Oct 19, 2017

Perangkat Pembelajaran BTQ Kelas 4 SD/MI

Perangkat Pembelajaran BTQ Kelas 4 SD/MI



Perangkat Pembelajaran BTQ Kelas 4 SD/MI
Mata pelajaran Baca Tulis al-Qur'an merupakan salah salah mata pelajaran yang masuk kategori muatan lokal pada struktur kurikulum SD/MI, baik dalam kurikulum 2013 maupun Kurikulum 2006. Namun demikian dalam konteks pendidikan secara komprehensif integral keberadaan mata pelajaran BTQ sangat penting dalam meunjang keberhasilan pendidikan nasional.

Dalam konteks itulah berikut ini saya share Contoh Perangkat pembelajaran BTQ untuk Kelas 4 SD/MI, yang senantiasa dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran BTQ di SD/MI.

Silabus BTQ Kelas 4 Semester 1 SD/MI. Download
RPP BTQ Kelas 4 Semester 1 SD/MI. Download

Silabus BTQ Kelas 4 Semester 2 SD/MI. Download
RPP BTQ Kelas 4 Semester 2 SD/MI. Download




Perangkat Pembelajaran BTQ Kelas 3 SD/MI

Perangkat Pembelajaran BTQ Kelas 3 SD/MI



Perangkat Pembelajaran BTQ Kelas 3 SD/MI
Mata pelajaran Baca Tulis al-Qur'an merupakan salah salah mata pelajaran yang masuk kategori muatan lokal pada struktur kurikulum SD/MI, baik dalam kurikulum 2013 maupun Kurikulum 2006. Namun demikian dalam konteks pendidikan secara komprehensif integral keberadaan mata pelajaran BTQ sangat penting dalam meunjang keberhasilan pendidikan nasional.

Dalam konteks itulah berikut ini saya share Contoh Perangkat pembelajaran BTQ untuk Kelas 3 SD/MI, yang senantiasa dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran BTQ di SD/MI.

Silabus BTQ Kelas 3 Semester 1 SD/MI. Download
RPP BTQ Kelas 3 Semester 1 SD/MI. Download

Silabus BTQ Kelas 3 Semester 2 SD/MI. Download
RPP BTQ Kelas 3 Semester 2 SD/MI. Download

Buku Pelajaran BTQ Kelas 3. Download



Perangkat Pembelajaran BTQ Kelas 2 SD/MI

Perangkat Pembelajaran BTQ Kelas 2 SD/MI



Perangkat Pembelajaran BTQ Kelas 2 SD/MI
Mata pelajaran Baca Tulis al-Qur'an merupakan salah salah mata pelajaran yang masuk kategori muatan lokal pada struktur kurikulum SD/MI, baik dalam kurikulum 2013 maupun Kurikulum 2006. Namun demikian dalam konteks pendidikan secara komprehensif integral keberadaan mata pelajaran BTQ sangat penting dalam meunjang keberhasilan pendidikan nasional.

Dalam konteks itulah berikut ini saya share Contoh Perangkat pembelajaran BTQ untuk Kelas 2 SD/MI, yang senantiasa dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran BTQ di SD/MI.

Silabus BTQ Kelas 2 Semester 1 SD/MI. Download
RPP BTQ Kelas 2 Semester 1 SD/MI. Download

Silabus BTQ Kelas 2 Semester 2 SD/MI. Download
RPP BTQ Kelas 2 Semester 2 SD/MI. Download



Perangkat Pembelajaran BTQ Kelas 1 SD/MI

Perangkat Pembelajaran BTQ Kelas 1 SD/MI



Perangkat Pembelajaran BTQ Kelas 1 SD/MI
Mata pelajaran Baca Tulis al-Qur'an merupakan salah salah mata pelajaran yang masuk kategori muatan lokal pada struktur kurikulum SD/MI, baik dalam kurikulum 2013 maupun Kurikulum 2006. Namun demikian dalam konteks pendidikan secara komprehensif integral keberadaan mata pelajaran BTQ sangat penting dalam meunjang keberhasilan pendidikan nasional.

Dalam konteks itulah berikut ini saya share Contoh Perangkat pembelajaran BTQ untuk Kelas 1 SD/MI, yang senantiasa dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran BTQ di SD/MI.

Silabus BTQ Kelas 1 Semester 1 SD/MI. Download
RPP BTQ Kelas 1 Semester 1 SD/MI. Download

Silabus BTQ Kelas 1 Semester 2 SD/MI. Download
RPP BTQ Kelas 1 Semester 2 SD/MI. Download




Buku Panduan BTQ SD/MI

Buku Panduan BTQ SD/MI



Buku Panduan BTQ SD/MI
Mata pelajaran Baca Tulis al-Qur'an merupakan salah salah mata pelajaran yang masuk kategori muatan lokal pada struktur kurikulum SD/MI, baik dalam kurikulum 2013 maupun Kurikulum 2006. Namun demikian dalam konteks pendidikan secara komprehensif integral keberadaan mata pelajaran BTQ sangat penting dalam meunjang keberhasilan pendidikan nasional.

Dalam konteks itulah berikut ini saya share Buku Panduan pelaksanaan pembelajaran BTQ untuk jenjang SD/MI, yang senantiasa dapat menunjang keberhasilan proses pembelajaran BTQ di SD/MI.

Buku Panduan BTQ SD/MI. Download




Oct 15, 2017

Kumpulan Soal UAS SD KTSP Tahun 2017

Kumpulan Soal UAS SD KTSP



Kumpulan Soal UAS SD KTSP
Menjelas Ulangan Akhir Semester SD berikut saya share kumpulan soal UAS SD yang senantiasa bisa dijadikan bahan persiapan bagi siswa dan juga bisa jadi referensi bagi sahabat guru dalam menyusun kisi-kisi dan soal UAS.

Soal UAS PAI 1. Download
Soal UAS PKn 1. Download
Soal UAS B. Indonesia 1. Download
Soal UAS Matematika 1. Download
Soal UAS IPA 1. Download
Soal UAS IPS 1. Download
Soal UAS SBK 1. Download
Soal UAS PJOK 1. Download
Soal UAS B. Sunda 1. Download
Soal UAS B. Jawa 1. Download
Soal UAS B. Inggris 1. Download
Soal UAS TIK 1. Download
Soal UAS PLH 1. Download

Soal UAS PAI 2. Download
Soal UAS PKn 2. Download
Soal UAS B. Indonesia 2. Download
Soal UAS Matematika 2. Download
Soal UAS IPA 2. Download
Soal UAS IPS 2. Download
Soal UAS SBK 2. Download
Soal UAS PJOK 2. Download
Soal UAS B. Sunda 2. Download
Soal UAS B. Jawa 2. Download
Soal UAS B. Inggris 2. Download
Soal UAS TIK 2. Download
Soal UAS PLH 2. Download

Soal UAS PAI 3. Download
Soal UAS PKn 3. Download
Soal UAS B. Indonesia 3. Download
Soal UAS Matematika 3. Download
Soal UAS IPA 3. Download
Soal UAS IPS 3. Download
Soal UAS SBK 3. Download
Soal UAS PJOK 3. Download
Soal UAS B. Sunda 3. Download
Soal UAS B. Jawa 3. Download
Soal UAS B. Inggris 3. Download
Soal UAS TIK 3. Download
Soal UAS PLH 3. Download

Soal UAS PAI 4. Download
Soal UAS PKn 4. Download
Soal UAS B. Indonesia 4. Download
Soal UAS Matematika 4. Download
Soal UAS IPA 4. Download
Soal UAS IPS 4. Download
Soal UAS SBK 4. Download
Soal UAS PJOK 4. Download
Soal UAS B. Sunda 4. Download
Soal UAS B. Jawa 4. Download
Soal UAS B. Inggris 4. Download
Soal UAS TIK 4. Download
Soal UAS PLH 4. Download

Soal UAS PAI 5. Download
Soal UAS PKn 5. Download
Soal UAS B. Indonesia 5. Download
Soal UAS Matematika 5. Download
Soal UAS IPA 5. Download
Soal UAS IPS 5. Download
Soal UAS SBK 5. Download
Soal UAS PJOK 5. Download
Soal UAS B. Sunda 5. Download
Soal UAS B. Jawa 5. Download
Soal UAS B. Inggris 5. Download
Soal UAS TIK 5. Download
Soal UAS PLH 5. Download

Soal UAS PAI 6. Download
Soal UAS PKn 6. Download
Soal UAS B. Indonesia 6. Download
Soal UAS Matematika 6. Download
Soal UAS IPA 6. Download
Soal UAS IPS 6. Download
Soal UAS SBK 6. Download
Soal UAS PJOK 6. Download
Soal UAS B. Sunda 6. Download
Soal UAS B. Jawa 6. Download
Soal UAS B. Inggris 6. Download
Soal UAS TIK 6. Download
Soal UAS PLH 6. Download



Oct 14, 2017

Perangkat Pembelajaran PABP Buddha Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran PABP Buddha
Kelas 4 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran PABP Buddha Kelas 4 SD K13 Revisi 2017
01. Cover Perangkat PABP Buddha Kelas 4 K13 Revisi 2017
02. KI-KD PABP Buddha Kelas 4 K13 Revisi 2017
03. Silabus PABP Buddha Kelas 4 K13 Revisi 2017
04. Analisis KD PABP Buddha Kelas 4 K13 Revisi 2017
05. Analisis SKL PABP Buddha Kelas 4 K13 Revisi 2017
06. Penetapan IPK PABP Buddha Kelas 4 K13 Revisi 2017
07. Analisis Keterkaitan KI-KD, IPK & Materi PABP Buddha Kelas 4 K13 Revisi 2017
08. Pemetaan KD & Teknik Penilaian PABP Buddha Kelas 4 K13 Revisi 2017
09. Penetapan KKM PABP Buddha Kelas 4 K13 Revisi 2017
10. Kalender Pendidikan TP 2017/2018
11. Analisis Alokasi Waktu PABP Buddha Kelas 4 K13 TP 2017/2018
12. Program Tahunan PABP Buddha Kelas 4 K13 TP 2017/2018
13. Program Semester PABP Buddha Kelas 4 K13 TP 2017/2018
14. RPP PABP Buddha Kelas 4 K13 Revisi 2017
15. Format-Format Penilaian PABP Buddha Kelas 4 K13 Revisi 2017

Sahabat yang berminat bisa menghubungi kesini



Oct 9, 2017

Perangkat Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran Bahasa Arab
Kelas 9 MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 9 MTs K13 Revisi 2017
01. Cover Perangkat B. Arab Kelas 9 K13
02. KI-KD B. Arab Kelas 9 K13
03. Silabus B. Arab Kelas 9 K13
04. Kalender Pendidikan TP 2017/2018
05. Analisis Alokasi Waktu TP 2017/2018
06. Program Tahunan B. Arab Kelas 9 K13
07. Program Semester B. Arab Kelas 9 K13
08. KBM/KKM B. Arab Kelas 9 K13
09. RPP 1 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
10. RPP 2 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
11. RPP 3 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
12. RPP 4 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
13. RPP 5 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
14. RPP 6 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
15. RPP 7 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
16. RPP 8 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
17. RPP 9 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
18. RPP 10 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
19. RPP 11 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
20. RPP 12 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
21. RPP 13 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
22. RPP 14 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
23. RPP 15 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
24. RPP 16 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
25. RPP 17 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
26. RPP 18 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
27. RPP 19 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
28. RPP 20 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
29. RPP 21 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
30. RPP 22 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
31. RPP 23 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
32. RPP 24 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
33. RPP 25 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
34. RPP 26 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
35. RPP 27 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
36. RPP 28 B. Arab Kelas 9 K13 Revisi 2917
37. Lampiran Materi B. Arab Kelas 9 K13

Sahabat yang berminat dapat menghubungi kesini atau WA 087824496001 & 083174709883


Sahabat Guru Berbagi (SGB)

Perangkat Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 8 MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran Bahasa Arab
Kelas 8 MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 8 MTs K13 Revisi 2017
01. Cover Perangkat B. Arab Kelas 8 K13
02. KI-KD B. Arab Kelas 8 K13
03. Silabus B. Arab Kelas 8 K13
04. Kalender Pendidikan TP 2017/2018
05. Analisis Alokasi Waktu TP 2017/2018
06. Program Tahunan B. Arab Kelas 8 K13
07. Program Semester B. Arab Kelas 8 K13
08. KBM/KKM B. Arab Kelas 8 K13
09. RPP 1 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
10. RPP 2 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
11. RPP 3 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
12. RPP 4 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
13. RPP 5 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
14. RPP 6 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
15. RPP 7 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
16. RPP 8 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
17. RPP 9 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
18. RPP 10 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
19. RPP 11 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
20. RPP 12 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
21. RPP 13 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
22. RPP 14 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
23. RPP 15 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
24. RPP 16 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
25. RPP 17 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
26. RPP 18 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
27. RPP 19 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
28. RPP 20 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
29. RPP 21 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
30. RPP 22 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
31. RPP 23 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
32. RPP 24 B. Arab Kelas 8 K13 Revisi 2917
33. Lampiran Materi B. Arab Kelas 8 K13

Sahabat yang berminat dapat menghubungi kesini atau WA 083174709883 & 087824496001


Sahabat Guru Berbagi (SGB)

Oct 8, 2017

Kelengkapan DUPAK Pengawas Sekolah SLB, SMA, SMK 2017

Kelengkapan DUPAK Pengawas Sekolah
SLB, SMA, SMK 2017



Kelengkapan DUPAK Pengawas Sekolah SLB, SMA, SMK 2017
Kelengkapan/Persayaratan Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) Guru SLB, SMA dan SMK di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, sebagai berikut :
01. Asli surat pengantar
02. Kelengkapan Administrasi Kepegawaian, terdiri dari :
      02.1. Fotokopi atau salinan sah SK kenaikan pangkat terakhir
      02.2. Fotokopi atau salinan sah PAK terakhir
      02.3. Fotokopi atau salinan sah pengangkatan sebagai pengawas sekolah
      02.4. Fotokopi atau salinan sah Karpeg
      02.5. Fotokopi atau salinan sah konversi NIP baru
      02.6. Fotokopi atau salinan sah Sertifikat Profesi Pengawas
      02.7. Fotokopi atau salinan sah SK Alih Kelola
      02.8. DP-3 atau Penilaian Kinerja (SKP) 2 tahun terakhir
      02.9. Fotokopi atau salinan sah ijazah yang tercantum dalam SK CPNS
      02.10. Fotokopi atau salinan sah SK Mutasi/Alih Tugas (apabila ada)
      02.11. Fotokopi atau salinan sah ijazah yang diajukan untuk dinilai (jika diusulkan)
      02.12. Fotokopi atau salinan sah surat tugas/izin belajar
      02.13. Fotokopi atau salinan sah SK pembebasa sementara dari jabatan fungsional PS
      02.14. Fotokopi atau salinan sah SK pengangkatan kembali dalam jabatan fungsional PS
03. Fotokopi atau salinan sah bukti fisik sub unsur pendidikan, misalnya ijazah dan/atau STTPL
04. DUPAK yang telah ditandatangani Koordinator Pengawas Sekolah.
05. Fotokopi atau salinan sah bukti fisik unsur penunjang tugas pengawas sekolah.
06. Bukti fisik pengawasan akademik dan manajerial
07. Bukti fisik penembangan profesi

Aplikasi DUPAK Pengawas Sekolah 2017. Download
Data Isian DUPAK Pengawas Sekolah. Download
Data Penyusunan PTS. Download

Sumber : dupakguru.net



Kelengkapan DUPAK Guru SLB, SMA, SMK 2017

Kelengkapan DUPAK Guru SLB, SMA, SMK



Kelengkapan DUPAK Guru SLB, SMA, SMK
Kelengkapan/Persayaratan Daftar Usul Penetapan Angka Kredit (DUPAK) Guru SLB, SMA dan SMK di lingkungan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, sebagai berikut :
01. Asli surat pengantar dari Kepala Sekolah
02. Lembar Verifikasi Kelengkapan Berkas dan Usulan (Format A)
03. Kelengkapan Administrasi Kepegawaian, terdiri dari :
      03.1. Fotokopi atau salinan sah SK pangkat terakhir
      03.2. Fotokopi atau salinan sah PAK terakhir
      03.3. Fotokopi atau salinan sah PAK Tahunan apabila ada
      03.4. Fotokopi atau salinan sah Karpeg
      03.5. Fotokopi atau salinan sah SK penyesuaian jabatan
      03.6. Fotokopi atau salinan sah inpassing PAK jabatan terakhir
      03.7. Fotokopi atau salinan sah konversi NIP baru
      03.8. Fotokopi atau salinan sah Sertifikat Pendidik
      03.9. Fotokopi atau salinan sah SK Alih Kelola
      03.10. DP-3 atau Penilaian Kinerja (SKP) 2 tahun terakhir
      03.11. Fotokopi atau salinan sah ijazah yang tercantum dalam SK CPNS
      03.12. Fotokopi atau salinan sah SK Mutasi/Alih Tugas (apabila ada)
      03.13. Fotokopi atau salinan sah ijazah yang diajukan untuk dinilai (jika diusulkan)
      03.14. Fotokopi atau salinan sah surat tugas/izin belajar
      03.15. Fotokopi atau salinan sah SK pembebasa sementara dari jabatan fungsional guru
      03.16. Fotokopi atau salinan sah SK pengangkatan kembali dalam jabatan fungsional guru
04. Lembar Penilaian Sub Unsur Penembangan Keprofesian Berkelanjutan (Format B)
05. DUPAK yang telah ditandatangani.
06. Bukti fisik PKG
07. Bukti fisik PKB (Pengembangan Diri, yaitu Diklat dan KKG jika ada, Publikasi Ilmiah (khusus
      usulan PTK dimasukkan pada Format C dan/atau Karya Inovatif).

Format DUPAK Guru, petunjuk dan pedoman pelaksanaan kegiatan penilaian dan penetapan angka kredit jabatan fungsional guru, silahkan unduh :
Aplikasi DUPAK Guru 2017. Download
Nominatif DUPAK 2017. Download
Data Isian DUPAK Guru. Download
Data Penyusunan PTK. Download

Sumber : dupakguru.net



Aplikasi DUPAK Tahunan 2017

Aplikasi DUPAK Tahunan 2017



Aplikasi DUPAK Tahunan 2017
Sejalan dengan Permen PAN-RB No. 16 Tahun 2009, maka pelaksanaan UKG, PKG dan SKP merupakan satu kesatuan program yang dapat merekam kualitas kinerja guru. Hasil UKG, PKG dan SKP tersebut kemudian akan menjadi dasar untuk menghitung Daftar Usul Penilaian Angka Kredit (DUPAK) pada tahun berjalan dan hasil perhitungannya menjadi PAK Tahunan.

Pembuatan DUPAK Tahunan tersebut diharapkan bisa memperlancar proses usulan kenaikan pangkat jabatan fungsional khususnya guru, agar tidak mengalami keterlambatan. Untuk memperlancar pembuatan DUPAK Tahunan berikut ini saya share sebuah Aplikasi DUPAK Tahunan Tahun 2017 milik Bapak Haryono dari SDN 1 Asemrudung.

Aplikasi DUPAK Tahunan 2017. Download



Aplikasi PKKS Tahun 2017

Aplikasi PKKS Tahun 2017



Aplikasi PKKS Tahun 2017
Dalam mewujudkan profesionalisme guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan tenaga kependidikan lainnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengelola kebijakan mengenaipenilaian kinerja pengawas sekolahpenilaian  kinerja guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah/ madrasah, wakil kepala sekolah, pranata laboratorium pendidikan, kepala perpustakaan, pratnata computer, tenaga administrasi sekolah, dan ketua program studi pada sekolah kejuruan.

Penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan merupakan salah satu strategi pembinaan untuk menjaga profesionalitas  dalam melaksanakan tugasnya, pembinaan karir, peningkatan kompetensi dan penjaminan mutu.

Pelaksanaan penilaian kinerja akan dimulai pada  Januari 2013. Oleh karena itu, perlu dilakukan sosialisasi dan bimbingan teknis kepada seluruh unsur pada  lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta pemangku kepentingan lainnya seperti pengawas sekolah/madrasah, kepala sekolah/madrasah, dan guru senior yang akan menjadi tim penilai kinerja maupun yang akan dinilai kinerjanya.

Untuk menunjang efektivitas pelaksanaan PKKS diperlukan aplikasi yang efektif dan praktis dalam pelaksanaan PKKS/M. Untuk itu berikut saya share Aplikasi PKKS Tahun 2017 milik Bapak Haryono dari SDN 1 Asemrudung Grobogan Jawa Timur, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat semuanya.

Aplikasi PKKS/M Tahun 2017. Download



Aplikasi PKG Tahun 2017

Aplikasi PKG Tahun 2017



Aplikasi PKG Tahun 2017
Guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas, fungsi, dan peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru yang profesional diharapkan mampu berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian. Tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa, dan negara, sebagian besar ditentukan oleh guru.

Oleh sebab itu, profesi guru perlu ditingkatkan dan dikembangkan secara terus menerus dan proporsional menurut jabatan fungsional guru. Selain itu, agar fungsi dan tugas yang melekat pada jabatan fungsional guru dilaksanakan sesuai dengan aturan yang berlaku, maka diperlukan penilaian kinerja guru yang menjamin terjadinya proses pembelajaran yang berkualitas di semua jenjang pendidikan.

Pelaksanaan penilaian kinerja guru dimaksudkan bukan untuk menyulitkan guru, tetapi sebaliknya penilaian kinerja guru dilaksanakan untuk mewujudkan guru yang profesional, karena harkat dan martabat suatu profesi ditentukan oleh kualitas layanan profesi yang bermutu. Selain hal tersebut penilaian kinerja guru juga untuk menunjukkan secara tepat tentang kegiatan guru di dalam kelas, dan membantu mereka untuk meningkatkan pengetahuan serta keterampilannya. Dengan demikian diharapkan dapat memberikan kontribusi secara langsung pada peningkatan kualitas pembelajaran yang dilakukan, sekaligus membantu pengembangan karir guru sebagai tenaga profesional.

Untuk meyakinkan bahwa setiap guru adalah seorang profesional di bidangnya, maka penilaian kinerja guru harus dilakukan terhadap guru di semua satuan pendidikan formal yang diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah daerah, dan masyarakat. Guru dimaksud tidak terbatas pada guru yang bekerja di satuan pendidikan di bawah kewenangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, tetapi juga mencakup guru yang bekerja di satuan pendidikan di lingkungan Kementerian Agama.

Hasil penilaian kinerja guru dapat dimanfaatkan untuk menyusun profil kinerja guru sebagai input dalam penyusunan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan. Hasil penilaian kinerja guru juga merupakan dasar penetapan perolehan angka kredit guru dalam rangka pengembangan karir guru
sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya. Jika semua ini dapat dilaksanakan dengan baik dan obyektif, maka cita-cita pemerintah untuk menghasilkan ”insan yang cerdas komprehensif dan berdaya saing tinggi” lebih cepat direalisasikan. Memperhatikan kondisi jabatan guru sebagai profesi dan kebijakan pemerintah dalam pengembangan profesi guru maka diperlukan pedoman pelaksanaan penilaian kinerja guru yang menjelaskan tentang apa, mengapa, kapan, bagaimana dan oleh siapa penilaian kinerja guru dilaksanakan.

Untuk membantu sahabat guru dalam melaksanakan PKG berikut ini saya share Aplikasi PKG milik Bapak Haryono dari SDN 1 Asemrudung Grobogan Jawa Timur, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat semua dan menjadi amal baik bagi pembuatnya. 

Aplikasi PKG-Guru. Download dan Download
Aplikasi PKG-KS. Download




Oct 5, 2017

Pedoman PKG Kepala Program Keahlian 2011

Pedoman PKG
Kepala Program Keahlian 2011



Pedoman PKG Kepala Program Keahlianl 2011
Dalam rangka mewujudkan guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang profesioanal, Kemendiknas telah mengeluarkan kebijakan terkait PKPS dan PKG yang mendapat tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Laboratorium/Bengkel, Kepala Perpustakaan dan Ketua Program Studi.

Pedoman Penilaian Kinerja ini disusun sebagai acuan dalam pelaksanaan penilaian kinerja guru dengan tugas tambahan sebagai kepala laboratorium/bengkel sekolah/madrasah. Ucapan terima kasih disampaikan kepada Tim Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan yang telah menerbitkan Instrumen Penilaian Kinerja dan buku Pedoman Penilaian Kinerja ini. Semoga buku ini dapat menjadi sumber acuan bagi semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan penilaian kinerja guru yang memiliki tugas tambahan sebagai kepala laboratorium/bengkel sekolah/madrasah

Pedoman PKG Kepala Program Keahlian (2011). Download



Pedoman PKG Kepala Laboratoriun & Bengkel 2011

Pedoman PKG Kepala Laboratoriun & Bengkel 2011



Pedoman PKG Kepala Laboratorium/Bengkel 2011
Dalam rangka mewujudkan guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah yang profesioanal, Kemendiknas telah mengeluarkan kebijakan terkait PKPS dan PKG yang mendapat tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kepala Laboratorium/Bengkel, Kepala Perpustakaan dan Ketua Program Studi.

Pedoman Penilaian Kinerja ini disusun sebagai acuan dalam pelaksanaan penilaian kinerja guru dengan tugas tambahan sebagai kepala laboratorium/bengkel sekolah/madrasah. Ucapan terima kasih disampaikan kepada Tim Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan yang telah menerbitkan Instrumen Penilaian Kinerja dan buku Pedoman Penilaian Kinerja ini. Semoga buku ini dapat menjadi sumber acuan bagi semua pihak yang terkait dalam pelaksanaan penilaian kinerja guru yang memiliki tugas tambahan sebagai kepala laboratorium/bengkel sekolah/madrasah

Pedoman PKG Kepala Laboratoriun (2011). Download



Pedoman Penilaian Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah (PKKS/M) Tahun 2012

Pedoman Penilaian Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah
(PKKS/M) Tahun 2012



Pedoman Penilaian Kinerja Kepala Sekolah/Madrasah (PKKS/M) Tahun 2012
Dalam mewujudkan profesionalisme guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dan tenaga kependidikan lainnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengelola kebijakan mengenai penilaian kinerja pengawas sekolah, penilaian kinerja guru yang mendapat tugas tambahan sebagai kepala sekolah/madrasah, wakil kepala sekolah, pranata laboratorium pendidikan, kepala perpustakaan, pratnata computer, tenaga administrasi sekolah, dan ketua program studi pada sekolah kejuruan.

Penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan merupakan salah satu strategi pembinaan untuk menjaga profesionalitas  dalam melaksanakan tugasnya, pembinaan karir, peningkatan kompetensi dan penjaminan mutu.

Pelaksanaan penilaian kinerja akan dimulai pada  Januari 2013. Oleh karena itu, perlu dilakukan sosialisasi dan bimbingan teknis kepada seluruh unsur pada  lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta pemangku kepentingan lainnya seperti pengawas sekolah/madrasah, kepala sekolah/madrasah, dan guru senior yang akan menjadi tim penilai kinerja maupun yang akan dinilai kinerjanya.

Untuk menunjang efektivitas pelaksanaan penilaian diperlukan pedoman sebagai acuan dalam pelaksanaan PKKS/M dan acuan dalam tindak lanjut pengolahan data.

Pedoman Penilaian PKKS/M (2012). Download



Pedoman Penilaian Kinerja Pengawas Madrasah (PKPM) Tahun 2014

Pedoman Penilaian Kinerja Pengawas Madrasah
(PKPM) Tahun 2014



Pedoman Penilaian Kinerja Pengawas Madrasah (PKPM) Tahun 2014
Keberhasilan penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas sangat erat kaitanya dengan keberhasilan peningkatan kompetensi dan profesionalisme Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK). Pengawas merupakan salah satu pendidik dan tenaga kependidikan yang posisinya memegang peran penting dalam meningkatkan profesionalisme guru dan mutu pendidikan di madrasah.

Prestasi kerja pengawas dalam melaksanakan perannya perlu mendapat penilaian. Harapannya untuk mengetahui seberapa jauh seorang pengawas madrasah telah melaksanakan tugas pokoknya sesuai dengan Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 21 Tahun 2010.

Diharapkan dengan diterbitkannya Pedoman Penilaian Kinerja Pengawas Madrasah ini dapat membantu para Pengawas Madrasah dan pejabat terkait dilingkungan Kementerian Agama dalam mengimplementasikan ketentuan-ketentuan yang terkait dengan penilaian kinerja pengawas.

Pedoman Penilaian PKPM (2014). Download



Pedoman Penilaian Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah (PKPS)

Pedoman Penilaian Penilaian Kinerja 
Pengawas Sekolah (PKPS)



Pedoman Penilaian Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah (PKPS)
Dalam rangka mewujudkan guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah yang profesional, Kementerian Pendidikan Nasional telah mengeluarkan kebijakan terkait dengan Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah (PKPS). Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah dimaksudkan untuk menjaga profesionalitas dalam melaksanakan tugas pengawas sekolah yang berdampak pada pembinaan karir, peningkatan kompetensi, peningkatan kinerja dan pemberian tunjangan profesi pengawas sekolah tersebut.

Untuk mempersiapkan pelaksanaan PKPS diperlukan sosialisasi dan bimbingan teknis kepada seluruh unsur di lingkungan Kemendikbud dan pemangku kepentingan pendidikan di tingkat daerah serta pengawas sekolah dan unsur dinas pendidikan kabupaten/kota/provinsi yang akan menjadi tim penilai kinerja pengawas sekolah ini. Oleh karena itu diperlukan Pedoman PKPS sebagai acuan dalam pelaksanaan PKPS.

Pedoman Penilaian PKPS (2011). Download
Pedoman Penilaian PKPS (2012). Download
Pedoman Penilaian PKPS (2014). Download



Buku 1-5 PKG-PKB 2012

BUKU 1-5 PKG-PKB 2012



Buku 1-5 PKG-PKB 2010
Sejatinya, guru adalah bagian integral dari organisasi pendidikan di sekolah secara menyeluruh. Agar sebuah organisasi termasuk organisasi pendidikan di sekolah mampu menghadapi perubahan dan ketidakpastian yang menjadi ciri kehidupan modern, Peter Senge (2000) mengingatkan perlunya mengembangkan sekolah sebagai sebuah organisasi pembelajar. Di antara karakter utama organisasi pembelajar adalah senantiasa mencermati perubahan internal dan eksternal yang diikuti dengan upaya penyesuaian diri dalam rangka mempertahankan eksistensinya.

Syarat mutlak terciptanya organisasi pembelajar adalah terwujudnya masyarakat pembelajar di tubuh organisasi tersebut. Ini dapat dengan mudah difahami mengingat kinerja organisasi secara tidak langsung adalah produk kinerja kolektif semua unsurnya termasuk Sumber Daya Manusia. Oleh sebab itu, dalam konteks sekolah, guru secara individu maupun secara bersama-sama dengan masyarakat seprofesinya harus didorong untuk menjadi bagian dari organisasi pembelajar melalui keterlibatannya secara sadar dan sukarela serta terus menerus dalam berbagai kegiatan belajar guna mengembangkan profesionalismenya.

Untuk itu, sebagai bentuk aktualisasi tugas guru sebagai tenaga profesional, maka pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan akan menfasilitasi guru untuk dapat mengembangkan keprofesiannya secara berkelanjutan. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ini diarahkan untuk dapat memperkecil jarak antara pengetahuan, keterampilan, kompetensi sosial dan kepribadian yang mereka miliki sekarang dengan apa yang menjadi tuntutan ke depan berkaitan dengan profesinya itu.

Kegiatan PKB ini dikembangkan atas dasar profil kinerja guru sebagai perwujudan hasil Penilaian Kinerja Guru yang didukung dengan hasil evaluasi diri. Bagi guru-guru yang hasil penilaian kinerjanya masih berada di bawah standar kompetensi atau dengan kata lain berkinerja rendah diwajibkan mengikuti program PKB yang diorientasikan untuk mencapai standar tersebut; sementara itu bagi guru-guru yang telah mencapai standar kompetensi, kegiatan PKB-nya diarahkan kepada peningkatan keprofesian agar dapat memenuhi tuntutan ke depan dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya sesuai dengan kebutuhan sekolah dalam rangka memberikan layanan pembelajaran yang berkualitas kepada peserta didik.

Sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, PKB diakui sebagai salah satu unsur utama selain kegiatan pembelajaran/ pembimbingan dan tugas tambahan lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang diberikan angka kredit untuk pengembangan karir guru khususnya dalam kenaikan pangkat/jabatan fungsional guru. Harapannya melalui kegiatan PKB akan terwujud guru yang profesional yang bukan hanya sekedar memiliki ilmu pengetahuan yang kuat, tuntas dan tidak setengah-setengah, tetapi tidak kalah pentingnya juga memiliki kepribadian yang matang, kuat dan seimbang. Dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kuat, tuntas dan tidak setengah-setengah serta kepemilikan kepribadian yang prima, maka diharapkan guru terampil membangkitkan minat peserta didik kepada ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penyajian layanan pendidikan yang bermutu. Mereka mampu membantu dan membimbing peserta didik untuk berkembang dan mengarungi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi yang secara cepat berubah sebagai ciri dari masyarakat abad 21.

Untuk membantu sahabat guru dalam memahami dan melaksanakan PKG-PKB tersebut, berikut saya share Buku 1-5 PKG-PKB 2012 :

Buku 1 Pedoman Pengelolaan PKB (Kemendikbud, 2012). Download PDF
Buku 1 Pedoman Pengelolaan PKB (Kemendikbud, 2012). Download Word
Buku 2 Pedoman Pelaksanaan PKG (Kemendikbud, 2012). Download PDF
Buku 2 Pedoman Pelaksanaan PKG (Kemendikbud, 2012). Download Word
Buku 4 Pedoman Kegiatan PKB dan Angka Kreditnya (Kemendikbud, 2012). Download PDF
Buku 4 Pedoman Kegiatan PKB dan Angka Kreditnya (Kemendikbud, 2012). Download Word
Buku 5 Pedoman Penilaian Kegiatan PKB (Kemendikbud, 2012). Download PDF
Buku 5 Pedoman Penilaian Kegiatan PKB (Kemendikbud, 2012). Download Word




Buku Pedoman PKG-PKB 2011

Buku Pedoman PKG-PKB 2011



Buku Pedoman PKG-PKB 2011
Pembelajaran merupakan jiwa institusi pendidikan yang mutunya wajib ditingkatkan secara terus menerus. Hal ini dapat dimengerti, karena peserta didik mendapatkan pengalaman belajar fomal terbanyak selama mengikuti proses pembelajaran di sekolah. Kondisi ini menuntut semua pihak untuk menyadari pentingnya peningkatan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan, dimana guru adalah ujung tombaknya. Oleh sebab itu, profesi guru harus dihargai dan dikembangkan sebagai profesi yang berkualitas dan bermartabat. Profesi guru mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi pendidikan, yaitu menciptakan insan Indonesia yang cerdas, komprehensif dan kompetitif.

Masyarakat dan pemerintah mempunyai kewajiban untuk mewujudkan kondisi yang memungkinkan guru dapat melaksanakan pekerjaannya secara profesional, bukan hanya untuk kepentingan guru, namun juga untuk pengembangan peserta didik dan demi masa depan bangsa Indonesia. Dalam rangka membangun profesi guru sebagai profesi yang bermartabat, yakni untuk mencapai visi pendidikan nasional melalui proses pembelajaran yang berkualitas, maka perlu dilaksanakan penilaian kinerja guru (PKG-PKB) secara berkelanjutan dan teratur. Buku ini memberikan informasi tentang PKG-PKB, manfaatnya, dan pelaksanaannya di sekolah

Buku 2 Pedoman Pelaksanaan PKG (Kemendiknas, 2011). Download PDF
Buku 5 Pedoman Penilaian Kegiatan PKB (Kemendiknas, 2011). Download PDF




Buku 1-5 PKG-PKB 2010

BUKU 1-5 PKG-PKB 2010



Buku 1-5 PKG-PKB 2010
Sejatinya, guru adalah bagian integral dari organisasi pendidikan di sekolah secara menyeluruh. Agar sebuah organisasi termasuk organisasi pendidikan di sekolah mampu menghadapi perubahan dan ketidakpastian yang menjadi ciri kehidupan modern, Peter Senge (2000) mengingatkan perlunya mengembangkan sekolah sebagai sebuah organisasi pembelajar. Di antara karakter utama organisasi pembelajar adalah senantiasa mencermati perubahan internal dan eksternal yang diikuti dengan upaya penyesuaian diri dalam rangka mempertahankan eksistensinya.

Syarat mutlak terciptanya organisasi pembelajar adalah terwujudnya masyarakat pembelajar di tubuh organisasi tersebut. Ini dapat dengan mudah difahami mengingat kinerja organisasi secara tidak langsung adalah produk kinerja kolektif semua unsurnya termasuk Sumber Daya Manusia. Oleh sebab itu, dalam konteks sekolah, guru secara individu maupun secara bersama-sama dengan masyarakat seprofesinya harus didorong untuk menjadi bagian dari organisasi pembelajar melalui keterlibatannya secara sadar dan sukarela serta terus menerus dalam berbagai kegiatan belajar guna mengembangkan profesionalismenya.

Untuk itu, sebagai bentuk aktualisasi tugas guru sebagai tenaga profesional, maka pemerintah melalui Kementerian Pendidikan Nasional sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang Undang No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan akan menfasilitasi guru untuk dapat mengembangkan keprofesiannya secara berkelanjutan. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) ini diarahkan untuk dapat memperkecil jarak antara pengetahuan, keterampilan, kompetensi sosial dan kepribadian yang mereka miliki sekarang dengan apa yang menjadi tuntutan ke depan berkaitan dengan profesinya itu.

Kegiatan PKB ini dikembangkan atas dasar profil kinerja guru sebagai perwujudan hasil Penilaian Kinerja Guru yang didukung dengan hasil evaluasi diri. Bagi guru-guru yang hasil penilaian kinerjanya masih berada di bawah standar kompetensi atau dengan kata lain berkinerja rendah diwajibkan mengikuti program PKB yang diorientasikan untuk mencapai standar tersebut; sementara itu bagi guru-guru yang telah mencapai standar kompetensi, kegiatan PKB-nya diarahkan kepada peningkatan keprofesian agar dapat memenuhi tuntutan ke depan dalam pelaksanaan tugas dan kewajibannya sesuai dengan kebutuhan sekolah dalam rangka memberikan layanan pembelajaran yang berkualitas kepada peserta didik.

Sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya, PKB diakui sebagai salah satu unsur utama selain kegiatan pembelajaran/ pembimbingan dan tugas tambahan lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang diberikan angka kredit untuk pengembangan karir guru khususnya dalam kenaikan pangkat/jabatan fungsional guru. Harapannya melalui kegiatan PKB akan terwujud guru yang profesional yang bukan hanya sekedar memiliki ilmu pengetahuan yang kuat, tuntas dan tidak setengah-setengah, tetapi tidak kalah pentingnya juga memiliki kepribadian yang matang, kuat dan seimbang. Dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang kuat, tuntas dan tidak setengah-setengah serta kepemilikan kepribadian yang prima, maka diharapkan guru terampil membangkitkan minat peserta didik kepada ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penyajian layanan pendidikan yang bermutu. Mereka mampu membantu dan membimbing peserta didik untuk berkembang dan mengarungi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi yang secara cepat berubah sebagai ciri dari masyarakat abad 21.

Untuk membantu sahabat guru dalam memahami dan melaksanakan PKG-PKB tersebut, berikut saya share Buku 1-5 PKG-PKB 2010 :

Buku 1 Pedoman Pengelolaan PKB (Kemendiknas, 2010). Download PDF
Buku 2 Pedoman Pelaksanaan PKG (Kemendiknas, 2010). Download PDF
Buku 2 Pedoman Pelaksanaan PKG (Kemendiknas, 2010). Download Word
Buku 3 Pedoman Sosialisasi Permen PAN-RB Nomor: 16 Tahun 2009. Download PDF
Buku 4 Pedoman Kegiatan PKB dan Angka Kreditnya (Kemendiknas, 2010). Download PDF
Buku 4 Pedoman Kegiatan PKB dan Angka Kreditnya (Kemendiknas, 2010). Download Word
Buku 5 Pedoman Penilaian Kegiatan PKB (Kemendiknas, 2010). Download PDF
Buku 5 Pedoman Penilaian Kegiatan PKB (Kemendiknas, 2010). Download Word




Sep 24, 2017

Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda Kelas 12 SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda
Kelas 12 SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017




Perangkat Pembelajaran B. Sunda Kelas 12 SMA/SMK/MA K13 Revisi 2017
01. Cover Perangkat B. Sunda Kelas 12 Revisi 2017
02. KI-KD B. Sunda Kelas 12 Revisi 2017
03. Silabus B. Sunda Kelas 12 Revisi 2017
04. Analisis KD B. Sunda Kelas 12 Revisi 2017
05. Penentuan KBM/KKM B. Sunda Kelas 12 Revisi 2017
06. Kalender Pendidikan TP 2017/2018
07. Analisis Alokasi Waktu TP 2017/2018
08. Program Tahunan B. Sunda Kelas 12 TP 2017/2018
09. Program Semester B. Sunda Kelas 12 TP 2017/2018
10. RPP 1. Tradisi Sunda
11. RPP 2. Carita Wayang
12. RPP 3. Carita Pantun
13. RPP 4. Novel
14. RPP 5. Sisindiran
15. RPP 6. Artikel
16. Format Penilaian

Bagi sahabat yang berminat dapat menghubungi kesini




Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda Kelas 11 SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda
Kelas 11 SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda Kelas 11 SMA/SMK/MA K13 Revisi 2017
01. Cover Perangkat B. Sunda Kelas 11 Revisi 2017
02. KI-KD B. Sunda Kelas 11 Revisi 2017
03. Silabus B. Sunda Kelas 11 Revisi 2017
04. Analisis KD B. Sunda Kelas 11 Revisi 2017
05. Penentuan KBM/KKM B. Sunda Kelas 11 Revisi 2017
06. Kalender Pendidikan TP 2017/2018
07. Analisis Alokasi Waktu TP 2017/2018
08. Program Tahunan B. Sunda Kelas 11 TP 2017/2018
09. Program Semester B. Sunda Kelas 11 TP 2017/2018
10. RPP 1. Wawacan
11. RPP 2. Carita Pondok
12. RPP 3. Warta
13. RPP 4. Panata Acara
14. RPP 5. Biantara
15. RPP 6. Biografi
16. RPP 7. Drama
17. RPP 8. Resensi
18. Format Penilaian

Bagi sahabat yang berminat dapat menghubungi kesini




Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda Kelas 10 SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda
Kelas 10 SMA/SMK/MA Kurikulum 2013 Revisi 2017




Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda Kelas 10 SMA/SMK/MA K13 Revisi 2017
01. Cover Perangkat B. Sunda Kelas 10 Revisi 2017
02. KI-KD B. Sunda Kelas 10 Revisi 2017
03. Silabus B. Sunda Kelas 10 Revisi 2017
04. Analisis KD B. Sunda Kelas 10 Revisi 2017
05. Penentuan KBM/KKM B. Sunda Kelas 10 Revisi 2017
06. Kalender Pendidikan TP 2017/2018
07. Analisis Alokasi Waktu TP 2017/2018
08. Program Tahunan B. Sunda Kelas 10 TP 2017/2018
09. Program Semester B. Sunda Kelas 10 TP 2017/2018
10. RPP 1. Terjemahan
11. RPP 2. Sajarah Sunda
12. RPP 3. Wawancara
13. RPP 4. Laporan Kegiatan
14. RPP 5. Dongeng
15. RPP 6. Teks Kawih Sunda
16. RPP 7. Sajak
17. RPP 8. Aksara Sunda
18. Format Penilaian

Bagi sahabat yang berminat dapat menghubungi kesini




Sep 23, 2017

Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK di SD

Panduan Pembelajaran
Matematika dan PJOKdi SD



Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK di SD
Salah satu keberhasilan pendidikan ditentukan oleh kurikulum pendidikan yang disusun berdasarkan kebutuhan zaman. Pada era abad 21 ini dibutuhkan kurikulum yang dapat mendorong pembelajaran yang menghasilkan siswa yang dapat memiliki kemampuan untuk mempertahankan hidupnya serta mampu menghadapi tantangan era globalisasi tanpa kehilangan nilai-nilai kepribadian dan budaya bangsa.Kurikulum 2013 menjawab kebutuhan zaman tersebut.

Penerapan Kurikulum 2013 pada proses pembelajaran di Sekolah Dasar menggunakan pendekatan tematik terpadu. Pada perkembangannya, untuk kelas tinggi (IV, V, dan VI) mata pelajaran Matematika dan Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) dipisahkan dari Buku Tematik Terpadu. Pemisahan tersebut dikarenakan perubahan muatan pelajaran matematika serasa dangkal sehingga siswa tidak mendapatkan konsep matematika secara mendalam dan PJOK memiliki karakteristik objek kajian dan metode yang berbeda dengan mata pelajaran lain. Objek kajian PJOK berupa gerak, pembelajaran PJOK banyak dilakukan melalui observasi, mencontoh/menirukan, melatihkan secara berulang.

Berdasarkan beberapa alasan tersebut, maka Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah bersama Pusat Kurikulum Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyusun Panduan Pelaksanaan Pembelajaran Matematika dan PJOK.

Panduan ini sebagai acuan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran Matematika dan PJOK serta dapat membantu dalam memecahkan beberapa permasalahan dalam pembelajaran.

Panduan Pembelajaran Matematika dan PJOK di SD. Download



Kisi-Kisi USBN dan UN Tahun Pelajaran 2017/2018

Kisi-Kisi USBN dan UN
Tahun Pelajaran 2017/2018



Kisi-Kisi USBN dan UN Tahun Pelajaran 2017/2018
Berikut Kisi-Kisi USBN dan UN Tahun Pelajaran 2017/2018 yang diterbitkan oleh BSNP pada bulan Agustus 2017 :

Kisi-Kisi USBN SMP Tahun Pelajaran 2017/2018
1. Kisi-Kisi USBN SMP 2018-PKn K-2006. Download
2. Kisi-Kisi USBN SMP 2018-PPKn K-2013. Download
3. Kisi-Kisi USBN SMP 2018-IPS K-2006. Download
4. Kisi-Kisi USBN SMP 2018-IPS K-2013. Download

Kisi-Kisi UN SMP/MTs 2018 (Gabung). Download

Kisi-Kisi USBN SMA Tahun Pelajaran 2017/2018
01. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-PKn K-2006. Download
02. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-PPKn K-2013. Download
03. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Sastra Indonesia K-2006. Download
04. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Bahasa Indonesia IBB K-2013. Download
05. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Sejarah Umum K-2006. Download
06. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Sejarah Umum K-2013. Download
07. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Biologi K-2006. Download
08. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Biologi K-2013. Download
09. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Fisika K-2006. Download
10. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Fisika K-2013. Download
11. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Kimia K-2006. Download
12. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Kimia K-2013. Download
13. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Geografi K-2006. Download
14. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Geografi K-2013. Download
15. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Sosiologi K-2006. Download
16. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Sosiologi K-2013. Download
17. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Ekonomi K-2006. Download
18. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Ekonomi K-2013. Download
19. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Bahasa Arab K-2006. Download
20. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Bahasa Arab K-2013. Download
21. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Bahasa Mandarin K-2006. Download
22. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Bahasa Mandarin K-2013. Download
23. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Bahasa Jepang K-2006. Download
24. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Bahasa Jepang K-2013. Download
25. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Bahasa Korea K-2006. Download
26. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Bahasa Jerman K-2006. Download
27. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Bahasa Jerman K-2013. Download
28. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Bahasa Prancis K-2006. Download
29. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Bahasa Prancis K-2013. Download
30. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Bahasa Antropologi K-2006. Download
31. Kisi-Kisi USBN SMA 2018-Bahasa Antropologi K-2013. Download

Kisi-Kisi UN SMA 2018 (Gabung). Download

Kisi-Kisi USBN SMK Tahun Pelajaran 2017/2018
01. Kisi-Kisi USBN SMK 2018-PKn K-2006. Download
02. Kisi-Kisi USBN SMK 2018-PPKn K-2013. Download
03. Kisi-Kisi USBN SMK 2018-KKPI K-2006. Download
04. Kisi-Kisi USBN SMK 2018-Simulasi Digital K-2013. Download

Kisi-Kisi UN SMK 2018 (Gabung). Download
Kisi-Kisi UN Paket B dan Paket C 2018 (Gabung). Download
Kisi-Kisi UN SMPLB dan SMALB 2018 (Gabung). Download




Surat Edaran BSNP tentang Kisi-kisi USBN dan UN Tahun Pelajaran 2017/2018

Surat Edaran BSNP 
Kisi-kisi USBN dan UN Tahun Pelajaran 2017/2018



Surat Edaran BSNP tentang Kisi-kisi USBN dan UN Tahun Pelajaran 2017/2018
Demi kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan USBN dan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018, maka Kemendikbud melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 0080/SDAR/BSNP/VIII/2017 tentang Kisi-kisi USBN dan UN Tahun Pelajaran 2017/2018. Dengan telah adanya kisi-kisi tersebut diharapkan peserta didik, guru dan orang tua dapat bersinergi mempersiapkan diri demi kesuksesan dalam menghadapi USBN dan UN Tahun Pelajaran 2017/2018 tersebut.

Surat Edaran BSNP Nomor 0080/SDAR/BSNP/VIII/2017. Download




USBN dan UN Tahun Pelajaran 2017/2018

USBN dan UN
Tahun Pelajaran 2017/2018



USBN dan UN Tahun Pelajaran 2017/2018
Demi kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan USBN dan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2017/2018, maka Kemendikbud melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) telah menerbitkan Surat Edaran tentang kisi-kisi USBN dan UN Tahun Pelajaran 2017/2018 agar peserta didik, guru dan orang tua dapat bersinergi mempersiapkan diri demi kesuksesan dalam menghadapi USBN dan UN Tahun Pelajaran 2017/2018 tersebut.

Surat Edaran BSNP tentang Kisi-kisi USBN dan UN 2018
Kisi-Kisi USBN dan UN Tahun 2018
Kisi-kisi UAMBN PAI-BAR MI TP 2017/2018
Kisi-kisi UAMBN PAI-BAR MTs TP 2017/2018
Kisi-kisi UAMBN PAI-BAR MA TP 2017/2018




Sep 22, 2017

Buku Siswa Bahasa Arab Kelas 5 MI Kurikulum 2013 Edisi 2015

Buku Siswa Bahasa Arab Kelas 5 MI
Kurikulum 2013 Edisi 2015



Buku Siswa Bahasa Arab Kelas 5 MI Kurikulum 2013 Edisi 2015
Alhamdulillah segala puji bagi Allah Swt.Tuhan sekalian alam. Nikmat-Nya yang begitu “deras” mengalir mengantarkan manusia pada “hilir” kesadaran bahwa kasih yang Dia limpahkan bersifat universal menembus “belukar” sekat suku, agama, ras antar golongan juga adil kepada mereka yang patuh maupun yang ingkar.

Sebagai ajaran agama yang sempurna, Islam harus di-ejawentahkan (dilaksanakan) dalam kehidupan nyata sehari-hari sehingga akan tercipta kehidupan yang damai dan tenteram. Oleh karena itu, dalam rangka mengoptimalkan layanan pendidikan Islam di madrasah, ajaran Islam yang begitu sempurna dan luas perlu dikelompokkan menjadi beberapa mata pelajaran yang secara linier akan dipelajari sesuai dengan jenjangnya.

Pengelompokkan ajaran Islam dalam bentuk mata pelajaran di lingkungan madrasah dimulai dari jenjang Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) di dalamnya dikhususkan pada peminatan Keagamaan, Matematika dan Ilmu Alam (MIA), Ilmu-Ilmu Sosial (IIS), Ilmu-Ilmu Bahasa dan Budaya (IIBB) serta Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) meliputi: a). al-Qur'an Hadis, b). Akidah Akhlak, c). Fikih, d). Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Pada jenjang Madrasah Aliyah (MA) peminatan Ilmu-ilmu Keagamaan dikembangkan kajian khusus mata pelajaran yaitu: a). Tafsir-Ilmu Tafsir, b). Hadis ilmu Hadis, c). Fikih-Ushul Fikih, d). Ilmu Kalam, e). Akhlak. Kemudian dalam upaya mendukung pendalaman kajian ilmu-ilmu keagamaan pada peminatan keagamaan, peserta didik dibekali dengan pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) serta Bahasa Arab.

Sebagi komitmen untuk menyiapkan generasi emas anak shaleh dan shalihah, mulai tahun ajaran 2014-2015 seluruh madrasah di bawah pembinaan Kementerian Agama RI telah siap melaksanakan Kurikulum 2013. Untuk keperluan dimaksud, maka secara legal formal Kementerian Agama RI telah menerbitkan Peraturan Menteri Agama (PMA) tentang Kurikulum 2013 yang berisi Kerangka Dasar Kurikulum Madrasah 2013, Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Kompetensi Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian.

Pada saat yang sama sebagai panduan implementasi kurikulum madrasah 2013, Kementerian Agama telah menyiapkan model silabus Pembelajaran PAI di Madrasah, menerbitkan buku pegangan siswa dan buku pedoman guru. Kehadiran buku di tangan peserta didik dan guru menjadi kebutuhan pokok untuk menerapkan kurikulum Madrasah 2013.

Sebagaimana kaidah Ushul Fikih, “Ma la yatimmu al-wajib illa bihi fahuwa wajib” (suatu kewajiban tidak menjadi sempurna tanpa adanya hal lain yang menjadi pendukungnya, maka hal lain tersebut menjadi wajib). Perintah menuntut ilmu berarti juga mengandung perintah untuk menyediakan sarana pendukungnya, salah satu di antaranya buku ajar.

Karena itu buku pedoman siswa ini disusun dengan pendekatan ilmiah (scientific approach) yang terangkum dalam proses mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Akhirnya, semoga buku ini mampu menjadi “jembatan” antara harapan dengan cita-cita tujuan pendidikan Islam secara khusus dan pendidikan nasional secara umum yakni membentuk manusia kaffah (utuh) yang tidak saja memiliki kecerdasan intelektual, namun kecerdasan sosial di tengah kompleksitas kehidupan umat manusia. Amien.

BS Bahasa Arab Kelas 5 MI K13 Edisi 2015. Download