PKB BK SMP Tahun 2017




Modul PKB BK SMP Tahun 2017
Peran guru profesional dalam pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Guru Pembelajar (GP) merupakan upaya peningkatan kompetensi untuk semua guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui uji kompetensi guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Hasil UKG menunjukan peta kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG melalui program Guru Pembelajar. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Guru Pembelajar dilaksanakan melalui pola tatap muka, daring (online), dan campuran (blended) tatap muka dengan daring.

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK), dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksana Teknis dilingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul untuk program Guru Pembelajar (GP) tatap muka, daring kombinasi dan GP daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program GP memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Dalam rangka mendukung pencapaian visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2015-2019 “Terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong” serta untuk merealisasikan misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewujudkan pelaku pendidikan dan kebudayaan yang kuat dan pembelajaran yang bermutu, PPPPTK Penjas dan BK tahun 2016 telah merancang program peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan lainnya.

Salah satu upaya PPPPTK Penjas dan BK dalam merealisasikan program peningkatan kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dan Guru Bimbingan dan Konseling (BK) adalah melaksanakan program guru pembelajar yang bahan ajarnya dikembangkan dalam bentuk modul berdasarkan standar kompetensi guru.

Sesuai fungsinya bahan pembelajaran yang didesain dalam bentuk modul agar dapat dipelajari secara mandiri oleh para peserta diklat. Beberapa karakteristik yang khas dari bahan pembelajaran tersebut adalah: (1) lengkap (self-contained), artinya seluruh materi yang diperlukan peserta program guru pembelajar untuk mencapai kompetensi tertentu tersedia secara memadai; (2) menjelaskan diri sendiri (self-explanatory), maksudnya penjelasan dalam paket bahan pembelajaran memungkinkan peserta program guru pembelajar dapat mempelajari dan menguasai kompetensi secara mandiri; serta (3) mampu membelajarkan peserta program guru pembelajar (self-instructional), yakni sajian dalam paket bahan pembelajaran ditata sedemikian rupa sehingga dapat memicu peserta untuk secara aktif melakukan interaksi belajar, bahkan menilai sendiri kemampuan belajar yang dicapainya.

Modul ini diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran utama dalam program guru pembelajar bagi guru PJOK dan guru BK sebagai tindak lanjut dari Uji Kompetensi Guru (UKG). Semoga apa yang telah kita hasilkan memiliki makna strategis dan mampu memberikan kontribusi dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan terutama dalam bidang PJOK dan BK yang akan bermuara pada peningkatan mutu pendidikan nasional.

Untuk itu berikut saya share Modul PKB BK SMP sebagai berikut :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Teori dan Praksis Pendidikan. Download
Profesional : Konsep dan Praksis Asesmen. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Kaidah Perilaku Manusia dalam BK. Download
Profesional : Kerangka Teoritik dan Praksis BK. . Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Kaidah Perkembangan Fisiologis dan Psikologis. Download
Profesional : Program Bimbingan dan Konseling. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Kaidah Kepribadian, Individualitas dan Perbedaan Konseli. Download
Profesional : Implementasi Pelayanan BK di Sekolah. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Kaidah Belajar dalam BK. Download
Profesional : Keterampilan Dasar dan Teknik Konseling. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Kaidah-kaidah Keberbakatan dalam BK. Download
Profesional : Implementasi Teori Konseling. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Aplikasi Kaidah-kaidah Kesehatan Mental. Download
Profesional : Penilaian dalam BK. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Esensi Pelayanan BK pada Satuan Jalur Pendidikan. Download
Profesional : Kesadaran dan Komitmen terhadap Etika Profesional. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Esensi Pelayanan BK pada Satuan Jenjang Pendidikan. Download
Profesional : Rancangan dan Pelaksanaan Penelitian Tindakan BK. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Esensi Pelayanan BK pada Jenis Pendidikan. Download
Profesional : Penyusunan Laporan dan Pemanfaatan Hasil Penelitian. Download




Modul PKB BK SMA Tahun 2017

Modul PKG BK SMA Tahun 2017



Modul PKG BK SMA Tahun 2017
Peran guru profesional dalam pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.


Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Guru Pembelajar (GP) merupakan upaya peningkatan kompetensi untuk semua guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui uji kompetensi guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Hasil UKG menunjukan peta kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG melalui program Guru Pembelajar. Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Guru Pembelajar dilaksanakan melalui pola tatap muka, daring (online), dan campuran (blended) tatap muka dengan daring.

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK), dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksana Teknis dilingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul untuk program Guru Pembelajar (GP) tatap muka, daring kombinasi dan GP daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program GP memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Dalam rangka mendukung pencapaian visi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tahun 2015-2019 “Terbentuknya insan serta ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan gotong royong” serta untuk merealisasikan misi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mewujudkan pelaku pendidikan dan kebudayaan yang kuat dan pembelajaran yang bermutu, PPPPTK Penjas dan BK tahun 2016 telah merancang program peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan lainnya.

Salah satu upaya PPPPTK Penjas dan BK dalam merealisasikan program peningkatan kompetensi Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dan Guru Bimbingan dan Konseling (BK) adalah melaksanakan program guru pembelajar yang bahan ajarnya dikembangkan dalam bentuk modul berdasarkan standar kompetensi guru.

Sesuai fungsinya bahan pembelajaran yang didesain dalam bentuk modul agar dapat dipelajari secara mandiri oleh para peserta diklat. Beberapa karakteristik yang khas dari bahan pembelajaran tersebut adalah: (1) lengkap (self-contained), artinya seluruh materi yang diperlukan peserta program guru pembelajar untuk mencapai kompetensi tertentu tersedia secara memadai; (2) menjelaskan diri sendiri (self-explanatory), maksudnya penjelasan dalam paket bahan pembelajaran memungkinkan peserta program guru pembelajar dapat mempelajari dan menguasai kompetensi secara mandiri; serta (3) mampu membelajarkan peserta program guru pembelajar (self-instructional), yakni sajian dalam paket bahan pembelajaran ditata sedemikian rupa sehingga dapat memicu peserta untuk secara aktif melakukan interaksi belajar, bahkan menilai sendiri kemampuan belajar yang dicapainya.

Modul ini diharapkan dapat menjadi bahan pembelajaran utama dalam program guru pembelajar bagi guru PJOK dan guru BK sebagai tindak lanjut dari Uji Kompetensi Guru (UKG). Semoga apa yang telah kita hasilkan memiliki makna strategis dan mampu memberikan kontribusi dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru dan tenaga kependidikan terutama dalam bidang PJOK dan BK yang akan bermuara pada peningkatan mutu pendidikan nasional.

Untuk itu berikut saya share Modul PKB BK SMA sebagai berikut :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Teori dan Praksis Pendidikan. Download
Profesional : Konsep dan Praksis Asesmen. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Kaidah Perilaku Manusia dalam BK. Download
Profesional : Kerangka Teoritik dan Praksis BK. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Kaidah Perkembangan Fisiologis dan Psikologis. Download
Profesional : Program Bimbingan dan Konseling. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Kaidah Kepribadian, Individualitas dan Perbedaan Konseli. Download
Profesional : Implementasi Pelayanan BK di Sekolah. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Kaidah Belajar dalam BK. Download
Profesional : Keterampilan Dasar dan Teknik Konseling. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Kaidah-kaidah Keberbakatan dalam BK. Download
Profesional : Implementasi Teori Konseling. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Aplikasi Kaidah-kaidah Kesehatan Mental. Download
Profesional : Penilaian dalam BK. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Esensi Pelayanan BK pada Satuan Jalur Pendidikan. Download
Profesional : Kesadaran dan Komitmen terhadap Etika Profesional. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Esensi Pelayanan BK pada Satuan Jenjang Pendidikan. Download
Profesional : Rancangan dan Pelaksanaan Penelitian Tindakan BK. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Esensi Pelayanan BK pada Jenis Pendidikan. Download
Profesional : Penyusunan Laporan dan Pemanfaatan Hasil Penelitian. Download




Jul 3, 2017

Buku Siswa Tematik Kelas I Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016

Buku Siswa Tematik Kelas I Semester 2 SD/MI
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016



Buku Siswa Tematik Kelas I Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016
Buku Siswa disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di lapangan. Sebagaimana diketahui bahwa buku teks siswa yang berbasis aktivitas disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, yang sangat mengedepankan pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan. Karena hanya sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, guru diharapkan tidak menggunakan buku ini sebagai satu-satunya buku panduan yang menjadi acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Isi dari buku guru hanyalah contoh aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan di kelas. Guru memiliki keleluasaan untuk membangun kegiatan pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Guru juga tetap harus membuka dan mempelajari peraturan pemerintah khususnya berkaitan dengan konsep penilaian dan pelaporan yang tidak dapat diurai secara detil dalam buku ini.

Meski buku ini juga dilengkapi dengan materi tambahan untuk pengayaan guru, kehadiran buku-buku penunjang guna memperkaya wawasan dan keterampilan siswa tetap dibutuhkan. Jika perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah. Guru maupun siswa juga dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lain yang relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Buku ini dibuat dengan berlandaskan pada kompetensi dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan baik oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud. Berbeda dengan buku siswa sebelumnya, atas arahan dari Kemendikbud, kali ini buku siswa tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk PPKn. Namun demikian, dalam kesehariannya guru tetap melakukan proses pengamatan perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial siswa

Berikut saya share Buku Siswa Tematik Kelas I Semester 2 Edisi Revisi 2016.
Tema 5. Pengalamanku
Subtema 1. Pengalaman Masa Kecil
Subtema 2. Pengalaman Bersama Teman
Subtema 3. Pengalaman di Sekolah
Subtema 4. Pengalaman yang Berkesan
Buku Guru Kelas I Tema 5. Pengalamanku. Download

Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
Subtema 1. Lingkungan Rumahku
Subtema 2. Lingkungan Sekitar Rumahku
Subtema 3. Lingkungan Sekolahku
Subtema 4. Bekerja Sama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan
Buku Guru Kelas I Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri. Download

Tema 7. Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku
Subtema 1. Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita
Subtema 2. Hewan di Sekitarku
Subtema 3. Tanaman di Sekitarku
Subtema 4. Bentuk, Warna, Ukuran dan Permukaan Benda
Buku Guru Kelas I Tema 7. Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku. Download

Tema 8. Peristiwa Alam
Subtema 1. Peristiwa Siang dan Malam
Subtema 2. Kemarau
Subtema 3. Penghujan
Subtema 4. Bencana Alam
Buku Guru Kelas I Tema 8. Peristiwa Alam. Download

Demikian, semoga bermanfaat dan terima kasih kepada Sahabat Guru Berbagi atas kontribusinya.




Buku Guru Tematik Kelas I Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016

Buku Guru Tematik Kelas I Semester 2 SD/MI
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016




Buku Guru Tematik Kelas I Semester 2 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016
Buku guru disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di lapangan. Sebagaimana diketahui bahwa buku teks siswa yang berbasis aktivitas disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, yang sangat mengedepankan pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan. Karena hanya sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, guru diharapkan tidak menggunakan buku ini sebagai satu-satunya buku panduan yang menjadi acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Isi dari buku guru hanyalah contoh aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan di kelas. Guru memiliki keleluasaan untuk membangun kegiatan pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Guru juga tetap harus membuka dan mempelajari peraturan pemerintah khususnya berkaitan dengan konsep penilaian dan pelaporan yang tidak dapat diurai secara detil dalam buku ini.

Meski buku ini juga dilengkapi dengan materi tambahan untuk pengayaan guru, kehadiran buku-buku penunjang guna memperkaya wawasan dan keterampilan siswa tetap dibutuhkan. Jika perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah. Guru maupun siswa juga dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lain yang relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Buku ini dibuat dengan berlandaskan pada kompetensi dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan baik oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud. Berbeda dengan buku guru sebelumnya, atas arahan dari Kemendikbud, kali ini buku guru tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk PPKn. Namun demikian, dalam kesehariannya guru tetap melakukan proses pengamatan perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial siswa

Berikut saya share Buku Guru Tematik Kelas I Semester 2 Edisi Revisi 2016.
Tema 5. Pengalamanku
Subtema 1. Pengalaman Masa Kecil
Subtema 2. Pengalaman Bersama Teman
Subtema 3. Pengalaman di Sekolah
Subtema 4. Pengalaman yang Berkesan
Buku Guru Kelas I Tema 5. Pengalamanku. Download

Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri
Subtema 1. Lingkungan Rumahku
Subtema 2. Lingkungan Sekitar Rumahku
Subtema 3. Lingkungan Sekolahku
Subtema 4. Bekerja Sama Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Lingkungan
Buku Guru Kelas I Tema 6. Lingkungan Bersih, Sehat, dan Asri. Download

Tema 7. Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku
Subtema 1. Benda Hidup dan Tak Hidup di Sekitar Kita
Subtema 2. Hewan di Sekitarku
Subtema 3. Tanaman di Sekitarku
Subtema 4. Bentuk, Warna, Ukuran dan Permukaan Benda
Buku Guru Kelas I Tema 7. Benda, Hewan, dan Tanaman di Sekitarku. Download

Tema 8. Peristiwa Alam
Subtema 1. Peristiwa Siang dan Malam
Subtema 2. Kemarau
Subtema 3. Penghujan
Subtema 4. Bencana Alam
Buku Guru Kelas I Tema 8. Peristiwa Alam. Download

Demikian, semoga bermanfaat dan terima kasih kepada Sahabat Guru Berbagi atas kontribusinya.




Buku Siswa Tematik Kelas I Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016

Buku Siswa Tematik Kelas I Semester 1 SD/MI
Kurikulum 2013 Revisi 2016



Buku Siswa Tematik Kelas I Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016
Buku guru disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di lapangan. Sebagaimana diketahui bahwa buku teks siswa yang berbasis aktivitas disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, yang sangat mengedepankan pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan. Karena hanya sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, guru tidak diharapkan menggunakan buku ini sebagai satu-satunya buku panduan yang menjadi acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Isi dari Buku Guru hanyalah contoh aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan di kelas. Guru memiliki keleluasaan untuk membangun kegiatan pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Guru juga tetap harus membuka dan mempelajari Peraturan Pemerintah khususnya berkaitan dengan konsep penilaian dan pelaporan yang tidak dapat diurai secara detil dalam buku ini.

Guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik, dibutuhkan kehadiran buku-buku penunjang. Jika perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah, mengingat buku-buku tersebut didesain sebagai buku teks yang sarat materi. Guru maupun peserta didik juga dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lain yang relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Buku ini dibuat dengan berlandaskan pada Kompetensi Dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Demikian pula, buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan baik oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud.

Berbeda dengan Buku Siswa sebelumnya, atas arahan dari Kemendikbud, kali ini Buku Siswa tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk PPKn. Namun demikian, dalam kesehariannya guru tetap melakukan proses pengamatan perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik.

Berikut saya share Buku Siswa Tematik Kelas I Semester 1 Edisi Revisi 2016.
1. Buku Siswa Kelas I Tema 1. Diriku. Download
2. Buku Siswa Kelas I Tema 2. Kegemaranku. Download
3. Buku Siswa Kelas I Tema 3. Kegiatanku. Download
4. Buku Siswa Kelas I Tema 4. Keluargaku. Download




Buku Siswa Tematik Kelas IV Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016

Buku Siswa Tematik Kelas IV Semester 1 SD/MI
Kurikulum 2013 Revisi 2016



Buku Siswa Tematik Kelas IV Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016
Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu. Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong peserta didik untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing. Buku ini adalah merupakan penyempurnaan dari edisi terdahulu.

Buku ini bersifat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang. Untuk itu, para pembaca dapat memberikan sumbang saran, kritikan, dan masukan yang membangun untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Semoga kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi Indonesia yang lebih
berkualitas.

Berikut saya share Buku Siswa Tematik Kelas IV Semester 1 Edisi Revisi 2016.

Buku Siswa Kelas IV Tema 1. Indahnya Kebersamaan. Download
Subtema 1. Keberagaman Budaya Bangsaku
Subtema 2. Kebersamaan dalam Keberagaman
Subtema 3. Bersyukur atas Keberagaman

Buku Siswa Kelas IV Tema 2. Selalu Berhemat Energi. Download
Subtema 1. Sumber Energi
Subtema 2. Manfaat Energi
Subtema 3. Energi Alternatif

Buku Siswa Kelas IV Tema 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Download
Subtema 1. Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Subtema 2. Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Subtema 3. Ayo, Cintai Lingkungan

Buku Siswa Kelas IV Tema 4. Berbagai Pekerjaan. Download
Subtema 1. Jenis-Jenis Pekerjaan
Subtema 2. Pekerjaan di Sekitarku
Subtema 3. Pekerjaan Orang Tuaku

Buku Siswa Kelas IV Tema 5. Pahlawanku. Download
Subtema 1. Perjuangan Para Pahlawan
Subtema 2. Pahlawanku Kebanggaanku
Subtema 3. Sikap Kepahlawanan




Buku Guru Tematik Kelas IV Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016

Buku Guru Tematik Kelas IV Semester 1 SD/MI
Kurikulum 2013 Revisi 2016



Buku Guru Tematik Kelas IV Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016
Kurikulum 2013 dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya dilaksanakan dengan memadukan ketiga ranah tersebut melalui pendekatan pembelajaran tematik terpadu. Untuk mendukung ketercapaian tujuan kurikulum, maka diperlukan buku tematik berbasis aktivitas yang mendorong peserta didik untuk mencapai standar yang telah ditentukan.

Buku tematik terpadu ini menjabarkan proses pembelajaran yang akan membantu siswa mencapai setiap kompetensi yang diharapkan melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat mengembangkan dan memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi siswa di sekolah masing-masing. Buku ini adalah merupakan penyempurnaan dari edisi terdahulu.

Buku ini bersifat terbuka dan terus dilakukan perbaikan dan penyempurnaan di masa mendatang. Untuk itu, para pembaca dapat memberikan sumbang saran, kritikan, dan masukan yang membangun untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Semoga kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi Indonesia yang lebih

berkualitas.

Berikut saya share Buku Guru Tematik Kelas IV Semester 1 Edisi Revisi 2016:

Buku Guru Kelas IV Tema 1. Indahnya Kebersamaan. Download
Subtema 1. Keberagaman Budaya Bangsaku
Subtema 2. Kebersamaan dalam Keberagaman
Subtema 3. Bersyukur atas Keberagaman

Buku Guru Kelas IV Tema 2. Selalu Berhemat Energi. Download
Subtema 1. Sumber Energi
Subtema 2. Manfaat Energi
Subtema 3. Energi Alternatif

Buku Guru Kelas IV Tema 3. Peduli Terhadap Makhluk Hidup. Download
Subtema 1. Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Subtema 2. Keberagaman Makhluk Hidup di Lingkunganku
Subtema 3. Ayo, Cintai Lingkungan

Buku Guru Kelas IV Tema 4. Berbagai Pekerjaan. Download
Subtema 1. Jenis-Jenis Pekerjaan
Subtema 2. Pekerjaan di Sekitarku
Subtema 3. Pekerjaan Orang Tuaku

Buku Guru Kelas IV Tema 5. Pahlawanku. Download
Subtema 1. Perjuangan Para Pahlawan
Subtema 2. Pahlawanku Kebanggaanku
Subtema 3. Sikap Kepahlawanan



Buku Guru Tematik Kelas I Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016

Buku Guru Tematik Kelas I Semester 1 SD/MI
Kurikulum 2013 Revisi 2016



Buku Guru Tematik Kelas I Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Revisi 2016
Buku guru disusun sebagai pemandu penggunaan buku teks siswa di lapangan. Sebagaimana diketahui bahwa buku teks siswa yang berbasis aktivitas disusun sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, yang sangat mengedepankan pencapaian kompetensi siswa sesuai dengan standar kelulusan yang ditetapkan. Karena hanya sebagai salah satu penunjang penerapan Kurikulum 2013 yang disempurnakan, guru tidak diharapkan menggunakan buku ini sebagai satu-satunya buku panduan yang menjadi acuan dalam proses belajar mengajar di kelas. Isi dari Buku Guru hanyalah contoh aktivitas pembelajaran yang dapat dilakukan di kelas. Guru memiliki keleluasaan untuk membangun kegiatan pembelajaran sendiri yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Guru juga tetap harus membuka dan mempelajari Peraturan Pemerintah khususnya berkaitan dengan konsep penilaian dan pelaporan yang tidak dapat diurai secara detil dalam buku ini.

Guna memperkaya wawasan dan keterampilan peserta didik, dibutuhkan kehadiran buku-buku penunjang. Jika perlu, bisa saja guru memanfaatkan buku-buku KTSP yang sudah dimiliki sekolah, mengingat buku-buku tersebut didesain sebagai buku teks yang sarat materi. Guru maupun peserta didik juga dapat memanfaatkan bahan-bahan belajar lain yang relevan, termasuk ensiklopedia, berbagai buku yang membahas topik terkait pembelajaran, majalah, surat kabar, dan sebagainya.

Buku ini dibuat dengan berlandaskan pada Kompetensi Dasar yang telah disusun oleh Kemendikbud. Demikian pula, buku ini telah melalui proses review, evaluasi, penyuntingan, dan mendapatkan catatan serta saran-saran perbaikan yang dilakukan baik oleh penelaah maupun tim editor di bawah pengawasan Kemendikbud.

Berbeda dengan Buku Guru sebelumnya, atas arahan dari Kemendikbud, kali ini Buku Guru tidak lagi dilengkapi dengan KI 1 dan KI 2, kecuali untuk PPKn. Namun demikian, dalam kesehariannya guru tetap melakukan proses pengamatan perkembangan sikap spiritual dan sikap sosial peserta didik.

Berikut saya share Buku Guru Tematik Kelas I Semester 1 Edisi Revisi 2016.

Buku Guru Tematik Kelas I Semester 1 Edisi Revisi 2016 :
1. Buku Guru Kelas I Tema 1. Diriku. Download
2. Buku Guru Kelas I Tema 2. Kegemaranku. Download
3. Buku Guru Kelas I Tema 3. Kegiatanku. Download
4. Buku Guru Kelas I Tema 4. Keluargaku. Download




Jul 2, 2017

Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017

Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017



Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus
Profesional : Pengembangan Bahasa Anak Tunarungu
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Pembelajaran pada Anak Tunarungu
Profesional : Teknik Pengembangan Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Pengembangan Kurikulum dan Media Adaptif Anak Tunarungu
Profesional : Pendekatan Visual, Auditif, Kinestetik dan Taktil
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Perencanaan Pembelajaran
Profesional : Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Konsep Teknologi Informasi dan Komunikasi
Profesional : Konsep Pengembangan Komunikasi, Persepsi Bunyi dan Irama
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Pengembangan Potensi Anak Tunarungu
Profesional : Prosedur Pengembangan Komunikasi Persepsi Bunyi dan Irama
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Komunikasi Efektif Pada Anak Tunarungu
Profesional : Penerapan Pembelajaran Bunyi Bahasa Bagi Anak Tunarungu
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Penilaian, Evaluasi Proses dan Hasil Belajar
Profesional : Keterampilan Vokasional Sederhana
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Pemanfaatan Penilaian dan Evaluasi bagi Pembelajaran
Profesional : Pemanfaatan TIK untuk Pengembangan Diri
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Penelitian Tindakan Kelas dalam Setting Peningkatan Pembelajaran Anak Tunarungu
Profesional : Pengoperasian MS Office
Modul PKB PLB Tunarungu Tahun 2017 KK-J. Download




Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017

Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017



Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Identifikasi dan Asesmen Peserta Didik Tunanetra
Profesional : Pengembangan Semsorimotor dan Pra Membaca Braille
Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Teori Belajar dan Praktik Pembelajaran bagi Anak Tunanetra
Profesional : Media Belajar dan Pengembangan Konsep pada Anak Tunanetra
Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Kurikulum dan Media Pembelajaran bagi Anak Tunanetra
Profesional : Braille Dasar dan Konsep O&M
Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Prinsip dan Perencanaan Pembelajaran bagi Anak Tunanetra
Profesional : Braille II
Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : TIK dan Aplikasi JAWS bagi Anak Tunanetra
Profesional : Teknik Pra Tongkat
Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Pengembangan Potensi Anak Tunanetra
Profesional : Teknik Bepergian Dengan Tongkat
Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Komunikasi Efektif
Profesional : Penembangan Keterampilan Sosial dan Komunikasi Anak Tunanetra
Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Penilaian dan Evaluasi
Profesional : Activities of Daily Living bagi Siswa Tunanetra
Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Laporan Hasil Penilaian dan TIK Untuk Komunikasi
Profesional : Pengetahuan Manajemen Sehari-Hari dan Reproduksi Manusia
Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Penelitian Tindakan Kelas
Profesional : Internet untuk Komunikasi dan Pengembangan Diri Guru
Modul PKB PLB Tunanetra Tahun 2017 KK-J. Download




Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017

Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017



Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Identifikasi dan Asesmen Peserta Didik Tunadaksa
Profesional : Konsep Dasar Peserta Didik Tunadaksa
Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Teori Belajar dan Prinsip-prinsip Pembelajaran
Profesional : Prosedur Pembelajaran Pengembangan Gerak
Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Pengembangan Kurikulum Bagi Peserta Didik Tunadaksa
Profesional : Ruang Lingkup Materi Pengembangan Diri dan Gerak
Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Perencanaan Pembelajaran
Profesional : Pengembangan Gerak Bagi Peserta Didik
Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : TIK bagi Kepentingan Pembelajaran
Profesional : Penguasaan Standar Kompetensi
Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Pengembangan Potensi Peserta Didik Tunadaksa
Profesional : Keterampilan Vokasional bagi Peserta Didik Tunadaksa
Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Strategi Komunikasi Efektif dalam Pembelajaran
Profesional : Penggunaan TIK dalam Komunikasi
Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Penilaian dan Evaluasi Hasil Belajar
Profesional : Pemanfaatan TIK untuk Pengembangan Profesi
Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Pemanfaatan Penilaian Dan Evaluasi Bagi Pembelajaran
Profesional : Aspek Perkembangan Peserta Didik Tunadaksa
Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Penelitian Tindakan Kelas
Profesional : Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK) Guna Mendukung Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
Modul PKB PLB Tunadaksa Tahun 2017 KK-J. Download




Modul PKB PLB Autis Tahun 2017

Modul PKB PLB Autis Tahun 2017



Modul PKB PLB Autis Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Identifikasi Dan Asesmen Anak Autis
Profesional : Konsep Pengembangan Interaksi, Komunikasi Dan Perilaku
Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Teori Belajar dan Prinsip-Prinsip Pembelajaran
Profesional : Prinsip Pengembangan Interaksi, Komunikasi dan Perilaku
Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Pengembangan Kurikulum
Profesional : Materi Pengembangan Interaksi, Komunikasi dan Perilaku
Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Konsep Dasar Perencanaan Pembelajaran
Profesional : Program Pengembangan Interaksi, Komunikasi dan Perilaku
Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Pemanfaatan TIK untuk Pembelajaran Anak Autis
Profesional : Pembelajaran Terstruktur
Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Pengembangan Potensi Anak Autis
Profesional : Pembelajaran Vokasional Sederhana Bagi Anak Autis
Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Komunikasi Efektif
Profesional : Model Pembelajaran Interaksi Sosial dan Komunikasi
Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Penilaian Hasil Belajar
Profesional : Refleksi Diri Guru Anak Autis
Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Pemanfaatan Penilaian dan Evaluasi Hasil Belajar
Profesional : Penggunaan Perangkat Lunak
Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Penelitian Tindakan Kelas
Profesional : TIK untuk Mendukung Penelitian Tindakan Kelas
Modul PKB PLB Autis Tahun 2017 KK-J. Download




Contoh Soal Post Test PKB Kepala Sekolah 2017

Contoh Soal Post Test PKB Kepala Sekolah 2017



Contoh Soal Post Test PKB Kepala Sekolah 2017
Sebagaimana diketahui bahwa pada tahun 2017, Ditjen GTK mengembangkan Program Pengembanggan Keprofesian Berkelanjutan yang merupakan kelanjutan dari Program Guru Pembelajar denggan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi guru yang ditunjukkan dengan kenikan capaian nilai UKG dengan rata-rata nasional yaitu 70. Program Pengembanggan Keprofesian Berkelanjutan ini dilaksanakan berbasis komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (Komunitas GTK). Salah satu Komunitas GTK adalah Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS).

Pemberdayaan Komunitas Guru, dalam hal ini Pusat Kegiatan Gugus/Kelompok Kerja Guru (KKG)/ Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)/ Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK)/ Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS).

Untuk sekedar latihan berikut saya share contoh Soal Post Tes PKB Kepala Sekolah :

Contoh Soal Post Test PKB Kepala Sekolah 2017. Download



Jul 1, 2017

PKB Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Tahun 2017

PKB Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Tahun 2017



PKB Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Tahun 2017
Sebagaimana diketahui bahwa pada tahun 2017, Ditjen GTK mengembangkan Program Pengembanggan Keprofesian Berkelanjutan yang merupakan kelanjutan dari Program Guru Pembelajar denggan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi guru yang ditunjukkan dengan kenikan capaian nilai UKG dengan rata-rata nasional yaitu 70. Program Pengembanggan Keprofesian Berkelanjutan ini dilaksanakan berbasis komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (Komunitas GTK). Salah satu Komunitas GTK adalah Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS).

Pemberdayaan Komunitas Guru, dalam hal ini Pusat Kegiatan Gugus/Kelompok Kerja Guru (KKG)/ Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)/ Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK)/ Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS).

Untuk menambah pemahaman tentang Program PKB Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah berikut saya share beberapa materi terkait hal tersebut :

01. PKB KS-PS General 2017. Download
02. Review Modul Daring PKB 2017. Download
03. Program PKB KS-PS 2017. Download
04. Laporan Lampiran BAN PEM (KEU). Download
05. Dokumen Lampiran SPP (KEU). Download
06. PMK 173 Bantuan Pemerintah. Download
07. Modul PKB Kepala Sekolah Tahun 2017. Download
08. Modul PKB Pengawas Sekolah Tahun 2017. Download
09. SIM-PKB KS-PS. Download
10. Post Test PKB Guru, KS dan PS. Download
11. User Manual PKB Kepala Sekolah. Download
12. User Manual PKB Pengawas Sekolah. Download
13. User Manual Admin dan Pengampu. Download