Jul 10, 2017

Perangkat Pembelajaran PABP Kristen SMA Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran
PABP Kristen SMA Kurikulum 2013



Perangkat Pembelajaran PABP Kristen SMA Kurikulum 2013
Perangkat Pembelajaran PABP Kristen Kelas 10 SMA K13 Revisi 2017
Perangkat Pembelajaran PABP Kristen Kelas 11 SMA K13 Revisi 2017
KI-KD PABP Kristen SMA Kurikulum 2013
Silabus PABP Kristen SMA Kurikulum 2013
Buku PABP Kristen SMA Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017




Jul 9, 2017

Buku PABP Khonghucu SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku PABP Khonghucu SMP
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku PABP Khonghucu SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Hadirnya Kurikulum baru bukan berarti Kurikulum lama tidak bagus. Kurikulum selalu baik dan cocok pad ajamannya. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karen aitu, Kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan. Pergeseran paradigma belajar abad 21 dan kerangka kompetensi abad XXI menjadi pijakan di dalam pengembangan Kurikulum 2013.

Tema pengembangan Kurikulum 2013 adalah dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif melalui penguatan sikap (tahu mengapa), keterampilan (tahu bagaimana), dan pengetahuan (tahu apa) yang terintegrasi. Diakui dalam perkembangan kehidupan dan ilmu pengetahuan abad XXI, kini memang telah terjadi pergeseran baik ciri maupun model pembelajaran. Inilah yang diantisipasi pada Kurikulum 2013. Sudah barang tentu untuk mencapai tema itu, dibutuhkan proses pembelajaran yang mendukung kreativitas. Itu sebabnya perlu merumuskan Kurikulum yang mengedepankan pengalaman personal melalui proses mengamati, menanya, menalar, dan mencoba (observation based learning) untuk meningkatkan kreativitas peserta didik. Di samping itu, dibiasakan bagi peserta didik untuk bekerja dalam jejaringan melalui collaborative learning.

Pengembangan Kurikulum 2013, selain untuk memberi jawaban terhadap beberapa permasalahan yang melekat pada Kurikulum 2006, bertujuan juga untuk mendorong peserta didik, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengomunikasikan (mempresentasikan), apa yang diperoleh atau diketahui setelah siswa menerima materi pembelajaran. Melalui pendekatan itu diharapkan siswa kita memiliki kompetensi sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. Sedikitnya ada lima entitas, masing-masing peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, manajemen satuan pendidikan, negara dan bangsa, serta masyarakatu mum, yang diharapkan mengalami perubahan.

Sedikitnya ada dua faktor besar dalam keberhasilan Kurikulum 2013. Pertama, penentu, yaitu kesesuaian kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) dengan Kurikulum dan buku teks. Kedua, faktor pendukung yang terdiri dari tiga unsur; (i) ketersediaan buku sebagai bahan ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pembentuk Kurikulum; (ii) penguatan peran pemerintah dalam pembinaan dan pengawasan; dan (iii) penguatan manajemen dan budaya sekolah.

Seiring implementasi Kurikulum 2013 tersebut, guru (mau tidak mau) dipacu untuk terus meningkatkan kemampuan dalam segala hal terkait dengan bidang pekerjaan (mulia) nya ini. Kemampuan mengelola kelas, merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, serta melakukan penilaian. Oleh karena itu, dalam rangka mendorong peningkatan kualitas pembelajaran diperlukan Buku Panduan Guru dan Siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah yang sekaligus menjadi panduan implementasi Kurikulum 2013. Panduan ini diharapkan dapat menjadi salah satu acuan atau referensi bagi para Pendidik dalam merencanakan, mengembangkan, dan melaksanakan proses pembelajaran serta menilai hasil pembelajaran sesuai dengan konsep Kurikulum 2013. 

Pada diri guru, sedikitnya ada empat aspek yang harus diberiperhatian khusus dalam rencana implementasi dan keterlaksanaan Kurikulum 2013, yaitu kompetensi pedagogi; kompetensi akademik (keilmuan); kompetensi sosial; dan kompetensi manajerial atau kepemimpinan. Guru sebagai ujung tombak penerapan Kurikulum, diharapkan bisa menyiapkan dan membuka diri terhadap beberapa kemungkinan terjadinya perubahan. Kesiapan guru lebih penting dari pada pengembangan Kurikulum 2013. Kenapa guru menjadi penting? Karena dalam Kurikulum 2013, bertujuan mendorong peserta didik, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), terhadap apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran. Guru berperan besar di dalam proses pembelajaran berbasis Kurikulum 2013. Guru kedepan dituntut tidak hanya cerdas tapi juga adaptip terhadap perubahan.

Berikut saya share Buku PABP Khonghucu SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 :
Buku Guru PABP Khonghucu Kelas VII SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Khonghucu Kelas VII SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Khonghucu Kelas VIII SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Khonghucu Kelas VIII SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download



Perangkat PABP Khonghucu SMP Kurikulum 2013

Perangkat PABP Khonghucu SMP
Kurikulum 2013



Perangkat PABP Khonghucu SMP Kurikulum 2013
KI-KD PABP Khonghucu SMP Kurikulum 2013
Silabus Khonghucu SMP Kurikulum 2013
Buku PABP Khonghucu SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017





Buku PABP Katolik SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku PABP Katolik SMP
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku PABP Katolik SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Agama terutama bukanlah soal mengetahui mana yang benar atau yang salah. Tidak ada gunanya mengetahui tetapi tidak melakukannya, seperti dikatakan oleh Santo Yakobus: “Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati” (Yakobus 2:26). Demikianlah, belajar bukan sekadar untuk tahu, melainkan dengan belajar seseorang menjadi tumbuh dan berubah. Tidak sekadar belajar lalu berubah, tetapi juga mengubah keadaan.

Begitulah Kurikulum 2013 dirancang agar tahapan pembelajaran memungkinkan siswa berkembang dari proses menyerap pengetahuan dan mengembangkan keterampilan hingga memekarkan sikap serta nilai-nilai luhur kemanusiaan. Pembelajaran agama diharapkan mampu menambah wawasan keagamaan, mengasah keterampilan beragama dan mewujudkan sikap beragama peserta didik yang utuh dan berimbang yang mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya, sesama manusia dan manusis dengan lingkungannya. Untuk itu pendidikan agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan penanaman karakter dalam pembentukan budi pekerti yang luhur. Karakter yang ingin kita tanamkan antara lain: kejujuran, kedisiplinan, cinta kebersihan, cinta kasih, semangat berbagi, optimisme, cinta tanah air, kepenasaran intelektual, dan kreativitas.

Nilai-nilai karakter itu digali dan diserap dari pengetahuan agama yang dipelajari para siswa itu dan menjadi penggerak dalam pembentukan, pengembangan, peningkatan, pemeliharaan, dan perbaikan perilaku anak didik agar mau dan mampu melaksanakan tugas-tugas hidup mereka secara selaras, serasi, seimbang antara lahir-batin, jasmani-rohani, material-spiritual, dan individu-sosial. Selaras dengan itu, pendidikan agama Katolik secara khusus bertujuan membangun dan membimbing peserta didik agar tumbuh berkembang mencapai kepribadian utuh yang semakin mencerminkan diri mereka sebagai gambar Allah, sebab demikianlah “Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia” (Kejadian 1:27). Sebagai makhluk yang diciptakan seturut gambar Allah, manusia perlu mengembangkan sifat cinta kasih dan takut akan Allah, memiliki kecerdasan, keterampilan, pekerti luhur, memelihara lingkungan, serta ikut bertanggung jawab dalam pembangunan masyarakat, bangsa dan negara. [Sigit DK: 2013]

Buku pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi-bagi dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa dalam usaha memahami pengetahuan agamanya. Akan tetapi pengetahuan agama bukanlah hasil akhir yang dituju. Pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Untuk itu, sebagai buku agama yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitas-aktivitas. Di dalamnya dirancang urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa. Dengan demikian, buku ini menuntun apa yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk memahami dan menjalankan ajaran iman katolik.

Buku ini bukanlah satu-satunya sumber belajar bagi siswa. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa didorong untuk mempelajari agamanya melalui pengamatan terhadap sumber belajar yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Lebih-lebih untuk usia remaja perlu ditantang untuk kritis sekaligus peka dalam menyikapi fenomena alam, sosial, dan seni budaya.

Peran guru sangat penting untuk menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian kegiatan yang ada pada buku ini. Penyesuaian ini antara lain dengan membuka kesempatan luas bagi kreativitas guru untuk memperkayanya dengan kegiatankegiatan lain yang sesuai dan relevan dengan tempat di mana buku ini diajarkan, baik belajar melalui sumber tertulis maupun belajar langsung dari sumber lingkungan sosial dan alam sekitar.

Adapun Buku Guru dan Siswa PABP Katolik SMP K13 Edisi Revisi 2017 sebagai berikut :
Buku Guru PABP Katolik Kelas 7 SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Katolik Kelas 7 SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Katolik Kelas 8 SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Katolik Kelas 8 SMP K13 Edisi Revisi 2017. Download




Buku PAI-BP SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku PAI-BP SMP 
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku PAI-BP SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Segala puji bagi Allah Swt. Tuhan seru sekalian alam. Salawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan kita baginda Nabi Besar Muhammad saw. serta para keluarganya, para sahabatnya dan para pengikut setianya sampai saat ini, amiin.

Dengan kuasa, kehendak dan bimbingan dari Allah Swt. penulis dapat menyelesaikan buku Panduan Guru Pendidikan Agama Islam untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) ini sebagai Pedoman bagi guru dalam melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian hasil belajar Pendidikan Agama Islam.

Buku panduan guru Pendidikan Agama Islam yang disusun mengacu pada Kurikulum 2013 yang merupakan kurikulum penataan dalam rangka penyempurnan dari kurikulum sebelumnya. Buku panduan guru ini memuat tentang pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaian yang mengacu pada kompetensi inti yang meliputi; Kompetensi Inti (K1) afeksi spiritual berupa menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. Kompetensi Inti (K2) afeksi sosial berupa menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya, Kompetensi Inti (K3) yaitu pengembangan kognitif berupa memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata, dan Kompetensi Inti (K4) yang merupakan pengembangan implementatif berupa mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori. Dengan pendekatan kompetensi inti tersebut diharapkan tujuan pembelajaran dapat memenuhi tujuan pendidikan secara utuh, sebagaimana digariskan dalam undang-undang pendidikan di negara ini.

Berikut saya share Buku PAI-BP SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 :
Buku Guru PAI-BP Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PAI-BP Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PAI-BP Kelas 8 SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PAI-BP Kelas 8 SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017. Download



Buku PABP Khonghucu SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku PABP Khonghucu SD
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku PABP Khonghucu SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Kehadiran Buku Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti ini senantiasa dapat berguna dan menjadi inspirasi untuk mengembangkan kreativitas mengajar bagi pendidik dan mengundang ketertarikan peserta didik dalam mempelajari agama Khonghucu. 

Dalam buku ini terdapat beberapa tokoh dan dikemas dalam bentuk tanya jawab. Tujuannya adalah untuk menggali keingintahuan peserta didik melalui proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan materi sesuai kemampuan peserta didik yang mengacu pada Kurikulum 2013.

Buku ini dilengkapi pula dengan Buku Panduan Guru. Tujuannya agar supaya para pendidik dapat menyampaikan materi dengan tepat secara konsep dan sebagai acuan dalam penyusunan program belajar yang terintegrasi dengan kalender pendidikan nasional.

Berikut saya share Buku PABP Khonghucu SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 :
Buku Guru PABP Khonghucu Kelas 1 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Khonghucu Kelas 1 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Khonghucu Kelas 2 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Khonghucu Kelas 2 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Khonghucu Kelas 4 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Suswa PABP Khonghucu Kelas 4 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Khonghucu Kelas 5 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Khonghucu Kelas 5 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download




Perangkat Pembelajaran PABP Khonghucu SD Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran PABP
Khonghucu SD Kurikulum 2013



Perangkat Pembelajaran PABP Khonghucu SD Kurikulum 2013
Buku Guru dan Siswa PABP Konghucu Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018
Buku Guru dan Siswa PABP Konghucu Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018

KI-KD PABP Khonghucu SD Kurikulum 2013
Silabus PABP Khonghucu SD Kurikulum 2013
Buku PABP Khonghucu SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017




Buku PABP Hindu SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku PABP Hindu SD
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku PABP Hindu SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Buku Agama Hindu dan Budi Pekerti SD berfungsi sebagai acuan atau referensi bagi guru dalam proses pembelajaran yang lebih inovatif, kreatif, efektif, fleksible, kontekstual, dan student center learning dalam mencapai ukuran dan kriteria minimal pencapaian indikator Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD) dan standar pembelajaran agama Hindu sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (SNP). Untuk itu Guru diharapkan dapat melakukan proses pembelajaran agar peserta didik mengenal ajaran agama yang diyakini melalui pengamatan, pendengaran, menanya tentang bagaimana berpikir yang baik, bertutur kata yang baik, dan berbuat yang baik kepada teman terdekat, orang tua, keluarga, guru di sekolah, dan makhluk hidup ciptaan Ida Sang Hyang Widhi lainnya.

Demikian juga membangun kesadaran dan keyakinan peserta didik tentang weda sebagai kitab suci dapat disosialisasikan melalui dharmagita serta penghormatan kepada orang suci. Tercapainya proses pembelajaran ini akan terlihat pada perilaku peserta didik yang memiliki sraddha bhakti, akhlak mulia, budi pekerti yang luhur yang tercermin dalam perilaku sehari-hari.

Untuk itu berikut saya share Buku PABP Hindu SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 :
Buku Guru PABP Hindu Kelas 1 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Hindu Kelas 1 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Hindu Kelas 2 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Hindu Kelas 2 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Hindu Kelas 4 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Hindu Kelas 4 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Hindu Kelas 5 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Hindu Kelas 5 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download



Perangkat Pembelajaran PABP Hindu SD Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran PABP Hindu SD
Kurikulum 2013



Perangkat Pembelajaran PABP Hindu SD Kurikulum 2013
Buku Guru dan Siswa PABP Hindu Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018
Buku Guru dan Siswa PABP Hindu Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018

KI-KD PABP Hindu SD Kurikulum 2013
Silabus PABP Hindu SD Kurikulum 2013
Buku PABP Hindu SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017




Buku PABP Kristen SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku PABP Kristen SD
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku PABP Kristen SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Para rekan guru di mana pun berada, selamat berjumpa kembali dalam Buku Revisi Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti ini. Semoga semangat dan ketekunan dalam mendidik dan mengajar masih terus menginspirasi peran penting ibu/bapak sekalian.

Bagi para guru yang telah lama mengajar, teks-teks Alkitab yang dipakai sebagai dasar mengajar di kelas SD mungkin mengalami pengulangan dalam siklus perubahan kurikulum. Namun kita tahu, bahwa pengulangan adalah induk dari belajar (repetio est mater studiorum). Dengan pengulangan, orang akan memahami sesuatu secara mendalam dan kelak akan menjadi kebiasaan (habitus) dalam hidupnya, seperti kata Seneca, “dediscit animus sero, quod didicit diu,” apa yang sudah lama dipelajari, sulit dilupakan. Tentu saja kebiasaan yang kita inginkan adalah kebiasaan yang baik, bukan sebaliknya.

Untuk menolong rekan guru melakukan peran mendidik dan mengajar maka telah diterbitkan Buku ini yang dilengkapi dengan penjelasan detail atas bahan-bahan ajar pada setiap pertemuan. Para guru diharapkan dapat mengembangkannya sesuai konteks dan kebutuhan tempat masing-masing dengan tetap mengacu pada kompetensi yang diharapkan. Prinsip yang perlu diingat adalah bahwa belajar itu menyenangkan (learning is FUN). Karena itu, ciptakanlah suasana belajar yang nyaman, menyenangkan, aktif, dan kreatif agar peserta didik mencintai Kitab Suci, gerejanya, dan terutama Yesus Kristus sang Guru Agung kita. Jangan tergesa-gesa mengharapkan apalagi dengan memaksakan semua kebaikan dan nilai-nilai kristiani dijejali dan diterima oleh anak-anak pada saat itu juga. Suasana yang nyaman dan menyenangkan lebih memudahkan anak menerima dan mencerna pesan-pesan pengajaran pada hari itu.

Ingatlah, tugas kita adalah mengajar dengan baik, namun proses pertumbuhan iman seseorang sepenuhnya akan dilakukan oleh Allah. Seperti kata rasul Paulus, “aku menanam, Apolos menyiram, tetapi Allah yang memberi pertumbuhan” (1 Korintus 3:6). Bagian kita adalah menyiapkan bahan ajar dengan sungguh-sungguh, menyampaikannya dengan menyenangkan, dan mengaktifkan siswa secara kreatif, dengan tujuan siswa semakin mencintai ajaran-ajaran iman kristiani. Dengan begitu, rekan sekalian telah menjadi rekan sekerja Allah dalam mengajar umat-Nya. Peran yang rekan lakukan sama berharganya dan sama fungsinya seperti para pendeta di gereja yang mengajar umat dewasa lainnya. Untuk itu, hargailah dengan tulus dan banggalah atas peran Saudara sekalian sebagai guru yang mendidik umat Allah.

Berikut saya share Buku PABP Kristen SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 :
Buku Guru PABP Kristen Kelas 1 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Kristen Kelas 1 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Kristen Kelas 2 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Kristen Kelas 2 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Kristen Kelas 4 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Kristen Kelas 4 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Kristen Kelas 5 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Kristen Kelas 5 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download





Perangkat Pembelajaran PABP Kristen SD Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran PABP Kristen SD
Kurikulum 2013



Perangkat Pembelajaran PABP Kristen SD Kurikulum 2013
KI-KD PABP Kristen SD Kurikulum 2013
Silabus PABP Kristen SD Kurikulum 2013
Buku Guru dan Siswa PABP Kristen Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018
Buku Guru dan Siswa PABP Kristen Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Revisi 2018
Buku PABP Kristen SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Perangkat Pembelajaran PABP Kristen Kelas 4 SD K13 Revisi 2017




Buku PABP Katolik SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku PABP Katolik SD
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku PABP Katolik SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Kita bersyukur kepada Allah yang Mahakuasa atas terbitnya buku Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti yang telah direvisi dan diselaraskan sesuai perkembangan Kurikulum 2013. Agama terutama bukanlah soal mengetahui mana yang benar atau yang salah. Tidak ada gunanya mengetahui tetapi tidak melakukannya, seperti dikatakan oleh Santo Yakobus: “Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatanperbuatan adalah mati” (Yakobus 2:26). Demikianlah, belajar bukan sekadar untuk tahu, melainkan dengan belajar seseorang menjadi tumbuh dan berubah. Tidak sekadar belajar lalu berubah, tetapi juga mengubah keadaan. Begitulah Kurikulum 2013 dirancang agar tahapan pembelajaran memungkinkan siswa berkembang dari proses menyerap pengetahuan dan mengembangkan keterampilan hingga memekarkan sikap serta nilai-nilai luhur kemanusiaan.

Pembelajaran agama diharapkan mampu menambah wawasan keagamaan, mengasah keterampilan beragama dan mewujudkan sikap beragama peserta didik yang utuh dan berimbang yang mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya, sesama manusia dengan lingkungannya. Untuk itu, pendidikan agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan penanaman karakter dalam pembentukan budi pekerti yang luhur. Karakter yang ingin kita tanamkan antara lain: kejujuran, kedisiplinan, cinta kebersihan, cinta kasih, semangat berbagi, optimisme, cinta tanah air, kepenasaran intelektual, dan kreativitas.

Nilai-nilai karakter itu digali dan diserap dari pengetahuan agama yang dipelajari para siswa dan menjadi penggerak dalam pembentukan, pengembangan, peningkatan, pemeliharaan, dan perbaikan perilaku anak didik agar mau dan mampu melaksanakan tugas-tugas hidup mereka secara selaras, serasi, seimbang antara lahir-batin, jasmani-rohani, material-spiritual, dan individu-sosial. Selaras dengan itu, pendidikan agama Katolik secara khusus bertujuan membangun dan membimbing peserta didik agar tumbuh berkembang mencapai kepribadian utuh yang makin mencerminkan diri mereka sebagai gambar Allah, sebab demikianlah “Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia” (Kejadian 1:27). Sebagai makhluk yang diciptakan seturut gambar Allah, manusia perlu mengembangkan sifat cinta kasih dan takut akan Allah, memiliki kecerdasan, keterampilan, budi pekerti luhur, memelihara lingkungan, serta ikut bertanggung jawab dalam pembangunan masyarakat, bangsa dan negara. [Sigit DK: 2013]

Buku pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi-bagi dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa dalam usaha memahami pengetahuan agamanya. Akan tetapi, pengetahuan agama bukanlah hasil akhir yang dituju. Pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Untuk itu, sebagai buku agama yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitas-aktivitas. Di dalamnya, dirancang urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa. Dengan demikian, buku ini menuntun apa yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk memahami dan menjalankan ajaran iman katolik.

Buku ini bukanlah satu-satunya sumber belajar bagi siswa. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa didorong untuk mempelajari agamanya melalui pengamatan terhadap sumber belajar yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Lebih-lebih untuk usia remaja perlu ditantang untuk kritis sekaligus peka dalam menyikapi fenomena alam, sosial, dan seni budaya. Peran guru sangat penting untuk menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian kegiatan yang ada pada buku ini. Penyesuaian ini antara lain dengan membuka kesempatan luas bagi kreativitas guru untuk memperkayanya dengan kegiatankegiatan lain yang sesuai dan relevan dengan tempat di mana buku ini diajarkan, baik belajar melalui sumber tertulis maupun belajar langsung dari sumber lingkungan sosial dan alam sekitar.

Buku Guru PABP Katolik Kelas 1 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Katolik Kelas 1 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Katolik Kelas 2 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Katolik Kelas 2 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Katolik Kelas 4 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Katolik Kelas 4 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru PABP Katolik Kelas 5 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PABP Katolik Kelas 5 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download




Perangkat Pembelajaran PABP Katolik SD Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran PABP Katolik SD
Kurikulum 2013



Perangkat Pembelajaran PABP Katolik SD Kurikulum 2013
KI-KD PABP Katolik SD Kurikulum 2013
Silabus PABP Katolik SD Kurikulum 2013
Buku Guru dan Siswa PABP Katolik Kelas 3 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018
Buku Guru dan Siswa PABP Katolik Kelas 6 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018
Buku PABP Katolik SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017




Buku Guru dan Siswa PAI-BP Kelas 1 SD Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku Guru dan Siswa PAI-BP Kelas 1 SD
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku Guru dan Siswa PAI-BP Kelas 1 SD K13 Edisi Revisi 2017
Misi diutusnya Nabi adalah untuk menyempurnakan keluhuran akhlak. Sejalan dengan itu, dijelaskan dalam al-Qur’an bahwa Beliau diutus hanyalah untuk menebarkan kasih sayang kepada semesta alam. Dengan demikian, di dalam ayat al-Qur’an ini digunakan struktur gramatika yang menunjukkan sifat eksklusif misi pengutusan Nabi.

Dalam struktur ajaran Islam, pendidikan akhlak adalah yang terpenting. Penguatan akidah adalah dasar. Sementara, ibadah adalah sarana, sedangkan tujuan akhirnya adalah pengembangan akhlak mulia. Sehubungan dengan itu, Nabi saw, bersabda, “Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya” dan “Orang yang paling baik Islamnya adalah yang paling baik akhlaknya.” Dengan kata lain, hanya akhlak mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah yang bisa menjadi bukti kekuatan akidah dan kebaikan ibadah. Sejalan dengan itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diorientasikan pada pembentukan akhlak yang mulia, penuh kasih sayang, kepada segenap unsur alam semesta.

Hal tersebut selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Selain itu, peserta didik tidak hanya diharapkan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tapi juga meningkat kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia karakter dan kepribadiannya atau yang berbudi pekerti luhur.

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha memahami pengetahuan agamanya dan mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.

Buku Guru & Siswa PAI-BP Kelas 1 SD K13 Edisi Revisi 2017 ini memuat materi pokok sebagai berikut :

Semester Ganjil
Bab 1. Kasih Sayang
1.1. Kasih Sayang Nabi Muhammad
1.2. Kasih Sayang Allah
Bab 2. Aku Cinta al-Qur’an
2.1. Baca Basmalah
2.2. Lafal QS. al-Fātihah
2.3. Hafal QS. al-Fātihah
2.4. Pesan QS. al-Fātihah
2.5. Lafal Huruf Hijaiyyah dan Harakatnya
Bab 3. Iman kepada Allah Swt
3.1. Yakin Allah Swt itu Ada
3.2. Allah Itu Esa
Bab 4. Bersih itu Sehat
4.1. Bersuci
4.2. Tata Cara Bersuci
4.3. Hidup Bersih
Bab 5. Cinta Nabi dan Rasul
5.1. Keteladanan Nabi Ādam as
5.2. Kisah Keteladanan Nabi Nuh as
5.3. Kisah Keteladanan Nabi Hud as

Semester Genap
Bab 6. Ayo Belajar
6.1. Semangat Belajar Nabi Idrīs as
6.2. Doa Belajar
6.3. Membaca dan Menulis
6.4. Rajin Belajar
Bab 7. Ayo Belajar al-Qur’an
7.1. Lafal QS. al-Ikhlās
7.2. Hafal QS. al-Ikhlās
7.3. Pesan QS. al-Ikhlās
Bab 8. Allah Maharaja
8.1. Al-Mālik
8.2. Dua Kalimat Syahadat
Bab 9. Ayo Kita Salat
9.1. Salat Wajib
9.2. Mengaji di Sekitar Rumah
Bab 10. Perilaku Terpuji
10.1. Berkata Baik
10.2. Hormat dan Patuh
10.3. Mensyukuri Karunia dan Pemberian
10.4. Pemaaf
10.5. Jujur
10.6. Percaya Diri

Buku Guru PAI-BP Kelas 1 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa PAI-BP Kelas 1 SD K13 Edisi Revisi 2017. Download




Jul 8, 2017

Buku Guru dan Siswa Tematik Kelas 2 Semester 1 SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku Guru dan Siswa Tematik Kelas 2 Semester 1
SD/MI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017




Buku Guru dan Siswa Tematik Kelas 2 Semester 1 SD/MI K13 Edisi Revisi 2017
Buku Tematik Kelas 2 SD/MI Edisi Revisi 2017 disusun dengan mengacu pada kompetensi dasar sesuai amanat Kurikulum 2013. Di dalamnya dirumuskan secara terpadu kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dikuasai oleh siswa. Kemudian, dirumuskan juga proses pembelajaran dan penilaian untuk memastikan ketercapaian kompetensi yang diinginkan. Proses pembelajaran dirancang berbasis aktivitas dengan melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran.

Buku ini mengarahkan kegiatan pembelajaran yang harus dilakukan siswa bersama guru dan temanteman sekelasnya untuk mencapai kompetensi tertentu. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa hendaknya diajak untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia di sekitarnya. Peran dan kerativitas guru sangat penting dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa terhadap materi pembelajaran melalui kegiatan-kegiatan pembelajaran dalam buku ini. Guru dapat memperkaya pemahaman dan pengalaman siswa dengan berbagai bentuk kegiatan lain bersumber dari buku-buku dan media pembelajaran yang ada di sekolah.

Memasuki tahun pelajaran 2017/2018 maka guru harus menyiapkan perangkat pembelajaran sesuai ketentuan. Salah satu unsur perangkat yang diperlukan dalam menunjang perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran adalah buku sumber. Karena itu berikut saya sampaikan Buku Guru Tematik Kelas 2 Semester 1 Edisi Revisi 2017.

Tema 1. Hidup Rukun
BG Kelas 2 Tema 1. Download
BS Kelas 2 Tema 1. Download

Tema 2. Bermain di Lingkunganku
BG Kelas 2 Tema 2. Download
BS Kelas 2 Tema 2. Download

Tema 3. Tugasku Sehari-hari
BG Kelas 2 Tema 3. Download
BS Kelas 2 Tema 3. Download

Tema 4. Hidup Bersih dan Sehat
BG Kelas 2 Tema 4. Download
BS Kelas 2 Tema 4. Download




Buku Bahasa Inggris SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku Bahasa Inggris SMP/MTs
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku Bahasa Inggris SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Bahasa Inggris adalah bahasa utama dalam komunikasi antarbangsa dan pergaulan dunia. Makin datarnya dunia dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menyebabkan pergaulan tidak dapat lagi dibatasi oleh batas-batas negara. Kurikulum 2013 menyadari peran penting bahasa Inggris tersebut. Kurikulum 2013 dirancang untuk menyongsong model pembelajaran abad ke-21. Di dalamnya terdapat pergeseran pembelajaran dari siswa diberitahu menjadi siswa mencari tahu dari berbagai sumber belajar melampaui batas guru dan satuan pendidikan. Peran bahasa Inggris dalam model pembelajaran seperti itu menjadi sangat sentral mengingat lebih banyak sumber belajar yang menggunakan bahasa Inggris dibandingkan bahasa lainnya.

Sejalan dengan peran di atas, pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMP/MTs Kelas VII dan VIII ini disusun untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para siswa. Penyajiannya menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis teks, baik lisan maupun tulis dengan menempatkan bahasa Inggris sebagai sarana berkomunikasi, berpikir, dan mengolah rasa. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan siswa menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks dan menyajikan informasi, gagasan, pikiran, dan perasaan dalam bentuk teks secara kontekstual sehingga mudah dipahami orang lain. Komunikasi yang disajikan di sini adalah komunikasi sehari-hari. Bagi beberapa sekolah dan daerah yang telah mengajarkan Bahasa Inggris mulai dari kelas-kelas akhir SD/MI, materi yang disajikan perlu diperkaya dengan materi tambahan yang disesuaikan dengan kemampuan siswa, walaupun struktur pembelajarannya tetap mengacu pada
model yang ada dalam buku ini.

Sebagai bagian dari Kurikulum 2013 yang menekankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, kemampuan berbahasa Inggris dibentuk melalui pembelajaran berkelanjutan. Pembelajaran model ini dimulai dengan peningkatan kompetensi pengetahuan tentang jenis, kaidah, dan konteks suatu teks, dilanjutkan dengan kompetensi keterampilan menyajikan suatu teks tulis dan lisan, baik terencana maupun spontan dengan pelafalan dan intonasi yang tepat. Pembelajaran berkelanjutan ini bermuara pada pembentukan sikap kesantunan berbahasa.

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak untuk berani mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam berbagai bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Berikut saya share Buku Bahasa Inggris SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 :
Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa Bahasa Inggris Kelas VII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru Bahasa Inggris Kelas VIII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa Bahasa Inggris Kelas VIII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download



Buku IPA SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku IPA SMP/MTs
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku IPA SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Kurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Bila pada jenjang SD/ MI, semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, maka pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata pelajaran. Sebagai transisi menuju ke pendidikan menengah, pemisahan ini masih belum dilakukan sepenuhnya
bagi siswa SMP/MTs. Materi-materi dari bidang-bidang ilmu Fisika, Kimia, Biologi, dan Ilmu Bumi dan Antariksa masih perlu disajikan sebagai suatu kesatuan dalam mata pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam). Hal ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan yang utuh bagi siswa SMP/MTs tentang prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam semesta beserta segenap isinya.

Buku IPA SMP/MTs ini disusun dengan pemikiran di atas. Bidang ilmu Biologi dipakai sebagai landasan (platform) pembahasan bidang ilmu yang lain. Makhluk hidup digunakan sebagai obyek untuk menjelaskan prinsip-prinsip dasar yang mengatur alam seperti objek alam dan interaksinya, energi dan keseimbangannya, dan lain-lain. Melalui pembahasan menggunakan bermacam bidang ilmu dalam rumpun ilmu pengetahuan alam, pemahaman utuh tentang alam yang dihuninya beserta benda-benda alam yang dijumpai di sekitarnya dapat dikuasai oleh peserta didik SMP/MTs.

Sesuai dengan konsep Kurikulum 2013, buku ini disusun mengacu pada pembelajaran IPA secara terpadu dan utuh, sehingga setiap pengetahuan yang diajarkan, pembelajarannya harus dilanjutkan sampai membuat siswa terampil dalam menyajikan pengetahuan yang dikuasainya, dan bersikap sebagai makhluk yang mensyukuri anugerah alam semesta yang dikaruniakan kepadanya melalui pemanfaatan yang bertanggung jawab.

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diberanikan untuk mencari dari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru sangat penting untuk membimbing dan memfasilitasi siswa untuk belajar IPA, termasuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Buku ini merupakan edisi revisi 2017. Revisi terutama dilakukan untuk menyesuaikan isi buku dengan Kompetensi Dasar mata pelajaran IPA SMP/MTs serta dalam semangat penyempurnaan Kurikulum 2013. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).

Berikut saya share Buku IPA SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 :
Buku Guru IPA Kelas VII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa IPA Kelas VII Semester 1 SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa IPA Kelas VII Semester 1 SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download

Buku Guru IPA Kelas VIII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa IPA Kelas VIII Semester 1 SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa IPA Kelas VIII Semester 2 SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download




Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017

Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs
Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017



Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia ditulis dengan tujuan agar para siswa memiliki kompetensi berbahasa Indonesia untuk berbagai fungsi komunikasi dalam berbagai kegiatan sosial. Kegiatan yang dirancang dalam buku diharapkan dapat membantu siswa mengembangkan kompetensi berbahasa, kognisi, kepribadian, dan emosi siswa. Selain itu, pembelajaran Bahasa Indonesia diharapkan dapat menumbuhkan minat baca dan minat menulis. Sehubungan dengan tujuan-tujuan tersebut, pembelajaran Bahasa Indonesia dikembangkan berdasarkan pendekatan komunikatif, pendekatan berbasis teks, pendekatan CLIL (content language integrated learning), pendekatan pendidikan karakter, dan pendekatan literasi. Content Language Integrated Learning menonjolkan empat unsur penting sebagai penajaman pengertian kompetensi berbahasa, yaitu isi (content), bahasa/komunikasi (communication), kognisi (cognition), dan budaya (culture).

Buku Guru dan Buku Siswa ini hadir sebagai panduan penting dalam melaksanakan pembelajaran Bahasa Indonesia untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Buku Guru berisi petunjuk umum dan petunjuk khusus membelajarkan Bahasa Indonesia dengan media Buku Siswa. Petunjuk umum berisi penjelasan karakteristik pembelajaran Bahasa Indonesia, karakteristik organisasi kompetensi dasar pembelajaran Bahasa Indonesia, karakteristik penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Petunjuk khusus pada tiap bab berisi contoh pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan media buku siswa. Pada setiap bab terdapat contoh indikator, contoh materi, contoh tema yang bisa digunakan sebagai bahan pengembangan materi, contoh pengalokasian waktu pada stiap bab, contoh langkah pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan contoh rubrik penilaian autentik. Karena bersifat contoh, guru sangat diharapkan untuk bisa memvariasikan dan menyesuaikan isi Buku Guru dengan konteks daerah, konteks waktu, konteks budaya lokal, dan konteks karakteristik sekolah. Penilaian pengetahuan belum banyak diberikan pada Buku Guru dan guru diharapkan dapat menyusun penilaian pengetahuan yang sesuai.

Buku ini penting dibaca oleh guru yang akan membelajarkan Bahasa Indonesia. Buku Guru berfungsi memandu guru dalam menggunakan Buku Siswa untuk mencapai hasil secara maksimal. Pemahaman Buku Guru dan Buku Siswa secara terintegrasi merupakan sebuah keharusan untuk mencapai hasil secara gemilang. Materi dalam buku siswa dan perencanaan pembelajaran dalam Buku Guru hanyalah contoh dan sangat terbuka untuk divariasikan sesuai konteks.

Berikut saya share Buku Bahasa Indonesia SMP/MTs Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017 :
Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Guru Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download
Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP/MTs K13 Edisi Revisi 2017. Download




Jul 7, 2017

Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017

Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017



Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 sebagai berikut :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Karakteristik Peserta Didik
Profesional : Hakikat dan Pemerolehan Bahasa
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Teori Belajar
Profesional : Ragam Bahasa dan Keterampilan Berbahasa
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Pengembangan Kurikulum
Profesional : Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia Keterampilan Berbahasa Indonesia
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Strategi Pembelajaran
Profesional : Keterampilan dan Kaidah Bahasa
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : TIK dalam Pembelajaran
Profesional : Keterampilan Berbahasa Indonesia, Teori dan Genre Sastra Indonesia
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Model Pembelajaran
Profesional : Apresiasi Puisi Prosa
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Komunikasi Efektif
Profesional : Menulis Puisi dan Mengapresiasi Teks Drama
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Penilaian Pembelajaran
Profesional : Apresiasi dan Kreasi Sastra
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Pemanfaatan dan Pelaporan Hasil Penilaian
Profesional : Aliran-Aliran Linguistik
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Refleksi Pembelajaran dan PTK
Profesional : Kritik Sastra Indonesia
Modul PKB Bahasa Indonesia SMP Tahun 2017 KK-J. Download




Modul PKB PJOK SD Tahun 2017

Modul PKB PJOK SD Tahun 2017



Modul PKB PJOK SD Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 sebagai berikut :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Analisis Materi Pembelajaran dan Bahan Ajar 1
Profesional : Pengembangan Materi Bola Besar/Kecil, Beladiri, dan PKJ 1
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Pengembangan Kurikulum 1
Profesional : Pengembangan Materi PHS, Aktivitas Air dan Senam
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Penilaian Proses-Hasil Belajar 1 dan Komunikasi Efektif
Profesional : Filosofi Penjas 1 dan Pengembangan Materi PPPK dan PKJ 2
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Karakteristik Peserta Didik dan Rancangan Pembelajaran
Profesional : Filosofi Penjas 2 dan Gerak Berirama
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Pelaksanaan Pembelajaran
Profesional : Perkembangan Gerak Anak dan Kompetensi Profesi
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Prinsip Pembelajaran dan Penilaian Proses-Hasil Belajar
Profesional : Perspektif Sejarah dan Ilmu Faal
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : TIK dalam Pembelajaran
Profesional : Ilmu Urai, Faal Tubuh, Sosiologi dan Belajar Gerak
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Potensi Peserta Didik dan Model Pembelajaran
Profesional : Penerapan Psikologi dan Kinesiologi dalam PJOK
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Kesulitan Belajar Peserta Didik dan Pembelajaran Alternatif
Profesional : Tindakan Reflektif Pembelajaran
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Pengembangan Potensi dan Modifikasi Materi
Profesional : Profesionalisme Guru
Modul PKB PJOK SD Tahun 2017 KK-J. Download




Jul 5, 2017

Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Katolitk dan Budi Pekerti (PAKT-BP) Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi 2016

Buku Guru dan Siswa
Pendidikan Agama Katolitk dan Budi Pekerti (PAKT-BP)
Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi 2016



Buku Guru dan Siswa PAKT-BP Kelas 7 SMP Kurikulum 2013 Revisi 2016
Agama terutama bukanlah soal mengetahui mana yang benar atau yang salah. Tidak ada gunanya mengetahui tetapi tidak melakukannya, seperti dikatakan oleh Santo Yakobus: “Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati” (Yakobus 2:26). Demikianlah, belajar bukan sekadar untuk tahu, melainkan dengan belajar seseorang menjadi tumbuh dan berubah. Tidak sekadar belajar lalu berubah, tetapi juga mengubah keadaan.

Begitulah Kurikulum 2013 dirancang agar tahapan pembelajaran memungkinkan siswa berkembang dari proses menyerap pengetahuan dan mengembangkan keterampilan hingga memekarkan sikap serta nilai-nilai luhur kemanusiaan. Pembelajaran agama diharapkan mampu menambah wawasan keagamaan, mengasah keterampilan beragama dan mewujudkan sikap beragama peserta didik yang utuh dan berimbang yang mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya, sesama manusia dan manusis dengan lingkungannya. Untuk itu pendidikan agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan penanaman karakter dalam pembentukan budi pekerti yang luhur. Karakter yang ingin kita tanamkan antara lain: kejujuran, kedisiplinan, cinta kebersihan, cinta kasih, semangat berbagi, optimisme, cinta tanah air, kepenasaran intelektual, dan kreativitas.

Nilai-nilai karakter itu digali dan diserap dari pengetahuan agama yang dipelajari para siswa itu dan menjadi penggerak dalam pembentukan, pengembangan, peningkatan, pemeliharaan, dan perbaikan perilaku anak didik agar mau dan mampu melaksanakan tugas-tugas hidup mereka secara selaras, serasi, seimbang antara lahir-batin, jasmani-rohani, material-spiritual, dan individu-sosial. Selaras dengan itu, pendidikan agama Katolik secara khusus bertujuan membangun dan membimbing peserta didik agar tumbuh berkembang mencapai kepribadian utuh yang semakin mencerminkan diri mereka sebagai gambar Allah, sebab demikianlah “Allah menciptakan manusia itu menurut gambar-Nya, menurut gambar Allah diciptakan-Nya dia” (Kejadian 1:27). Sebagai makhluk yang diciptakan seturut gambar Allah, manusia perlu mengembangkan sifat cinta kasih dan takut akan Allah, memiliki kecerdasan, keterampilan, pekerti luhur, memelihara lingkungan, serta ikut bertanggung jawab dalam pembangunan masyarakat, bangsa dan negara. [Sigit DK: 2013]

Buku pelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi-bagi dalam kegiatan-kegiatan yang harus dilakukan siswa dalam usaha memahami pengetahuan agamanya. Akan tetapi pengetahuan agama bukanlah hasil akhir yang dituju. Pemahaman tersebut harus diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Untuk itu, sebagai buku agama yang mengacu pada kurikulum berbasis kompetensi, rencana pembelajarannya dinyatakan dalam bentuk aktivitas-aktivitas. Di dalamnya dirancang urutan pembelajaran yang dinyatakan dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa. Dengan demikian, buku ini menuntun apa yang harus dilakukan siswa bersama guru dan teman-teman sekelasnya untuk memahami dan menjalankan ajaran iman katolik.

Buku ini bukanlah satu-satunya sumber belajar bagi siswa. Sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan dalam Kurikulum 2013, siswa didorong untuk mempelajari agamanya melalui pengamatan terhadap sumber belajar yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Lebih-lebih untuk usia remaja perlu ditantang untuk kritis sekaligus peka dalam menyikapi fenomena alam, sosial, dan seni budaya.

Peran guru sangat penting untuk menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersedian kegiatan yang ada pada buku ini. Penyesuaian ini antara lain dengan membuka kesempatan luas bagi kreativitas guru untuk memperkayanya dengan kegiatankegiatan lain yang sesuai dan relevan dengan tempat di mana buku ini diajarkan, baik belajar melalui sumber tertulis maupun belajar langsung dari sumber lingkungan sosial dan alam sekitar.

Adapun Buku Guru dan Siswa PAKT-BP Kelas VII SMP K13 Revisi 2016 sebagai berikut :
Buku Guru PAKT-BP Kelas VII SMP K13 Revisi 2016. Download
Cover Buku Guru PAKT-BP Kelas VII SMP K13 Revisi 2016. Download
Buku Siswa PAKT-BP Kelas VII SMP K13 Revisi 2016. Download
Cover Buku Siswa PAKT-BP Kelas VII SMP K13 Revisi 2016. Download




Perangkat Pembelajaran Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti (PAKT-BP) Kurikulum 2013

Perangkat Pembelajaran
Pendidikan Agama Katolik dan Budi Pekerti
(PAKT-BP) Kurikulum 2013




Perangkat Pembelajaran PAKT-BP Kurikulum 2013
KI-KD PAKT-BP
Silabus
Buku PABP Katolik SMP Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
Buku Guru dan Siswa PA Katolik & BP Kelas VII K13 Revisi 2016






Jul 4, 2017

Guru Pembelajar 2016 dan PKB 2017

Guru Pembelajar 2016 dan PKB 2017



Guru Pembelajar 2016 dan PKB 2017
Program Guru Pembelajar yang sudah dilaksanakan mulai pada tahun 2016 lalu tentunya memiliki beberapa kekurangan dalam berbagai hal. Maka dari tu perlu dilakukan evaluasi. Salah satu evaluasinya adalah dengan membuat program lanjutan program Guru Pembelajar ini.

Pada Tahun 2017 program lanjutan Guru Pembelajar tidak lagi disebut sebagai GP Moda Daring, melainkan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Dengan adanya perubahan nama program tentunya pihak Kemdikbud mengusahakan adanya penyempurnaan terhadap segala kekurangan dari program Guru Pembelajar yang lama.

Lalu Apa Bedanya antara Guru Pembelajar 2016 dengan PKB 2017 ?
Berdasarkan penjelasan dari materi penyegaran Instruktur Nasional Bahasa Indonesia SMK Program PKB Tahun 2017, setidaknya ada 12 perbedaan antara Guru Pembelajar Tahun 2016 dengan PKB Tahun 2017.

Berikut Inilah 12 Perbedaan Guru Pembelajar 2016 dengan PKB 2017 :
  1. Mekanisme dalam pelaksanaan Program PKB Tahun 2017 berbasis pada kelompok kerja, seperti KKG/MGMP/MKKS.
  2. Pokja yang teregister di dalam SIM PKB. Ssehingga para Guru yang belum masuk ke dalam Pokja tidak dapat mengikuti PKB.
  3. Pokja berbasis pada rayon dibentuk oleh pihak UPT bagi daerah dengan jumlah guru yang sedikit.
  4. Penentuan para peserta pada moda tertentu tidak lagi didasarkan pada jumlah Kelompok Kompetensi (KK) yang merah di dalam peta/raport kompetensi masing-masing guru.
  5. Modul yang dipergunakan ialah modul yang telah direvisi, terintegrasi dengan Penguatan Pendidikan Karakter dan Pengembangan Penilaian.
  6. Moda Daring dilakukan selama waktu 4 minggu untuk 1 Kelompok Kompetensi.
  7. Persiapan untuk pembekalan Narasumber dan juga Instruktur Nasional yang baru (apabila diperlukan) akan menggunakan pola 100 jam pelajaran.
  8. Persiapan/penyegaran NS dan IN lama memakai pola 60 JP.
  9. Wajib mengikuti proses tes awal bagi para guru yang belum megikuti UKG pada Tahun 2015.
  10. Persentase dari nilai proses dan tes akhir pada nilai akhir untuk seluruh moda dan seluruh mata pelajaran sama, tidak akan dibedakan antara mapel kejuruan dan juga non kejuruan, tidak akan dibedakan antara moda tatap muka dengan moda daring.
  11. Bagi para peserta yang memperoleh nilai akhir >70 akan memperoleh sertifikat, apabila nilai akhir kurang dari 70 maka tidak mendapatkan sertifikat.
  12. Sertifikat akan dicetak dan didistribusikan oleh pihak P4TK/LP3TK KPTK, tidak bisa lagi diunduh langsung oleh peserta dari SIM Guru Pembelajar.

Itulah 12 Perbedaan Guru Pembelajar 2016 dengan PKB 2017. Silahkan anda pahami baik-baik supaya memahaminya. Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bisa membantu.

Untuk menambah pemahaman berikut saya share beberapa materi terkait hal tersebut :
Evaluasi 2016 dan PKB 2017. Download
Guru Pembelajar dan PKB 2017. Download
Perbedaan Guru Pembelajar 2016 dan PKB 2017. Download




Panduan Pusat Kegiatan Belajar (PKB) 2017

Panduan Pusat Kegiatan Belajar (PKB) 2017



Panduan Pusat Kegiatan Belajar (PKB) 2017
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) tahun 2017 merupakan kelanjutan dari Program Guru Pembelajar dengan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi guru yang ditunjukkan dengan kenaikan capaian nilai UKG 2017 dengan rata-rata nasional yaitu 70. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ini dilaksanakan dengan berbasis Komunitas Guru dan Tenaga Kependidikan (Komunitas GTK).

Pemberdayaan Komunitas Guru, dalam hal ini Pusat Kegiatan Gugus/Kelompok Kerja Guru (KKG)/ Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP)/ Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK)/ Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) dan Kelompok Kerja Pengawas Sekolah (KKPS).

Untuk itu berikut ini saya share Panduan Pusat Kegiatan Belajar (PKB) 2017 :
Panduan Registrasi bagi Guru di SIM-PKB 2017. Download
Panduan Verval Data Guru di SIM-PKB 2017. Download
Panduan Melengkapi Data Komunitas. Download
Panduan Menambah Anggota Komunitas. Download
Panduan Menambah Peserta ke Kelas Diklat. Download
Rekap Modul PKB di Komunitas. Download
Rekap Guru Belum Masuk SIM-PKB 2017. Download
Anggaran Dasar KKG, MGMP, MGBK, MKKS. Download