Jul 1, 2017

Modul PKB PLB Tunagrahita Tahun 2017

Modul PKB PLB Tunagrahita Tahun 2017



Modul PKB PLB Tunagrahita Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB PLB Tunagrahita Tahun 2017 :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus
Profesional : Konsep Dasar Program Pengembangan Diri Anak Tunagrahita
Modul PKB PLB Tunagrahita Tahun 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Teori Belajar dan Prinsip Pembelajaran Anak Tuna Grahita
Profesional : Modifikasi Perilaku dan Aktivitas Bermain
Modul PKB PLB Tunagrahita Tahun 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Pengembangan Kurikulum dan Media Pembelajaran
Profesional : Program Pengembangan Diri bagi Anak Tunagrahita C
Modul PKB PLB Tunagrahita Tahun 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Program Pembelajaran Anak Tunagrahita
Profesional : Program Pengembangan Diri Anak Tunagrahita
Modul PKB PLB Tunagrahita Tahun 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Profesional : Pembelajaran Pengembangan Diri Anak Tunagrahita
Modul PKB PLB Tunagrahita Tahun 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Pengembangan Potensi Anak Tunagrahita
Profesional : Pembelajaran Komunikasi dan Refleksi Pembelajaran
Modul PKB PLB Tunagrahita Tahun 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Strategi Komunikasi dalam Pembelajaran
Profesional : Pengembangan Interaksi Sosial pada Anak Tunagrahita
Modul PKB PLB Tunagrahita Tahun 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Penilaian Pembelajaran bagi Anak Tunagrahita
Profesional : Pengembangan Vokasional Sederhana dan Kemitraan
Modul PKB PLB Tunagrahita Tahun 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Pemanfaatan Penilaian untuk Kepentingan Pembelajaran
Profesional : Pembelajaran Vokasional Sederhana
Modul PKB PLB Tunagrahita Tahun 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Refleksi Pembelajaran
Profesional : Penelitian Tindakan Kelas dan Perangkat Lunak Komputer
Modul PKB PLB Tunagrahita Tahun 2017 KK-J. Download




Modul PKB TK Tahun 2017

Modul PKB TK Tahun 2017



Modul PKB TK Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Berikut saya share Modul PKB TK Tahun 2017 :
Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Teori Bermain Anak Usia Dini
Profesional : Merancang Kegiatan Bermain Di TK
Modul PKB TK Tahun 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Teori Bermain Anak Usia Dini
Profesional : Merancang Kegiatan Bermain Di TK
Modul PKB TK Tahun 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Teori Bermain Anak Usia Dini
Profesional : Merancang Kegiatan Bermain Di TK
Modul PKB TK Tahun 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Teori Bermain Anak Usia Dini
Profesional : Merancang Kegiatan Bermain Di TK
Modul PKB TK Tahun 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Teori Bermain Anak Usia Dini
Profesional : Merancang Kegiatan Bermain Di TK
Modul PKB TK Tahun 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Media dan Sumber Belajar TK
Profesional : Bermain Sambil Belajar di TK
Modul PKB TK Tahun 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Komunikasi Efektif TK
Profesional : Merancang Pengembangan Nilai Moral, Agama, Sosial, dan Emosional
Modul PKB TK Tahun 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Konsep dan Penilaian di TK
Profesional : Laporan Perkembangan Anak TK
Modul PKB TK Tahun 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Penelitian Tindakan Kelas di TK
Profesional : Pemanfaatan PTK dalam Mengembangkan di TK
Modul PKB TK Tahun 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Layanan Bantuan Peserta Didik
Profesional : Pengembangan Profesi Guru
Modul PKB TK Tahun 2017 KK-J. Download

Cover KK A-D. Download
Cover KK E-J. Download




Jun 30, 2017

Video Tutorial Coreldraw Lengkap

Video Tutorial Coreldraw 12



Video Tutorial Coreldraw 12
Tutorial Coreldraw 1. Pengenalan Dasar. Download
Tutorial Coreldraw 2. Menggambar Objek Dasar. Download
Tutorial Coreldraw 3. Pengaturan Warna dan Objek. Download
Tutorial Coreldraw 4. Pengaturan Objek. Download
Tutorial Coreldraw 5. Menggambar Objek Bebas. Download
Tutorial Coreldraw 6. Pengaturan Teks dan Penggunaannya. Download
Tutorial Coreldraw 7. Variasi Teks. Download
Tutorial Coreldraw 8. Teknik Shaping. Download
Tutorial Coreldraw 9. Menggunakan Menu Efek 1. Download
Tutorial Coreldraw 10. Menggunakan Menu Efek 2. Download
Tutorial Coreldraw 11. Menggunakan Efek Interactive. Download
Tutorial Coreldraw 12. Efek Interactive. Download
Tutorial Coreldraw 13. Teknik Croping dan Export Objek. Download
Tutorial Coreldraw 14. Mencetak Objek. Download




Modul Coreldraw 12 Lengkap

Modul Coreldraw 12 Lengkap





Modul Coreldraw 12 Lengkap. Download
Modul Belajar & Latihan Coreldraw 12. Download



Jun 29, 2017

Modul PKB IPA SMP Revisi 2017

Modul PKB IPA SMP Revisi 2017



Modul PKB IPA SMP Revisi 2017
Program PKB bagi guru merupakan tindak lanjut dari hasil UKG 2015 dan bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan mata pelajaran yang diampunya. Sebagai salah satu upaya untuk mendukung keberhasilan suatu program diklat, Direktorat Pembinaan Guru Dikdas pada tahun 2017 melaksanakan review, revisi dan mengembangkan modul paska UKG 2015 yang telah terintegrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Penilaian Berbasis Kelas, serta berisi materi pedagogik dan profesional yang akan dipelajari oleh peserta selama mengikuti Program PKB.

Berikut ini saya share modul PKB IPA SMP Revisi 2017 sebagai berikut :
Kelompok Kompetensi A 
Pedagogik : Perkembangan & Potensi Peserta Didik. Download
Profesional : Pengukuran dan Sistem Klasifikasi dalam Kehidupan. Download
Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Teori Belajar dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Download
Profesional : Energi dalam Sistem Kehidupan. Download
Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Metode dan Pendekatan pada Pembelajaran IPA. Download
Profesional : Suhu dan Kalor, Perubahan Fisika dan Kimia serta Perubahan Iklim. Download
Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Model-model Pembelajaran IPA dan Implementasinya. Download
Profesional : Gaya dan Gerak serta Pemisahan Campuran. Download
Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Media Pembelajar. Download
Profesional : Sistem Organ Manusia dan Sifat Bahan. Download
Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Penilaian Proses dan Hasil Belajar. Download
Profesional : Pertumbuhan Penduduk dan Dampaknya pada Lingkungan. Download
Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran. Download
Profesional : Materi Genetik. Download
Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Komunikasi Efektif. Download
Profesional : Cahaya, Alat Optik, Getaran dan Gelombang. Download
Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Pengembangan RPP. Download
Profesional : Bumi dan Tata Surya. Download
Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Penelitian Tindakan Kelas. Download
Profesional : Teknologi Ramah Lingkungan, Listrik, dan Magnet. Download
Yang kesulitan download bisa inbox ke FB saya. Terima kasih.


Jun 17, 2017

Aplikasi Nilai Raport Kelas VIII Semester 1 SMP Kurikulum 2013 (Permendikbud No. 23 Tahun 2016)

Aplikasi Nilai Raport Kelas VIII Semester 1 SMP Kurikulum 2013 
(Permendikbud No. 23 Tahun 2016)



Aplikasi Nilai Raport Kelas VIII Semester 1 SMP Kurikulum 2013 
Aplikasi ini dibuat berpedoman pada :
1. Permendikbud Nomor : 23 Tahun 2016
2. Permendikbud Nomor : 24 Tahun 2016
3. Panduan Penilaian K13 SMP Tahun 2016
4. Silabus Kelas VIII SMP Revisi 2017
5. Buku Guru SMP Kurikulum 2013 Revisi 2017

Aplikasi ini terdiri dari beberapa menu, yaitu :
  1. Data Umum, berisi isian data tentang sekolah, kepala sekolah, mata pelajaran, dan kelas.
  2. Daftar Siswa
  3. Biodata Siswa
  4. KI-KD, yakni menu yang berisi rumusan KI-KD Kelas VIII SMP sesuai Permendikbud Nomor: 24 Tahun 2016 serta KI-KD Mulok.
  5. Multi KKM, yakni menu yang berisi penentuan KKM untuk setiap mata pelajaran, dimana guru hanya tinggal entry nilai KKM, maka Interval, Predikat dan Deskripsi Nilai yang akan muncul secara otomatis untuk setiap mata pelajaran.
  6. Pemetaan KD, yakni menu yang berisi pemetaan KD dari K1, K2, K3 dan K4 untuk setiap mata pelajaran.
  7. Daftar Nilai K1 dan K2 untuk PAI-BP dan Tematik (PPKn), serta Daftar Nilai K3 dan K4 untuk semua mata pelajaran.
  8. Rekap Nilai dan Gabungan Nilai K1 dan K2 untuk PAI-BP dan Tematik (PPKn), serta Rekap Nilai K3 dan K4 untuk semua mata pelajaran.
  9. Absensi
  10. Ekstra Kurikuler
  11. Prestasi Siswa
  12. Raport siap print



Aplikasi Nilai Raport Kelas VII Semester 1 SMP Kurikulum 2013 (Permendikbud No. 23 Tahun 2016)

Aplikasi Nilai Raport Kelas VII Semester 1 SMP Kurikulum 2013 
(Permendikbud No. 23 Tahun 2016)



Aplikasi Nilai Raport Kelas VII Semester 1 SMP Kurikulum 2013 
Aplikasi ini dibuat berpedoman pada :
1. Permendikbud Nomor : 23 Tahun 2016
2. Permendikbud Nomor : 24 Tahun 2016
3. Panduan Penilaian K13 SMP Tahun 2016
4. Silabus Kelas VII SMP Revisi 2016
5. Buku Guru SMP Kurikulum 2013 Revisi 2016

Aplikasi ini terdiri dari beberapa menu, yaitu :
  1. Data Umum, berisi isian data tentang sekolah, kepala sekolah, mata pelajaran, dan kelas.
  2. Daftar Siswa
  3. Biodata Siswa
  4. KI-KD, yakni menu yang berisi rumusan KI-KD Kelas VII SMP sesuai Permendikbud Nomor: 24 Tahun 2016 serta KI-KD Mulok.
  5. Multi KKM, yakni menu yang berisi penentuan KKM untuk setiap mata pelajaran, dimana guru hanya tinggal entry nilai KKM, maka Interval dan Predikat Nilai yang akan muncul secara otomatis untuk setiap mata pelajaran.
  6. Pemetaan KD, yakni menu yang berisi pemetaan KD dari K1, K2, K3 dan K4 untuk setiap mata pelajaran.
  7. Daftar Nilai K1 dan K2 untuk PAI-BP dan Tematik (PPKn), serta Daftar Nilai K3 dan K4 untuk semua mata pelajaran.
  8. Rekap Nilai dan Gabungan Nilai K1 dan K2 untuk PAI-BP dan Tematik (PPKn), serta Rekap Nilai K3 dan K4 untuk semua mata pelajaran.
  9. Absensi
  10. Ekstra Kurikuler
  11. Prestasi Siswa
  12. Raport



Jun 14, 2017

Modul PKB SD Kelas Tinggi Tahun 2017

Modul PKB SD Kelas Tinggi Tahun 2017



Modul PKB SD Kelas Tinggi Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan jenjang Sekolah Dasar ini diharapkan dapat menjadi bahan bacaan wajib bagi para peserta diklat untuk dapat meningkatkan pemahaman tentang kompetensi pedagogik dan profesional terkait dengan tugas pokok dan fungsinya.

Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik
Profesional : Kajian Materi Bahasa dan Sastra Indonesia SD
Modul PKB SD Kelas Tinggi 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Teori Belajar dan Prinsip Pembelajaran
Profesional :Kajian Bilangan dan Statistika Sekolah Dasar
Modul PKB SD Kelas Tinggi 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik :Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum di Sekolah Dasar
Profesional :Kajian Geometri dan Pengukuran Sekolah Dasar
Modul PKB SD Kelas Tinggi 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Metodologi Pembelajaran Sekolah Dasar
Profesional : Makhluk Hidup dan Lingkungan Sekitar
Modul PKB SD Kelas Tinggi 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Penilaian Proses dan Hasil Belajar
Profesional : Materi dan Energi
Modul PKB SD Kelas Tinggi 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Komunikasi Efektif
Profesional : Kajian Materi IPS Sekolah Dasar Kelas Tinggi
Modul PKB SD Kelas Tinggi 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Perancangan Pembelajaran yang Mendidik
Profesional : Penerapan Nilai, Norma dan Moral Pancasila
Modul PKB SD Kelas Tinggi 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Pemanfaatan Hasil Penilaian Pembelajaran
Profesional : Perlindungan HAM dan Penegakan Hukum
Modul PKB SD Kelas Tinggi 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di SD
Profesional : Pengembangan Materi Ajar di SD
Modul PKB SD Kelas Tinggi 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Refleksi Pembelajaran dan Tindak Lanjutnya melalui PTK
Profesional : TIK dan Tindakan Reflektif untuk Pengembangan Keprofesian
Modul PKB SD Kelas Tinggi 2017 KK-J. Download




Modul PKB SD Kelas Awal Tahun 2017

Modul PKB SD Kelas Awal Tahun 2017



Modul PKB SD Kelas Awal Tahun 2017
Peran guru profesional dalam proses pembelajaran sangat penting sebagai kunci keberhasilan belajar siswa. Guru profesional adalah guru yang kompeten membangun proses pembelajaran yang baik sehingga dapat menghasilkan pendidikan yang berkualitas dan berkarakter prima. Hal tersebut menjadikan guru sebagai komponen yang menjadi fokus perhatian Pemerintah maupun pemerintah daerah dalam peningkatan mutu pendidikan terutama menyangkut kompetensi guru.

Pengembangan profesionalitas guru melalui Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan merupakan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependikan dalam upaya peningkatan kompetensi guru. Sejalan dengan hal tersebut, pemetaan kompetensi guru telah dilakukan melalui Uji Kompetensi Guru (UKG) untuk kompetensi pedagogik dan profesional pada akhir tahun 2015. Peta profil hasil UKG menunjukkan kekuatan dan kelemahan kompetensi guru dalam penguasaan pengetahuan pedagogik dan profesional. Peta kompetensi guru tersebut dikelompokkan menjadi 10 (sepuluh) kelompok kompetensi. Tindak lanjut pelaksanaan UKG diwujudkan dalam bentuk pelatihan guru paska UKG pada tahun 2016 dan akan dilanjutkan pada tahun 2017 ini dengan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi guru sebagai agen perubahan dan sumber belajar utama bagi peserta didik. Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru dilaksanakan melalui tiga moda, yaitu: 1) Moda Tatap Muka, 2) Moda Daring Murni (online), dan 3) Moda Daring Kombinasi (kombinasi antara tatap muka dengan daring).

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK), Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK KPTK) dan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LP2KS) merupakan Unit Pelaksanana Teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan yang bertanggung jawab dalam mengembangkan perangkat dan melaksanakan peningkatan kompetensi guru sesuai bidangnya. Adapun perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut adalah modul Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan bagi Guru moda tatap muka dan moda daring untuk semua mata pelajaran dan kelompok kompetensi. Dengan modul ini diharapkan program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan memberikan sumbangan yang sangat besar dalam peningkatan kualitas kompetensi guru.

Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan jenjang Sekolah Dasar ini diharapkan dapat menjadi bahan bacaan wajib bagi para peserta diklat untuk dapat meningkatkan pemahaman tentang kompetensi pedagogik dan profesional terkait dengan tugas pokok dan fungsinya

Kelompok Kompetensi A
Pedagogik : Karakteristik & Pengembangan Potensi Peserta Didik
Profesional : Penguasaan dan Keterampilan Berbahasa Indonesia
Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-A. Download

Kelompok Kompetensi B
Pedagogik : Teori Belajar dan Prinsip Pembelajaran
Profesional : Genre dan Apresiasi Sastra
Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-B. Download

Kelompok Kompetensi C
Pedagogik : Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum di SD
Profesional : Kajian Bilangan dan Statistika Sekolah Dasar
Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-C. Download

Kelompok Kompetensi D
Pedagogik : Metodologi Pembelajaran SD
Profesional : Kajian Geometri dan Pengukuran SD
Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-D. Download

Kelompok Kompetensi E
Pedagogik : Penilaian Proses dan Hasil Belajar
Profesional : Kajian Materi IPA SD Kelas Awal
Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-E. Download

Kelompok Kompetensi F
Pedagogik : Komunikasi Efektif
Profesional : Kajian Materi IPS SD Kelas Awal
Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-F. Download

Kelompok Kompetensi G
Pedagogik : Perancangan Pembelajaran yang Mendidik
Profesional : Hakikat Pembelajaran PPKn
Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-G. Download

Kelompok Kompetensi H
Pedagogik : Pemanfaatan Hasil Penilaian Pembelajaran
Profesional : Pengembangan Materi Ajar di SD
Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-H. Download

Kelompok Kompetensi I
Pedagogik : Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di SD
Profesional : TIK untuk Pengembangan Diri Guru
Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-I. Download

Kelompok Kompetensi J
Pedagogik : Refleksi Pembelajaran dan Tindak Lanjutnya melalui PTK
Profesional : Pengembangan Keprofesian melalui Tindakan Reflektif
Modul PKB SD Kelas Awal 2017 KK-J. Download




Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Buddha (PAB-BP) Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Buddha 
(PAB-BP) Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017



Buku Guru dan Siswa PAB-BP Kelas 5 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku teks mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti (PAB-BP) ditulis agar para siswa memiliki kompetensi utuh dan berakhlak mulia. Dengan Buku Siswa diharapkan siswa memiliki kompetensi dalam mendengar, membaca, menulis, menyajikan secara lisan, dan memiliki pengetahuan yang memadai tentang nilai-nilai ajaran Buddha. Pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki siswa diharapkan dapat memperkuat keyakinannya terhadap Triratna dan menumbuhkan akhlak mulia. Sehubungan dengan tujuan-tujuan tersebut, pembelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti dikembangkan berdasarkan pembelajaran aktif yang berbasis pada aktivitas siswa.

Buku Guru ini hadir sebagai panduan penting untuk melaksanakan pembelajaran PAB-BP agar mencapai tujuan yang diharapkan. Buku Guru berisi petunjuk umum dan petunjuk khusus membelajarkan PAB-BP dengan media Buku Siswa. Petunjuk umum berisi penjelasan karakteristik pembelajaran, karakteristik organisasi kompetensi dasar, dan karakteristik penilaian autentik dalam pembelajaran PAB-BP. Petunjuk khusus pada tiap pelajaran berisi panduan pelaksanaan pembelajaran PAB-BP dengan media Buku Siswa. Pada setiap pelajaran terdapat contoh indikator, contoh materi, contoh tema yang bisa digunakan sebagai bahan pengembangan materi, contoh pengalokasian waktu pada setiap pelajaran, contoh langkah pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan contoh rubrik penilaian autentik. Karena bersifat contoh, Ibu/Bapak Guru diharapkan dapat memvariasikan dan menyesuaikan isi Buku Guru dengan konteks daerah, konteks waktu, konteks budaya lokal, dan konteks karakteristik sekolah.

Buku Guru ini penting dibaca oleh guru yang akan membelajarkan PAB-BP, terutama Kelas 5. Buku Guru ini berfungsi memandu guru dalam menggunakan Buku Siswa untuk mencapai hasil yang maksimal. Pemahaman Buku Guru dan Buku Siswa secara terintegrasi merupakan sebuah keharusan untuk mencapai hasil secara maksimal. Materi dalam Buku Siswa dan perencanaan pembelajaran dalam Buku Guru hanyalah contoh dan sangat terbuka untuk divariasikan dan dikembangkan sesuai konteks.

Buku Guru Kelas 5 PAB-BP SD K13 Revisi 2017. Download
Buku Siswa Kelas 5 PAB-BP SD K13 Revisi 2017. Download




Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Buddha (PAB-BP) Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Guru dan Siswa Pendidikan Agama Buddha 
(PAB-BP) Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017



Buku Guru dan Siswa PAB-BP Kelas 2 SD Kurikulum 2013 Revisi 2017
Buku teks mata pelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti (PAB-BP) ditulis agar para siswa memiliki kompetensi utuh dan berakhlak mulia. Dengan Buku Siswa diharapkan siswa memiliki kompetensi dalam mendengar, membaca, menulis, menyajikan secara lisan, dan memiliki pengetahuan yang memadai tentang nilai-nilai ajaran Buddha. Pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki siswa diharapkan dapat memperkuat keyakinannya terhadap Triratna dan menumbuhkan akhlak mulia. Sehubungan dengan tujuan-tujuan tersebut, pembelajaran Pendidikan Agama Buddha dan Budi Pekerti dikembangkan berdasarkan pembelajaran aktif yang berbasis pada aktivitas siswa.

Buku Guru ini hadir sebagai panduan penting untuk melaksanakan pembelajaran PAB-BP agar mencapai tujuan yang diharapkan. Buku Guru berisi petunjuk umum dan petunjuk khusus membelajarkan PAB-BP dengan media Buku Siswa. Petunjuk umum berisi penjelasan karakteristik pembelajaran, karakteristik organisasi kompetensi dasar, dan karakteristik penilaian autentik dalam pembelajaran PAB-BP. Petunjuk khusus pada tiap pelajaran berisi panduan pelaksanaan pembelajaran PAB-BP dengan media Buku Siswa. Pada setiap pelajaran terdapat contoh indikator, contoh materi, contoh tema yang bisa digunakan sebagai bahan pengembangan materi, contoh pengalokasian waktu pada setiap pelajaran, contoh langkah pelaksanaan kegiatan pembelajaran, dan contoh rubrik penilaian autentik. Karena bersifat contoh, Ibu/Bapak Guru diharapkan dapat memvariasikan dan menyesuaikan isi Buku Guru dengan konteks daerah, konteks waktu, konteks budaya lokal, dan konteks karakteristik sekolah.

Buku Guru ini penting dibaca oleh guru yang akan membelajarkan PAB-BP, terutama kelas II. Buku Guru ini berfungsi memandu guru dalam menggunakan Buku Siswa untuk mencapai hasil yang maksimal. Pemahaman Buku Guru dan Buku Siswa secara terintegrasi merupakan sebuah keharusan untuk mencapai hasil secara maksimal. Materi dalam Buku Siswa dan perencanaan pembelajaran dalam Buku Guru hanyalah contoh dan sangat terbuka untuk divariasikan dan dikembangkan sesuai konteks.

Buku Guru Kelas 2 PAB-BP SD K13 Revisi 2017. Download
Buku Siswa Kelas 2 PAB-BP SD K13 Revisi 2017. Download




Buku Guru dan Siswa PAI-BP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Guru dan Siswa PAI-BP
Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017



Buku Guru dan Siswa PAI-BP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Semata-mata (innama) misi pengutusan Nabi Muhammad saw. adalah untuk menyempurnakan keluhuran akhlak. Sejalan dengan itu, dijelaskan dalam al-Qur'an bahwa beliau diutus hanyalah untuk menebarkan kasih sayang kepada semesta alam. Dengan demikian, di dalam ayat al-Qur'an ini digunakan struktur gramatika yang menunjukkan sifat eksklusif misi pengutusan Nabi.

Dalam struktur ajaran Islam, pendidikan akhlak adalah yang terpenting. Penguatan akidah adalah dasar. Sementara, ibadah adalah sarana, sedangkan tujuan akhirnya adalah pengembangan akhlak mulia. Sehubungan dengan itu, Nabi Muhammad saw., bersabda, “Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya”1 dan “Orang yang paling baik Islamnya adalah yang paling baik akhlaknya.”2 Dengan kata lain, hanya akhlak mulia yang dipenuhi dengan sifat kasih sayang sajalah yang bisa menjadi bukti kekuatan akidah dan kebaikan ibadah. Sejalan dengan itu, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diorientasikan pada pembentukan akhlak yang mulia, penuh kasih sayang, kepada segenap unsur alam semesta.

Hal tersebut selaras dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang utuh antara pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Selain itu, peserta didik tidak hanya diharapkan bertambah pengetahuan dan wawasannya, tetapi juga meningkat kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia karakter dan kepribadiannya atau yang berbudi pekerti luhur.

Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti ini ditulis dengan semangat tersebut. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam upaya memahami pengetahuan agamanya, mengaktualisasikannya dalam tindakan nyata, dan sikap keseharian yang sesuai dengan tuntunan agamanya, baik dalam bentuk ibadah ritual maupun ibadah sosial. Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkaya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.

Memasuki Tahun Pelajaran 2017/2018 khususnya untuk sekolah sasaran implementasi Kurikulum 2013 telah terbit Buku Guru PAI-BP Kelas 5 Edisi Revisi 2017, sebagai berikut :

Buku Guru PAI-BP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017. Download
Buku Siswa PAI-BP Kelas 5 Kurikulum 2013 Revisi 2017. Download




Buku Guru dan Siswa PAI-BP Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017

Buku Guru dan Siswa PAI-BP
Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017



Buku Guru dan Siswa PAI-BP Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
Kurikulum 2013 disusun dalam upaya meningkatkan mutu siswa dalam bersikap ke arah yang lebih baik dan memperkuat kemampuan siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah kegiatan peserta didik yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kemampuan tersebut.

Pada tingkat Sekolah Dasar (SD/MI) kelas II, siswa mendapat pengenalan, pemahaman, penerapan atau penanaman nilai-nilai keagamaan, dan pengalaman nilai-nilai Islam dalam kehidupan diri siswa dan lingkungannya. Seiring proses pembelajaran, diharapkan kualitas keagamaan siswa terus meningkat. Hal itu sesuai dengan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk memberikan keseimbangan kemampuan pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Buku ini menggambarkan proses pembelajaran yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kemampuan yang diharapkan. Dalam menguasai materi pembelajaran, siswa banyak melakukan kegiatan yang menyenangkan dan menantang bakat siswa. Siswa diajak menjadi berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia di lingkungan sekitarnya.

Memasuki Tahun Pelajaran 2017/2018 khususnya untuk sekolah sasaran implementasi Kurikulum 2013 telah terbit Buku Guru PAI-BP Kelas 2 Edisi Revisi 2017, yang isinya antara lain sebagai berikut :

Pelajaran 1. Nabi Muhammad SAW Teladanku
A. Sikap Jujur Nabi Muhammad (KD)
B. Keuntungan Sikap Jujur (KD)

Pelajaran 2. Asyik Bisa Membaca al-Qur'an
A. Melafalkan Surat An-Nas (KD)
B. Menghafal Surat An-Nas (KD)
C. Pesan Surat An-Nas (KD)
D. Lafal dalam Huruf Hijaiyyah Bersambung (KD)

Pelajaran 3. Allah Maha Pencipta
A. Yakin Allah SWT itu Maha Pencipta (KD)
B. Al-Khaliq (KD)

Pelajaran 4. Perilaku Terpuji
A. Kerjasama (KD)
B. Tolong Menolong (KD)

Pelajaran 5. Hidup Bersih dan Sehat
A. Bersih dan Sehat (KD)
B. Peduli Lingkungan (KD)
C. Do'a Makan (KD)

Pelajaran 6. Ayo Berwudu
A. Tata Cara Berwudu (KD)
B. Praktik Berwudu (KD)

Pelajaran 7. Berani
A. Sikap Berani Nabi Saleh a.s. (KD)
B. Berani Bertanya (KD)

Pelajaran 8. Senang Bisa Membaca Al-Qur’an
A. Melafalkan Surat Al-‘Asr (KD)
B. Menghafal Surat Al-‘Asr. (KD)
C. Pesan dalam Surat Al-‘Asr. (KD)
D. Disiplin Nabi Luth a.s. (KD)

Pelajaran 9. Allah Mahasuci
A. Yakin Allah itu Maha Suci (KD)
B. Al-Quddus (KD)

Pelajaran 10. Kasih Sayang
A. Kasih Sayang Nabi Ya’qμb a.s (KD)
B. Kasih Sayang kepada Sesama (KD)

Pelajaran 11. Ayo Kita Salat
A. Bacaan Salat (KD)
B. Praktik Salat (KD)

Pelajaran 12. Hidup Damai
A. Sikap Damai Nabi Ishaq a.s. (KD)
B. As-Salam (KD)

Buku Guru PAI-BP Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017. Download
Buku Siswa PAI-BP Kelas 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017. Download



Jun 7, 2017

Modul dan Buku PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) 2017

Modul dan Buku PPK
(Penguatan Pendidikan Karakter) 2017


Modul dan Buku PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) 2017
PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) adalah program pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan dukungan pelibatan publik dan kerjasama antara sekolah, keluarga dan masyarakat yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM)

Untuk lebih jelasnya mengenai hal tersebut saya share Modul dan Buku PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) 2017 berikut ini :

Buku Konsep dan Pedoman PPK. Download
Buku Saku Panduan Penilaian PPK. Download
Konsep Dasar Pendidikan Karakter. Download
Modul PPK bagi Guru. Download
Modul PPK bagi Kepala Sekolah. Download
Modul PPK bagi Pengawas. Download
Modul PPK bagi Komite Sekolah. Download
Pedoman Pelaksanaan Pelatihan Calon Pelatih. Download
Infografis PPK. Download
Infografis 5 Nilai Utama PPK sebagai Poros Pendidikan. Download



May 31, 2017

Program Pembinaan Karier Guru Melalui Peningkatan Kompetensi (PKB 2017)

Program Pembinaan Karier Guru 
Melalui Peningkatan Kompetensi



Program Pembinaan Karier Guru Melalui Peningkatan Kompetensi
Program Pembinaan Karier Guru Melalui Peningkatan Kompetensi (PKB 2017) sebenarnya sama saja dengan Program Guru Pembelajara pada tahun 2016, hanya mengubah nama saja, dimana telah dilakukan evaluasi dan penyegaran terhadap berbagai aspek dalam Program Guru Pembelajaran tahun 2016. Untuk lebih jelasnya silahkan download berikut ini.

Program Pembinaan Karier Guru Melalui Peningkatan Kompetensi (PKB 2017). Download




Juknis Program PKB Guru Pembelajar

Juknis Program PKB Guru Pembelajar



Juknis Program PKB Guru Pembelajar
Pada tahun 2017, Ditjen GTK mengembangkan Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang merupakan kelanjutan dari Program Guru Pembelajar dengan tujuan utama untuk meningkatkan kompetensi guru yang ditunjukkan dengan kenaikkan capaian nilai UKG dengan rata-rata nasional yaitu 70.

Juknis Program PKB Guru Pembelajar. Download




Buku 5 Pedoman Penilaian Kegiatan PKB Guru Pembelajar

Buku 5 Pedoman Penilaian
Kegiatan PKB Guru Pembelajar



Buku 5 Pedoman Penilaian Kegiatan PKB Guru Pembelajar
Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam pencapaian Visi Kemdikbud 2025 yaitu Menghasilkan Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif. Oleh karena itu, profesi guru harus terus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi diperlukan sistem pembinaan dan pengembangan keprofesian secara berkelanjutan, guna mendukung Pengembangan Profesi Guru Pembelajar (PPGP) yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, bertahap, dan berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitas guruyang berdampak pada pengembangan karir guru.

Buku pedoman ini dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang terlibat dalam pelaksanaan dan penilaian Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guna Mendukung Pengembangan Profesi Guru Pembelajaran dalam pengembangan karir

Buku 5 Pedoman Penilaian Kegiatan PKB Guru Pembelajaran. Download




Buku 4 Pedoman Kegiatan PKB Guru Pembelajar

Buku 4 Pedoman Kegiatan PKB Guru Pembelajar



Buku 4 Pedoman Kegiatan PKB Guru Pembelajar
Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai Visi Kemdikbud 2025 yaitu Menghasilkan Insan Indonesia Cerdas dan Kompetitif. Oleh karena itu, profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi, diperlukan suatu sistem pembinaan dan pengembangan terhadap profesi guru secara terprogram dan berkelanjutan melalui kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan guna mendukung Pengembangan Profesi Guru Pembelajar (PPGP) merupakan salah satu kegiatan yang dirancang untuk mewujudkan terbentuknya guru yang profesional. Buku ini merupakan Pedoman Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan yang disajikan untuk digunakan sebagai acuan dalam melaksanakan kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan, baik oleh guru, tim penilai, maupun pemangku kepentingan (stake holder).

Buku 4 Pedoman Kegiatan PKB Guru Pembelajar. Download




Buku I Pedoman Pengelolaan PKB Guru Pembelajar

Buku I Pedoman Pengelolaan PKB Guru Pembelajar 



Buku I Pedoman Pengelolaan PKB Guru Pembelajar
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guna Mendukung Pengembangan Profesi Bagi Guru Pembelajar (PPGP) adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, secara bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitas guru. Dengan demikian, guru dapat memelihara, meningkatkan, dan memperluas pengetahuan dan keterampilannya untuk melaksanakan proses pembelajaran secara profesional. Pembelajaran yang berkualitas diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik

Untuk memahami lebih mendalam berikut saya share buku pedoman pengelolaan pengembangan keprofesian berkelanjutan guna mendukung pengembangan profesi bagi guru pembelajar (PPGP).

Buku I Pedoman Pengelolaan PKB Guru Pembelajar. Download




May 28, 2017

Perangkat Pembelajaran Kimia Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017

Perangkat Pembelajaran Kimia
Kelas 10 SMA Kurikulum 2013 Revisi 2017



Perangkat Pembelajaran Kimia Kelas 10 Semester 1 SMA K13 Revisi 2017
1. Mekanika Kuantum - Ikatan Kovalen. Download
2. SPU & Bentuk Molekul. Download
3. Perkembangan Teori Atom & Bilanggan Kuantum. Download
4. Ikatan Kovalen & Perkembangan Model Atom. Download
5. Bentuk Molekul, Ikatan Logan & Gaya Antar Molekul. Download
6. Konfigurasi Elektron & Bentuk Molekul. Download
7. Bilangan Kuantum & Hakekat Ilmu Kimia. Download
8. Ikatan Logam & Hubungan Konfigurasi Elektron. Download
9. Tabel SPU & Bentuk Molekul. Download
10. Teori VSEPR & Sifat Keperiodikan. Download
11. Ikatan Kovalen & Konfigurasi. Download
12. Teori VSEPR & Nomor Atom, Massa, Isotop, Isoton & Isobar. Download
13. Ikatan Ion & Bilangan Kuantum. Download
14. Diagram Orbital & Nomor Atom. Download
15. Letak Unsur & Nomor Atom dan Massa. Download
16. Bilangan Kuantum & Ikatan Ion. Download
17. Ikatan Ion & Sifat Keperiodikan Unsur. Download

Perangkat Pembelajaran Kimia Kelas 10 Semester 2 SMA K13 Revisi 2017





May 22, 2017

Buku Guru PJOK SMALB Tunanetra Kelas 11 Kurikulum 2013 Edisi 2016

Buku Guru PJOK SMALB Tunanetra
Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi 2016



Buku Guru PJOK SMALB Tunanetra Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi 2016
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.

Pendidikan sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan yang terpilih yang dilakukan secara sistematis. Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat. Melalui proses pembelajaran yang dilakukan, diharapkan siswa terampil dalam berolahraga.

Terampil berolahraga bukan berarti peserta didik dituntut untuk menguasai cabang olahraga dan permainan tertentu, melainkan mengutamakan proses perkembangan gerak siswa dari waktu ke waktu. Dalam aktivitasnya, peserta didik dibawa dalam suasana gembira, sehingga dapat berekplorasi dan menemukan sesuatu secara tidak langsung. Untuk mengaktualisasikan pendidikan jasmani,olahraga dan kesehatan seperti ini, peserta didik harus dijadikan sebagai subyek didik

BG PJOK SMALB Tunanetra Kelas XI K13 Edisi 2016. Download



Buku Guru PJOK SMALB Tunanetra Kelas 10 Kurikulum 2013 Edisi 2016

Buku Guru PJOK SMALB Tunanetra
Kelas X Kurikulum 2013 Edisi 2016



Buku Guru PJOK SMALB Tunanetra Kelas X Kurikulum 2013 Edisi 2016
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.

Pendidikan sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup, pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan yang terpilih yang dilakukan secara sistematis. Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat. Melalui proses pembelajaran yang dilakukan, diharapkan siswa terampil dalam berolahraga.

Terampil berolahraga bukan berarti peserta didik dituntut untuk menguasai cabang olahraga dan permainan tertentu, melainkan mengutamakan proses perkembangan gerak siswa dari waktu ke waktu. Dalam aktivitasnya, peserta didik dibawa dalam suasana gembira, sehingga dapat berekplorasi dan menemukan sesuatu secara tidak langsung. Untuk mengaktualisasikan pendidikan jasmani,olahraga dan kesehatan seperti ini, peserta didik harus dijadikan sebagai subyek didik


BG PJOK SMALB Tunanetra Kelas X K13 Edisi 2016. Download



May 21, 2017

Buku Guru Seni Budaya SMALB Tunanetra Kelas 11 Kurikulum 2013 Edisi 2016

Buku Guru Seni Budaya SMALB Tunanetra
Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi 2016



Buku Guru Seni Budaya SMALB Tunanetra Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi 2016
Sebaik-baiknya suatu kurikulum tidak akan berhasil jika guru tidak memahami bagaimana isi dan cara menerapkannya, untuk itu faktor utama keberhasilan suatu pendidikan adalah guru. Karena hal itu setiap guru wajib mengetahui dan menguasai isi kurikulum dan cara penerapannya.

Sebagai bagian dari Kurikulum 2013, pembelajaran dalam buku ini mencakup studi ragam dan karya seni budaya untuk mengasah kompetensi yang memungkinkan siswa tidak hanya mengembangkan ranah kognitif (pengetahuan) tetapi juga mengembangkan ranah Afektif (sikap) dan Psikomotor (keterampilan) sehingga siswa dapat mengembangkan diri secara utuh menjadi individu kreatif, inovatif, dan produktif. Pembelajarannya dirancang berbasis aktivitas dalam sejumlah ranah seni budaya, yaitu seni rupa, seni tari, seni musik dan seni teater.

Semua ahli pendidikan sepakat bahwa semua siswa termasuk siswa SMALB mempunyai potensi dan itu harus digali dan dikembangkan oleh guru sebagai fasilitator. Ketika siswa belum mencapai kompetensi biasanya lebih banyak disebabkan karena ketidak yakinan siswa dengan potensi dirinya selain karena kekurangan waktu belajar dan kekurang-seriusan siswa membaca/ menekuni bahan ajar yang tersedia, ditambah dengan kurangnya motivasi belajar pada peserta didik, untuk itu guru harus kreatif menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehigga dapat memotivasi para peserta didik.

BG Seni Budaya SMALB Tunanetra Kelas XI K13 Edisi 2016. Download



Buku Guru Seni Budaya SMALB Tunanetra Kelas 10 Kurikulum 2013 Edisi 2016

Buku Guru Seni Budaya SMALB Tunanetra
Kelas X Kurikulum 2013 Edisi 2016



Buku Guru Seni Budaya SMALB Tunanetra Kelas X Kurikulum 2013 Edisi 2016
Sebaik-baiknya suatu kurikulum tidak akan berhasil jika guru tidak memahami bagaimana isi dan cara menerapkannya, untuk itu faktor utama keberhasilan suatu pendidikan adalah guru. Karena hal itu setiap guru wajib mengetahui dan menguasai isi kurikulum dan cara penerapannya.

Sebagai bagian dari Kurikulum 2013, pembelajaran dalam buku ini mencakup studi ragam dan karya seni budaya untuk mengasah kompetensi yang memungkinkan siswa tidak hanya mengembangkan ranah kognitif (pengetahuan) tetapi juga mengembangkan ranah Afektif (sikap) dan Psikomotor (keterampilan) sehingga siswa dapat mengembangkan diri secara utuh menjadi individu kreatif, inovatif, dan produktif. Pembelajarannya dirancang berbasis aktivitas dalam sejumlah ranah seni budaya, yaitu seni rupa, seni tari, seni musik dan seni teater.

Semua ahli pendidikan sepakat bahwa semua siswa termasuk siswa SMALB mempunyai potensi dan itu harus digali dan dikembangkan oleh guru sebagai fasilitator. Ketika siswa belum mencapai kompetensi biasanya lebih banyak disebabkan karena ketidak yakinan siswa dengan potensi dirinya selain karena kekurangan waktu belajar dan kekurang-seriusan siswa membaca/ menekuni bahan ajar yang tersedia, ditambah dengan kurangnya motivasi belajar pada peserta didik, untuk itu guru harus kreatif menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehigga dapat memotivasi para peserta didik.

BG Seni Budaya SMALB Tunanetra Kelas X K13 Edisi 2016. Download



Buku Guru Bahasa Inggris SMALB Tunanetra Kelas 11 Kurikulum 2013 Edisi 2016

Buku Guru Bahasa Inggris SMALB Tunanetra
Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi 2016



Buku Guru Bahasa Inggris SMALB Tunanetra Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi 2016
Semua kegiatan pada buku Bahasa Inggris untuk Tunanetra Kelas XI disusun sesuai dengan rambu-rambu pada Kurikulum 2013 yang mengedepankan pendekatan saintifik dalam proses pembelajarannya. Oleh karena itu, setiap aktivitas yang dilakukan peserta didik di dalam kelas selalu mengacu pada kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, serta mengomunikasikan. Dengan demikian, Buku Guru ini memandu guru untuk melakukan kegiatan 5M tersebut.

Kegiatan pembelajaran dalam buku ini menerapkan pendekatan saintifik yang memungkinkan siswa tidak hanya mengembangkan ranah kognitif (pengetahuan) tetapi juga mengembangkan ranah afektif (sikap) dan psikomotorik (keterampilan) sehingga siswa dapat mengembangkan diri secara utuh menjadi individu kreatif, inovatif, dan produktif. Ini menghendaki peran guru untuk turut mengamati dan menilai ketiga ranah tersebut. Selain itu, penilaian diarahkan pada penilaian otentik untuk mengetahui sejauh mana ketiga ranah itu dapat dikembangkan siswa dan penilaian dapat dilakukan kapan saja sesuai keperluan.

Secara khusus buku guru ini menjelaskan tahap-tahap kegiatan pembelajaran di kelas sehingga mendorong peserta didik melakukan kegiatan kreatif dan inovatif. Semua latihan serta panduan ini merupakan salah satu sumber yang dapat digunakan oleh para guru sehingga kreativitas serta inovasi guru di kelas sangat diharapkan mengingat konteks sekolah yang bervariasi. Guru dianjurkan untuk mempelajarinya dengan seksama semua panduan yang terdapat di dalamnya dan melakukan penyesuaian yang diperlukan.

BG Bahasa Inggris SMALB Tunanetra Kelas XI K13 Edisi 2016. Download



Buku Guru Bahasa Inggris SMALB Tunanetra Kelas 10 Kurikulum 2013 Edisi 2016

Buku Guru Bahasa Inggris SMALB Tunanetra
Kelas X Kurikulum 2013 Edisi 2016



Buku Guru Bahasa Inggris SMALB Tunanetra Kelas X Kurikulum 2013 Edisi 2016
merupakan bagian terpenting dalam dunia pendidikan karena bahasa berfungsi sebagai pengantar makna yang dikomunikasian manusia dari satu orang ke orang lain.Pendidikan dan bahasa adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan, tanpa bahasa pendidikan tidak akan tersampaikan. Begitu juga dengan Bahasa Inggris. Bahasa Inggris sangat penting dikuasai oleh semua orang, termasuk juga dengan anak-anak tunanetra yang mempunyai hak yang sama dengan anak lainnya dan juga memerlukan pendidikan yang setara termasuk mendapatkan pembelajaran bahasa Inggris.

Sesuai dengan pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah, Pemerintah Republik Indonesian telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standard Nasional Pendidikan. Berdasarkan peraturan ini telah ditetapkan kebijakan baru pendidikan khususnya yang berkaitan dengan kurikulum yang berlanjut dengan penerapan kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 dirancang untuk menyongsong model pembelajaran abad 21. Di dalamnya terdapat pergeseran pembelajaran dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu dari berbagai sumber belajar melampaui batas guru dan satuan pendidikan. Peran bahasa Inggris dalam model pembelajaran seperti itu menjadi sangat sentral mengingat lebih banyak sumber belajar dalam bahasa Inggris dibanding semua sumber belajar dalam semua bahasa lainnya digabungkan.

Sejalan dengan peran di atas, pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMALB/A Tunanetra Kelas X yang disajikan dalam buku ini disusun untuk meningkatkan kemampuan berbahasa. Penyajiannya adalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan bahasa Inggris sebagai sarana berkomunikasi. Pemahaman terhadap jenis, kaidah dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan gagasan dalam bentuk teks yang sesuai sehingga mudah dipahami orang lain.

BG Bahasa Inggris SMALB Tunanetra Kelas X K13 Edisi 2016. Download



Buku Guru IPS SMALB Tunanetra Kelas 11 Kurikulum 2013 Edisi 2016

Buku Guru IPS SMALB Tunanetra
Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi 2016



Buku Guru IPS SMALB Tunanetra Kelas XI Kurikulum 2013 Edisi 2016
Pembelajaran IPS SMALB Tunanetra Kelas XI bertujuan untuk memberikan wawasan kepada siswa tentang berbagai gejala sosial, pada lingkup lokal melalui pemahaman aktivitas manusia dan interaksi sosial melalui konektivitas ruang dan waktu. Perubahan dan kesinambungan aktivitas manusia pada masa praaksara, hindu buddha, dan islam. Kehidupan manusia dalam kelembagaan masyarakat. Aktivitas ekonomi dalam kehidupan masyarakat.

Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMALB Tunanetra ini mengarahkan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran IPS, memiliki kemauan serta kemampuan untuk mencari dan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang tersedia baik di sekolah maupun di lingkungan sekitarnya. Fokus kajiannya diarahkan pada upaya siswa memiliki kebutuhan untuk melakukan interaksi sosial, tidak menarik diri dari lingkungan sosial yang lebih luas, mengarahkan kematangan secara emosional untuk berinteraksi dengan lingkungan, dan menumbuhkan sikap, kesadaran, kepedulian, dan toleransi terhadap keragaman sosial budaya masyarakat bagi peserta didik.

Pembelajaran IPS ini perlu melalui kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, serta membentuk jaringan pengetahuan yang dikuasainya secara ilmiah (scientific). Dalam pembelajaran IPS, peran guru sangat penting untuk mengarahkan, sekaligus menjadi pendorong/motivator bagi aktivitas siswa dengan berbagai kegiatan yang dicontohkan dalam buku ini. Guru dapat, bahkan sangat dianjurkan untuk memperkaya secara kreatif dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, maupun budaya yang ada di sekitar siswa. Pembahasan buku ini dibagi dalam dua bagian, yaitu: Bagian-I, yang berisi Petunjuk Umum, dan Bagian-II, yang berisi Petunjuk Khusus.

BG IPS SMALB Tunanetra Kelas XI K13 Edisi 2016. Download




Buku Guru IPS SMALB Tunanetra Kelas 10 Kurikulum 2013 Edisi 2016

Buku Guru IPS SMALB Tunanetra 
Kelas X Kurikulum 2013 Edisi 2016



Buku Guru IPS SMALB Tunanetra Kelas X Kurikulum 2013 Edisi 2016
Pembelajaran IPS SMALB Tunanetra Kelas X bertujuan untuk memberikan wawasan kepada siswa tentang berbagai gejala sosial, pada lingkup lokal melalui pemahaman aktivitas manusia dan interaksi sosial melalui konektivitas ruang dan waktu. Perubahan dan kesinambungan aktivitas manusia pada masa praaksara, hindu buddha, dan islam. Kehidupan manusia dalam kelembagaan masyarakat. Aktivitas ekonomi dalam kehidupan masyarakat.

Buku Panduan Guru Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) SMALB Tunanetra ini mengarahkan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran IPS, memiliki kemauan serta kemampuan untuk mencari dan memanfaatkan sumber-sumber belajar yang tersedia baik di sekolah maupun di lingkungan sekitarnya. Fokus kajiannya diarahkan pada upaya siswa memiliki kebutuhan untuk melakukan interaksi sosial, tidak menarik diri dari lingkungan sosial yang lebih luas, mengarahkan kematangan secara emosional untuk berinteraksi dengan lingkungan, dan menumbuhkan sikap, kesadaran, kepedulian, dan toleransi terhadap keragaman sosial budaya masyarakat bagi peserta didik.

Pembelajaran IPS ini perlu melalui kegiatan mengamati, menanya, menalar, mencoba, serta membentuk jaringan pengetahuan yang dikuasainya secara ilmiah (scientific). Dalam pembelajaran IPS, peran guru sangat penting untuk mengarahkan, sekaligus menjadi pendorong/motivator bagi aktivitas siswa dengan berbagai kegiatan yang dicontohkan dalam buku ini. Guru dapat, bahkan sangat dianjurkan untuk memperkaya secara kreatif dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, maupun budaya yang ada di sekitar siswa. Pembahasan buku ini dibagi dalam dua bagian, yaitu: Bagian-I, yang berisi Petunjuk Umum, dan Bagian-II, yang berisi Petunjuk Khusus.

BG IPS SMALB Tunanetra Kelas X K13 Edisi 2016. Download




May 19, 2017

Laporan Bimtek Guru Sasaran dan Instruktur Kurikulum 2013 SD Tahun 2017

Laporan Bimtek Guru Sasaran dan Instruktur
Kurikulum 2013 Tahun 2017



Laporan Bimtek Guru Sasaran dan Instruktur Kurikulum 2013 SD Tahun 2017
Cover Laporan. Download
Laporan Bimtek Guru Sasaran Kurikulum 2013 Tahun 2017. Download
Laporan Bimtek Instruktur Kurikulum 2013 Tahun 2017. Download