Oct 4, 2011

Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini

PENDIDIKAN AKHLAK ANAK USIA DINI
Oleh: Jajang Sulaeman, S.Pd.


-->
1.    Pengertian Akhlak

Menurut Hery Noer Aly (1999 : 19) bahwa, “Kata ‘akhlak, berasal dari bahasa Arab, jamak dari khuluqun yang menurut bahasa berarti budi pekerti, perangai, tingkah laku dan tabiat”.
Tabiat atau watak dilahirkan karena hasil perbuatan yang diulang-ulang sehingga menjadi biasa. Perkataan ahklak sering disebut kesusilaan, sopan santun dalam bahasa Indonesia; moral, ethnic dalam bahasa Inggris, dan ethos, ethios dalam bahasa Yunani. Kata tersebut mengandung segi-segi persesuaian dengan perkataan khalqun yang berarti kejadian, yang juga erat hubungannya dengan khaliq yang berarti pencipta; demikian pula dengan makhluqun yang berarti yang diciptakan.
Adapaun definisi akhlak menurut istilah ialah kehendak jiwa manusia yang menimbulkan perbuatan dengan mudah karena kebiasaan, tanpa memerlukan pertimbangan pikiran terlebih dahulu. Senada dengan hal ini Abd Hamid Yunus (Asy.syab, t.t. : 436) .mengatakan bahwa akhlak ialah:
َاْلأَخْلاَقُ هِيَ صِفَاتُ اْلإِنْسَانِ اْلأَدَبِيَةِ
Sikap mental yang mengandung daya dorong untuk berbuat tanpa berfikir dan pertimbangan.

Menurut Imam Ghazali (1987 : 59) dalam kitab ihya ulumuddin, mengatakan akhlak:
اَلْخُلُقُ عِبَارَةٌ عَنْ هَيْئَةٍ فِي النَّفْسِ رَاسِخَةٌ عَنْهَا تَصْدُرُ اْلإِنْفِعَالُ بِسُهُوْلَةٍ وَيُسْرٍ مِنْ غَيْرِ حَاجَةٍ إِلَى فِكْرٍ وَرُوِيَةٍ
Sifat yang tertanam dalam jiwa yang menimbulkan macam-macam perbuatan dengan gampang dan mudah dengan tidak memerlukan pemikiran dan pertimbangan.

Ibrahim Anis (1972 : 202) dalam al-Mu.jam al-Wasith, bahwa akhlak adalah:
اَلْخُلُقُ حَالٌ لِلنَّفْسِ رَاسِخَةٌ عَنْهَا تَصْدُرُ اْلأَفْعَالُ مِنْ خَيْرٍ أَوْ شَرٍّ مِنْ غَيْرِ حَاجَةٍ إِلَى فِكْرٍ وَرُوِيَةٍ

No comments:

Post a Comment