Sep 30, 2015

Rincian Kegiatan TAS

RINCIAN KEGIATAN
TENAGA ADMINISTRASI SEKOLAH (TAS)


Rincian Tugas Tata Usaha Sekolah untuk bahan SKP Kaur TU dan Stafnya antara lain :
A. Pengelolaan Adm Kepegawaian :
  1. Mengisi buku induk pegawai
  2. Menyusun DUK
  3. Menerbitkan surat tugas/keputusan
  4. Menyusun data dan statistik kepegawaian
  5. Menyusun arsip dan file pegawai
  6. Mengelola daftar hadir pegawai.

B. Pengelolaan Adm Keuangan :
  1. Menyimpan dok, rek giro/bank.
  2. Menerima dan melakukan pembayaran
  3. Menyimpan arsip, dok dan SPJ keuangan.
  4. Membuat laporan penggunaan keuangan.
  5. Membuat laporan posisi anggaran (daya serap)
  6. Mencatat keuangan berdasarkan sumbernya pada Buku Kas Umum dan Buku Kas Pembantu.

C. Pengelola Adm Sarpras
  1. Menyusun daftar kebutuhan sarpras
  2. Mencatat dan menginventarisir sarpras
  3. Menyimpan dok kepemilikan sarpras.
  4. Membuat daftar inventarisasi per ruang.
  5. Melakukan program pemeliharaan sarpras.

D. Pengelolaan Adm Sarpras Kehumasan
  1. Membantu proses kegiatan komite sekolah
  2. Menjalin kerjasama dg pemerintah dan LSM serta keterlibatan Pemangku Kepentingan (stakeholders)
  3. Mencatat dan mendokumenkan proses kegiatan kehumasan.
  4. Menyusun dan melaksanakan program promosi sekolah.
  5. Mengkoordinasikan penelusuran tamatan.

E. Pengelolaan Adm Persuratan dan Kearsipan
  1. Mengelola surat masuk dan keluar
  2. Menggandakan surat/tikrey
  3. Mengelola Buku Ekspedisi Persuratan
  4. Menata kearsipan dan dokumen.

F. Pengelolaan Adm Kesiswaan
  1. Membuat daftar NIS
  2. Menyusun daftar keadaan siswa
  3. Membuat usulan peserta ujian.
  4. Menginventarisir daftar lulusan.
  5. Menyimpan DKN (legger)
  6. Meninventarisir pendaftaran siswa baru
  7. Mengisi papan data keadaan siswa.


Rincian Kegiatan Tugas Guru

RINCIAN KEGIATAN TUGAS GURU
UNTUK BAHAN PENYUSUNAN SKP



Menurut Kepmenpan Nomor 84 Tahun 1993 
Rincian Kegiatan Guru menurut Bab VI Pasal 7 Keputusan Menpan Nomor 84 Tahun 1993 :
a. Rincian tugas guru sampai dengan Guru Muda Tk.I (II/a-II/d) :
  1. melaksanakan dengan bimbingan dalam menyusun program pengajaran atau praktek atau bimbingan dan konseling.
  2. melaksanakan dengan bimbingan dalam menyajikan program pengajaran atau praktek atau melaksanakan bimbingan dan konseling.
  3. melaksanakan dg bimbingan dalam evaluasi belajar atau praktek atau pelaksanaan bimb. dan konseling.
  4. melaksanakan dengan bimbingan dalam melaksanakan analisis hasil evaluasi belajar atau praktek atau pelaksanaan bimbingan dan konseling.
  5. melaksanakan dengan bimbingan dalam menyusun dan pelaksanakan program perbaikan dan pengayaan atau tindak lanjut bimbingan dan konseling.
  6. melaksanakan dengan bimbingan dalam penyusunan dan pelaksanaan program bimbingan dan konseling di kelas yang menjadi tanggung jawabnya (khusus guru kelas).
  7. melaksanakan dengan bimbingan dalam membimbing siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler.

b. Rincian tugas Guru Madya dan Guru Madya Tk.I (III/a, III/b) :
  1. melaksanakan penyusunan program pengajaran atau praktek atau pelaksanaan bimb. dan konseling,
  2. melaksanakan penyajian program pengajaran atau praktek atau pelaksanaan bimb. dan konseling,
  3. melaksanakan evaluasi belajar atau praktek atau pelaksanaan bimbingan dan konseling,
  4. melaksanakan analisis hasil evaluasi belajar atau praktek atau pelaksanaan bimbingan dan konseling,
  5. menyusun dan melaksanakan program dan perbaikan dan pengayaan atau tindak lanjut bimbingan dan koseling,
  6. menyusun dan melaksanakan program bimbingan dan konseling di kelas yang menjadi tanggung jawabnya (khusus guru kelas).
  7. membimbing siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler.

c. Rincian tugas Guru Dewasa dan Guru Dewasa Tk.I (III/c-III/d):
  1. melaksanakan penyusunan program pengajaran atau praktek atau bimbingan dan konseling,
  2. melaksanakan penyajian program pengajaran atau praktek atau pelaksanaan bimbingan dan konseling,
  3. melaksanakan evaluasi belajar atau praktek atau pelaksanaan bimbingan dan konseling,
  4. melaksanakan analisis hasil evaluasi belajar atau praktek atau pelaksanaan bimbingan dan konseling,
  5. menyusun dan melaksanakan prog perbaikan dan pengayaan atau tindak lanjut bimb dan konseling,
  6. menyusun dan melaksanakan program bimbingan dan konseling di kelas yang menjadi tanggung jawabnya (khusus guru kelas),
  7. membimbing siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler.
  8. melaksanakan dengan bimbingan dalam membimbing guru dalam kegiatan proses belajar mengajar atau prektek atau bimbingan dan konseling.
  9. melaksanakan dengan bimbingan dalam kegiaan Evaluasi Belajar Tahap Akhir (EBTA) atau Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional (EBTANAS).

d. Rincian tugas Guru Pembina sampai dengan Guru Utama (IV/a-IV/e):
  1. melaksanakan penyusunan program pengajaran atau praktek atau bimbingan dan konseling,
  2. melaksanakan penyajian program pengajaran atau praktek atau pelaksanaan bimbingan dan koseling,
  3. melaksanakan evaluasi belajar atau praktek atau pelaksanaan bimbingan dan koseling,
  4. melaksanakn analisis hasil evaluasi belajar atau praktek atau pelaksanaan bimbingan dan konseling,
  5. menyusun dan melaksanakana prog. perbaikan dan pengayaan atau tindak lanjut bimb. dan konseling,
  6. menyusun dan melaksanakan program bimbingan dan kosling di kelas yang menjadi tanggung jawabnya (khusus guru kelas),
  7. membimbing siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler,
  8. membimbing guru dalam kegiatan proses belajar mengajar atau praktek atau bimb. dan konseling,
  9. melaksanakan dengan bimbingan dalam kegiatan Evaluasi Belajar Tahap Akhir (EBTA) atau Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional (EBTANAS),
  10. membuat karya tulis/karya ilmiyah di bidang pendidikan,
  11. menemukan teknologi tepat guna di bidang pendidikan,
  12. membuat alat pelajaran/alat praga atau alat bimbingan,
  13. menciptakan karya seni,
  14. mengikuti kegiatan pengembangan kurikulum.

Menurut Permen PAN-RB Nomor 16 Tahun 2009 

A. Rincian Tugas Guru Kelas
  1. Menyusun kurikulum pembelajaran pada satuan pendidikan;
  2. Menyusun silabus pembelajaran;
  3. Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran;
  4. Melaksanakan kegiatan pembelajaran;
  5. Menyusun alat ukur/soal sesuai mata pelajaran;
  6. Menilai dan mengevaluasi proses dan hasil belajar pada mata pelajaran di kelasnya;
  7. Menganalisis hasil penilaian pembelajaran;
  8. Melaksanakan pembelajaran/perbaikan dan pengayaan dengan
  9. memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi;
  10. Melaksanakan bimbingan dan konseling di kelas yang menjadi tanggung jawabnya;
  11. Menjadi pengawas penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar tingkat sekolah dan nasional;
  12. Membimbing guru pemula dalam program induksi;
  13. Membimbing siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler proses pembelajaran;
  14. Melaksanakan pengembangan diri;
  15. Melaksanakan publikasi ilmiah; dan
  16. Membuat karya inovatif.

B. Rincian Tugas Guru Mata Pelajaran
  1. Menyusun kurikulum pembelajaran pada satuan pendidikan;
  2. Menyusun silabus pembelajaran;
  3. Menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran;
  4. Melaksanakan kegiatan pembelajaran;
  5. Menyusun alat ukur/soal sesuai mata pelajaran;
  6. Menilai dan mengevaluasi proses dan hasil belajar pada mata pelajaran yang diampunya;
  7. Menganalisis hasil penilaian pembelajaran;
  8. Melaksanakan pembelajaran/perbaikan dan pengayaan dengan memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi;
  9. Menjadi pengawas penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar tingkat sekolah dan nasional;
  10. Membimbing guru pemula dalam program induksi;
  11. Membimbing siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler proses pembelajaran;
  12. Melaksanakan pengembangan diri;
  13. Melaksanakan publikasi ilmiah; dan
  14. Membuat karya inovatif.

C. Rincian Tugas Guru BK
  1. Menyusun kurikulum bimbingan dan konseling;
  2. Menyusun silabus bimbingan dan konseling;
  3. Menyusun satuan layanan bimbingan dan konseling;
  4. Melaksanakan bimbingan dan konseling per semester;
  5. Menyusun alat ukur/lembar kerja program bimbingan dan konseling;
  6. Mengevaluasi proses dan hasil bimbingan dan konseling;
  7. Menganalisis hasil bimbingan dan konseling;
  8. Melaksanakan pembelajaran/perbaikan tindak lanjut bimbingan dan konseling dengan memanfaatkan hasil evaluasi;
  9. Menjadi pengawas penilaian dan evaluasi terhadap proses dan hasil belajar tingkat sekolah dan nasional;
  10. Membimbing guru pemula dalam program induksi;
  11. Membimbing siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler proses pembelajaran;
  12. Melaksanakan pengembangan diri;
  13. Melaksanakan publikasi ilmiah; dan
  14. Membuat karya inovatif.

D. Tugas Tambahan 
  1. Kepala sekolah/madrasah;
  2. Wakil kepala sekolah/madrasah;
  3. Ketua program keahlian atau yang sejenisnya;
  4. Kepala perpustakaan sekolah/madrasah;
  5. Kepala laboratorium, bengkel, unit produksi, atau yang sejenisnya pada sekolah/madrasah; dan
  6. Pembimbing khusus pada satuan pendidikan yg menyelenggarakan pendidikan inklusi.
Rincian Kegiatan Kegiatan Guru, Download

Laporan PTK Lengkap

LAPORAN PTK LENGKAP



Laporan PTK TK/PAUD
  1. Implementasi Metode Bermain, Cerita, dan Menyanyi (BCM) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa TK/RA. Download
  2. Meningkatkan Pemahaman Anak Didik RA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Belajar Sambil Bermain. Download
  3. Peningkatan Keterampilan Berbicara Anak Usia Dini melalui Cerita Bergambar pada Anak TK. Download
  4. Model Bermain Sambil Belajar Sains untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Siswa TK. Download
  5. Meningkatkan Kemampuan Membilang melalui Bermain dengan Papan Flanel pada Anak TK. Download 
  6.  

Laporan PTK SD/MI
Laporan PTK Kelas 1
  1. Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Melalui Media Pias-Pias Kata pada Siswa Kelas I SD. Download
  2. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Demonstrasi pada Mata Pelajaran IPA di kelas I SD. Download
  3.  

Laporan PTK Kelas 2
  1. Penggunaan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Prestasi Menulis (BI) dan Perubahan Wujud Benda (IPA) pada Siswa Kelas II SD. Download
  2. Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Dengan Benda-benda Manipulatif melalui Pendekatan Realistik di Kelas II SD. Download
  3.  

Laporan PTK Kelas 3
  1. Meningkatkan Minat dan Kemampuan Siswa dalam Menulis Karangan melalui Media Gambar pada Siswa Kelas III SD. Download
  2. Implementasi Pendekatan Realistik Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa terhadap Luas Bangun Datar Persegi dan Persegi Panjang di Kelas III SD. Download

Laporan PTK Kelas 4
  1. Peningkatan Pembelajaran PAI Melalui Metode Pemberian Tugas Belajar dan Resitasi pada Siswa Kelas IV SD. Download
  2. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Dengan Metode Diskusi pada Materi Sistem Pemerintahan Desa dan Kecamatan. Download
  3. Upaya Peningkatan Minat Belajar Materi Bangun Datar Matematika Melalui Media Alat Peraga pada Siswa Kelas IV di SD. Download
  4. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di Kelas IV SD. Download  
  5. Penggunaan Mistar Bilangan dengan Metode Peragaan untuk Menanamkan Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SD. Download
  6. Meningkatkan Kemampuan Memahami Perkalian Cara Susun Dengan Metode Demontrasi pada Siswa Kelas IV SD. Download
  7. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) dalam Mata Pelajaran Matematika tentang Membandingkan dan Mengurutkan Pecahan pada Siswa Kelas IV SD. Download 
  8. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Specimen Dalam Mata Pelajaran IPA Tentang Struktur Bagian Tumbuhan dan Fungsinya Melalui Model Pembelajaran STAD di Kelad IV SD. Download
  9. Upaya Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran STAD pada Siswa Kelas IV SD. Download
  10. Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Meningkatkan Minat Belajar Tentang Mendiskripsikan Perkembangan Teknologi Transportasi Dengan Media Gambar di Kelas IV SD. Download


Laporan PTK Kelas 5
  1. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Aqidah Melalui Metode Lempar Kartu Pertanyaan pada Siswa Kelas V SD. Download
  2. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Pengambilan Keputusan Bersama melalui Metode Bermain Peran dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Kelas V SD. Download
  3. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Menjaga Keutuhan NKRI melalui Metode Bermain Peran dengan Model Pembelajaran Cooperative Learning Kelas V SD. Download
  4. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Siswa Kelas V SD. Download
  5. Meningkatkan Minat Belajar Siswa Tentang Perambatan Bunyi Melalui Zat Padat Dengan Media Telepon Mainan pada Siswa Kelas V di SD. Download 
  6. Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Benda Nyata untuk Meningkatankan Aktivitas dan Prestasi Belajar IPA di Kelas V SD. Download
  7. Penggunaan Metode Demonstrasi dan Media Benda Nyata di Sekitar Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Kelas V SD. Download


Laporan PTK Kelas Kelas 6
  1. Penerapan Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Untuk Meningkatkan Motivasi Balajar Siswa Kelas VI MI. Download
  2. Implementasi Konsep Pembelajaran Model RANI Terhadap Penguasaan Materi Matematika di Kelas VI SD. Download
  3. Peningkatan Proses Pembelajaran Tentang Luas Bangun Melalui Model Pembelajaran Kooperatif STAD dan Kuis pada Siswa Kelas VI SD. Download
  4. Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Dengan Metode Penggunaan Karton Berwarna Untuk Menanamkan Konsep Operasi Hitung Bilangan Bulat Positif dan Negatif pada Siswa Kelas VI SD. Download
  5. Meningkatkan Kemampuan Siswa Terhadap Penguasaan Konsep Energi Panas pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Pengalaman di Kelas VI SD. Download
  6. Peningkatkan Pemahaman Siswa dalam Membaca, Mengumpulkan, dan Menyajikan Data Dalam Pembelajaran IPA Melalui Metode Inkuiri pada Siswa Kelas VI SD. Download 
  7. Upaya Meningkatkan Efektivitas Belajar Lempar Cakram Dengan Menggunakan Media Modifikasi Piring Plastik pada Siswa Kelas VI SD. Download 

Laporan PTK SMP/MTs

Laporan PTK Kelas Kelas 7
  1. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Melalui Model Bermain Peran di Kelas VII SMP. Download
  2. Efektivitas Penerapan Pembelajaran Kontekstual (CTL) Terhadap Kemampuan Siswa Kelas VII SMP dalam Membaca Puisi Sesuai dengan Lafall dan Intonasi yang tepat. Download
  3.  
  4. Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dapat Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Siswa Dalam Materi Fungsi Zat Makanan di Kelas VII SMP. Download
  5.  
  6. Penerapan Metode Cooperative Learning Model Jigsaw Sebagai Alternatif Meningkatkan Prestasi Belajar IPS pada Siswa Kelas VII SMP. Download
  7. Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Media Audio-Visual Pada Pelajaran IPS Di Kelas VII SMP. Download
  8. Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Kompetensi Mata Pelajaran IPS (Ekonomi) pada Siswa Kelas VII SMP. Download
  9.  
  10. Meningkatkan Prestasi Menggambar Perspektif Melalui Pemaham Logika, Spiritual dan Religius pada Siswa Kelas VII SMP. Download
  11. Efektifitas Keterampilan Meniru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Seni Rupa pada Siswa Kelas VII SMP. Download

Laporan PTK Kelas Kelas 8
  1. PAI
  2. PKn
  3. Bina
  4. Bing
  5. Penerapan Model Pembelajaran melalui Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning (CTL)) dalam Peningkatan Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa Kelas VIII. Download
  6. Peningkatan Pemahaman Konsep Luas Permukaan Serta Volume Kubus dan Balok Melalui Model Pembelajaran Aktif Tipe Snow Ball pada Siswa Kelas VIII SMP. Download
  7. Meminimalkan Kesulitan Belajar Materi Persamaan Garis Lurus Dengan Pendekatan Konstruktivis pada Siswa Kelas VIII SMP. Download
  8.  
  9. Peningkatan Hasil Belajar Biologi Siswa dengan Menggunakan Pendekatan Interaktif pada Konsep Sistem Pernafasan pada Manusia di Kelas VIII. Download
  10. Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalu Metode Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas VIII. Download
  11. Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Belajar IPA Pada Siswa Kelas 8 SMP. Download
  12. Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Fisika pada Pokok Bahasan Cahaya Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) pada Siswa Kelas VIII SMP. Download

  13. Peningkatan Prestasi Belajar IPS Sejarah Melalui Model Pembelajaran Berbasis Portofolio pada Siswa Kelas VIII SMP. Download
  14. Peningkatan Kreativitas Siswa Melalui Permainan Cipta Lagu Dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP. Download
  15. Penjaskes
  16. TIK

Laporan PTK Kelas Kelas 9
  1. Proses Belajar Mengajar Berbicara dengan Metode Bermain Peran pada Siswa Kelas IX SMP. Download
  2. Model Pembelajaran "Wordgame" Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bagi Siswa Kelas IX SMP. Download
  3.  
  4. Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Inggris Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Head Together pada Siswa Kelas IX SMP. Download
  5. Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Teks Berbentuk Procedure Melalui Model Pembelajaran Make a Match di Kelas IX SMP. Download
  6. Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Narative melalui Model Pembelajaran “Picture andPicture” pada siswa kelas IX SMP. Download
  7.  
  8. Pembelajaran Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Bangun Ruang pada Siswa Kelas IX SMP. Download
  9.  
  10. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Standar Kompetensi Perkembangan Negara di Dunia Mata Pelajaran IPS pada Siswa Kelas IX SMP. Download
  11. Meningkatkan restasi Belajar Sejarah Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Team Assisted Individualization(TAI) Pada Siswa Kelas IX SMP. Download


Laporan PTK SMA/SMK
Laporan PTK Kelas Kelas 10
  1. Penggunaan Media Visual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Irisan Bidang dengan Bangun Ruang pada Siswa Kelas X SMA. Download
  2. Efektivitas Model Pembelajaran Think-Pair-Share Dalam Mata Pelajaran Sejarah pada Siswa Kelas X SMA. Download

Laporan PTK Kelas Kelas 11
  1. Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Jerman Dengan Menggunakan Role Play pada Siswa Kelas XI Bahasa di SMA. Download


Laporan PTK Kelas Kelas 12