Oct 4, 2011

HUBUNGAN ANTARA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DENGAN
PERKEMBANGAN PERILAKU ANAK USIA 12 - 15 TAHUN
Oleh: Jajang Sulaeman, S.Pd.



Pendidikan Anak Usia Dini perlu mendapat perhatian serius dari semua pihak, baik dari keluarga, lingkungan maupun pemerintah. Karena bagaimanapun, masa kanak-kanak sangat berpengaruh pada proses tumbuh kembang karakter, kepribadian dan pertumbuhan jasmani si anak. Merujuk pada Rancangan Peraturan Pemerintah tentang Pendidikan Anak Usia Dini (RPP PAUD) yang mengatur pendidikan usia dini salah satunya bertujuan untuk mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, intelektual, emosional dan sosial peserta didik pada masa emas pertumbuhannya dalam lingkungan bermain yang edukatif dan menyenangkan.

PERKEMBANGAN PERILAKU ANAK USIA 12 - 15 TAHUN

PERKEMBANGAN PERILAKU ANAK USIA 12 - 15 TAHUN
Oleh: Jajang Sulaeman, S.Pd.



1.    Kategori Anak Usia 12 – 15 Tahun

Pengkategorian anak menurut usia dapat dilihat dari berbagai aspek, tergantung urgensinya. Dilihat dari periodisasi pertumbuhan dan perkembangan manusia, Elizabeth B. Hurlock (Galih Rosy, 2007) memberikan kategori sebagai berikut :
Prenatal : Saat konsepsi sampai lahir
Masa Neonatus : lahir sampai akhir minggu kedua setelah lahir
Masa Bayi : Akhir minggu kedua sampai akhir tahun kedua
Masa kanak-kanak awal : 2 tahun sampai 6 tahun
Masa kanak-kanak akhir : 6 sampai 10/11 tahun
Pubertas : 10/12 sampai 13/14 tahun
Masa Remaja Awal : 13/14 – 17 tahun
Masa Remaja Akhir : 17 – 21 tahun
Masa Dewasa Awal : 21 – 40 Tahun
Masa Setengah Baya : 40 – 60 tahun
Masa Tua : 60 – meninggal dunia

Dengan demikian kategori anak usia 12 – 15 tahun berada dalam masa  pubertas hingga masuk masa remaja awal.

Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini

PENDIDIKAN AKHLAK ANAK USIA DINI
Oleh: Jajang Sulaeman, S.Pd.


-->
1.    Pengertian Akhlak

Menurut Hery Noer Aly (1999 : 19) bahwa, “Kata ‘akhlak, berasal dari bahasa Arab, jamak dari khuluqun yang menurut bahasa berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku dan tabiat”.
Tabiat atau watak dilahirkan karena hasil perbuatan yang diulang-ulang sehingga menjadi biasa. Perkataan ahklak sering disebut kesusilaan, sopan santun dalam bahasa Indonesia; moral, ethnic dalam bahasa Inggris, dan ethos, ethios dalam bahasa Yunani. Kata tersebut mengandung segi-segi persesuaian dengan perkataan khalqun yang berarti kejadian, yang juga erat hubungannya dengan khaliq yang berarti pencipta; demikian pula dengan makhluqun yang berarti yang diciptakan.
Adapaun definisi akhlak menurut istilah ialah kehendak jiwa manusia yang menimbulkan perbuatan dengan mudah karena kebiasaan, tanpa memerlukan pertimbangan pikiran terlebih dahulu. Senada dengan hal ini Abd Hamid Yunus (Asy.syab, t.t. : 436) .mengatakan bahwa akhlak ialah:
َاْلأَخْلاَقُ هِيَ صِفَاتُ اْلإِنْسَانِ اْلأَدَبِيَةِ
Sikap mental yang mengandung daya dorong untuk berbuat tanpa berfikir dan pertimbangan.

Pendidikan Anak Usia Dini

PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Oleh: Jajang Sulaeman, S.Pd.
 
1.    Pengertian Pendidikan Anak Usia Dini

Istilah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) terbentuk dari tiga kata atau istilah dasar, yakni pendidikan, anak dan usia dini. Oleh karena itu sebelum berbicara tentang pengertian PAUD, sebaiknya kita memahami dulu tentang pengertian pendidikan, anak dan anak usia dini.
Sehubungan dengan pengertian atau definisi pendidikan telah banyak para ahli pendidikan memberikan batasan dengan rumusan yang beragam tergantung perspektif, orientasi, konsep dasar atau landasan filosofisnya masing-masing.
Dalam Kamus Bahasa Indonesia (1991 : 232) mengenai pengertian pendidikan dijelaskan sebagai beirkut :
Pendidikan berasal dari kata "didik", Lalu kata ini mendapat awalan kata "me" sehingga menjadi "mendidik" artinya memelihara dan memberi latihan. Dalam memelihara dan memberi latihan diperlukan adanya ajaran, tuntutan dan pimpinan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran.

Dalam Wikipedia (AsianBrain.Com, 2008) pendidikan diartikan sebagai berikut :
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat.


Soal Ulangan Harian PKn Kelas IX
SMPN 3 Cipatat Semester 1 Tahun Pelajaran 2011/2012


ULANGAN HARIAN 1

Nama Sekolah
:
SMP Negeri 3 Cipatat
Mata Pelajaran
:
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas / Semester
:
IX / 1

A.    Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang paling benar !


1.      Istilah negara berasal dari bahasa Latin yaitu status atau statum yang artinya …
a.      dinamis
b.      tetap tegak
c.      berjalan
d.      bersatu
2.      Pengertian negara dalam arti luas adalah merupakan kesatuan sosial (masyarakat) yang diatur dengan undang-undang untuk …
a.      mengusir segala bentuk penjajahan
b.      melindungi masyarakat desa
c.      membantu presiden
d.      mewujudkan kepentingan bersama
3.      Negara sebagai integrasi kekuasaan politik yang berfungsi sebagai alat yang mengatur hubungan antar manusia dan menertibkan kekuasaan dalam masyarakat. Dalam hal ini negara dipandang sebagai organisasi …
a.      politik
b.      kekuasaan
c.      sosial
d.      ekonomi
4.      Yang tidak termasuk fungsi negara dalam teori Trias Politica adalah …
a.      eksekutif
b.      federatif
c.      legislatif
d.      yudikatif
5.      Yang bukan merupakan sifat negara adalah …
a.      memaksa
b.      monopoli
c.      mencakup semua
d.      diktator
6.    Negara berhak membuat peraturan perundang-undangan dan menuntut rakyat untuk mentaatinya, karena negara memiliki sifat …
a.      monopoli
b.      memaksa
c.      mencakup semua
d.      otoriter
7.    Dalam perkembangan negara dewasa ini hampir setiap negara bertujuan untuk mewujudkan …
a.      keamanan dan ketertiban
b.      kemajuan ekonomi
c.      kekuatan militer
d.      kesejahteraan dan kemakmuran rakyat
8.    Tujuan Nasional negara Indonesia meliputi beberapa hal yaitu, kecuali …
a.      melindungi segenap bangsa dan tanah air Indonesia
b.      memajukan kesejahteraan umum
c.      mendukung negara-negara yang masih terbelakang
d.      mencerdaskan kehidupan bangsa
9.    Terbentuknya negara dilihat dari dalam lingkungan negara-negara lain merupakan terbentuknya negara secara …
a.      primer
b.      sekunder
c.      tertier
d.      formal
10.    Secara sekunder, suatu negara dikatakan sah apabila telah mendapat pengakuan dari …
a.      rakyat
b.      pemerintah penjajah
c.      negara lain
d.      negara maju
11.    Semua orang yang berada di wilayah suatu negara (penghuni negara) disebut …
a.      rakyat
b.      penduduk
c.      warga negara
d.      warga pribumi
12.    Di bawah ini adalah cara-cara pembatasan wilayah suatu negara, kecuali secara …
a.      alam
b.      buatan
c.      astronomis
d.      sepihak
13.    Negara memiliki wewenang untuk mengatur seluruh warga negara dan wilayahnya, karena negara memiliki …
a.      militer
b.      pemerintahan yang lengkap
c.      kedaulatan ke dalam
d.      kedaulatan ke luar
14.    Pengakuan dari negara lain merupakan unsur yang penting bagi suatu negara ditinjau dari …
a.      hukum internasional
b.      piagam PBB
c.      hubungan antar bangsa
d.      konstitusi negara
15.    Pengakuan secara de facto adalah pengakuan berdasarkan kepada …
a.      hukum internasional
b.      kenyataan
c.      perjanjian dengan negara lain
d.      pernyataan resmi
16.    Semua orang yang telah memenuhi persyaratan yang ditetapkan undang-undang dan bertujuan untuk berdomisili di wilayah suatu negara tertentu disebut …
a.      bangsa
b.      penduduk
c.      warga negara
d.      turis
17.    Mereka yang menurut peraturan perundangan-undangan merupakan anggota dari suatu negara disebut …
a.      rakyat
b.      penduduk
c.      warga negara
d.      WNA
18.    Berikut ini merupakan fungsi negara menurut Miriam Budiarjo, kecuali
a.      keamanan dan ketertiban
b.      kesejahteraan dan kemakmuran rakyat
c.      pembatasan hak warga negara
d.      keadilan
19.    Azas kewarganegaraan yang ditentukan berdasarkan keturunan disebut asas
a.      naturalisasi
b.      ius soli
c.      ius constitutum
d.      ius sanguinis
20.    Bentuk bela negara yang paling tepat dilakukan oleh siswa adalah
a.      ikut berperang
b.      menjadi pedagang yang jujur
c.      ikut ronda malam
d.      belajar PKn dengan baik

B.      Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan tepat !


1.      Tuliskan salah satu pengertian negara yang kamu ketahui !
2.      Jelaskan  4 unsur yang dimiliki negara !
3.      Jelaskan 3 asas kewarganegaraan !
4.      Tuliskan tujuan negara Indonesia menurut alinea IV Pembukaan UUD 1945 !
5.      Sebutkan 4 bentuk upaya pembelaan negara !



SELAMAT BEKERJA DENGAN PENUH PERCAYA DIRI
SEMOGA SUKSES