Oct 4, 2011

Soal Ulangan Harian PKn Kelas VIII
SMPN 3 Cipatat Semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012


ULANGAN HARIAN

Nama Sekolah
:
SMP Negeri 3 Cipatat
Mata Pelajaran
Kelas / Semester
:
:
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
VIII/1


A.        Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang paling benar !


1.         Istilah “Ideeologi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu dari kata “eidos atau idea” dan “logos”. Eidos artinya …
a.     ilmu
b.    gagasan
c.     tujuan
d.    harapan
2.         Dalam pengertian sehari-hari, idea sering artinya disamakan dengan …
a.    cita-cita yang bersifat tetap
b.   gagasan yang bagus
c.    tujuan hidup yang jelas
d.   harapan yang indah
3.         Di bawah ini merupakan pengertian ideologi, kecuali …
a.    Ajaran, doktrin atau ilmu yang diyakini kebenarannya.
b.   Disusun secara sistematis
c.    Diberi petunjuk pelaksanaannya
d.   Dianut oleh semua bangsa di dunia.
  1. Secara harfiah, ideologi berarti
a.     Pengetahuan tentang gagasan, ide atau cita-cita
b.    Ilmu tentang filsafat
c.     Kajian yang mendalam
d.    Pengertian yang bersifat universal.
  1. Segala kelompok cita-cita, nilai dasar keinginan dan keyakinan adalah pengertian ideologi secara ...
a.    sempit
b.   luas
c.    teoritis
d.   praktis
  1. Ideologi bagi suatu bangsa dan negara sangat penting artinya, karena suatu ideologi memiliki fungsi seperti di bawah ini, kecuali …
a.    norma yang menjadi pedoman bertindak.
b.   Memotivasi untuk mencapai tujuan.
c.    Alat pemerintah untuk membatasi kebebasan warga negara.
d.   bekal dan jalan untuk menemukan identitas diri.
  1. Pendidikan bagi seseorang atau masyarakat untuk memahami, menghayati dan mempolakan tingkah lakunya sesuai dengan orientasi dan norma-norma yang terkandung di dalamnya. Ini merupakan salah satu fungsi dari …
a.     Pandangan hidup
b.    ideologi
c.     kepribadian bangsa
d.    budaya bangsa
  1. Bagi suatu bangsa yang sedang mngejar cita-citanya, suatu ideologi berfungsi sebagai ...
a.    Reformasi
b.   Revolusi
c.    Motivasi
d.   Nasionalisasi.
  1. Pancasila sebagai dasar negara tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 alinea ke …
a.     I
b.    II
c.     III
d.    IV
  1. Fungsi pokok Pancasila sebagai dasar negara adalah sebagai …
a.     pemersatu bangsa
b.    kepribadian bangsa
c.     moral pembangunan
d.    sumber dari segala sumber hukum
  1. Sumber hukum materil di Indonesia adalah...
a.    Pancasila
b.   UUD 1945
c.    Tap MPR
d.   Undang-Undang
  1. Sebagai  dasar negara, Pancasila berfungsi sebagai ...
a.     Pengatur penyelenggaraan negara
b.    Penguat tindakan pemerintah
c.     Pedoman pendiri negara
d.    Pedoman perilaku pejabat negara
  1. Pancasila sebagai dasar negara bersifat mengikat terhadap  ...
a.    Penyelenggara negara
b.   Semua warga negara
c.    Para pejabat negara
d.   Penduduk negara
  1. Ideologi nasional bangsa Indonesia tercermin dan terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 adalah ideologi …
a.    ketuhanan
b.   sosialis
c.    individualis
d.   perjuangan
  1. Di bawah ini merupakan dasar hukum Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, kecuali …
a.    Pembukaan UUD 1945 alinea IV.
b.   Dekrit Presiden 5 Juli 1959
c.    Surat Perintah 11 Maret
d.   Inpres No. 12 tahun 1968
  1. Yang pertama kali mengajukan rumusan dasar negara dalam Sidang BPUPKI yang pertama tanggal 29 Mei 1945 adalah …
a.    Ir. Soekarno
b.   Mr. Muh. Yamin
c.    Drs. Moh. Hatta
d.   H. Agus Salim
  1. Setiap tanggal 1 Juni setiap tahunnya diperingati sebagai hari …
a.     kelahiran Soekarno
b.    kelahiran istilah Pancasila
c.     kesaktian Pancasila
d.    peresmian Pancasila
  1. Pancasila sebagai dasar negara ditetapkan oleh PPKI pada tanggal …
a.    29 Mei 1945
b.   1 Juni 1945
c.    18 Agustus 1945
d.   5 Juli 1959
  1. Sembilan tokoh yang merumuskan dasar negara Indonesia merdeka dikenal dengan sebutan …
a.     PPKI
b.    BPUPKI
c.     Panitia kecil
d.    Konstituante
  1. Hasil pembahasan sembilan tokoh tentang dasar negara Indonesia merdeka dikenal dengan sebutan …
a.     Piagam Asia Afrika
b.    Piagam Jakarta
c.     Piagam Kemerdekaan
d.    Piagam Hak Asasi Manusia


B.        Jawablah dengan singkat dan tepat !


1.     Sebutkan 3 hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 !
2.     Berikan 3 contoh pengamalan nilai-nilai sila ke-1 di lingkungan keluarga !
3.     Berikan 3 contoh pengamalan nilai-nilai sila ke-4 di lingkungan sekolah !
4.     Berikan 3 contoh pengamalan nilai-nilai sila ke-3 di lingkungan masyarakat !
5.     Berikan 3 contoh pengamalan nilai-nilai sila ke-5 di lingkungan negara !

Oct 2, 2011

TENAGA PENDIDIK & KEPENDIDIKAN SMPN 3 CIPATAT 
KABUPATEN BANDUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2011/2012



 Jajang Sulaeman, S.Pd.
NIP. 197003162008011005
Guru PKn
Wakasek Bid. Kurikulum


Asniati Said, S.Pd. M.M.Pd.
NIP. 197403112007012005
Guru Penjaskes
Wakasek Bid. Kesiswaan

 Carlim, S.Ag. M.M.Pd.
NIP. 196904211998021002
Guru PAI
Wakasek Bid. Sarpras

Endang Suhendar, S.Pd.
NIP. 197005212007011010
Guru Matematika
Wakasek Bid. Humas
Yusep Saepuloh, S.Pd.
NIP. 198209282009011006
Guru B. Inggris
Pembina OSIS

Cucu Komaryani. A..Ma.Pd.
NIP. 196509202008012003
Guru IPA
Wali Kelas IX-B










Drs. Asep Saepudin
NIP. 19660712 200701 1011
Guru IPS
Wali Kelas IX-D


Cecep Nedi Sugilar, S.Pd.
NIP. 19780424 200901 1009
Guru IPA & Matematika
Wali Kelas VIII-C




Rini Gustini, S.Pd
NIP. 19810423 200901 2007
Guru B. Indonesia
Wali Kelas VIII-A


Iqlima Arifia, S.Pd.
NIP. 19850701 200901 2007
Guru IPA & Matematika
Wali Kelas VII-A
 Yetty Laelawaty, S.Pd.
NIP. 19750525 201001 2003
Guru B. Indonesia
Wali Kelas IX-A


Rina Amarwati, S.Pd.
NIP. 19800213 201001 2004
Guru IPS & B. Sunda
Wali Kelas VIII-B




 Nina Ambarwati, S.Hum.
NIP. 19810415 201001 2010
Guru IPS & B. Sunda
Wali Kelas VII-B
Dewi Turyanti K., S.Pd.
NIP. 19860212 201001 2010
Guru Tata Busana
Wali Kelas VIII-D











Dini Agustini, S.Pd.
Guru Matematika & PLH
Wali Kelas VII-C




Lili Setia Priatna, S.Pd.
Guru TIK & PLH
Wali Kelas VII-D
 Yulia Zulqaidah, S.Pd.
Guru Seni Budaya
Wali Kelas VII-E



Raka Kurnia Permana, S.Pd.
Guru TIK













Yeni Ishabibah, S.Pd.
Guru PKn

 Riyana Sukmaya K., S.Pd.
Guru B. Inggris



Erni Susanti, S.Pd.
Guru BK & PLH








Rika Santika, S.Pd.I.
Guru PAI


Andra, S.Pd.
Guru Penjaskes


Nurdiansyah. S.Pd.
Guru B. Sunda



 Supriatna
NIP. 19630522 198602 1003
Kepala Urusan TU



 








 Ani Sutiani
NIP. 19630413 199303 2003
Bendahara














Asep Sani Anshori, S.Pd.
NIP. 19701120 200003 1005
Pelaksana
Wakasek Bid. Sarpras



Enur Nurmawati
Pembantu Pelaksana



Taryat Saputra
Pembantu Pelaksana












Andi
Penjaga











PERAN GURU DALAM MEMBINA MOTIVASI BELAJAR SISWA
PADA PEMBELAJARAN PKn
Oleh: Jajang Sulaeman, S.Pd.




Dalam proses pembelajaran PKn, faktor motivasi belajar siswa sangat penting artinya guna menjamin intensitas, mengoptimalkan, mengefektifkan  aktivitas belajar siswa sesuai target pembelajaran yang telah ditentukan. Motivasi belajar ini tidak bisa diserahkan begitu saja pada kadar motivasi intrinsik masing-masing siswa, tetapi harus gayung bersambut dengan adanya motivasi ekstrinsik, terutama yang diupayakan oleh guru sebagai motivator pembelajaran.
Secara konsepsional ada beberapa bentuk dan cara yang dapat dilakukan oleh guru untuk membina motivasi belajar siswa. Sebagaimana dikemukakan oleh Sardiman A.M. 1992 : 102, yaitu : “Memberi angka, hadiah, ego involvement, member ulangan, mengetahui hasil, pujian, hukuman, hasrat untuk belajar dan minat”.
Dengan demikian terdapat sejumlah cara yang dapat dilakukan oleh guru dalam melaksanakan peranannya sebagai motivator yang harus mampu membina motivasi belajar siswa dalam pembelajaran PKn. Beberapa cara membina motivasi belajar siswa yang dapat dilakukan oleh guru tersebut dapat penulis kemukakan sebagai berikut :