Oct 11, 2015

Dapodik PAUD DIKMAS 2015

DAPODIK PAUD-DIKMAS 2015



Untuk tingkat Pendidikan PAUD, TK dan pendidikan lain yang setara juga memiliki aplikasi pendataan berbasis dapodik. Nama aplikasi pendataan untuk PAUD adalah Aplikasi Dapodik PAUD Dikmas. Aplikasi ini  dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini sesuai dengan Instruksi Menteri no.2 Tahun 2011 tentang Kegiatan Pengelolaan Data Pendidikan. Dikembangkan dengan semangat Satu Nusa, Satu Bangsa, Satu Bahasa, Satu Data.

Aplikasi ini berfungsi untuk menjaring data pokok pendidikan (Satuan Pendidikan, Peserta Didik, serta Pendidik dan Tenaga Kependidikan) yang akan dimanfaatkan dalam berbagai kebijakan pendidikan yaitu BOS, Bansos, Tunjangan, UN, dan lain-lain.  Selain itu diluncurkannya aplikasi dapodik Paud – Dikmas 2015 ini mempunyai tujuan sesuai dengan petunjuk Teknis dari aplikasi ini. Berikut ini Tujuan Pengembangan dan Pengelolaan DAPODIK PAUD-DIKMAS Tahun 2015 bertujuan untuk:
  1. Merancang Formulir/Instrumen & Struktur Database PAUD, Dikmas (PKBM, TBM, Rumpin) & LKP.
  2. Mengembangkan Apliksi Back-end & Front-end PAUD
  3. Menyiapkan SDM dan Infrastruktur DAPODIK PAUD
  4. Melakukan TOT/workshop pendataan lembaga dan mutu PAUDNI
  5. Menginput DAPODIK PAUD yang sudah ada NPSN
  6. Mengelola DAPODIK & Perawatan /perbaikan Sistem
  7. Melakukan Koordinasi, Evaluasi dan Pelaporan Hasil DAPODIK dan Pemetaan Mutu PAUDNI tahun 2015.
Selain itu dengan di luncurkan aplikasi PAUD DIKMAS  ingin Hasil yang diharapkan dari pengembangan dan pengelolaan DAPODIK PAUD-DIKMAS adalah adanya sistem aplikasi, dokumen dan kegiatan yang mendukung kelengkapan data PAUDNI untuk bahan kebijakan yang meliputi:
  1. Adanya Formulir/Instrumen & Struktur Database PAUD, Dikmas (PKBM, TBM, Rumpin) & LKP
  2. Adanya Apliksi Back-end & Front-end PAUD
  3. Adanya SDM dan infrastruktur yang siap mendukung DAPODIK PAUD
  4. Adanya Tim yang siap mengelola sistem DAPODIK terintegrasi dan mutu PAUDNI
  5. Adanya DAPODIK PAUD yang sudah terinput dengan lengkap
  6. Adanya sistem DAPODIK yang terjaga dan terpelihara
  7. Adanya laporan hasil koordinasi dan evaluasi serta hasil DAPODIK dan Pemetaan Mutu PAUDNI tahun 2015.
Waktu dan Tempat Pelaksanaan Kegiatan pengembangan dan pengolahan Data PAUDNI adalah selama tahun anggaran 2015 sesuai dengan jadwal/program kerja subbag data dan informasi Setditjen PAUDNI Tahun 2015. Tempat pelaksanaan adalah:
  1. Di kantor Kemendikbud sesuai dengan jam kerja;
  2. Di luar kantor melalui kegiatan TOT/Workshop, bimbingan teknis, harmonisasi dan penyusunan naskah sesuai ketentuan yang berlaku.
Peserta atau unsur yang terlibat dalam Pengembangan dan Pengolahan Data dan Informasi PAUDNI adalah:
  1. Pusat: terdiri dari Tim DAPODIK Kemendikbud; Tim DAPODIK PAUD-DIKMAS (Setditjen, Direktorat Teknis dan UPT serta tenaga profesional DAPODIK) yang membidangi jaringan, sistem, aplikasi dan manajemen/pengelolaan DAPODIK PAUD-DIKMAS serta yang menangani pemetaan mutu.
  2. Daerah: terdiri atas Tim DAPODIK Provinsi dan Tim DAPODIK Kabupaten/Kota yang menangani PAUDNI;
  3. Satuan Pendidikan: satuan pendidikan PAUDNI yang telah memiliki nomor referensi lembaga (NPSN, nomor pengelolaan lainnya) sebagai pengguna.

Bagi anda yang ingin mendownload Aplikasi Dapodik PAUD DIKMAS silahkan klik link di bawah ini :
Aplikasi Dapodik PAUD Dikmas Versi 1.1.0. Download
Aplikasi Dapodik PAUD Dikmas Versi 1.1.2. Download
Petunjuk Teknis Aplikasi dapodik PAUD Dikmas 2015. Download

Sumber : http://salamsatudata.web.id

No comments:

Post a Comment