May 1, 2017

Buku Guru PJOK SMALB Tunarungu Kelas 10 Kurikulum 2013 Edisi 2016

Buku Guru PJOK SMALB Tunarungu
Kelas X Kurikulum 2013 Edisi 2016



Buku Guru PJOK SMALB Tunarungu Kelas X K13 Edisi 2016
Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berfikir kritis, keterampilan sosial, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional.

Pendidikan sebagai suatu proses pembinaan manusia yang berlangsung seumur hidup, pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan yang diajarkan di sekolah memiliki peranan sangat penting, yaitu memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, olahraga, dan kesehatan yang terpilih yang dilakukan secara sistematis. Pembekalan pengalaman belajar itu diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat. Melalui proses pembelajaran yang dilakukan, diharapkan peserta didik terampil dalam mengelola keterbatasan yang dimiliki untuk melakukan aktivitas berolahraga. Terampil dalam mengelola keterbatasan aktivitas berolahraga bukan berarti peserta didik dituntut untuk menguasai cabang olahraga dan permainan tertentu, melainkan mengutamakan proses perkembangan gerak peserta didik dari waktu ke waktu.

Dalam aktivitasnya, peserta didik dibawa dalam suasana gembira, sehingga dapat berekplorasi dan menemukan sesuatu secara tidak langsung. Untuk mengaktualisasikan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan seperti ini, peserta didik harus dijadikan sebagai subyek didik. Dengan keterbatasan yang dimiliki oleh peserta didik, seperti: bagian-bagian tubuh (kaki, tangan, pinggang) guru pendidikan jasmani diharapkan dalam mengelola pembelajaran, “kekurangan yang dimiliki peserta didik dijadikan kelebihan”.

Buku ini dapat memberikan sumbangan yang berarti bagi pengembangan pendidikan, khususnya Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa (SMALB) Tunarungu.


BG PJOK SMALB Tunarungu Kelas X K13 Edisi 2016. Download



No comments:

Post a Comment