Sep 19, 2015

Bahan Ajar PKn Kelas IX SMP

BAHAN AJAR PKN KELAS IX SEMESTER 1
BAB I PEMBELAAN NEGARA


Pernahkah terbersit dalam pemikiran kalian, bagaimana kemerdekaan bangsa Indonesia bisa diraih? Kemerdekaan diraih bukan dengan cara yang mudah, dibutuhkan perjuangan yang tidak kenal lelah. Para pejuang rela mengorbankan jiwa dan raganya untuk bangsa dan negara. Mengapa demikian? Sebab, para pejuang memiliki rasa cinta terhadap tanah air dan bangsa Indonesia yang merdeka dan berdaulat.
Kalian takkan mencintai negara, takkan mau berkorban bagi negara dan takkan memiliki kesadaran untuk membela negara, sebelum kalian memahami dengan baik apa itu negara, apa tujuan dan fungsi negara bagi kehidupan kita ???

A. Hakikat Negara
1. Pengertian Negara

Dalam bahasa Jerman dan Belanda istilah negara dikenal dengan "staat". Sedangkan dalam bahasa Inggris disebut "state" dan dalam bahasa Perancis dikenal dengan "etat" serta dalam bahasa Latin disebut dengan "statum". Menurut Marcus Tullis Ciciro, "statum" diartikan sebagai kedudukan yang berkaitan dengan persekutuan orang.
Menurut Prof. Mr. L.J. van Apeldoorn, Negara diartikan sebagai penguasa, yaitu untuk menyatakan bahwa orang atau orang-orang yang melakukan kekuasaan tertinggi atas persekutuan rakyat yang bertempat tinggal dalam suatu daerah.
Secara istilah, negara dapat diartikan sebagai "organisasi tertinggi di antara satu kelompok masyarakat yang mempunyai cita-cita untuk bersatu, hidup di dalam daerah tertentu dan mempunyai pemerintah yang berdaulat."
Agar lebih memahami lagi, berikut ini pendapat para pakar tentang pengertian negara :
a. George Jellinek : Negara adalah organisasi kekuasaan dari sekelompok manusia yang telah berkediaman di wilayah tertentu.
b.  Mr. Kranenburg : Negara adalah suatu organisasi yang timbul karena kehendak dari suatu golongan atau bangsanya sendiri. 
c. Prof. Dr. Djokosoetono : Negara adalah suatu organisasi manusia atau kumpulan manusia yang berada di bawah suatu pemerintahan yang sama.
Silahkan kalian pahami, sampai kalian bisa merumuskan sendiri apa itu negara menurut pendapat kalian !!! Bisa, pasti bisa .... 
Dari beberapa pendapat di atas, secara ringkas dapat dijelaskan bahwa negara merupakan kumpulan orang yang telah mempunyai kesatuan tekad untuk membangun masa depan bersama. Kelompok masyarakat tersebut mempunyai rasa senasib dan sepenanggungan untuk hidup bersama di dalam suatu wilayah, membentuk organisasi masyarakat dan memiliki pemerintahan yang sah untuk mengatur warga atau masyarakatnya.





No comments:

Post a Comment