May 21, 2017

Buku Guru Bahasa Inggris SMALB Tunanetra Kelas 10 Kurikulum 2013 Edisi 2016

Buku Guru Bahasa Inggris SMALB Tunanetra
Kelas X Kurikulum 2013 Edisi 2016



Buku Guru Bahasa Inggris SMALB Tunanetra Kelas X Kurikulum 2013 Edisi 2016
merupakan bagian terpenting dalam dunia pendidikan karena bahasa berfungsi sebagai pengantar makna yang dikomunikasian manusia dari satu orang ke orang lain.Pendidikan dan bahasa adalah sesuatu yang tidak bisa dipisahkan, tanpa bahasa pendidikan tidak akan tersampaikan. Begitu juga dengan Bahasa Inggris. Bahasa Inggris sangat penting dikuasai oleh semua orang, termasuk juga dengan anak-anak tunanetra yang mempunyai hak yang sama dengan anak lainnya dan juga memerlukan pendidikan yang setara termasuk mendapatkan pembelajaran bahasa Inggris.

Sesuai dengan pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah, Pemerintah Republik Indonesian telah menerbitkan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standard Nasional Pendidikan. Berdasarkan peraturan ini telah ditetapkan kebijakan baru pendidikan khususnya yang berkaitan dengan kurikulum yang berlanjut dengan penerapan kurikulum 2013.

Kurikulum 2013 dirancang untuk menyongsong model pembelajaran abad 21. Di dalamnya terdapat pergeseran pembelajaran dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu dari berbagai sumber belajar melampaui batas guru dan satuan pendidikan. Peran bahasa Inggris dalam model pembelajaran seperti itu menjadi sangat sentral mengingat lebih banyak sumber belajar dalam bahasa Inggris dibanding semua sumber belajar dalam semua bahasa lainnya digabungkan.

Sejalan dengan peran di atas, pembelajaran Bahasa Inggris untuk SMALB/A Tunanetra Kelas X yang disajikan dalam buku ini disusun untuk meningkatkan kemampuan berbahasa. Penyajiannya adalah dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis teks, baik lisan maupun tulis, dengan menempatkan bahasa Inggris sebagai sarana berkomunikasi. Pemahaman terhadap jenis, kaidah dan konteks suatu teks ditekankan sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun menyajikan gagasan dalam bentuk teks yang sesuai sehingga mudah dipahami orang lain.

BG Bahasa Inggris SMALB Tunanetra Kelas X K13 Edisi 2016. Download



No comments:

Post a Comment